Mekari Qontak
Business Customer Service

Pengertian PABX, Jenis, Fungsi dan Cara kerja

Cara-Kerja-IP-PABX adalah

Mengenal Fungsi, Jenis dan Cara kerja PABX

PABX adalah stasiun pusat yang berperan mengelola panggilan telepon dalam satu lingkungan kecil tanpa menggunakan operator. Metode ini banyak dipilih oleh bisnis karena mempercepat komunikasi dan biayanya lebih murah.

Namun bagi sebagian orang istilah PABX terdengar asing. Banyak yang mempertanyakan fungsi dan cara kerjanya. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai PABX dan jenis-jenisnya. Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.

Image CTA for PABX


Pengertian PABX

PABX (Private Automatic Branch eXchange) adalah seperangkat teknologi yang memungkinkan pelanggan untuk berkomunikasi langsung tanpa melalui operator. Artinya, penelepon dapat langsung melakukan panggilan ke nomor yang dituju dengan menekan nomor khusus.

PABX yang juga dikenal sebagai sentral kecil dari suatu jaringan peripheral peralatan komunikasi berperan sebagai alat penyambung (Switch) untuk mengatur komunikasi telepon masuk dan telepon keluar. Maka dari itu PABX mudah ditemukan pada kantor-kantor, rumah sakit,  hotel atau pabrik- pabrik yang menggunakan telepon sebagai sarana untuk berkomunikasi antar ruangannya.

Baca juga: Pentingnya Aplikasi Helpdesk Online dan Manfaatnya bagi Bisnis


Apa Fungsi PABX?

PABX memiliki fungsi utama sebagai alat atau media telekomunikasi. Selain itu, alat ini juga berfungsi sebagai sistem penyambungan telepon untuk mengatur panggilan masuk dan keluar tanpa melalui operator.

Fungsi lainnya dari PABX adalah

  • Menghemat biaya telepon antar cabang usaha (VPN)
  • Mempercepat proses menelepon antar staff (intercom)
  • Fitur yang dapat difungsikan sesuai kebutuhan seperti VOIP, ACD dan lainnya
  • Mengelola target tujuan menelpon antar bagian secara otomatis ( DISA )

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Kerja PABX?

Cara kerja PABX mirip dengan modem yang berperan sebagai kontrol di stasion pusat. Misalnya saat ada panggilan telepon masuk akan diarahkan melalui stasion pusat tersebut.

Sistem PABX biasanya sudah dimasukkan kode tertentu untuk masing-masing nomor yang ada di kantor. Kode tersebutlah yang kemudian akan otomatis mengarahkan panggilan ke kontak yang dituju.

Terdapat 2 level pada PABX, yakni Trunk dan level pelanggan. Perbedaan keduanya terletak pada kawat yang digunakan. Pada PABX level pelanggan telepon dihubungkan ke sentral menggunakan 2 kawat analog seperti milik pesawat telepon biasa. Semetarea level Trunk menggunakan 4 kawat berkecepatan tinggi untuk melewatkan sinyal digital.

Cara Kerja PABX

Rekomendasi: 15 Aplikasi Customer Service Terbaik di Indonesia Tahun 2022


Apa saja Jenis PABX?

Berikut jenis PABX yang umum digunakan oleh bisnis adalah

1. PABX Analog

PABX jenis ini menghasilkan sinyal analog. Artinya Anda bisa langsung berkomunikasi tanpa membutuhkan telepon khusus.

PABX jenis ini dapat diandalkan karena suara yang dihasilkan cukup jernih. Selain itu, biaya yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Maka dari itu, sistem inu banyak digunakan untuk kantor.

2. PABX Digital

Berbeda dengan jenis sebelumnya, output yang dihasilkan PABX jenis ini adalah data dalam bentuk digital. Dimana umumnya sistem ini menggunakan kabel digital tilion 4 kawat.

PABX digital merupakan versi terbaru dari analog yang memiliki banyak kelebihan. Salah satunya, Anda mengatur sistem melalui website atau komputer. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan perangkat keras khusus untuk melakukan instalasi.

Selain itu, jenis output yang dihasilkan dari proses transmisi suara diubah dari analog menjadi digital.

3. IP PABX

IP PABX menggunakan jaringan data IP (Internet Protocol) untuk mengirimkan berbagai percakapan. PABX jenis ini muncul seiring adanya update teknologi terbaru. Dengan menggunakan IP PABX, Anda dapat menjalankan fungsi kedua jenis sebelumnya (analog dan digital) dengan bantuan jaringan internet.

IP PABX memungkinan Anda untuk mengalihkan panggilan melalui VoIP (Voice over Internet Protocol) kepada semua panggilan yang tersambung dalam satu jaringan.

4. PABX Hybrid

PABX jenis Hybrid merupakan gabungan antara analog dan digital yang dilengkapi dengan 4 kabel di setiap outputnya. Penggabungan fungsi tersebut membuat Hybrid paket lengkap.

Baca juga: 20 Aplikasi Call Center Terbaik di Indonesia


Pilih PABX Terbaik Sekarang!

Telepon Cloud PBX Qontak

Sebenarnya PABX sudah banyak digunakan di kantor, hotel hingga rumah sakit. Namun, seiring berkembangnya teknologi, terdapat berbagai jenis PABX yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Tentunya setiap jenisnya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Salah satu yang mulai banyak digunakan adalah jenis IP PABX. Pasalnya PABX jenis ini lebih fleksibel hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengoperasikannya. Terlebih tidak perlu ada perangkat khusus yang harus digunakan, cukup menggunakannya pada iOS, Android, PC, Mac atau perangkat telepon.

Mekari Qontak adalah penyedia IP PABX terbaik di Indonesia. Selain bisa diakses dari berbagai perangkat, PABX Qontak dilengkapi robot intuitif yang dapat merutekan panggilan kepada divisi yang relevan atau eskalasi pertanyaan kepada agen. Qontak juga memiliki Dasbor Wallboard yang menampilkan seluruh interaksi bisnis Anda secara real time.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan bersama mengembangkan usahanya. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales