Daftar isi
5 min read

Linked Devices WhatsApp: Cara Tambah WA di Banyak Perangkat

Tayang 13 Juli 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
Tutorial Linked WhatsApp
Linked Devices WhatsApp: Cara Tambah WA di Banyak Perangkat

WhatsApp menjadi platform pesan instan paling diminati termasuk untuk urusan bisnis. Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah satu nomor WA bisa diakses dari beberapa perangkat sekaligus melalui fitur linked devices WhatsApp.

Dikutip dari Engineering Meta bahwa satu akun WhatsApp bisa digunakan di empat perangkat lain yang bukan telepon secara bersamaan, bahkan meski baterai ponsel habis.

Sinkronisasi data juga akan otomatis diperbarui di setiap perangkat yang terhubung dengan tingkat privasi dan keamanan terjaga melalui enkripsi end-to-end.

Hadirnya link WhatsApp generator tersebut bisa menjadi solusi bagi bisnis untuk menggunakan WA dengan menambahkan banyak agen aktif di beberapa perangkat sekaligus. Dengan begitu, bisnis Anda dapat merespon pelanggan lebih cepat.

Yuk, pelajari cara linked WhatsApp ke banyak device pada artikel berikut.


Bagaimana Cara Linked WhatsApp Device?

Dilansir dari laman WhatsApp bahwa cara linked WhatsApp ke banyak device bisa menggunakan scan kode QR di ponsel Android atau Iphone. Kemudian akun WhatsApp akan terhubung selama 14 hari jika tidak dikeluarkan (logout) manual.

Berikut cara linked WhatsApp device menggunakan kode QR:

1. Android

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Android Anda.
  • Klik ikon “Titik Tiga” yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih menu “Perangkat Tertaut”
  • Tekan tombol “Tautkan Perangkat”
  • Buka kunci ponsel Anda menggunakan autentikasi biometrik atau memasukkan PIN
  • Arahkan ponsel Android Anda ke layar perangkat yang ingin Anda tautkan untuk memindai kode QR.

Baca juga: Begini Cara Mudah Menggunakan Dual WhatsApp

2. iPhone

  • Buka WhatsApp di ponsel utama iPhone Anda
  • Buka Menu Pengaturan WhatsApp
  • Pilih “Perangkat Tertaut”
  • Tekan tombol “Tautkan Perangkat”
  • Buka kunci iPhone Anda jika Anda menggunakan Face ID atau dengan memasukkan PIN.
  • Arahkan iPhone Anda ke layar perangkat yang ingin Anda tautkan untuk memindai kode QR.

Bagaimana Cara Link WhatsApp ke Banyak Devices dengan WA API?

Linked WhatsApp devices bisa juga didapatkan melalui WhatsApp Business API. Berbeda denga cara sebelumnya yang hanya membatasi 4 perangkat dengan 1 ponsel, fitur linked device menggunakan WhatsApp API bisa menambah perangkat tanpa batas.

Sementara untuk memperoleh WA API, Anda perlu meng-upgrade akun WhatsApp Business yang Anda miliki. Agar lebih jelasnya, simak langkah-langkah membuat API WhatsApp Business berikut:

 Step 1. Aktifkan Facebook Business Manager

Cara pertama Link WhatsApp ke banyak Devices

Pertama, Anda perlu memiliki akun Facebook Business Manager. Apabila Anda belum memilikinya, bisa login menggunakan akun Facebook Messenger Anda.

Setelah berhasil mengaktifkan, kemudian ajukan akun Anda untuk verifikasi ke pihak Facebook. Namun, proses ini cukup sulit dan menyita waktu. Anda bisa meminta bantuan official partner WhatsApp API seperti Mekari Qontak untuk menyelesaikan tahap ini.

Step 2. Bermitra dengan Business Solution Provider (BSP)

Cara kedua Cara Link WhatsApp ke banyak Devices

BSP WhatsApp API merupakan partner resmi Meta yang menyediakan WA Business multiple devices. Di Indonesia, BSP atau official partner WhatsApp API dapat Anda percayakan pada Mekari Qontak.

Mekari Qontak akan membantu Anda mengajukan permohonan untuk WA API berlisensi yang dapat diintegrasikan dengan teknologi apa pun.

Step 3. Daftarkan Nomor WhatsApp API

Cara ketiga Link WhatsApp ke banyak Devices

Setelah bergabung dengan Mekari Qontak, Anda akan diminta untuk memberikan nomor WhatsApp yang akan dijadikan untuk akun WhatsApp API. Nomor ini bisa berupa nomor baru yang baru atau sudah Anda gunakan untuk mendaftar WA sebelumnya.

Kemudian, Mekari Qontak akan mendaftarkan nomor tesebut. Sementara itu, Anda bisa melengkapi profil bisnis. Isi profil tersebut dengan informasi penting seperti jam operasional, alamat, katalog,  website, dan lainnya. Informasi tersebut akan menjadi branding.

Step 4. Uji Coba Linked Devices WhatsApp

Cara keempat Cara Link WhatsApp ke banyak Devices

Terakhir, Anda bisa mulai menggunakan WhatsApp on multiple devices. Anda bisa menambahkan agen sebanyak mungkin untuk mengakses WhatsApp API Anda. Setelah itu, coba login dari berbagai perangkat secara bersamaan.

Apabila mengalami kendala, Anda bisa menghubungi tim Mekari Qontak. Tim Mekari Qontak selalu siap melayani permasalahan Anda selama 24 jam non stop.

Baca juga: 6 Cara Menggunakan Satu HP Dua WhatsApp


Apa Manfaat Menggunakan Linked Devices WhatsApp?

Linked devices WhatsApp bermanfaat untuk menghubungkan banyak perangkat dengan satu akun WA. Hal ini memungkinkan bisnis melayani pelanggan lebih cepat. Selain itu, masih banyak manfaat dari WA linked devices, seperti berikut:

– Memudahkan dalam Memantau Permintaan Pelanggan

WhatsApp 2 devices hanya menggunakan satu nomor untuk banyak perangkat. Artinya semua pesan pelanggan terkumpul pada satu platform terpadu. Hal ini memudahkan bisnis untuk memastikan pesan pelanggan ditangani.

– Memperluas Jangkauan Pelanggan

Sebagian besar pelanggan cenderung menanyakan detail produk sebelum memutuskan membeli. Sayangnya mereka juga tidak suka menunggu lama untuk mendapatkan balasan dari bisnis.

Dengan linked WhatsApp devices, bisnis dapat merespon pelanggan lebih cepat melalui banyak agen yang aktif bersamaan di berbagai perangkan. Hal ini memudahkan untuk pelanggan bertransaksi dengan bisnis tanpa perlu menunggu lama.

Meningkatkan Penjualan

Setelah bisnis berhasil memperluas jangkauan pelanggan, artinya peluang terjadinya transaksi penjualan juga bertambah. Hal ini menguntungkan bisnis yang akan meningkatkan pendapatan.

– Membagikan Tugas secara Merata

WA Business multiple devices memiliki fitur rotator WhatsApp. Fitur ini berfungsi untuk membagikan pesan pelanggan ke agen CS secara otomatis. Sebelumnya bisnis dapat mengatur alokasi agen secara adil sesuai kemampuan mereka. Pembagian bisa dilakukan manual atau otomatis melalui round robin.

– Kemudahan Integrasi dengan Aplikasi lain

Linked WhatsApp device dapat dengan mudah diintegrasikan dengan aplikasi pesan instan seperti Telegram, Line, Facebook Messenger, dan lainnya. Seluruh riwayat percakapan akan disimpan dan ditampilkan pada dashboard terpadu. Hal ini memudahkan bisnis berinteraksi dengan pelanggan.

Rekomendasi: 15 Aplikasi WhatsApp Clone Terbaru Tahun 2023


Hubungkan Akun Business WhatsApp Anda ke banyak Devices Sekarang!

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, linked devices memfasilitasi bisnis untuk melayani pelanggan lebih cepat. Caranya dengan menambahkan banyak agen untuk mengakses satu akun WhatsApp Business dari perangkat berbeda sekaligus.

Liked devices WhatsApp terbaik hanya bisa didapatkan melalui official partner WhatsApp API seperti Mekari Qontak.

Selain menyediakan WhatsApp Business API, Mekari Qontak juga menyediakan Aplikasi CRM Omnichannel yang terintegrasi dengan WhatsApp API untuk mengoptimalkan proses bisnis Anda.

Mekari Qontak tidak memungut biaya tambahan untuk jasa setup WhatsApp API. Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan dan telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apalagi, Coba Gratis linked WhatsApp API sekarang atau konsultasikan bersama tim kami!

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales