Mekari Qontak
Insight Product

WhatsApp Blast: Cara Mudah Blast WA Tanpa Terblokir

Cara Tepat Menggunakan WhatsApp Blast

Apa Itu WhatsApp Blast? Pelajari Cara Mudah Blast WA Tanpa Takut Terblokir di Sini!

Mendapatkan pelanggan baru dan memelihara hubungan dengan pelanggan merupakan salah satu tujuan utama dari sebuah bisnis. Salah satu media efektif untuk melakukan keduanya adalah dengan memanfaatkan fitur WhatsApp Blast.

Apa itu WA Blast? WhatsApp Blast adalah fitur WhatsApp Business API yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan massal ke ribuan nomor sekaligus, tanpa perlu menyimpan nomor pengguna di kontak.

Dengan begitu, Anda dapat menggunakan fitur blast WA untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dalam waktu cepat. Sistem blast WhatsApp juga terjamin keamanannya karena dilengkapi dengan enkripsi end-to-end.

Lalu, bagaimana cara blast WhatsApp? Apakah WA Blast aman dan gratis? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasan lengkap tentang WhatsApp blast di bawah ini!

Cara blast WhatsApp ke ribuan nomor sekaligus:

  1. Pastikan akun Anda telah terverifikasi WhatsApp API
  2. Susun Daftar Kontak yang Akan Dikirimkan Pesan Blast
  3. Buat Template Pesan WA Blast
  4. WhatsApp Blast Siap Anda Kirimkan

WhatsApp Blast Mekari Qontak


Sebelum itu, Kenali Jenis Pesan di WhatsApp

1. One-to-One Chat

Jenis pesan yang pertama adalah one-to-one chat, yaitu pesan yang biasa digunakan pada aplikasi WhatsApp pada umumnya.

Melalui one-to-one chat, Anda dapat mengirimkan pesan, foto, video, atau bahkan dokumen ke orang-orang yang ada di daftar kontak WhatsApp Anda.

2. Group Chat

Jenis pesan selanjutnya adalah group chat atau obrolan grup. Di mana Anda dapat mengirimkan pesan ke grup yang berisikan hingga 256 kontak, namun pesan yang dikirimkan dapat terbaca oleh semua anggota grup.

Dan sama seperti obrolan grup lainnya, setiap anggota dapat memberikan respons, melihat, dan membaca pesan lainnya.

Selain itu, anggota grup juga dapat mengirimkan pesan berupan gambar dan video ke dalam grup.

3. Broadcast

WhatsApp memiliki fitur broadcast list di mana Anda dapat mengirim pesan ke daftar kontak WhatsApp Anda, dan diterima oleh mereka sebagai pesan biasa. Jika penerima pesan membuat balasan, maka itu akan menjadi percakapan biasa.

Namun, Anda hanya dapat mengirimkan pesan broadcast ke 256 kontak saja.

Baca Juga: Cara Broadcast di WhatsApp

4. Blast

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, WA blast adalah fitur WhatsApp API yang digunakan untuk mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus.

Namun, tidak seperti broadcast, fitur blast tidak menuntut penggunanya untuk menyimpan nomor kontak yang akan dikirimkan pesan terlebih dahulu. Anda juga perlu menyiapkan template untuk mengirimkan pesan.


Perbedaan Blast WhatsApp dengan Broadcast Secara Umum

Sekilas fitur blast dan broadcast terlihat sama, namun sebenarnya kedua fitur tersebut memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan seperti berikut ini:

1. Jumlah kontak

Perbedaan blast WhatsApp dan broadcast yang pertama adalah jumlah kontak. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pada fitur broadcast pesan WA biasa hanya terbatas ke 256 kontak saja.

Sementara pada fitur WA blast tidak ada batasan kontak untuk mengirimkan pesan. Artinya, Anda dapat mengirimkan pesan ke ratusan atau bahkan ribuan kontak sekaligus.

2. Nomor kontak yang tersimpan

Anda hanya dapat mengirimkan broadcast ke nomor yang menyimpan Anda sebagai kontak dan sebaliknya. Apabila nomor tujuan tidak tersimpan dan mereka juga tidak menyimpan nomor Anda, maka pesan tidak dapat Anda kirim.

Ini berbeda dengan blast WAyang mana Anda tidak perlu menyimpan nomor penerima untuk mengirimkan pesan blast dan sebaliknya. Jadi, Anda dapat mengirimkan pesan massal secara mudah tanpa adanya batasan.

3. Waktu delay pesan

Banyaknya pesan broadcast yang dikirimkan memungkinkan adanya delay pengiriman. Namun ini tidak dengan pesan blast. Bahkan, Anda dapat mengatur waktu delay pesan sesuai kebutuhan, di mana pesan dapat terkirim saat itu juga.

4. Personalisasi

Tidak seperti broadcast yang hanya dapat mengirimkan pesan yang sama ke kontak tujuan. WhatsApp blast memiliki fitur personalisasi yang dinamis dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Keuntungan Bisnis Menggunakan Fitur WhatsApp Blast

WhatsApp blast memiliki beberapa kelebihan yang sangat sayang apabila terlewatkan oleh bisnis Anda. Adapun keuntungan yang diperoleh bisnis melalui WA blast antara lain:

1. Menjangkau banyak pelanggan sekaligus

Tujuan utama fitur WA blast agar Anda bisa mengirimkan pesan ke pengguna WhatsApp lainnya tanpa batas.

Cukup dengan satu klik, Anda bisa mengirimkan pesan secara massal ke banyak pelanggan sekaligus. Hal ini sangat efektif untuk menjangkau pelanggan dibandingkan metode lainnya.

2. Bangun kedekatan dengan pelanggan melalui personalisasi pesan

Meski pesan yang Anda kirim beirisi atau memiliki template sama, dengan WA blast Anda bisa membuat pesan tersebut seolah dikirim secara personal.

Caranya dengan menyebutkan nama masing-masing kontak yang akan menerima pesan tersebut. Tambahkan juga emoji dan grafik file pada pesan blast untuk membuatnya kesan akrab.

3. Lebih mudah dalam menjangkau target pasar baru

Kelebihan WA blast ini adalah Anda tidak perlu menyimpan nomor penerima untuk mengirimkan pesan, yang mana WhatsApp biasa tidak dapat melakukannya.

Kelebihan WA blast ini sangat cocok Anda gunakan untuk menjangkau pasar baru atau pasar yang belum dikenal.

4. Mengumpulkan feedback langsung dari pelanggan

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan menggunakan WA blast adalah menjalin hubungan erat dengan pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memahami kebutuhan pelanggan.

Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan pesan blast yang meminta feedback langsung kepada pelanggan. Melalui umpan balik tersebut, bisnis dapat mengevaluasi layanan serta semakin memahami apa yang pelanggan butuhkan.

Pada akhirnya umpan balik tersebut memberikan Anda wawasan penting bisnis utnuk membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda di masa mendatang.

5. Dapat bermanfaat sebagai pengiklan yang ramah seluler

Penggunaan smartphone terus meningkat setiap harinya, ini artinya cara terbaik untuk tetap terhubung dengan pelanggan adalah dengan menggunakan perangkat seluler.

WhatsApp merupakan aplikasi yang memiliki kemudahan akses dan dapat bermanfaat sebagai media pengiklan yang tepat untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Dengan demikian, tidak heran apabila promosi melalui pesan WhatsApp menjadi lebih mudah dibandingkan dengan perwakilan bisnis yang berusaha untuk memperkenalkan produk mereka.


Bagaimana Cara Blast WhatsApp Tanpa Takut Terblokir?

Cara menggunakan WA Blast sangat mudah. Simak cara blast WhatsApp ke ribuan nomor sekaligus tanpa takut terblokir berikut ini:

1. Pastikan akun Anda telah terverifikasi WhatsApp API

Langkah pertama untuk menggunakan WA blast, Anda harus memiliki akun WhatsApp API melalui Business Solution Provider (BSP) seperti Mekari Qontak. Apakah Anda sudah memilikinya?

Jika belum, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa mendapatkan WhatsApp blast gratis dari Mekari Qontak di sini atau mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Siapkan nomor WhatsApp yang ingin Anda gunakan
  • Daftarkan nomor WhatsApp yang ke mitra resmi WhatsApp seperti Mekari Qontak
  • Siapkan dokumen pendukung untuk proses verifikasi bisnis
  • Lakukan verifikasi Facebook Business Manager, BSP Mekari Qontak akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi Facebook Business Manager
  • Tunggu proses verifikasi selesai
  • Fitur WhatsApp blast siap untuk digunakan

Selengkapnya: WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp

2. Susun Daftar Kontak yang Akan Dikirimkan Pesan Blast

Langkah kedua dalam WhatsApp Blast adalah menyusun daftar kontak yang ingin dikirimi pesan blast.

Setelah bisnis Anda terdaftar sebagai WhatsApp API, buatlah daftar kontak. Pilih nomor-nomor yang yang akan dikirimi pesan blast dan masukkan ke dalam daftar kontak.

Apabila Anda telah menyimpan nomor-nomor tersebut pada Excel atau csv, Anda bisa langsung mengunggahnya ke sistem Mekari Qontak. Namun jika belum, Anda bisa memasukkannya secara manual.

Lalu, bagaimana cara menggunakan WA blast dengan data Excel?

Untuk Anda yang telah menyimpan kontak pelanggan ke dalam excel, Anda dapat melakukan blasting WhatsApp dengan data excel Anda. Berikut adalah cara blast dari Excel:

  • Klik menu ‘Broadcast’, lalu klik ‘Lists’.
  • Untuk membuat list maka Anda harus klik Button “Create New List”, kemudian “Upload custom Contact”.
  • Isi field-field yang sudah disediakan pada form List tersebut dengan mengunggah Excel yang telah Anda miliki. Kemudian, klik button ‘Save’ jika data yang Anda masukkan sudah sesuai.

Cara blast WhatsApp dari excel

  • Pop Up Notification akan muncul jika data yang Anda submit sudah benar.

3. Buat Template Pesan WA Blast

Langkah kedua dalam blast WhatsApp adalah dengan membuat templat pesan

Tahapan selanjutnya, Anda bisa membuat template pesan blast. Pesan tersebut bisa berisi promosi atau informasi penting lainnya dalam bentuk tulisan, gambar, video, atau dokumen.

Namun sebagai catatan isi pesan tersebut tidak boleh mengandung kalimat hard-selling seperti kata diskon, promo, atau buy 1 get 1.

Selain itu, Anda harus membuat template ini minimal 1×24 jam sebelum pesan dikirimkan. Alasannya, template tersebut akan mendapat review oleh pihak WhatsApp untuk memastikan tidak ada pelanggaran.

4. WhatsApp Blast Siap Anda Kirimkan

Langkah keempat dalam membuat pesan blast WhatsApp yaitu mengirimkan pesan blast

Setelah template yang Anda ajukan mendapat persetujuan oleh WhatsApp, klik ‘Submit‘ untuk mengirimkan pesan blast WA tersebut ke daftar kontak yang telah Anda buat sebelumnya.

Tunggu beberapa menit, sistem akan bekerja dengan mengirimkannya secara otomatis pesan Anda di waktu yg sama.


Bagaimana Cara Analisis Performa WA Blast?

Untuk dapat menganalisis performa pesan blast, Anda membutuhkan bantuan sistem pendukung seperti CRM. Inetgrasikan WhatsApp dengan CRM dan akses CRM untuk melakukan analisis.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami jabarkan cara analisis performa pesan blast melalui integrasi WhatsApp CRM Mekari Qontak.

  1. Buka chat panel Mekari Qontak di https://chat.qontak.com/ 
  2. Login dengan akun yang Anda dapatkan dari tim Mekari Qontak
  3. Pilih menu Reports > Broadcast > Campaign
  4. Kemudian pilih Time Zone dan Data Filter sesuai kebutuhan
  5. Dashboard Qontak secara otomatis menunjukkan hasil analisis performa pesan blast yang telah Anda lakukan dalam periode waktu tertentu

Dashboard Laporan Analisis Performa Pesan Blast WhatsApp


Apakah WA Blast Aman untuk Digunakan?

Iya, WhatsApp blast aman apabila Anda menggunakannya melalui WhatsApp Business API resmi. API WhatsApp memiliki sistem enkripsi end-to-end yang menjamin kerahasiaan data Anda.

Namun hal tersebut tidak menjamin WhatsApp Anda tidak akan terblokir. Pasalnya terdapat beberapa ketentuan yang oleh pihak WhatsApp yang tidak boleh Anda langgar.


Tips agar WhatsApp Blast Tidak Terblokir

Berikut tips agar WhatsApp Anda tidak terblokir saat menggunakan blast adalah:

1. Dapatkan melalui WhatsApp API

Cara terbaik untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast adalah melalui API WhatsApp.

Selain karena melalui partner resmi WhatsApp seperti Mekari Qontak. Dengan WhatsApp API, Anda juga bisa menggunakan template pesan dan melakukan pesan keluar otomatis sesuai trigger. 

Anda juga dapat memiliki berbagai fitur lainnya, seperti memiliki menggunakan satu nomor WhatsApp untuk banyak admin, WhatsApp Chatbot, hingga integrasi dengan aplikasi lainnya (WhatsApp Omnichannel).

Logo verified badge WhatsApp API

2. Tidak Melakukan Spam Berisikan Promosi Berlebihan

Perlu Anda ketahui, bahwasanya WhatsApp tidak mengizinkan penggunanya untuk melakukan blast promosi maupun notifikasi kampanye.

Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi atau kampanye jika diminta oleh pelanggan. Ini karena WhatsApp tidak ingin penggunanya merasa terganggu dengan keberadaan pesan seperti itu.

Jika tetap melakukannya, maka WhatsApp akan mendeteksinya sebagai spam dan nomor Anda akan diblokir.

3. Mengirim Pesan Keluar Sesuai Syarat dan Ketentuan Meta

Agar WhatsApp blast terhindar dari kemungkinan terblokir, maka Anda perlu mematuhi syarat dan ketentuan Meta/Facebook mengenai tipe pesan keluar WhatsApp yang diperbolehkan.

Berikut adalah tipe pesan keluar yang diperbolehkan oleh WhatsApp:

  • Pengiriman faktur
  • Pengingat
  • Notifikasi
  • OTP
  • Konfirmasi pesanan

4. Gunakan Fitur Blast Untuk Customer Service

Melalui ketentuan WA, penggunaan fitur blast lebih menunjukkan untuk fungsi customer service, bukan untuk marketing.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan fitur blast sesuai dengan ketentuannya. Manfaatkan fitur WhatsApp untuk customer service dan berikan layanan terbaik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan Anda.

Dengan demikian, Anda tidak hanya meningkatkan hubungan dengan pelanggan tetapi juga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis WhatsApp Blast Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Fitur yang Anda Dapat Jika Menggunakan WhatsApp Blast Resmi

WhatsApp blast resmi hanya dapat Anda peroleh melalui WhatsApp Business API dari BSP. Artinya, Anda tidak hanya dapat memeroleh fitur blast, tetapi juga berbagai fitur WhatsApp API lainnya yang terdiri dari:

  • Centang Hijau WhatsApp: Tanda centang hijau pada profil akun WhatsApp API yang menunjukkan kredibilitas dan akuntabilitas bisnis.
  • Multi Agent dan Multi DeviceAplikasi WhatsApp dapat Anda akses dan digunakan oleh banyak agen dari berbagai device di saat yang bersamaan.
  • RotatorPesan pelanggan akan secara otomatis mengarah ke agen pelayanan untuk segera mereka tangani.
  • ChatBotRobot virtual AI yang mampu memberikan resposns kepada pelanggan secara otomatis.
  • WhatsApp IntegrationIntegrasikan WhatsApp dengan aplikasi pendukung bisnis seperti CRM, Omnichannel, dan lainnya.
  • Link WhatsAppShort link yang memudahkan pelanggan untuk menghubungi bisnis dengan satu klik.
  • CSATKetahui tingkat kepuasan pelanggan secara real-time dan dapatkan wawasan berharga terkait bisnis dan pelanggan Anda.

Berapa Harga WA Blast?

Facebook tidak akan memungut biaya atau Anda dapat menggunakan WA blast gratis untuk 1.000 percakapan pertama setiap bulannya. Baik skema percakapan yang diinisiasi oleh pengguna (User Initiated Conversation/UIC) atau pelaku bisnis (Business Initiated Conversation/BIC).

Sementara itu, harga WhatsApp blast untuk User Initiated Conversation (UIC) mulai dari Rp275 per pesan. UIC adalah percakapan yang dimulai oleh pelanggan, dan pelaku bisnis bebas membalas pesan pelanggan selama 24 jam.

Sedangkan Business Initiated Conversation (BIC) mulai dari Rp460 per pesan. BIC adalah percakapan yang dimulai oleh pelaku bisnis di luar periode layanan pelanggan 24 jam sejak pelanggan mengirimkan pesan ke bisnis.

Skema pembayaran WhatsApp API untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast

Skema pembayaran WhatsApp API untuk mendapatkan fitur WhatsApp Blast

Untuk harga WhatsApp berbasis percakapan lengkapnya dapat dicek di sini: WhatsApp Business Pricing: Ketahui Biaya WhatsApp Bisnis di Sini!


Gunakan WhatsApp Blast dan Raih Lebih Banyak Pelanggan!

WhatsApp Business API Mekari Qontak

Pada kesimpulannya, WhatsApp blast adalah fitur WhatsApp API yang tidak hanya untuk mengirimkan pesan blast ke banyak pelanggan, tetapi juga untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan interaksi mereka.

Namun demikian perlu Anda ingat untuk menjadi pengguna yang bijak dengan menggunakan fitur pesan blast sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jika ingin melakukan pengiriman notifikasi massal, gunakanlah Whatsapp blast API melalui partner resmi Whatsapp seperti Mekari Qontak. Anda dapat mengintegrasikan WhatsApp API Qontak dengan omnichannel dan aplikasi chat lainnya.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan dan telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan Aplikasi WA Blast Gratis selama 14 hari dari Mekari Qontak sekarang juga!


 

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales