Mekari Qontak
Customer Service

6 Cloud Call Center Software Terbaik di Indonesia

cloud-call-center-IVR

Rekomendasi 6 Cloud Call Center Software Terbaik di Indonesia

Pernahkan Anda mendengar istilah cloud call center? jika belum, Anda perlu memahami cloud call center merupakan teknlogi call center berbasis cloud. Cloud call center software banyak dipilih bisnis karena fleksibel dan hemat biaya.

Kelebihan software ini didukung fitur canggih yang membantu bisnis memberikan kepuasan pelanggan baik. Salah satu fitur unggulannya adalah mudah dintergrasikan dengan aplikasi lainnya  (omnichannel call center software). Fitur ini memudahkan Anda mengakses data pelanggan dari berbagai saluran bisnis.

6 Rekomendasi cloud call center software terbaik yang bisa Anda gunakan:

  1. Qontak.com
  2. TalkDesk
  3. CallTools
  4. Dixa
  5. Bitrix24
  6. EVS7

aplikasi Call Center


Apa itu Cloud Call Center Software?

Cloud Call Center software adalah layanan pusat panggilan berbasis cloud. Semua arsip panggilan dapat Anda simpan pada cloud. Jadi, Anda tidak membutuhkan lagi perangkat keras untuk melakukan call. Cloud melalui omnichannel call center software juga bersifat fleksibel dapat Anda akses dari mana saja.

Berbeda dengan software call center pada umumnya yang dianggap rumit, mahal dan membutuhkan waktu lama untuk melakukan perubahan. Sementara cloud call center software jauh lebih simpel dan fleksibel. Didukung fitur-fitur canggih, cloud melalui omnichannel call center software mampu menciptakan kepuasan pelanggan baik yang berinteraksi melalui telepon maupun website bisnis.

Alasan pentingnya layanan call center, Baca: Definisi, Cara Kerja, Jenis, Fungsi dan Strategi Layanan Call Center


Apa saja Fitur yang Wajib Dimiliki Cloud Call Center Software?

Implementasi cloud call center software khususnya melalui omnichannel membutuhkan dukungan fitur untuk dapat bekerja optimal. Berikut fitur-fitur yang harus dimiliki omnichannel call center software:

Interactive Voice Response (IVR)

cloud-call-center-IVR

Fitur ini menghasilkan suara artifisial yang pertama didengar pelanggan saat menghubungi bisnis. IVR dirancang agar mampu memberikan respon pelanggan setiap saat serta membantu bisnis dalam memilih pelanggan secara instan.

Automatic Call Distribution (ACD)

acd-cloud-call-center-software

ACD mengalihkan panggilan ke tim support secara otomatis dan tepat sehingga mengurangi waktu tunggu pelanggan. Sistem ACD ini memastikan setiap panggilan pelanggan direspon secara cepat.

– Routing Panggilan

cloud-call-cneter-software-routing-agent

Cloud melalui omnichannel call center software dapat mengirimkan panggilan masuk ke tim support yang paling efektif. Fitur perutean agen berdasarkan volume panggilan masuk, waktu preferensi bahasa, atau departemen terkait untuk menyelesaikan permintaan pelanggan.

– Akses Mobile

Di era modern seperti sekarang, akses mobile, sangat membantu bisnis dapat dihubungi setiap saat meski dalam jarak jauh. Dengan adanya fitur ini, aplikasi pusat panggilan dapat tetap menangani pelanggan menggunakan gadget dimana saja selama terkoneksi internet.

– Integrasi CRM

Cloud call center yang terintegrasi perangkat lunak CRM seperti milik Qontak.com. Sistem Omnichannel call center software ini akan memberikan informasi rinci pelanggan seperti kontak, riwayat panggilan dan lainnya. Hal ini akan membantu mereka memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Tim support dapat mengakses informasi tersebut kapanpun dibutuhkan.

– Report

Fitur Omnichannel call center software ini akan memberikan laporan rinci mengenai volume panggilan pada waktu tertentu, jumlah panggilan diterima, panggilan tidak terjawab, dan informasi penting lainnya.Hal ini dibutuhkan untuk evaluasi internal dan penyusunan strategi layanan pelanggan lebih baik.


Mengapa Bisnis Membutuhkan Cloud Call Center Software?

Cloud call center software bermanfaat untuk meningkatkan layanan pelanggan. Pasalnya pelanggan dapat menghubungi bisnis kapanpun dibutuhkan. Sementara bagi bisnis, Omnichannel call center software ini memudahkan untuk menerima panggilan pelanggan dari manapun tanpa memerlukan perangkat hardware.

Berikut manfaat lainnya yang diberikan cloud call center software yang sayang dilewatkan bisnis Anda:

1. Hemat Biaya

Aplikasi ini lebih terjangkau karena bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya instalasi, perangkat keras, peningkatan dan pemeliharaan seperti aplikasi call center.

2. Bekerja jarak jauh

Dengan omnichannel call center software, Anda bisa membuat tim kecil sebagai call center virtual yang bekerja dari mana saja melalui VOIP yang terkoneksi internet. Tujuannya tentu untuk menghemat biaya.

3. Fleksibel

Aplikasi ini dirancang untuk dapat beradaptasi dengan berbagai jenis aktivitas yang dilakukan bersamaan seperti integrasi aplikasi CRM, CEM, e-commerce, solusi pemasaran dan lainnya. Hal ini menjadikan Anda memiliki platform kuat dan dapat dikonfigurasikan untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

4. Penguat Produktivitas

Aplikasi ini didukung fitur canggih yang dilengkapi laporan untuk mengukur kinerja agen, serta menunjukan catatan waktu real time durasi mereka melayani pelanggan.

5. Meningkatkan hubungan pelanggan

Dengan segala fiturnya yang begitu lengkap, omnichannel call center software dapat membantu tim Anda memberikan layanan pelanggan yang baik sehingga meningkatkan hubungan dan bahkan loyalitas pelanggan.

Baca juga: Aplikasi Contact Center: Pengertian dan Manfaatnya


Siapa saja Membutuhkan Cloud Call Center Software?

Hampir semua jenis bisnis membutuh cloud call center software untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Terutama mereka yang menawarkan jasa kepada pelanggan. Sebab kepuasan pelanggan sangat penting ditengah persaingan bisnis ketat seperti saat ini.

Berikut jenis bisnis yang wajib menggunakan Omnichannel call center software, meliputi:

– Perbankan dan Finansial

Bisnis yang bergerak di bidang perbankan, asuransi, atau investasi, sangat penting untuk menyediakan pusat layanan yang mudah dan menyenangkan. Alasannya, bisnis tersebut perlu mengelola semua data pelanggan dengan aman. Selain itu, semua karyawan berkepentingan harus memiliki akses informasi pelanggan yang relevan seperti portofolio produk, preferensi komunikasi, dan histori interaksi untuk memberikan pelayanan yang lebih personal dan kepuasan pelanggan.

– Kesehatan dan Medis

Pelayanan kesehatan harus dilakukan secara cepat dan akurat, termasuk dukungan call center mereka. Oleh karena itu, pusat panggilan harus dibuat tidak hanya memudahkan pelanggan mendapatkan penanganan. Tapi juga seluruh data baik informasi pelanggan maupun keadaan real bisnis harus saling terintegrasi. Salah satu solusi paling efektif adalah cloud call center software yang memudahkan organisasi kesehatan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan pasien secara menyeluruh.

– E-commerce

Di era digital sekarang, persaingan E-commerce sangatlah ketat. Oleh karenanya bisnis yang bergerak dibidang ini harus memastikan pelanggan mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan kapanpun dan dimanapun. Untuk memberikan layanan terbaik, setiap agen harus mendapatkan informasi pelanggan mengenai billing, inventaris, preferensi dan manajemen logistik. Dengan omnichannel call center software, Anda dapat memberikan akses sama kepada seluruh agen sehingga mereka dapat memberikan pengalaman pelanggan yang konsisten dan menyenangkan.

– Hospitality dan Travel

Seperti yang diketahui, industri pariwisata dan perhotelan sangat mengutamakan kepuasan pelanggan dengan memastikan pelanggan mendapatkan kenyamanan. Permudah pelayanan pelanggan seperti rencana perjalanan, pemesanan tiket, info asuransi perjalanan dan pemesanan hotel. Omnichannel call center software akan selalu siap membantu pelanggan Anda kapanpun dan apapun yang mereka butuhkan.


6 Rekomendasi Cloud Call Center Software Terbaik di Indonesia

1. Qontak.com

qontak-cloud-call-center-software

Qontak.com menyediakan cloud call center software. Dimana aplikasi ini dapat menyimpan data panggilan secara otomatis di dalam cloud dan mengandalkan jaringan internet. Hal ini membuat omnichannel call center software Qontak.com fleksibel untuk digunakan pengguna.

Harga Qontak.com mulai dari Rp. 200.000 per bulan dengan uji coba gratis selama 14 hari.

Fitur yang dimiliki call center software Qontak.com, yaitu:

  • Web and Mobile Access
  • CRM or Ticketing System Integration
  • PBX System
  • Text To Speech
  • Agent Routing
  • Wallboard Inbound dan Outbound
  • Dashboards dan custom reports
  • Omnichannel

Saya Mau Coba Gratis aplikasi cloud call centerQontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Qontak Sekarang!

2. TalkDesk

Cloud-Call-Center-Software-Talkdesk

TalkDesk merupakan omnichannel call center software yang dirancang untuk mempermudah tim call center dalam menjalankan tugasnya. Khususnya untuk menciptakan hubungan pelanggan yang  konsisten dalam skala besar. TalkDesk juga menawarkan uji coba gratis untuk Anda yang ingin mencoba cloud call center software.

Harga TalkDesk mulai dari $ 35/bulan per pengguna.

Fitur aplikasi TalkDesk adalah sebagai berikut:

  • Perekam panggilan otomatis
  • Integrasi dengan sistem live chat
  • Dashboard pelaporan
  • Routing Agent

3. CallTools

Cloud-Call-Center-Software-CallTools

CallTools adalah solusi cloud call center software yang dirancang untuk meningkatkan layanan pelanggan dan juga pendapatan penjualan. Dealer predictive CallTools membantu Anda menangkap lebih banyak prospek dan pelanggan dalam waktu yang lebih singkat.

Harga CallTools mulai dari $ 99 per bulan.

Fitur yang dimiliki CallTools di antaranya sebagai berikut:

  • Predictive Dialer
  • Interactive Voice Response (IVR)
  • Power Dialer
  • Web Phone

4. Dixa

dixa

Dixa dapat dijalankan sepenuhnya pada browser. Aplikasi ini menampilkan algoritma distribusi panggilan tingkat lanjut dan pengenalan pelanggan yang melakukan panggilan. Dixa adalah perusahaan call center di Indonesia yang menawarkan solusi modern yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan administrasi pada pusat kontak.

Harga Dixa mulai dari $99/agen/bulan.

Fitur yang ditawarkan Dixa diantaranya:

  • IVR / Voice Recognition
  • Real Time Monitoring
  • VoIP Connection
  • Workflow Management
  • Call Recording
  • Call Routing

5. Bitrix24

Bitrix24

Bitrix24 merupakan software yang dirancang untuk memudahkan tim Anda untuk saling berkolaborasi dalam menyelesaikan tugasnya. Aplikasi cloud call center Bitrix24 Dapat mengatur prioritas panggilan, membagi panggilan masuk ke agen secara adil.

Harga Bitrix24 mulai dari $30 per bulannya.

Fitur yang ditawarkan Bitrix24 adalah:

  • Integrasi dengan live chat
  • Reporting
  • Call recording
  • Activity Tracking
  • Analytics/ROI Tracking

6. EVS7

Cloud-Call-Center-Software-EVS7

EVS7 adalah aplikasi pusat panggilan berbasis cloud yang memungkinkan bisnis menangani panggilan secara efisien. Aplikasi ini dilengkapi dengan laporan monitoring secara real time, dengan begitu manajer dapat proaktif memandu dan membantu agen mereka.

Harga yang ditawarkan EVS7 mulai dari $ 59 per bulan.

Fitur yang dimiliki EVS7 di antaranya sebagai berikut:

  • Click to Call with Voicemail Drops
  • Runs on Windows
  • Integrates with cloud-based CRMs
  • Send Emails & Texts
  • Receive Inbound Calls

Bagaimana Contoh Penerapan Cloud Call Center Software pada Bisnis?

Cloud call center software telah banyak digunakan oleh bisnis melakukan digitalisasi layanan pelanggan. Cara ini terbukti lebih efektif dan efisien seperti yang dilakukan POS Indonesia. Bisnis yang bergerak dibidang jasa pengiriman itu menggunakan sistem ini  untuk pengaduan komplain pelanggan dan menyediakan informasi untuk agen POS.

Selain POS Indonesia, saat ini telah banyak bisnis yang mengadopsi omnichannel call center software seperti perbankan, perusahaan asuransi, distributor dan perusahaan yang melayani banyak pelanggan setiap harinya. Mereka membuktikan cloud call center menjadi solusi layanan pelanggan terbaik karena mudah, berbasis VOIP (Voice over Internet Protocol), dan dapat disesuaikan.


Bagaimana Cara Menggunakan Cloud Call Center Software Agar Bekerja Optimal?

Cloud call center software yang terintegrasi dengan sistem CRM akan menyimpan seluruh interaksi pelanggan seperti kontak, percakapan, pemesanan dan lainnya dari berbagai saluran. Hal ini guna memastikan tidak ada satupun informasi mengenai pelanggan terlewatkan. Tim support dapat menggunakan informasi tersebut untuk lebih memahami dan personalisasi pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan omnichannel call center software dengan cara berikut ini untuk mendapatkan keuntungan optimal:

– Satukan Data Pelanggan secara Mudah

Aplikasi cloud call center akan menyimpan seluruh interaksi pelanggan tersebut dalam satu kontak pelanggan. Hal ini membantu tim support mengetahui siapa yang mereka hadapi dan bagaimana riwayat di masa lalu, sehingga dapat melayani pelanggan lebih personal.

360-degree-customer-view

– Menyusun Strategi Peningkatan Bisnis

Omnichannel call center software memiliki fitur yang menampilkan laporan dan analisis canggih. Bisnis dapat memanfaatkannya untuk memantau jumlah panggilan dan statistik. Berdasarkan data tersebut, manajer dapat menyusun strategi untuk mendapatkan prospek baru, mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan.

– Melakukan Panggilan dari mana pun melalui Cloud call center software

Software ini tidak membatasi ruang gerak tim support untuk menghubungi pelanggan dari mana saja baik melalui browser maupun ponsel. Anda dapat memaksimalkan fungsi ini untuk tetap terhubung dengan pelanggan saat mereka butuhkan.

– Evaluasi Kinerja Tim Support

Omnichannel call center software dilengkapi dengan laporan analitik terhadap kinerja tim support, seperti jumlah panggilan per agen, durasi percakapan dan pencapaian KPI call center lainnya. Laporan ini dapat digunakan manajer untuk memantau siapa saja bekerja dengan baik atau memerlukan pelatihan lebih lanjut.

phone-activity-reports

– Tingkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Melalui integrasi CRM dalam omnichannel call center software, akan terjalin koordinasi antar departemen dalam satu sistem terpusat. Hal ini menghindarkan perusahaan menggunakan banyak aplikasi hanya untuk mengumpulkan informasi pelanggan. Sistem ini dapat menemukan informasi pelanggan lebih cepat, sehingga dapat meningkatkan produktivitas tim support.


Dapatkan Cloud Call Center Software Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk dapat menggunakan cloud call center software adalah bergabung dengan penyedia aplikasi call center berbasis cloud. Pilihlah penyedia omnichannel call center software yang memiliki banyak pengalaman serta fleksibel dapat disesuaikan bisnis Anda seperti Qontak.com.

Qontak.com memiliki fitur canggih yang terintegrasi dengan sistem CRM mudah digunakan bisnis Anda untuk melayani pelanggan jauh lebih baik. Omnichannel call center dari Qontak.com akan didesain sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Qontak.com telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

COBA GRATIS SEKARANG!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales