Daftar isi
11 min read

4 Cara Kirim Blast WhatsApp ke Ribuan Kontak Sekaligus, Anti Blokir

Tayang 04 Januari 2023
Diperbarui 20 Februari 2024
Cara tepat unggah blast WhatsApp
4 Cara Kirim Blast WhatsApp ke Ribuan Kontak Sekaligus, Anti Blokir

Saat ini, hampir semua pengguna internet menggunakan aplikasi WhatsApp untuk berinteraksi. Kepopuleran WhatsApp ini juga dimanfaatkan pemilik bisnis. Salah satunya untuk menjangkau banyak pelanggan dengan mengirimkan blast WhatsApp.

WhatsApp Blast kerap dimanfaatkan untuk ke melakukan promosi banyak pelanggan. Pasalnya WA Blast memungkinkan bisnis untuk mengirimkan pesan broadcast ke ribuan nomor bersamaan dalam waktu bersamaan. Cara blast WhatsApp dinilai lebih efisien.

Selain itu, pesan broadcast akan diterima langsung oleh pelanggan layaknya pesan WhatsApp Messenger biasa sehingga lebih besar peluang di baca. Artinya maksud dan isi pesan tersebut dapat langsung tersampaikan ke pelanggan.

Lalu, bagaimana cara blast WhatsApp? Apakah WA Blast aman? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasan lengkap tentang WhatsApp blast dan cara mengirimnya di bawah ini!


Apa itu WhatsApp (WA) Blast?

WhatsApp Blast atau WA Blast adalah fitur WhatsApp Business API untuk mengirimkan pesan massal ke ribuan nomor sekaligus, tanpa harus menyimpan kontak tujuan. Kemampuan ini berguna untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dalam waktu cepat.

Selain itu, blast WhatsApp juga memiliki sistem keamanan enkripsi end-to-end. Artinya hanya pihak yang terlibat dalam percakapan yang bisa melihat isi pesan. Jadi Anda tidak perlu khawatir kebocoran data atau diblokir.

Selain diperoleh secara resmi melalui WhatsApp API, fitur WA blast juga banyak ditawarkan oleh aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi. Aplikasi ini tentu memiliki banyak kelemahan, terutama terkait keamanan seperti pemblokiran.


Bagaimana Cara Mengirimkan Blast WhatsApp ke Ribuan Kontak?

Cara menggunakan WA Blast sangat mudah. Anda hanya perlu mengikuti cara blast WhatsApp ke ribuan nomor sekaligus tanpa takut terblokir berikut ini:

1. Pastikan akun Anda telah terverifikasi WhatsApp API

Langkah kedua dalam WhatsApp Blast adalah pastikan akun Anda telah terverifikasi WhatsApp API

Langkah pertama untuk menggunakan WA blast resmi, Anda harus memiliki akun WhatsApp API melalui Business Solution Provider (BSP) seperti Mekari Qontak. Apakah Anda sudah memilikinya?

Jika belum, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa mendapatkan WhatsApp blast gratis dari Mekari Qontak atau mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Siapkan nomor WhatsApp yang ingin Anda gunakan
  • Daftarkan nomor WhatsApp yang ke mitra resmi WhatsApp seperti Mekari Qontak
  • Siapkan dokumen pendukung untuk proses verifikasi bisnis
  • Lakukan verifikasi Facebook Business Manager, BSP Mekari Qontak akan membantu Anda untuk mendapatkan verifikasi Facebook Business Manager
  • Tunggu proses verifikasi selesai
  • Fitur WhatsApp blast siap untuk digunakan

Baca juga: WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp

2. Susun Daftar Kontak yang Akan Dikirimkan Pesan Blast

Langkah kedua dalam WhatsApp Blast adalah menyusun daftar kontak yang ingin dikirimi pesan blast.

Setelah bisnis Anda terdaftar sebagai WhatsApp API, buatlah daftar kontak. Pilih nomor-nomor yang yang akan dikirimi pesan blast dan masukkan ke dalam daftar kontak.

Apabila Anda telah menyimpan nomor-nomor tersebut pada Excel atau csv, Anda bisa langsung mengunggahnya ke sistem Mekari Qontak. Namun jika belum, Anda bisa memasukkannya secara manual.

Lalu, bagaimana cara membuat daftar nomor dengan data Excel?

Untuk Anda yang telah menyimpan kontak pelanggan ke dalam excel, Anda dapat melakukan blasting WhatsApp dengan data excel Anda. Berikut adalah cara blast dari Excel:

  • Klik menu ‘Broadcast’, lalu klik ‘Lists’.
  • Untuk membuat list maka Anda harus klik Button “Create New List”, kemudian “Upload custom Contact”.
  • Isi field-field yang sudah disediakan pada form List tersebut dengan mengunggah Excel yang telah Anda miliki. Kemudian, klik button ‘Save’ jika data yang Anda masukkan sudah sesuai.

Cara blast WhatsApp dari excel

  • Pop Up Notification akan muncul jika data yang Anda submit sudah benar.

3. Buat Template Pesan WA Blast

Langkah kedua dalam blast WhatsApp adalah dengan membuat templat pesan

Tahapan selanjutnya, Anda bisa membuat template pesan blast. Pesan tersebut bisa berisi promosi atau informasi penting lainnya dalam bentuk tulisan, gambar, video, atau dokumen.

Namun sebagai catatan isi pesan tersebut tidak boleh mengandung kalimat hard-selling seperti kata diskon, promo, atau buy 1 get 1.

Selain itu, Anda harus membuat template ini minimal 1×24 jam sebelum pesan dikirimkan. Alasannya, template tersebut akan mendapat review oleh pihak WhatsApp untuk memastikan tidak ada pelanggaran.

4. WhatsApp Blast Siap Anda Kirimkan

Langkah keempat dalam membuat pesan blast WhatsApp yaitu mengirimkan pesan blast

Setelah template yang Anda ajukan mendapat persetujuan oleh WhatsApp, klik ‘Submit‘ untuk mengirimkan pesan blast WA tersebut ke daftar kontak yang telah Anda buat sebelumnya.

Tunggu beberapa menit, sistem akan bekerja dengan mengirimkannya secara otomatis pesan Anda di waktu yg sama.


Apa Perbedaan Blast WhatsApp dengan Broadcast?

Sekilas fitur blast dan broadcast terlihat sama, namun sebenarnya kedua fitur tersebut memiliki beberapa perbedaan yang cukup signifikan seperti berikut ini:

1. Jumlah kontak

Perbedaan blast WhatsApp dan broadcast yang pertama adalah jumlah kontak. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, pada fitur broadcast pesan WA biasa hanya terbatas ke 256 kontak saja.

Sementara pada fitur WA blast tidak ada batasan kontak untuk mengirimkan pesan. Artinya, Anda dapat mengirimkan pesan ke ratusan atau bahkan ribuan kontak sekaligus.

2. Nomor kontak yang tersimpan

Anda hanya dapat mengirimkan broadcast ke nomor yang menyimpan Anda sebagai kontak dan sebaliknya. Apabila nomor tujuan tidak tersimpan dan mereka juga tidak menyimpan nomor Anda, maka pesan tidak dapat Anda kirim.

Ini berbeda dengan blast WAyang mana Anda tidak perlu menyimpan nomor penerima untuk mengirimkan pesan blast dan sebaliknya. Jadi, Anda dapat mengirimkan pesan massal secara mudah tanpa adanya batasan.

3. Waktu delay pesan

Banyaknya pesan broadcast yang dikirimkan memungkinkan adanya delay pengiriman. Namun ini tidak dengan pesan blast. Bahkan, Anda dapat mengatur waktu delay pesan sesuai kebutuhan, di mana pesan dapat terkirim saat itu juga.

4. Personalisasi

Tidak seperti broadcast yang hanya dapat mengirimkan pesan yang sama ke kontak tujuan. Blast WA memiliki fitur personalisasi yang dinamis dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.


Apa Manfaat Menggunakan Fitur WhatsApp Blast bagi Bisnis?

Fitur WhatsApp blast memiliki beberapa kelebihan yang sangat sayang apabila terlewatkan oleh bisnis Anda. Adapun keuntungan yang diperoleh bisnis melalui WA blast antara lain:

1. Menjangkau banyak pelanggan sekaligus

Tujuan utama fitur WA blast agar Anda bisa mengirimkan pesan ke pengguna WhatsApp lainnya tanpa batas.

Cukup dengan satu klik, Anda bisa mengirimkan pesan secara massal ke banyak pelanggan sekaligus. Hal ini sangat efektif untuk menjangkau pelanggan dibandingkan metode lainnya.

2. Bangun kedekatan dengan pelanggan melalui personalisasi pesan

Meski pesan yang Anda kirim berisi atau memiliki template sama, dengan WA blast Anda bisa membuat pesan tersebut seolah dikirim secara personal.

Caranya dengan menyebutkan nama masing-masing kontak yang akan menerima pesan tersebut. Tambahkan juga emoji dan grafik file pada pesan blast untuk membuatnya kesan akrab.

3. Lebih mudah dalam menjangkau target pasar baru

Kelebihan WA blast ini adalah Anda tidak perlu menyimpan nomor penerima untuk mengirimkan pesan, yang mana WhatsApp biasa tidak dapat melakukannya.

Kelebihan WA blast ini sangat cocok Anda gunakan untuk menjangkau pasar baru atau pasar yang belum dikenal.

4. Mengumpulkan feedback langsung dari pelanggan

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan menggunakan WA blast adalah menjalin hubungan erat dengan pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan memahami kebutuhan pelanggan.

Salah satu caranya adalah dengan mengirimkan pesan blast yang meminta feedback langsung kepada pelanggan. Melalui umpan balik tersebut, bisnis dapat mengevaluasi layanan serta semakin memahami apa yang pelanggan butuhkan.

Pada akhirnya umpan balik tersebut memberikan Anda wawasan penting bisnis untuk membantu meningkatkan penjualan bisnis Anda di masa mendatang.

5. Dapat bermanfaat sebagai pengiklan yang ramah seluler

Penggunaan smartphone terus meningkat setiap harinya, ini artinya cara terbaik untuk tetap terhubung dengan pelanggan adalah dengan menggunakan perangkat seluler.

WhatsApp merupakan aplikasi yang memiliki kemudahan akses dan dapat bermanfaat sebagai media pengiklan yang tepat untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Dengan demikian, tidak heran apabila promosi melalui pesan WhatsApp menjadi lebih mudah dibandingkan dengan perwakilan bisnis yang berusaha untuk memperkenalkan produk mereka.


Tips Menggunakan WhatsApp Blast agar Tidak Terblokir

YouTube video

Berikut tips agar WhatsApp Anda tidak terblokir saat menggunakan blast adalah:

1. Dapatkan melalui WhatsApp API

Cara terbaik untuk mendapatkan fitur Blast WA adalah melalui API WhatsApp.

Selain karena melalui partner resmi WhatsApp seperti Mekari Qontak. Dengan WhatsApp API, Anda juga bisa menggunakan template pesan dan melakukan pesan keluar otomatis sesuai trigger. 

Anda juga dapat memiliki berbagai fitur lainnya, seperti memiliki menggunakan satu nomor WhatsApp untuk banyak admin, WhatsApp Chatbot, hingga integrasi dengan aplikasi lainnya (WhatsApp Omnichannel).

2. Tidak Melakukan Spam Berisikan Promosi Berlebihan

Perlu Anda ketahui, bahwasanya WhatsApp tidak mengizinkan penggunanya untuk melakukan blast promosi maupun notifikasi kampanye.

Anda hanya diizinkan untuk memberikan info promosi atau kampanye jika diminta oleh pelanggan. Ini karena WhatsApp tidak ingin penggunanya merasa terganggu dengan keberadaan pesan seperti itu.

Jika tetap melakukannya, maka WhatsApp akan mendeteksinya sebagai spam dan nomor Anda akan diblokir.

3. Mengirim Pesan Keluar Sesuai Syarat dan Ketentuan Meta

Agar WhatsApp blast terhindar dari kemungkinan terblokir, maka Anda perlu mematuhi syarat dan ketentuan Meta/Facebook mengenai tipe pesan keluar WhatsApp yang diperbolehkan.

Berikut adalah tipe pesan keluar yang diperbolehkan oleh WhatsApp:

  • Pengiriman faktur
  • Pengingat
  • Notifikasi
  • OTP
  • Konfirmasi pesanan

4. Gunakan Fitur Blast Untuk Customer Service

Melalui ketentuan WA, penggunaan fitur blast lebih menunjukkan untuk fungsi customer service, bukan untuk marketing.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan fitur blast sesuai dengan ketentuannya. Manfaatkan fitur WhatsApp untuk customer service dan berikan layanan terbaik untuk mendapatkan loyalitas pelanggan Anda.

Dengan demikian, Anda tidak hanya meningkatkan hubungan dengan pelanggan tetapi juga dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis Anda.


Apakah WA Blast Aman untuk Digunakan?

Iya, WhatsApp blast aman apabila Anda menggunakannya melalui WhatsApp Business API resmi. API WhatsApp memiliki sistem enkripsi end-to-end yang menjamin kerahasiaan data Anda.

Namun hal tersebut tidak menjamin WhatsApp Anda tidak akan terblokir. Pasalnya terdapat beberapa ketentuan yang oleh pihak WhatsApp yang tidak boleh Anda langgar.


Apakah Fitur WhatsApp Blast Gratis?

Pengguna WA blast untuk 1.000 percakapan pertama setiap bulannya tidak akan dikenai biaya atau gratis.

Sebelumnya biaya blast dibedakan menjadi dua katagori yaitu pelanggan (User Initiated Conversation/UIC) dan pelaku bisnis (Business Initiated Conversation/BIC).

Dimana harga User Initiated Conversation (UIC) mulai dari Rp271 per pesan. Sementara harga Business Initiated Conversation (BIC) mulai dari Rp465 per pesan.

Meta baru melakukan perubahan terkait kebijakan harga WhatsApp Business API pada bulan Juni 2023. Harga terbaru dibedakan menjadi 4 katagori sesuai dengan penggunaanya, seperti berikut:

  • Marketing Conversation: besarnya biaya Rp596.33 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Utility Conversation: besarnya biaya Rp295.32 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Authentication Conversation: besarnya biaya Rp437.97 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.
  • Service Conversation: besarnya biaya RRp275.48 per satu nomor dalam 24 jam sesi pesan dengan nomor Indonesia.

List harga terbaru WhatsApp Business API

Baca juga: WhatsApp Business API Pricing: Ketahui Biaya WhatsApp API Terbaru


Perbandingan Fitur dari WhatsApp Blast Resmi vs Tidak Resmi

WhatsApp blast resmi hanya dapat Anda peroleh melalui WhatsApp Business API dari BSP. Artinya, Anda tidak hanya dapat memeroleh fitur blast, tetapi juga berbagai fitur WhatsApp API lainnya yang terdiri dari:

  • Centang Hijau WhatsApp: Tanda centang hijau pada profil akun WhatsApp API yang menunjukkan kredibilitas dan akuntabilitas bisnis.
  • Multi Agent dan Multi DeviceAplikasi WhatsApp dapat Anda akses dan digunakan oleh banyak agen dari berbagai device di saat yang bersamaan.
  • Rotator: Pesan pelanggan akan secara otomatis mengarah ke agen pelayanan untuk segera mereka tangani. Penjelasan lebih lanjut tentang WhatsApp Rotator.
  • ChatBot AIRobot virtual AI yang mampu memberikan resposns kepada pelanggan secara otomatis.
  • WhatsApp IntegrationIntegrasikan WhatsApp dengan aplikasi pendukung bisnis seperti CRM, Omnichannel, dan lainnya.
  • Link WhatsAppShort link yang memudahkan pelanggan untuk menghubungi bisnis dengan satu klik.
  • Customer Satisfaction Score (CSAT)Ketahui tingkat kepuasan pelanggan secara real-time dan dapatkan wawasan berharga terkait bisnis dan pelanggan Anda.

Simak perbedaan fitur WhatsApp yang diperoleh secara resmi dan tidak resmi pada infografis berikut:

 Infographic Qontak Perbedaan WA Blast Resmi vs Tidak Resmi


Bagaimana Cara Analisis Performa Blast WA?

Untuk dapat menganalisis performa pesan blast, Anda membutuhkan bantuan sistem pendukung seperti CRM. Integrasikan WhatsApp dengan CRM dan akses CRM untuk melakukan analisis.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami jabarkan cara analisis performa pesan blast melalui integrasi WhatsApp CRM Mekari Qontak.

  1. Buka chat panel Mekari Qontak di https://chat.qontak.com/ 
  2. Login dengan akun yang Anda dapatkan dari tim Mekari Qontak
  3. Pilih menu Reports > Broadcast > Campaign
  4. Kemudian pilih Time Zone dan Data Filter sesuai kebutuhan
  5. Dashboard Qontak secara otomatis menunjukkan hasil analisis performa pesan blast yang telah Anda lakukan dalam periode waktu tertentu

Dashboard Laporan Analisis Performa Pesan Blast WhatsApp


Gunakan WhatsApp Blast dan Raih Lebih Banyak Pelanggan

Pada kesimpulannya, WhatsApp blast atau Blast WA adalah fitur WhatsApp API yang tidak hanya untuk mengirimkan pesan blast ke banyak pelanggan, tetapi juga untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan interaksi mereka.

Namun demikian, perlu Anda ingat untuk menjadi pengguna yang bijak dengan menggunakan fitur pesan blast sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jika ingin melakukan pengiriman notifikasi massal, gunakanlah aplikasi WhatsApp blast API melalui partner resmi WhatsApp seperti Mekari Qontak. Anda dapat mengintegrasikan WhatsApp API Qontak dengan Aplikasi Omnichannel resmi dan aplikasi chat lainnya.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan dan telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Jadi tunggu apa lagi? Dapatkan Aplikasi WA Blast Gratis selama 14 hari dari Mekari Qontak sekarang juga!

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales