Daftar isi
6 min read

Cara Mengetahui WA Disadap dan Tips Mengatasinya

Tayang 11 April 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
How to Add Privacy in WhatsApp
Cara Mengetahui WA Disadap dan Tips Mengatasinya

Pernahkah Anda merasa aneh dengan akun WhatsApp Anda? Jika iya, ada kemungkinan WhatsApp Anda sedang disadap. Cara mengetahui WA Anda disadap bisa terlihat dari aktivitas mencurigakan seperti akun keluar sendiri, mendapat notifikasi OTP dan lainnya.

Akun WhatsApp yang disadap perlu segera diketahui untuk menghindari hal tidak diinginkan seperti kehilangan privasi hingga pencurian data. Dampak tersebut tentu merugikan Anda sehingga akun WA yang disadap perlu segera diatasi.

Yuk, kenali ciri-ciri akun WA disadap dan cara mengatasinya pada artikel berikut ini.

Apa yang Dimaksud WA Disadap?

WhatsApp disadap adalah akun WA Anda tengah diawasi oleh pihak lain atau penyadap. Jadi semua aktivitas di akun tersebut seperti isi percakapan, riwayat panggilan dan status WA dapat mereka ketahui.

Bahkan parahnya, penyadap bisa mengendalikan akun WA Anda dan beraksi seolah-olah menjadi Anda untuk melakukan tindakan tidak bertanggung jawab. Hal tersebut sangat merugikan bagi Anda karena bisa kehilangan privasi dan data pribadi.

Apa Bahayanya WA Disadap?

Banyak resiko menghantui saat akun WhatsApp Anda disadap oleh oknum tidak bertanggung jawab. Salah satu yang berbahaya adalah pencurian data.

Dazeinfo.com melaporkan bahwa seorang peretas mengklaim memiliki lebih dari 487 juta data pengguna WhatsApp, termasuk nomor ponsel mereka, dan bersedia menjualnya. Data WhatsApp yang diretas diklaim milik pengguna dari 84 negara, dan 32 juta pengguna berasal dari Amerika Serikat.

Bahkan peretas bisa mengambil kendali atas akun pengguna. Sebagian peretas mengaku menggunakan WhatsApp untuk memata-matai ratusan juta pengguna WhatsApp.

Selain itu, ada bahaya lain yang menghantui akun WA yang disadap seperti berikut:

  • Data pengguna beresiko disalahgunakan untuk kejahatan.
  • Data pribadi tersebar luas.
  • Hilangnya privasi.
  • Beresiko terlibat masalag hukum karena penyalahgunaan data.
  • Kerugian finansial.

Apa Penyebab WA Disadap?

Alasan utama penyebab akun WA disadap adalah kurangnya keamanan yang diterapkan padan akun WhatsApp Anda. Oleh karena itu, sebaiknya tambah keamanan akses WA Anda.

Selain itu, kemungkinan ada orang yang penasaran dengan isi percakapan di akun WhatsApp Anda. Terlebih percakapan yang bersifat pribadi atau terkait bisnis.

Terakhir, faktor penyebab akun WA Anda disadap adalah penyalahgunaan untuk kepentingan kejahatan. Misalnya perentas ingin menggunakan akun Anda sebagai media melakukan tindak pidana kejahatan seperti penipuan.

Bagaimana Cara Mengetahui WA Disadap?

Berikut cara mengetahui WA disadap adalah

1. Tiba-Tiba Akun WA Keluar Sendiri

Seperti yang diketahui bahwa satu akun WhatsApp tidak bisa digunakan pada dua HP secara bersamaan. Maka, saat WA Anda disadap, biasanya akun Anda akan otomatis keluar di HP. Anda juga akan mendapatkan notifikasi bahwa nomor tidak teregistrasi.

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Satu HP Dua WhatsApp

2. Menerima Pesan Berisi Kode OTP

Setiap kali ada yang mencoba masuk di device berbeda, WhatsApp secara otomatis mengirim pesan berisi kode OTP untuk verifikasi. Maka jika Anda menerima pesan tersebut, sebaiknya diabaikan saja.

3. Status Online Meski Sedang Tidak Aktif

Ketiga cara mengetahui WA disadap adalah melalui status online. Apabila akun Anda terlihat online, padahal Anda sedang tidak mengaksesnya kemungkinan akun Anda disadap. Namun status tersebut tidak akan terlihat jika Anda mematikan fitur ‘last seen.’

4. Pesan Sudah Dibaca

Cara mengetahui WA disadap selanjutnya juga bisa dilihat dari isi pesan. Apabila pesan telah terbaca terlihat dari dua centang biru WhatsApp, padahal Anda belum membacanya, maka bisa diindikasi WA disadap. Namun hal ini tidak berlaku saat Anda mematikan fitur ‘read receipts’.

Baca juga: Panduan Menonaktifkan Centang Biru pada Pesan WA

5. Mengirim Pesan Tak Terkendali

Apabila akun WA Anda terdeteksi mengirimkan pesan secara tiba-tiba. Maka ada kemungkinan WhatsApp Anda sedang dibajak. Namun, jika perentas menghapus pesan yang terkirim, hal ini jadi tidak bisa terdeteksi.

6. Baterai HP Cepat Habis

Banyaknya aktivitas di WA, membuat beban kerja ponsel semakin berat. Hal ini akan menyita baterei ponsel Anda. Terlebih jika perentas banyak mengunduh berkas-berkas yang membuat baterei HP Anda semakin cepat habis dan panas.

7. Aplikasi WhatsApp Error

Cara mengetehui WA disadap adalah ketika aplikasi WhatsApp pada ponsel Anda berjalan lambat. Pasalnya saat satu akun WA dibuka di beberapa perangkan, bisa menyebabkan aplikasi error.

8. Akun WhatsApp Aktif di Perangkat Tidak Dikenal

Terakhir, cara mengetahui akun WA disadap dengan melihat akses menu ‘Linked devices’. Apabila terlihat ada aktifitas lain akun WA Anda di perangkat tidak dikenal, maka kemungkin WhatsApp Anda sedang direntas.

Bagaimana Cara Mengatasi WA Disadap?

Ada beberapa cara untuk mengatasi akun wA yang telah disadap. Namun sebelum itu, Anda perlu memastikan nomor yang Anda daftarkan di akun WhatsApp masih aktif untuk mempermudah prosesnya.

Berikut cara mengatasi WA yang disadap adalah

– Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Coba install kembali aplikasi WA pada ponsel Anda. Setelah itu, akan muncul notifikasi WhatsApp berisi OTP (one time password) yang berisi enam digit untuk dapat mengakses akun WhatsApp Anda kembali.

– Nonaktifkan Akun WhatsApp

Apabila Anda yakin bahwa telah disadap, Anda bisa menonaktifkannya dengan mengirim email ke support@whatsapp.com. Anda bisa menggunakannya kembali setelah 30 hari masa nonaktif berlaku.

Baca juga: Cara Mengatasi WhatsApp Diblokir Tanpa Repot!

Bagaimana Tips Mencegah WA Disadap?

Mengingat bahayanya saat mengetahui akun WhatsApp disadap, maka akan lebih baik mencegah agar hal tersebut tidak terjadi.

Berikut cara mencegah agar akun WA tidak disadap adalah

1. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor akan mengunci akun Anda dan mencegah peretas mengakses akun Anda dari perangkat lain. Ini adalah tindakan proaktif untuk mencegah orang jahat mengakses akun Anda.

Berikut cara mengaktifkan autentikasi dua faktor di perangkat Android Anda:

  • Buka WhatsApp di perangkat Android Anda.
  • Ketuk tombol bertitik tiga di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Account”.

klik pengaturan - cara mengetahui WA disadap

  • Pilih opsi “Two-step verification.”

verifikasi-2-langkah- cara mengetahui WA disadap

  • Tekan “Turn on.”
  • Masukkan 6 digit pin untuk keamanan akun
  • Ulangi masukkan pin pada halaman berikutnya untuk konfirmasi.

konfirmasi verifikasi - cara mengetahui WA disadap

  • Masukkan alamat email.
  • Klik “Done”.

2. Aktifkan Pemindaian Sidik Jari

Cara mengantisipasi WA disadap lainnya, yaitu dengan mengaktifkan pemindaian sidik jari. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Klik opsi titik 3 di pojok kanan atas
  • Klik Privasi (Privacy)

aktifkan privasi - cara mengetahui WA disadap

  • Klik Kunci Sidik Jari

cara mengetahui WA disadap _kunci-sidik-jari

  • Geser tombol abu-abu menjadi hijau

geser tombol menjadi hijau - cara mengetahui WA disadap

3. Usahakan Selalu Logout WhatsApp Web

Cara ketiga agar WA tidak diretas adalah dengan selalu logout setelah menggunakan WhatsApp Web. Tujuan agar akun Anda tidak bisa direntas oleh orang tidak bertanggung jawab.

4. Gunakan Aplikasi WhatsApp Resmi

Terakhir cara mencegah WA tidak disadap adalah menggunakan aplikasi WhatsApp resmi. Mengingat banyakan aplikasi WhatsApp modifikasi yang sangat berbahaya.

Namun untuk keperluan bisnis, tersedia aplikasi WhatsApp Business API. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap yang mendukung aktivitas bisnis. Terlebih aplikasi ini memiliki sistem keamanan enkripsi end-to-end.

Berikut cara mengaktifkan WhatsApp Business API:

  • Bermitra dengan official BSP WhatsApp
  • Verifikasi akun Facebook Manager
  • WhatsApp Business API telah aktif

Baca juga: WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp (2023)

Tingkatkan Keamanan Akun WhatsApp Anda Sekarang

Mengingat bahayanya WhatsApp yang disadap, ada baiknya untuk mendeteksinya lebih dini. Ada beberapa cara mengetahui akun WA disadap yang bisa Anda terapkan.

Apabila akun Anda terdeteksi direntas, ada baiknya untuk segera diatasi dengan menginstal ulanggan atau menonaktifkan WhatsApp. Namun, akan lebih baik bila mencegah hal tersebut terjadi.

Salah satu cara untuk mencegah WA disadap adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsApp resmi. Sementara untuk keperluan bisnis, dianjurkan untuk menggunakan WA API yang bisa diperoleh dari BSP WhatsApp resmi seperti Mekari Qontak.

Lebih dari 3500 perusahaan telah mempercayai Mekari Qontak untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan mereka. Selain itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales