Daftar isi
7 min read

Panduan WhatsApp Marketing untuk Promosi Bisnis Lebih Simpel

Tayang 05 Februari 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
Cara Menggynakan WhatsApp Marketing untuk Promosi Bisnis Lebih Simpel
Panduan WhatsApp Marketing untuk Promosi Bisnis Lebih Simpel

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Oleh karena itu, banyak bisnis memanfaatkan WhatsApp sebagai media pemasaran atau dikenal juga dengan istilah WhatsApp Marketing.

WA marketing paling umum digunakan bisnis untuk menawarkan produk atau jasa baik melalui pesan promosi (berupa teks, gambar, video, suara atau file). Cara menawarkan produk lewat WA banyak dipilih bisnis karena cukup efektif menjangkau banyak pelanggan dalam waktu singkat.

Tertarik ingin mencobanya juga? Pelajari selengkapnya cara promosi produk di WA pada artikel di bawah ini!


10 Cara Promosi Lewat WhatsApp Marketing yang Efektif

Seperti dijelaskan sebelumnya, cara promosi produk di WhatsApp banyak dipilih bisnis karena cukup efektif.

WhatsApp marketing akan membantu bisnis untuk menyebarkan informasi atau promosi langsung kepada banyak pelanggan tanpa perlu iklan atau mencetak brosur.

YouTube video

Berikut 10 cara promosi atau menawarkan produk di WhatsApp Marketing yang efektif meningkatkan penjualan adalah:

1. Gunakan WhatsApp Business

Pertama cara promosi di WA adalah Anda wajib menggunakan aplikasi WhatsApp Business. Tujuannya untuk memisahkan antara kepentingan personal dengan bisnis. Setelah itu, bisa memaksimalkan fitur WA Business untuk membantu promosi.

Apabila ingin meningkatkan penjualan lebih cepat, Anda bisa meng-upgrade menjadi WhatsApp Business API. WhatsApp API merupakan produk khusus yang dirancang untuk bisnis berinteraksi dengan pelanggannya lebih efisien.

Keunggulan WhatsApp API dibandingkan WhatsApp Business biasa adalah fitur-fitur yang ditawarkan mempermudah bisnis untuk aktivitas marketing. Misalnya blast WhatsApp yang memungkinkan bisnis untuk mengirimkan pesan promosi ke ribuan kontak dalam waktu bersamaan. Ada juga fitur Chatbot yang akan otomatis menjawab setiap pesan masuk.

Baca juga: WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp (2023)

2. Fokus pada Target Pasar Anda

Selanjutnya, tentukan target pasar yang ingin Anda sasar. Dimulai mengelompokkan prospek atau pelanggan yang Anda miliki. Misalnya berdasarkan pelanggan usia milenial, usia paruh baya, pelanggan loyal yang akan berbelanja banyak, dan seterusnya.

Anda bisa menemukan informasi terkait target pasar melalui pameran, atau media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Informasi tersebut mengenai data identitas diri serta nomor bisnis yang aktif.

Memanfaatkan informasi tersebut untuk follow up menawarkan produk melalui WA marketing. Lakukan evaluasi, setiap 3 atau 6 bulan sekali, mana pelanggan yang aktif dan mana yang perlu hubungi kembali untuk follow-up.

3. Maksimalkan Obrolan One on One dan Grup

Selain kolom obrolan biasa, WhatsApp juga menyediakan obrolan gurp yang terdiri dari banyak anggota. Maksimalkan kedua fitur tersebut untuk melakukan pemasaran.

Misalnya masukkan target pelanggan Anda dalam satu grup untuk memudahkan Anda untuk menjangkau mereka. Caranya dengan membagikan WA promosi atau penawaran menarik lainnya.

Jika obroalan grup kurang cukup, cobalah lakukan pendekatan secara personal melalui obrolan one on one. Sebagian besar orang lebih tertarik untuk berinteraksi secara personal dibandingkan dengan grup.

Dengan begitu, Anda bisa menciptakan hubungan yang lebih khusus dengan para pelanggan Anda dan secara tidak langsung bisa meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda.

4. Gunakan Fitur Story untuk Promosi

WhatsApp juga memiliki fitur story yang berfungsi serupa dengan Instagram. Fitur ini dapat Anda manfaatkan untuk membagikan informasi terkait promosi yang sedang Anda jalankan pada kontak Anda. Hal tersebut dapat menarik perhatian mereka untuk berinteraksi lebih lanjut dengan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membagikan testimoni dari pelanggan eksisting. Tujuannya untuk membangun kredibilitas bisnis Anda di mata pelanggan lainnya.

5. Labeli obrolan Anda untuk pelacakan yang lebih baik

Tergantung pada skala dan sifat bisnis, Anda akan memiliki kontak yang berbeda untuk tujuan yang berbeda. Alih-alih menyimpan nama kontak dengan kata-kata canggung seperti “Ashna blacktop June”, Anda dapat terus menambahkan dan memperbarui label ke obrolan. Terlebih lagi, Anda  dapat menambahkan label khusus untuk memisahkan grup.

6. Ciptakan konten berkualitas

Konten sangat berpengaruh buat bisnis. Oleh karena itu, wajib bagi bisnis yang ingin menawarkan produk di WA untuk membuat konten berkualitas. Selain untuk menarik perhatian pelanggan, konten tersebut bisa membuat mereka untuk bertransaksi.

7. Kirim pesan promosi WhatsApp marketing secara berkala

Terakhir cara menawarkan produk lewat WA adalah dengan mengirimkan pesan promosi. Dalam upaya membangun engagement dan mengkonversi calon pelanggan, bagikan penawaran yang menarik melalui pesan siaran atau broadcast.

Melalui fitur broadcast WhatsApp dari API WA, untuk menyebarkan pesan siaran tanpa perlu menyimpan kontak pelanggan sebelumnya, begitu juga sebaliknya. Jangan lupa gunakan cara komunikasi baik melalui teknik hypnoselling, hypno-writing, dan copywriting yang baik.

Baca Juga: 15 Rekomendasi WhatsApp Marketing Tools Terbaik Tahun 2023

8. Manfaatkan fitur WhatsApp secara maksimal

Maksimalkan fitur-fitur pada WhatsApp untuk membantu aktifitas pemasaran Anda. Contohnya dengan mengaktifkan fitur seperti “Away Message”, “Greeting Message”, dan “Quick Replies” yang sangat bagus untuk mengamankan dan memelihara hubungan pelanggan Anda.

Anda juga dapat mengatur pesan untuk waktu yang berbeda sesuai kenyamanan Anda. Misalnya Greeting Message yang secara otomatis akan dikirimkan ketika seseorang mengirimi Anda pesan untuk pertama kali atau setelah 14 hari tidak ada aktivitas.

Fitur auto reply sangat bagus untuk dikirim tergantung pada alasan pesan dan sangat membantu menghemat waktu berharga memikirkan balasan!

Baca juga: Rekomendasi Tools Penjawab Otomatis WA

9. Sediakan Customer support

Sediakan customer support yang selalu siap selama 24 jam non stop. Hal ini untuk menjaga agar saat pelanggan bertanya bisa langsung mendapatkan respor dari customer support. Anda juga bisa memanfaatkan fitur WhatsApp seperti Chatbot untuk membantu menjawab permintaan pelanggan secara otomatis.

Rekomendasi: 20 Customer Support Software Terbaik 2022

10. Buat Katalog Produk

Katalog akan memudahkan pelanggan untuk mengetahui produk apa saja yang ditawarkan oleh bisnis Anda. Gunakan Chatbot untuk membagikan katalog pelanggan Anda.

Dengan begitu, pelanggan dapat langsung memilih produk yang dibutuhkan. Cara menawarkan produk lewat WA ini, cukup efektif untuk meningkatkan penjualan karena kemudahannya.


Apa Manfaat WhatsApp Marketing pada Bisnis?

Marketing merupakan elemen yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan. WA Marketing ternyata memiliki peran penting dalam pemasaran yakni menarik perhatian pelanggan. Berikut manfaat memasarkan produk melalui WhatApp marketing adalah:

– Menjalin hubungan lebih dalam dengan pelanggan

WhatsApp menawarkan kemudahan untuk pelanggan berkomunikasi dengan bisnis, baik untuk membeli produk atau hanya mengajukan pertanyaan. Begitu juga dengan bisnis yang  dapat lebih cepat dan efisien dalam menjangkau serta melayani pelanggan. Dengan begitu, bisnis bisa lebih dekat dengan pelanggan termasuk memasarkan produknya.

– Tingkat konversi yang lebih tinggi

Memilih saluran yang sempurna adalah awal yang tepat mempertahankan pelanggan. Aplikasi WhatsApp menjadi pilihan tepat untuk mendorong prospek Anda ke arah pembelian.

Bisnis mengatakan bahwa pelanggan menjawab 40% dari pesan WhatsApp mereka. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian WhatsApp mengorong pelanggan untuk berinteraksi sehingga meningkatkan konversi sebesar 112,6%.

– Memasarkan produk lebih efektif

WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membuat grup chat yang dapat diisi hingga 100 orang. Melalui grup tersebut, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi maupun promosi kepada pelanggan.

Selain itu, Anda juga dapat membuat khusus reseller yang akan membantu mengontrol mereka dalam menjualkan produk.

– Pengiriman produk menjadi lebih cepat

Aplikasi WhatsApp memiliki fitur untuk berbagi lokasi. Anda bisa meminta pelanggan untuk berbagi lokasi dengan titik koordinat yang tepat dari lokasi pengiriman.

Hal ini akan memudahkan kurir Anda dalam melakukan pengiriman lebih cepat dengan memilih rute terpendek sehingga dapat menghemat waktu dan biaya operasional.

– Penjualan yang lebih baik

Menambahkan nomor telepon WhatsApp di situs web Anda dapat menghasilkan 27% lebih banyak prospek penjualan. Hal tersebut juga memperbesar peluang untuk menjangkau merek melalui aplikasi perpesanan apa pun saja dapat menanamkan kepercayaan pada calon pelanggan.

Lebih baik lagi, Anda dapat menganggap WhatsApp sebagai saluran penjualan yang berdiri sendiri untuk bisnis Anda. Hal ini seiring meningkatnya kecenderungan orang untuk membeli melalui aplikasi perpesanan. Sekitar 60% konsumen percaya bahwa mereka akan lebih banyak menggunakan messenger untuk melakukan pembelian di masa depan.

– Biaya pemasaran lebih rendah

WhatsApp merupakan saluran pemasaran yang sangat terjangkau. Yang Anda butuhkan adalah hanya memastikan aplikasi ini tetap terhubung ke Internet.

Sementara seperti penjelasan sebelumnya yang menyebutkan bahwa WhatsApp mendorong lebih banyak konversi, meningkatkan penjualan, serta membangun hubungan berkualitas yang mendalam dengan pelanggan. Semua aktivitas tersebut tidak membutuhkan biaya pemasaran besar.

Infographic WhatsApp Marketing_Mekari Qontak X Toffeedev


Promosikan Bisnis Anda Lewat WhatsApp Marketing Sekarang!

WA marketing berguna untuk mempromosikan produk langsung ke pelanggan. Hal ini tentu sangat berguna bagi bisnis, mengingat implementasi WhatsApp marketing cukup efektif meningkatkan penjualan.

Salah satu cara promosi produk di WA adalah dengan menggunakan WhatsApp Business API. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan fitur WA blast untuk menjangkau ribuan pelanggan sekaligus. Cara menawarkan produk lewat WA blast ini tentu sangat efektif dibandingkan metode lainnya.

Sementara itu, untuk memiliki WhatsApp API, Anda perlu bekerjasama dengan Mitra resmi WhatsApp API seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end WhatsApp API yang terintegrasi dengan sistem Omnichannel dan CRM. Fitur lengkap WhatsApp API dari Qontak tidak hanya membantu mempromosikan bisnis, tapi juga meningkatkan penjualan serta layanan pelanggan.

Terlebih Qontak telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Kategori : WhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales