Daftar isi
7 min read

Sering Terima Spam WA yang Mengganggu? Ini Solusi untuk Mengatasinya!

Tayang 23 Juni 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Cara Mengatasi Teror Spam Mengganggu di WhatsApp
Sering Terima Spam WA yang Mengganggu? Ini Solusi untuk Mengatasinya!

Spam WhatsApp merupakan hal yang mengganggu dan merugikan bagi sebagian orang. Tidak sedikit pengguna WhatsApp menerima pesan penipuan yang menawarkan hadiah dengan tujuan pencurian data pribadi atau kejahatan siber lainnya.

Truecaller Global Spam Report melaporkan orang Indonesia menjadi target penipuan seiring tingginya tingkat teror komunikasi yang tidak diinginkan. Hal ini menempatkan Indonesia di posisi keenam teratas dari 20 negara dengan peningkatan jumlah spam yang signifikan.

Berita baiknya, WhatsApp telah merilis fitur untuk memblokir spam langsung di aplikasi tersebut. Yuk, pelajari cara mengatasi spam WA pada artikel berikut.

Ciri-ciri pesan spam di WhatsApp

Sebelum mengetahui cara mengatasi spam WhatsApp, ada baiknya Anda mengenal ciri-ciri pesan ‘sampah’ yang sering dikirimkan melalui WA. Jika Anda menemukan pesan yang mengandung tanda-tanda berikut, sebaiknya Anda abaikan:

Nomor tidak dikenal

Terkadang mungkin Anda menerima pesan acak dari nomor tidak dikenal. Misalnya pesan berasal dari nomor internasional yang tidak dikenal,

Setiap nomor telepon dimulai dengan kode negara. Jika kode tersebut tidak sesuai dengan lokasi yang seharusnya, maka kemungkinan besar mereka sedang mencoba menipu Anda. Umumnya, penipu WhatsApp menggunakan lokasi palsu untuk menyembunyikan identitas mereka.

Spam pesan forward

Selain nomor yang tak dikenal, mungkin Anda juga seringkali mendapat pesan terusan yang dikirimkan oleh pengguna lain. Pesan tersebut terkadang telah diteruskan oleh banyak pengguna, sehingga kurang bisa dipercaya kebenarannya.

Perlu diingat, apabila sebuah pesan telah diteruskan lebih dari lima kali, hampir selalu pesan tersebut. Biasanya pesan spam yang beruangkali diterusakan berupa meme membosankan yang beredar, berita palsu, atau sesuatu yang lebih berbahaya.

Spam panggilan

Spam di WhatsApp tidak selamanya berupa pesan. Tak jarang juga, pengguna WA akan menerima panggilan tiba-tiba dari nomor tidak dikenal. Spam panggilan ini bertujuan untuk mengambil alih akun WhatsApp korban.

Skema penipuan ini dimulai dari penipu akan mengirimkan pesan yang meyakinkan korban untuk menerima telepon dari nomor tertentu.

Ketika korban melakukan panggilan tersebut, secara tidak sadar itu bagian dari permintaan verifikasi yang terhubung dengan ponsel penipu. Dengan begitu, semua panggilan ke nomor korban akan diarahkan ke ponsel penipu.

Baca juga: Cara Mengetahui WA Disadap dan Tips Mengatasinya

Spam tautan berbahaya

Pesan spam yang mungkin paling sering pengguna WhatsApp temui adalah permintaan untuk klik tautan tertentu. Pada tautan tersebut telah dirancang sistem yang bisa mengambil detail data pribadi Anda, akun perbankan, kredensial login, atau bentuk data lain yang memiliki nilai jual di dark web.

Agar korban tertarik untuk klik tautan, biasanya spam dibarengi pesan yang  menawarkan beragam keuntungan seperti diskon, voucher belanja dan lainnya. Jika pesan tersebut Anda terima bukan dari nomor resmi, bisa dipastikan itu pesan spam.

Spam bisnis

Pesan spam lain yang mungkin Anda temukan berasal dari nomor yang mengaku sebagai bisnis. Pesan tersebut biasanya broadcast yang menawarkan produk atau promosi lainnya dari sebuah bisnis.

Ketika Anda sering menerima pesan serupa padahal tidak pernah mendaftar untuk bisnis tersebut, hal ini tentu sangat mengganggu. Pesan tersebut pada akhirnya menjadi spam.

Padahal perusahaan profesional tidak akan melakukan hal serupa secara intens. Bisnis akan menggunakan akun resmi yang ada tanda centang hijau di samping nama brand.

Bagaimana Cara Mengatasi Spam di WhatsApp?

Apabila Anda menerima spam di WhatsApp, jangan sampai Anda salah langkan dan menjadi korban yang dirugikan. Berikut tips untuk mengatasi spam di WA:

Tidak mengklik tautan mencurigakan

Cara mengatasi spam di WhatsApp pertama dengan mengabaikan tautan mencurigakan. Jangan pernah membuka tautan dari orang yang tidak dikenal karena seringkali tautan tersebut dirancang untuk mencuri data pribadi Anda.

Blokir dan laporkan nomor

Cara Blokir dan Laporkan Nomor Spam di WhatsApp

Langkah berikutnya untuk mengatasi spam WhatsApp yang mengganggu adalah memblokir nomor pengirim. Caranya cukup mudah, seperti berikut

  • Buka pesan spam
  • Klik profil pengirim
  • Gulir ke bagian bawah halaman
  • Tekan “Blokir”

Baca juga: Aplikasi untuk Mengetahui Nomor WhatsApp Diblokir

Selain itu, Anda juga dapat melaporkan pesan spam yang Anda terima di WhatsApp, dan informasi tersebut akan dikirim langsung ke platform. Gunakan cara berikut untuk melaporkan pesan spam:

  • Buka pesan spam
  • Klik profil pengirim
  • Gulir ke bawah
  • Klik “Laporkan” (ini akan mengirim lima pesan terakhir ke WhatsApp, termasuk informasi tentang pengirim)

Baca juga: Cara Mengecek dan Mengatasi WhatsApp Diblokir Tanpa Repot

Mengatur privasi WhatsApp

Selanjutnya, Anda dapat menghindari pesan spam di WhatsApp dengan mengatur privasi akun Anda. Tujuannya untuk mengontrol siapa yang dapat melihat informasi Anda dan menghubungi Anda.

Secara default, WhatsApp mengatur pengaturan privasi Anda sebagai berikut:

  • Semua pengguna dapat melihat foto profil Anda, tanda terima baca, dan kapan Anda online
  • Kontak Anda dapat melihat pembaruan status Anda, informasi “about”, dan kapan terakhir kali Anda terlihat
  • Semua pengguna dapat menambahkan Anda ke dalam grup
  • Timer pesan default untuk pesan yang menghilang dimatikan
  • Penelepon yang tidak dikenal dapat menelepon Anda

Kemudian, Anda bisa membuat aku lebih privat dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Klik Pengaturan
  • Pilih Privasi
  • Klik pengaturan privasi yang ingin Anda ubah
  • Pilih Semua orang, Kontak saya, Kecuali kontak saya…, atau Tidak ada
  • Ubah tanda terima baca Anda
  • Atur pesan yang menghilang aktif atau nonaktif secara default
  • Bisukan penelepon yang tidak dikenal
  • Matikan berbagi lokasi secara langsung

Baca juga: Cara Mengunci WhatsApp di Android dan iOS, Dijamin Aman

Keluar dari Obrolan Grup yang Mencurigakan

Cara terakhir yang bisa dicoba adalah keluar dari grup chat yang mencuriga di WhatsApp. Sebagian penipu berusaha menghubungi sebanyak mungkin orang dengan membuat grup di WhatsApp.

Jika Anda telah ditambahkan ke sebuah grup dan percakapannya penuh dengan tanda-tanda penipuan seperti tautan, pesan yang sering diteruskan, atau “peluang bisnis menakjubkan”, lebih baik keluar dari grup tersebut.

Sementara untuk keluar dari grup tersebut bisa dengan cara berikut:

  • Klik ikon tiga titik dari sudut kanan atas
  • Pilih Lebih Banyak
  • Keluar dari grup

Tips Mencegah Spam WhatsApp

Selain mengikuti cara mengatasi spam WA di atas, Anda bisa melakukan hal berikut sebagai upaya pencegahan:

Tidak sembarangan membagikan nomor telepon

Langkah pertama, hindari membagikan nomor telepon Anda secara sembarangan di platform online atau kepada orang yang tidak dikenal. Hal ini dapat mengurangi kemungkinan Anda menerima spam melalui WhatsApp dari pihak yang tidak diinginkan.

Menghindari grup WhatsApp yang tidak dikenal

Jangan sembarangan bergabung dengan grup WhatsApp yang tidak dikenal atau yang diundang oleh pengguna yang tidak Anda kenal. Grup semacam itu sering kali dapat menjadi sasaran penyebaran spam atau penipuan.

Batasi siapa saja yang bisa menambahkan Anda ke grup WhatsApp dengan menggunakan fitur privasi. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaturnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Pilih Akun
  • Klik Privasi
  • Dilanjutkan dengan mengklik Grup
  • Pilih siapa yang bisa menambahkan ke grup (Semua orang, Kontak Saya, dan Kecuali Kontak Saya)

Berhati-hati saat mengisi formulir online

Saat mengisi formulir atau menyediakan informasi pribadi secara online, pastikan Anda melakukan hal tersebut hanya di situs web yang terpercaya dan aman. Hindari membagikan informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor rekening bank, atau kata sandi melalui pesan WhatsApp.

Menjaga keamanan akun WhatsApp

Aktifkan pengaturan keamanan tambahan seperti verifikasi dua langkah untuk melindungi akun WhatsApp Anda dari akses yang tidak sah.

Pastikan juga untuk memperbarui secara teratur pengaturan privasi Anda di WhatsApp untuk mengontrol siapa yang dapat melihat informasi Anda dan bagaimana Anda berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Hindarkan Akun WhatsApp Anda dari Pesan Spam

Bagi sebagian orang pesan spam cukup menjengkelkan, terutama pesan yang menyesatkan. Gangguan tersebut menjadi alasan tepat untuk memblokir atau melaporkan nomor yang kerap mengirimkan pesan spam.

Selain itu, sejumlah pengguna juga menjadi lebih hati-hati dengan memperketat keamanan akun WhatsApp mereka. Salah satunya dengan tidak mengizinkan sebarangan orang memasukkan mereka ke grup WhatsApp atau mengabaikan pesan dari nomor tidak dikenal.

Perilaku tersebut tentu membatasi ruang gerak pelaku usaha yang mencoba memasarkan produk lewat WhatsApp. Bisnis tidak bisa leluasa mengirimkan promosi karena khawatir dikira spam.

Namun hal tersebut tidak perlubisnis khawatirkan setelah menggunakan WhatsApp API. Dengan bekerjasama dengan BSP resmi seperti Mekari Qontak, bisnis bisa memiliki akun WhatsApp API terverifikasi.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi WhatsApp yang akan membantu bisnis untuk mendapatkan centang hijau yang menunjjukan akun terverifikasi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan fitur lainnya yang mendukung aktivitas bisnis seperti pemasaran, penjualan dan layanan pelanggan.

Konsultasikan kebutuhan Anda dengan tim Mekari Qontak secara gratis dengan klik link berikut.

Referensi

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales