Daftar isi
6 min read

4 Cara Mendapatkan WhatsApp Masking

Tayang 15 Maret 2024
Diperbarui 28 Maret 2024
4 Cara Mendapatkan WhatsApp Masking

WhatsApp masking menampilkan nama bisnis sebagai pengirim pesan, meskipun penerima tidak menyimpan kontak bisnis tersebut. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mengenali bisnis.

Sementara untuk mendapatkan masking di akun WA, maka bisnis harus terdaftar sebagai WhatsApp API. Dalam hal ini, bisnis memenuhi kebijakan dan aturan dari pihak WhatsApp. Setelah terverifikasi oleh WhatsApp, masking akan otomatis muncul pada akun WA Business API.

Pelajari selengkapnya cara mendapatkan WhatsApp Masking pada artikel di bawah ini.


Apa itu WhatsApp Masking?

WhatsApp Masking adalah fitur WA Business yang menampilkan nama bisnis setiap kali mengirimkan pesan. Nama tersebut tetap akan muncul meski penerima tidak menyimpan nomor bisnis.

WhatsApp Masking hanya didapatkan setelah akun WA  terverifikasi melalui WhatsApp Business API. Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang hanya menampilkan nomor pada halaman chat. 

Selain itu, di sebelah nama bisnis terdapat tanda centang hijau yang menunjukkan akun terverifikasi. Kombinasi nama bisnis dan centang hijau dapat mendorong tingkat kepercayaan pelanggan bahwa pengirim pesan WhatsApp adalah akun bisnis resmi.

Maka dari itu, tidak heran jika WhatsApp API memiliki tingkat pembukaan tinggi. Menurut Telemedia, pesan yang dikirimkan dari WhatsApp API memiliki tingkat pembukaan mencapai 99%.

WhatsApp Masking API memiliki berbagai fitur unggulan seperti WA blast yang mampu mengirim pesan masal tak terbatas jumlah kontak tujuan. Pesan tetap terkirim meski mereka tidak menyimpan kontak Anda.

Nama bisnis Anda akan tampil sebagai pengirim pesan blast yang akan konsumen terima secara bersamaan. Hal ini menjadikan Masking WA sebagai tools marketing untuk menyebarkan informasi bisnis dan branding.

Perbedaan antara WhatsApp Business Biasa dan WhatsApp Business API

WhatsApp Business Biasa WhatsApp Business API
Hanya bisa untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop) Jumlah admin tak terbatas
Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat
Menyimpan nomor secara manual Nomor dan nama otomatis tersimpan
Tidak bisa mengirimkan pesan blast Dapat mengirim pesan blast WhatsApp
Koneksi terputus saat perangkat utama offline Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif
Tidak terintegrasi dengan aplikasi lain Bisa integrasi dengan aplikasi lain
Tidak ada centang hijau Ada centang hijau

Baca juga: Apa itu WhatsApp API? Pengertian dan Fitur-Fiturnya


Mengapa Bisnis Membutuhkan WhatsApp Masking?

WhatsApp masking API sangat penting untuk branding bisnis agar lebih mudah dikenali pelanggan. WhatsApp number masking dan informasi bisnis lainya yang ditampilkan pada profil WA bisnis, membangun keyakinan pelanggan bahwa bisnis Anda terpercaya.

Alasan lainnya pentingnya sebuah bisnis menggunakan WhatsApp verified adalah sebagai berikut:

  • Membangun Kredibilitas di mata Pelanggan

WhatsApp Masking menampilkan nama bisnis Anda sebagai identitas pengirim (Sender ID). Hal ini menunjukkan profesionalisme yang berdampak baik pada citra bisnis di mata konsumen.

Bisnis Anda juga akan terlihat lebih berkelas dan besar secara tidak langsung. Konsumen tidak akan lagi ragu setiap kali bertransaksi dengan Anda.

  • Melindungi Privasi Pelanggan

Kemunculan pesan dari WhatsApp verified yang ditandai centang hijau tidak akan mengganggu aktivitas konsumen secara berlebihan. Sebab mereka mengenali nama pengirim pesan tersebut yang ditampilkan oleh WhatsApp Masking.

Rasa aman tersebut membuat pengalaman berkomunikasi lebih unggul. Sekaligus meningkatkan kepercayaan setiap mendapatkan pesan.

  • Media Marketing/Promosi

WhatsApp Masking API bisa sebagai sarana menginformasikan promo yang sedang bisnis Anda tawarkan. Kemampuan WhatsApp Masking API menampilkan nama bisnis menambahkan keyakinan konsumen bahwa pesan tersebut resmi.

Terlebih dengan adanya fitur WhatsApp blast yang mampu mengirim pesan ke banyak nomor sekaligus. Hal ini menjadikan WhatsApp sebagai sarana marketing yang efisien.

  • Mengawasi Komunikasi

WhatsApp dapat mengawasi komunikasi yang terjalin antara konsumen dan bisnis dengan baik. Sebab keduanya dapat membaca riwayat pesan tersebut berulang kali sesuai dengan kebutuhannya.

  • Terhindar dari Diblokir

Semua akun WhatsApp  API telah dilaporkan secara resmi ke pihak WhatsApp. Dan telah mendapatkan persetujuan dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp. Artinya akun telah memenuhi ketentuan WhatsApp. Artinya akun WA Anda aman dari pemblokiran.


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Masking?

Cara Mendapatkan Masking WhatsApp

Secara singkat, cara mendapatkan WhatsApp masking adalah sebagai berikut:

Step 1. Pilih WhatsApp Official Partner di Indonesia (Mekari Qontak)

Pertama, bergabung dengan Business Solution Provider (BSP) resmi WhatsApp di Indonesia menjadi keharusan sebelum menggunakan WhatsApp Masking. Pilihlah official partner terbaik yang memiliki banyak pengalaman seperti Mekari Qontak.

Step 2. Lakukan verifikasi akun Facebook Business Manager

Kedua untuk menjadi admin akun bisnis, Anda perlu memverifikasi akun sesuai dengan tentukan Facebook Business Manager dengan mengonfirmasi Identitas Anda seperti:

  • Nama bisnis,
  • URL website,
  • Email resmi
  • SIUP/NIB/NPWP.

Proses tersebut cukup panjang dan membutuhkan waktu lama karena harus mendapatkan persetujuan dari Facebook. Qontak akan mengerjakan proses tersebut untuk bisnis Anda dan membuatnya menjadi lebih cepat.

Step 3. Aktifkan nomor WhatsApp dan lengkapi profil

Ketiga, Anda harus memilih nomor telepon yang akan bisnis Anda gunakan. Nomor tersebut akan terus digunakan, tidak dapat diubah. Selanjutnya isi informasi bisnis selengkap mungkin pada profil. Dengan begitu memudahkan pelanggan mengenali bisnis Anda.

Step 4. Dapatkan centang hijau dan masking

Setelah terverifikasi, akun WhatsApp verified akan terlihat centang hijau dan nama bisnis akan otomatis terlihat di layar pelanggan, meski mereka tidak menyimpan kontak Anda. Artinya WhatsApp Masking bisa digunakan untuk mengirim pesan WhatsApp seperti biasanya.

Seluruh proses ini akan dibantu oleh Business Solution Provider resmi dari WhatsApp, yaitu Mekari Qontak.

Baca juga: Rincian Harga WhatsApp Business API


Apa saja Keuntungan Menggunakan WhatsApp Masking?

Implementasi WhatsApp Masking mendatangkan keuntungan baik untuk bisnis maupun konsumen. Misalnya menjaga privasi bisnis juga konsumen. Serta memberikan pengalaman yang berbeda bagi konsumen standar keamanan yang WhatsApp verified miliki.

Kelebihan lainnya dari WhatsApp masking adalah sebagai berikut:

  • Meningkatnya kepercayaan pelanggan bahwa bisnis Anda verified dengan adanya masking centang hijau pada akun WhatsApp Anda
  • Satu akun whatsapp number masking dapat digunakan oleh banyak agen dari berbagai device dalam waktu bersamaan, tanpa takut pelanggan ragu akun tersebut
  • Mengirimkan pesan WhatsApp blast sebagai media pemasaran tanpa harus menyimpan nomor prospek atau pelanggan. Pesan WhatsApp blast akan terkirim pada saat yang bersamaan, dan tidak batasi jumlah nomor tujuan.
  • Centang hijau sebelah nama otomatis akan muncul pada aplikasi WhatsApp prospek atau pelanggan setiap menerima pesan Anda, meski mereka tidak menyimpan kontak Anda.
  • Membangun kredibilitas Anda dengan biaya murah karena akun WhatsApp resmi bisnis (Official Business Account) yang sudah verified dan memiliki centang hijau akan lebih terpercaya oleh pelanggan atau rekan bisnis.
  • Meningkatkan penjualan, menampilkan nama bisnis dengan centang hijau WA akan mengurangi keraguan pelanggan atau rekan bisnis untuk bertransaksi online.
  • Pengenalan nama usaha atau branding gratis setiap kali mengirim pesan, sebab saat berkirim pesan atau berkomunikasi, Nama bisnis lah yang akan otomatis muncul pada layar obrolan penerima pesan.
  • Terintegrasi dengan aplikasi CRM yang memudahkan proses bisnis Anda sehingga mendapatkan keuntungan maksimal.

Bagaimana Cara Menampilkan Nama Bisnis Anda dengan WhatsApp Masking?

WhatsApp Masking mendatangkan sejumlah keuntungan bagi bisnis dan konsumen. Selain menjaga privasi, fitur WhatsApp ini juga berfungsi sebagai media komunikasi terpercaya.

Mekari Qontak membantu bisnis Anda mendapatkan WhatsApp verifed dengan mudah dan cepat. Anda bisa menikmati fitur canggih WhatsApp API dari Mekari Qontak seperti integrasi omnichannel dan Sistem CRM untuk meningkatkan penjualan dan layanan konsumen Anda.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500+ bisnis untuk mengelola pemasaran, penjualan, dan meningkatkan hubungan pelanggan mereka. Selain itu, Mekari Qontak juga tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli Mekari Qontak secara Gratis dengan klik di sini.

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales