Daftar isi
5 min read

WhatsApp Rotator: Cara Mendapatkan Rotator WA

Tayang 20 Agustus 2023
Diperbarui 12 Desember 2023
apa-itu-wa-rotater-dan-cara-saftarnya
WhatsApp Rotator: Cara Mendapatkan Rotator WA

Salah satu fitur unggulan WA Business adalah WhatsApp Rotator yang bertugas meneruskan pesan leads ke customer service. Riwayat percakapan dan profil leads akan otomatis tersimpan dalam sistem database untuk memudahkan pelacakan dan penyusunan strategi.

Rotator WhatsApp akan membagi pesan leads secara adil sesuai dengan kemampuan customer service. Hal ini menghindari terjadinya ketidakpuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan, baik dari segi kecepatan pelayanan dan informasi yang diberikan oleh CS. Dengan begitu, diharapkan akan membantu kerja CS untuk memberikan respon cepat dan tepat.


Apa itu WhatsApp Rotator?

whatsapp rotator oleh qontak untuk pembagian chat

WhatsApp rotator adalah fitur WhatsApp Business API yang meneruskan dan membagi leads ke customer service (CS). Leads akan dibagi secara adil berdasarkan kemampuan CS yang telah diatur sebelumnya.

Kemudian leads tersebut akan ditindak lanjuti atau direspon oleh CS hingga tercipta kesepakatan penjualan. Diharapkan melalui percakapan CS dengan leads terjadi peningkatan penjualan yang menguntungkan bisnis.

Prinsip kerja WhatsApp rotator cukup simple, Anda hanya cukup menyebar satu link WhatsApp CS atau landing page WhatsApp customer service ke berbagai saluran toko online Anda. Kemudian rotator WhatsApp akan bekerja secara otomatis membagikan leads yang masuk dari berbagai saluran ke anggota CS secara merata.

WA rotator memiliki kemampuan untuk menampilkan data berapa leads yang dilayani oleh masing-masing customer service. Hal ini memberikan informasi data real berapa leads yang berubah menjadi pelanggan atau membeli produk.


Kelebihan Menggunakan WhatsApp Rotator

Kelebihan WhatsApp rotator yang utama adalah membantu bisnis dalam mengkoordinasi kerja customer service yang memberikan layanan pelanggan melalui WhatsApp atau biasa disebut WhatsApp customer service (CS).

Rotator WhatsApp mengkonfigurasi agar semua CS memiliki “porsi” sesuai kemampuannya, sehingga CS akan lebih teratur dan tidak kebingungungan saat merespon pertanyaan dari leads. Untuk mempercepat kinerja CS dalam mengatur leads, dibutuhkan WhatsApp CS dengan banyak admin.

Agar WhatsApp CS bisa digunakan oleh banyak admin, harus terkoneksi dengan WA Business API. Koneksi tersebut membuat WA rotator Anda menggunakan satu nomor WA untuk banyak admin atau customer service dalam waktu bersamaan. Salah satu official Business Partner WhatsApp API terbaik di Indonesia adalah Qontak.com.

Qontak.com memiliki fitur yang dapat membagi pesan (WA rotator) secara otomatis, sehingga pelanggan lebih cepat mendapatkan respon. Fitur WhatsApp CS unggulan lainnya yang hanya dimiliki Qontak.com dalam membagi chat leads adalah:

  • Supervisor dapat membagikan pesan leads kepada customer service secara manual.
  • Sistem yang secara otomatis meneruskan pesan leads ke customer service yang tersedia.
  • Anggota customer service dapat menentukan pesan leads yang akan dilayani.
  • ChatBot yang menentukan chat akan diteruskan ke customer service mana berdasarkan pilihan leads.

Cara Mendapatkan WhatsApp Rotator

WhatsApp official business edition dengan centang hijau

Cara mendapatkan WhatsApp rotator hanya bisa didapatkan melalui WhatsApp Business API dari Business Solution Provider WhatsApp. Salah satu partner resmi WhatsApp API adalah Qontak.com.

1. Mendaftar ke Business Solution Provider (BSP) resmi WhatsApp

Salah satu WhatsApp Official Business Partner terbaik di Indonesia adalah Qontak.com. Tim Qontak dapat membantu Anda memperoleh WhatsApp rotator dengan mudah.

2. Lakukan verifikasi Facebook Business Manager

Terdapat proses verifikasi data yang harus dilewati untuk membuktikan bahwa bisnis tersebut legal serta memenuhi persyaratan lainnya yang telah ditentukan oleh pihak WhatsApp. Beberapa data tersebut adalah nama perusahaan, Website url, Industri, Daerah Operasional, serta memiliki Facebook Business Manager.

Qontak.com dapat membantu Anda untuk mengunggah dokumen-dokumen tersebut untuk proses registrasi perusahaan. Setelah seluruh syarat terpenuhi, maka Qontak.com dapat mendaftarkan bisnis Anda langsung ke WhatsApp.

3. BSP akan mendaftarkan nomor Anda menjadi WhatsApp API,

Setelah pendaftaran telah disetujui oleh WhatsApp, Anda harus memilih satu nomor yang akan menjadi nomor bisnis Anda. Pikirkanlah baik-baik nomor yang mana yang akan Anda gunakan, karena Anda tidak dapat mengganti nomor tersebut.

4. Setelah menjadi WhatsApp API, Anda akan dapat menggunakan WhatsApp Rotator.

whatsapp rotator oleh qontak untuk pembagian chat

Setelah Anda mendapatkan WhatsApp Business API, Anda dapat menggunakan WhatsApp rotator yang tersedia.

Baca juga: WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp (2023)


Fungsi dan Kegunaan WA Rotator

whatsapp rotator fitur dan kegunaannya

  • Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Pelanggan akan secara otomatis diarahkan ke CS yang tersedia. Hal ini untuk menghindari tim CS kewalahan menjawab pertanyaan pembeli, dan kekecewaan pelanggan yang disebabkan slow respon. Selain itu, pembagian tugas WhatsApp CS yang merata berdampak pada pelayanan pelanggan menjadi lebih efektif.

  • Monitoring leads

WhatsApp CS mengumpulkan pesan leads dari berbagai saluran toko online untuk diteruskan ke masing-masing customer service dalam satu platform. Pesan yang masuk akan tersimpan otomatis dalam database dan ditampilkan di dashboard interaktif. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi melakukan backup data pesan atau sinkronisasi riwayat percakapan leads.

  • Pelaporan Analitik

WhatsApp customer service dilengkapi dengan pelaporan dan analisis secara real time dan langsung dari seluruh aktivitas WhatsApp customer service. Aktivitas yang dimaksud seperti berapa total percakapan yang dilakukan, rata-rata waktu respon dan sebagainya.  Hal ini memudahkan Anda untuk menilai KPI customer service, kinerja tim CS, dan menyusun strategi peningkatan pelayanan pelanggan.

  • Sistem Routing CS Tingkat Lanjut

WhatsApp CS dapat disesuaikan routing CS dan percakapan untuk memenuhi kebutuhan manajemen bisnis, baik secara otomatis maupun dikustomisasi sesuai kebutuhan. Dengan begitu, pelanggan dapat diarahkan langsung ke CS yang tepat untuk ditangani.

  • Integrasi Omnichannel CRM

WhatsApp customer service dapat dengan mudah diintegrasi dengan berbagai saluran seperti Telegram, Line, Facebook Messenger dan lainnya. Hal ini menciptakan interaksi yang mulus antara bisnis dengan pelanggan dari berbagai saluran. Seluruh percakapan yang terjadi dapat dilihat dalam satu tampilan layar yang saling terhubung.


Dapatkan WhatsApp Rotator di Qontak.com

WhatsApp Rotator membantu kerja CS bisnis lebih teratur dan cepat dalam menindaklanjuti leads yang datang dari berbagai saluran. Untuk merasakan manfaat tersebut, Bisnis Anda harus terintegrasi dengan WhatsApp API Indonesia.

Sebagai official business partner WhatsApp API, Qontak.com membantu mengkoneksikan bisnis Anda dengan WA API termasuk fitur unggulan WhatsApp rotator. Qontak.com juga terintegrasi dengan omnichannel chat lainnya. Hal ini membuat Anda mendapatkan laporan secara real time & Instan dari semua aktivitas untuk meningkatkan kinerja percakapan. Qontak.com juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan notifikasi massal termasuk otomasi menggunakan WhatsApp API.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales