Mekari Qontak
Other Business Product

WhatsApp Masking: 4 Cara Mendapatkan Masking WA

WhatsApp Masking

WhatsApp Masking Menampilkan Nama Bisnis saat Chatting, Bagaimana Caranya?

WhatsApp masking menampilkan nama bisnis sebagai pengirim pesan kepada konsumen, meski mereka tidak menyimpan kontak bisnis. Setelah nama terdapat tanda centang hijau yang menunjukan akun bisnis resmi. Hal ini membuat akun WhatsApp bisnis terlihat profesional dan terpercaya.

WhatsApp Masking hanya digunakan setelah akun WA menjadi WhatsApp API. Artinya telah mematuhi kebijakan dan aturan dari pihak WhatsApp. Selain itu, akun bisnis juga tidak akan diblokir oleh pihak WhatsApp.

Pelajari selengkapnya cara mendapatkan WhatsApp Masking pada artikel dibawah ini.

4 Cara singkat mendapatkan Masking WA adalah sebagai berikut:

  1. Pilih WhatsApp Official Partner di Indonesia (Mekari Qontak)
  2. Lakukan verifikasi akun Facebook Business Manager
  3. Aktifkan nomor WhatsApp dan lengkapi profil
  4. Dapatkan centang hijau dan masking

Image CTA API WhatsApp


Apa itu WhatsApp Masking?

WhatsApp Masking adalah fitur WA Business yang menampilkan nama bisnis setiap kali Anda mengirimkan pesan lewat akun WhatsApp. Nama tersebut tetap akan muncul meski kontak tujuan tidak menyimpan nomor bisnis Anda. Dengan demikian Anda dapat menjalin komunikasi lebih efektif dengan konsumen.

WhatsApp Masking hanya didapatkan setelah akun WA  terverifikasi melalui WhatsApp Business API. Berbeda dengan WhatsApp Business biasa yang hanya menampilkan nomor pada halaman chat. WhatsApp verified API menampilkan nama bisnis secara otomatis sebagai pengirim.

Selain itu, WhatsApp Masking API memiliki fitur WA blast yang mampu mengirim pesan masal tak terbatas jumlah kontak tujuan. Pesan tetap terkirim meski mereka tidak menyimpan kontak Anda. Nama bisnis Anda akan tampil sebagai pengirim pesan blast yang akan konsumen terima secara bersamaan. Hal ini menjadikan Masking WA sebagai tools marketing untuk menyebarkan informasi bisnis dan branding.

Perbedaan antara WhatsApp Business Biasa dan WhatsApp Business API

WhatsApp Business Biasa WhatsApp Business API
Hanya bisa untuk 2 admin (1 HP & 1 Laptop) Jumlah admin tak terbatas
Sinkronisasi & menyimpan riwayat chat manual Otomatis menyinkronkan & menyimpan riwayat chat
Menyimpan nomor secara manual Nomor dan nama otomatis tersimpan
Tidak bisa mengirimkan pesan blast Dapat mengirim pesan blast WhatsApp
Koneksi terputus saat perangkat utama offline Akun WhatsApp selalu aktif selama nomor masih aktif
Tidak terintegrasi dengan aplikasi lain Bisa integrasi dengan aplikasi lain
Tidak ada centang hijau Ada centang hijau

Pelajari pengertian WhatsApp Business API, baca: Apa itu WhatsApp API? Pengertian dan Fitur-Fiturnya


Mengapa Bisnis Membutuhkan WhatsApp Masking?

WhatsApp masking API sangat penting untuk branding bisnis agar lebih mudah dikenali pelanggan. WhatsApp number masking dan informasi bisnis lainya yang ditampilkan pada profil WA bisnis, membangun keyakinan pelanggan bahwa bisnis Anda terpercaya.

Alasan lainnya pentingnya sebuah bisnis menggunakan WhatsApp verified adalah sebagai berikut:

– Membangun Kredibilitas di mata Pelanggan

WhatsApp Masking menampilkan nama bisnis Anda sebagai identitas pengirim (Sender ID). Hal ini menunjukkan profesionalisme yang berdampak baik pada citra bisnis di mata konsumen. Bisnis Anda juga akan terlihat lebih berkelas dan besar secara tidak langsung. Konsumen tidak akan lagi ragu setiap kali bertransaksi dengan Anda.

– Melindungi Privasi Pelanggan

Kemunculan pesan dari WhatsApp verified yang ditandai centang hijau tidak akan mengganggu aktivitas konsumen secara berlebihan. Sebab mereka mengenali nama pengirim pesan tersebut yang ditampilkan oleh WhatsApp Masking. Rasa aman tersebut membuat pengalaman berkomunikasi lebih unggul. Sekaligus meningkatkan kepercayaan setiap mendapatkan pesan.

Sebagai Marketing/Promosi

WhatsApp Masking API bisa sebagai sarana menginformasikan promo yang sedang bisnis Anda tawarkan. Kemampuan WhatsApp Masking API menampilkan nama bisnis menambahkan keyakinan konsumen bahwa pesan tersebut resmi. Terlebih dengan adanya fitur WhatsApp blast yang mampu mengirim pesan ke banyak nomor sekaligus. Hal ini menjadikan WhatsApp sebagai sarana marketing yang efisien.

– Mengawasi Komunikasi

WhatsApp dapat mengawasi komunikasi yang terjalin antara konsumen dan bisnis dengan baik. Sebab keduanya dapat membaca riwayat pesan tersebut berulang kali sesuai dengan kebutuhannya.

– Dijamin Tidak akan Diblokir

Semua akun WhatsApp  API telah dilaporkan secara resmi ke pihak WhatsApp. Dan telah mendapatkan persetujuan dengan adanya centang hijau pada akun WhatsApp. Artinya akun telah memenuhi ketentuan WhatsApp. Artinya bahwa akun WhatsApp Anda aman dari pemblokiran.


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Masking?

Secara singkat, cara mendapatkan WhatsApp masking adalah sebagai berikut:

Step 1. Pilih WhatsApp Official Partner di Indonesia (Mekari Qontak)

Cara Mendapatkan WhatsApp Masking yang pertama adalah menghubungi BSP seperti Mekari Qontak

Pertama, bergabung dengan Business Solution Provider (BSP) resmi WhatsApp di Indonesia menjadi keharusan sebelum menggunakan WhatsApp Masking. Pilihlah official partner terbaik yang memiliki banyak pengalaman seperti Mekari Qontak.

Step 2. Lakukan verifikasi akun Facebook Business Manager

Cara Mendapatkan WhatsApp Masking yang kedua melakukan verifikasi FBM

Kedua untuk menjadi admin akun bisnis, Anda perlu memverifikasi akun sesuai dengan tentukan Facebook Business Manager dengan mengonfirmasi Identitas Anda seperti:

  • Nama bisnis,
  • URL website,
  • Email resmi
  • SIUP/NIB/NPWP.

Proses tersebut cukup panjang dan membutuhkan waktu lama karena harus mendapatkan persetujuan dari Facebook. Qontak.com akan mengerjakan proses tersebut untuk bisnis Anda dan membuatnya menjadi lebih cepat.

Step 3. Aktifkan nomor WhatsApp dan lengkapi profil

Langkah ketika aktifkan nomor telepon WhatsApp Masking

Ketiga, Anda harus memilih nomor telepon yang akan bisnis Anda gunakan. Nomor tersebut akan terus digunakan, tidak dapat diubah. Selanjutnya isi informasi bisnis selengkap mungkin pada profil. Dengan begitu memudahkan pelanggan mengenali bisnis Anda.

Step 4. Dapatkan centang hijau dan masking

Pada langkah keempat, centang hijau dan masking WhatsApp Anda siap digunakan!

Terakhir, sesudah Anda berhasil terverifikasi atau menjadi WA API, akun WhatsApp verified Anda akan terlihat centang hijau dan nama bisnis akan otomatis terlihat di layar pelanggan meski mereka tidak menyimpan kontak Anda. Artinya WhatsApp Masking bisa Anda gunakan untuk mengirim pesan WhatsApp seperti biasanya.

Seluruh proses ini akan dibantu oleh Business Solution Provider resmi dari WhatsApp, yaitu Mekari Qontak!

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Apa saja Keuntungan Menggunakan WhatsApp Masking?

Implementasi WhatsApp Masking mendatangkan keuntungan baik untuk bisnis maupun konsumen. Misalnya menjaga privasi bisnis juga konsumen. Serta memberikan pengalaman yang berbeda bagi konsumen standar keamanan yang WhatsApp verified miliki. Kelebihan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Meningkatnya kepercayaan pelanggan bahwa bisnis Anda verified dengan adanya masking centang hijau pada akun WhatsApp Anda
  • Satu akun whatsapp number masking dapat digunakan oleh banyak agen dari berbagai device dalam waktu bersamaan, tanpa takut pelanggan ragu akun tersebut
  • Mengirimkan pesan WhatsApp blast sebagai media pemasaran tanpa harus menyimpan nomor prospek atau pelanggan. Pesan WhatsApp blast akan terkirim pada saat yang bersamaan, dan tidak batasi jumlah nomor tujuan.
  • Centang hijau sebelah nama otomatis akan muncul pada aplikasi WhatsApp prospek atau pelanggan setiap menerima pesan Anda, meski mereka tidak menyimpan kontak Anda.
  • Membangun kredibilitas Anda dengan biaya murah karena akun WhatsApp resmi bisnis (Official Business Account) yang sudah verified dan memiliki centang hijau akan lebih terpercaya oleh pelanggan atau rekan bisnis.
  • Meningkatkan penjualan, menampilkan nama bisnis dengan centang hijau akan mengurangi keraguan pelanggan atau rekan bisnis untuk bertransaksi online.
  • Pengenalan nama usaha atau branding gratis setiap kali mengirim pesan, sebab saat berkirim pesan atau berkomunikasi, Nama bisnis lah yang akan otomatis muncul pada layar obrolan penerima pesan.
  • Terintegrasi dengan aplikasi CRM yang memudahkan proses bisnis Anda sehingga mendapatkan keuntungan maksimal.

Bagaimana Cara Menampilkan Nama Bisnis Anda dengan WhatsApp Masking?

WhatsApp Business API Mekari Qontak

WhatsApp Masking mendatangkan sejumlah keuntungan bagi bisnis dan konsumen. Selain menjaga privasi, fitur WhatsApp ini juga berfungsi sebagai media komunikasi terpercaya.

Mekari Qontak membantu bisnis Anda mendapatkan WhatsApp verifed dengan mudah dan cepat. Anda bisa menikmati fitur canggih WhatsApp API dari Qontak seperti integrasi omnichannel dan CRM untuk meningkatkan penjualan dan layanan konsumen Anda.

Selain itu, Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ bisnis untuk mengelola pemasaran, penjualan, dan meningkatkan hubungan pelanggan mereka. Tak hanya itu saja, Qontak juga tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales