Mekari Qontak
Featured Articles

5 Cara Memanfaatkan Database Customer

database customer

Begini Cara Memanfaatkan Database Customer dengan Tepat!

Pelanggan merupakan aset penting yang dimiliki perusahaan. Maka bisnis harus bisa mempertahankan loyalitas pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan database customer.

Database customer dapat digunakan untuk menjalin hubungan dekat dengan pelanggan, dan membangun loyaliats mereka. Dengan begitu, bisnis bisa menghasilkan lebih banyak pendapatan.

Namun sebelum itu, bisnis harus mengumpulakan database pelanggan terlebih dahulu. Cara mendapatkan database pelanggan relatif mudah, bisa dilakukan secara konvensional atau dengan bantuan tools.

Mari kenali lebih dalam tentang data pelanggan, bagaimana cara mendapatkan database pelanggan dan bagaimana memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis? semuanya akan dibahas pada artikel dibawah ini.


Apa itu Database Customer?

Database customer adalah kumpulan informasi pelanggan yang dikumpulkan dalam satu sistem. Database berisi identitas pelanggan, riwayat pembelian, riwayat percakapan, jadwal janji temu, dan banyak lagi.

Biasanya pengelolaan database customer dilakukan melalui penggunaan aplikasi database pelanggan atau software seperti CRM (customer relationship management). Software CRM membantu menyimpan, mengelola dan melihat database customer dengan lebih mudah.

CRM memberikan tampilan pelanggan secara 360 derajat yang menunjukkan seluruh informasi kontak, deals, hingga aktivitas terakhir terkait kontak tersebut. Hal ini memudahkan Anda untuk memantau dan mengakses informasi pelanggan saat dibutuhkan.


Bagaimana Cara Mendapatkan Database Pelanggan?

Berikut cara mendapatkan database pelanggan adalah sebagai berikut:

– Mengumpulkan data pelanggan saat pameran

Cara mendapatkan database pelanggan yang pertama adalah saat Anda mengikuti pameran bisnis. Pameran adalah salah satu strategi pemasaran untuk membangun brand awareness dan menjaring prospek. Kesempatan ini dapat Anda manfaatkan untuk mengumpulkan data prosepek.

Cobalah untuk meminta informasi identitas setiap pengunjung yang datang ke stand pameran Anda. Agar lebih menarik, berikan hadiah seperti diskon atau souvenir untuk setiap pengunjung yang mau memberikan datanya.

– Menyediakan form pada website bisnis

Cara mendapatkan database pelanggan kedua adalah melalui website bisnis. Website dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan prosepek baru. Caranya adalah dengan menyediakan formulir yang bisa diisi oleh pengunjung yang ingin berinteraksi dengan bisnis.

Pelanggan saat ini cenderung mencari informasi melalui internet atau website. Hal ini peluang bagi bisnis untuk mendapatkan data pelanggan. Oleh karena itu, dianjurkan agar website Anda memuat informasi penting mengenai produk bisnis yang menarik minat penggunjung.

– Menampilkan live chat widget pada website

Cara mendapatkan database pelanggan selanjutnya adalah dengan menyediakan live chat widget pada website. Seperti yang diketahui, banyak pelanggan yang menemukan solusi permasalahaan dari website bisnis.

Namun mengumpulkan data pelanggan dari form di website saja tidak cukup. Pasalnya respon dari form dianggap lebih lama sehingga pelanggan cenderung malas untuk mengisinya.

Berbeda jika website Anda dilengkapi dengan chat widget. Dimana pelanggan dapat langsung berinteraksi dengan customer support Anda dengan mengklik widget website tersebut. Dari situ, Anda akan mendapatkan database pelanggan baru.

– Gunakan alamat email sesuai dengan nama bisnis

Cara mendapatkan database pelanggan terakhir adalah menggunakan alamat email yang sama dengan nama bisnis. Tujuannya agar mempermudah pelanggan untuk mengenali bisnis Anda. Hal ini membuka peluang Anda untuk mendapatkan informasi prospek baru.

Rekomendasi: 10 Data Management Platform (DMP) Terbaik 2022


Bagaimana Memanfaatkan Database Customer Dengan Tepat?

Setelah Anda mempelajari cara mendapatkan database pelanggan, Anda bisa mulai memanfaatkan data tersebut. Database customer merupakan cara perusahaan untuk tetap terhubung dengan pelanggan mereka dan memberikan pelayanan yang terbaik.

Berikut adalah beberapa cara memanfaatkan database pelanggan:

1. Mengidentifikasi pelanggan

Database customer dapat digunakan mengidentifikasi pembeli yang membeli secara regular serta yang bisa didorong untuk melakukan cross-sell. Software CRM dapat menganalisis dan mengidentifikasi hal tersebut.

Informasi tersebut membantu bisnis untuk mengelola workflow dan mengalokasikan sumber daya lebih baik sehingga top customer memperoleh perhatian lebih. Hal ini dapat berakibat pada tingkat customer retention yang lebih tinggi.

Cara memanfaatkan database

2. Meningkatkan dan mempercepat close deal

Selain informasi kontak, software pengelolaan database customer CRM memberikan detail seperti percakapan, deals, touchpoint dengan perusahaan, hingga jadwal janji temu dengan mereka.

Dengan memiliki data tersebut, tim sales dapat menargetkan calon klien yang tepat secara spesifik. Data tersebut membantu sales force untuk memberikan waktu dan usaha terhadap peluang deals yang paling potensial.

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan dengan customer database

Dengan menyimpan database pelanggan, bisnis dapat memperoleh loyalitas pelanggan. Informasi yang tersimpan pada database dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi dengan pelanggan secara lebih personal.

Dengan memberikan pengalaman membeli yang lebih personal, bisnis akan lebih mudah untuk mendapat hati pelanggan dan menjadikannya loyal customer.

4. Customer database mengurangi customer churn

Database tidak hanya menyimpan data tentang pelanggan eksisting, tetapi juga yang sudah tidak pernah melakukan pembelian lagi dalam jangka waktu tertentu. Informasi tersebut bermanfaat untuk memahami interaksi seperti apa yang bekerja sehingga dapat mencegah customer churn di masa depan.

Informasi yang tersimpan pada database pelanggan  memungkinkan perusahaan untuk melihat pola perilaku dan insight pelanggan lainnya. Bisnis juga dapat menangani masalah pelanggan lebih cepat. Dengan begitu, pelanggan akan merasakan pengalaman yang baik dan merasa dipahami, walaupun masalah tersebut tidak terselesaikan.

5. Menggunakan customer database dari sistem CRM

Dulu, database pelanggan biasanya disimpan pada Microsoft Excel. Tanpa adanya koordinasi bagaimana mengelola data tersebut, seringkali pelanggan yang sama dihubungi oleh tim sales yang berbeda. Hal ini membuat pelanggan merasa terganggu dan membuang waktu perusahaan..

Dengan database CRM, perusahaan dapat melacak prospek dan pelanggan eksisting kapan pun diperlukan. Sistem CRM membantu meminimalisir kesalahan akibat database yang tidak terorganisir. Database CRM juga mempermudah perusahaan dalam mengelola pesanan dan membuat tiket untuk pelanggan. 

database-customer-and-ticket-management

Baca juga: 10 Customer Database Software Terbaik Tahun 2022 [Update]


Manfaatkan Database Customer untuk Meningkatkan Bisnis Anda Sekarang!

Qontak by Mekari

Database pelanggan merupakan kunci untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dengan bantuan teknologi seperti software CRM, perusahaan dapat mengelola dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.

Salah satu penyedia aplikasi database terbaik di Indonesia adalah Qontak.com. Software database Qontak.com didukung fitur canggih yang membantu bisnis mengelola data pelanggan dari berbagai saluran bisnis. Hal ini membantu Anda untuk menyelesaikan proses pemasaran, penjualan dan customer service.

Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Manfaatkan database customer Anda dengan lebih baik dan buat bisnis Anda bertumbuh sekarang juga dengan mengisi form dibawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales