Daftar isi
6 min read

CTA Click To WhatsApp: Cara Termudah Iklan di Facebook dan IG

Tayang 16 Januari 2024
Diperbarui 21 Mei 2024
Cara untuk membuat CTA Click To WhatsApp
CTA Click To WhatsApp: Cara Termudah Iklan di Facebook dan IG

Setiap bisnis pasti berusaha mendatangkan pelanggan baru. Salah satu caranya dengan mencoba berbagai media promosi , seperti CTA click to WhatsApp melalui Meta Ads.

Click to WhatsApp memungkinkan bisnis untuk mendatangkan pelanggan dari pengguna Facebook dan Instagram ke media komunikasi populer WhatsApp.

Seperti diketahui, WhatsApp memiliki tingkat keterbukaan (open rate) tinggi dibandingkan platform lainnya. Jadi, memindahkan prospek dari FB dan IG ke WA membuat kesempatan mereka untuk konversi lebih besar.

Lalu, bagaimana cara menggunakan CTA click to WhatsApp Ads dan apa saja keuntungan yang akan bisnis dapatkan? Temukan jawabannya pada artikel berikut.

Apa itu Click to WhatsApp Ads?

CTWA atau Click to WhatsApp ads adalah media iklan yang memungkinkan pengiklan untuk mengarahkan pengguna Facebook dan Instagram ke akun WhatsApp Business. Jadi saat pengguna mengklik CTA pada iklan tersebut, otomatis akan diteruskan ke halaman percakapan WhatsApp.

Metode kampanye seperti itu dinilai lebih efektif daripada mengarahkan pelanggan ke website bisnis. Pasalnya pelanggan bisa langsung melakukan percakapan melalui WhatsApp, tanpa perlu mencari kontak bisnis di website.

Terlebih pada sebagian WhatsApp Business terintegrasi dengan chatbot, memungkinkan bisnis memberikan jawaban otomatis setiap ada pelanggan berinteraksi. Dengan begitu, membantu pelanggan lebih cepat dalam berbelanja.

Apa Manfaat dari CTWA?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya diketahui CTA click to WhatsApp Ads memberikan banyak keuntungan untuk pengiklan atau bisnis. Keuntungan yang dimaksud di antaranya, sebagai berikut:

  • Memudahkan dalam Memasarkan Produk

Sesuai fungsinya sebagai media beriklan, CTWA membantu mempromosikan produk atau layanan. Hal ini menjadi keuntungan bagi bisnis, mereka bisa memusatkan pengguna FB dan IG berinteraksi dalam satu platform  WhatsApp.

Di sisi lain, bisnis juga bisa memasang katalog pada WhatsApp Business hingga 500 produk lengkap dengan informasi harga, deskripsi, tautan website, dan kode produk. Dari katalog tersebut, pelanggan bisa memilih produk yang dicari tanpa berpindah ke website/e-commerce bisnis.

Selain itu, saat beriklan melalui click to WhatsApp ads, bisnis bisa mendapatkan informasi dan kontak prospek yang berminat dengan produk mereka. Informasi tersebut bisa digunakan untuk menargetkan mereka kembali di masa mendatang.

Baca juga: Panduan WhatsApp Marketing untuk Promosi Bisnis Lebih Simpel

  • Meningkatkan Engagement dan Konversi Penjualan

Keuntungan kedua beriklan menggunakan CTWA adalah mendorong interaksi dengan pelanggan. Dengan bantuan fitur WhatsApp Business seperti chatbot, Anda bisa mengatur balasan otomatis untuk terus berinteraksi dengan pelanggan.

Bahkan Anda bisa mengatur chatbot untuk membantu proses penjualan produk otomatis, tanpa melalui tim sales. Maka tidak heran, jika tidak sedikit pelanggan yang akhirnya melakukan pembelian melalui WhatsApp.

Salah satu pengguna WhatsApp Business, Modanisa membuktikan sekitar 10% dari pelanggan mereka yang terlibat dalam percakapan WhatsApp melanjutkan untuk membeli setidaknya satu item.

  • Terhubung Lebih Dekat dengan Pelanggan

Keuntungan terakhir dari CTA click to WhatsApp ads adalah bisnis bisa lebih dekat dengan pelanggan. Mengutip dari financesonline.com bahwa rata-rata pengguna membuka WhatsApp sekitar 25 kali dalam sehari. Bahkan sekitar 80% pesan WhatsApp dibaca dalam waktu lima menit.

Fakta tersebut menunjukkan peluang bisnis agar tetap terhubung dengan pelanggan. Bisnis bisa mengirimi pesan secara berkala ke pelanggan.

Baca juga: WhatsApp Marketing Tools Terbaik untuk Tingkatkan Penjualan

Bagaimana Cara Membuat CTA WhatsApp di Meta Ads?

Setelah mengetahui keuntungan di atas, mungkin Anda penasaran langkah-langkah beriklan click to WhatsApp ads. Caranya mudah, Anda cukup mengikuti tahapan berikut

1. Memilih Mitra WhatsApp API yang Tepat

Pada dasarnya ada dua cara untuk mulai beriklan CTA click to WhatsApp ads melalui Meta, yaitu dangan akun WhatsApp Business biasa atau dengan WhatsApp Business API.

Namun, kami menyarankan agar memanfaatkan WhatsApp Business API untuk pengalaman pelanggan lebih baik, sehingga bisa meningkatkan penjualan Anda.

Terlebih,  Business API memiliki fitur automasi yang mampu melayani banyak pelanggan bersamaan, sehingga Anda bisa menjangkau lebih banyak prospek.

2. Hubungkan akun WhatsApp ke Facebook Ads

Setelah memiliki akun WhatsApp Business API, Anda bisa menghubungkannya dengan Facebook ads. Caranya dengan mengunjungi halaman Facebook Business Page.

3.Buat Kampanye

Tahapan selanjutnya membuat kampanye dengan memilih format iklan “Click to whatsApp”. Kemudian, Anda perlu menentukan tujuan kampanye dan anggaran yang akan digunakan beriklan (harian atau selamanya).

Setelah Anda menetapkan anggaran dan strategi penawaran, tekan “Selanjutnya” untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

4. Pilih Lokasi Konversi dan Jenis Iklan

Kemudian tahapan keempat adalah Anda perlu menetapkan lokasi konversi atau pengguna FB dan IG yang menjadi target Anda Pilih “Aplikasi Pesan” sebagai lokasi konversi.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk memilih platform yang akan menjadi tempat Anda untuk menerima pesan prospek yang mengklik iklan. Saat ini, Meta menyediakan tiga platform yakni FB Messenger, Instagram dan WhatsApp.

Dalam hal ini, Anda ingin mengarahkan prospek ke akun whatsApp bisnis maka Anda bisa pilih “Klik ke pesan”, kemudian klik “WhatsApp” di bagian aplikasi pesan.

5. Atur Iklan Kampanye

Langkah selanjutnya, Anda perlu mengatur iklan di Meta ads yang akan dibuat. Anda perlu mengikuti cara berikut:

  • Pertama, menentukan anggaran yang akan digunakan untuk beriklan
  • Kedua, tentukan target audiens menggunakan metrik seperti lokasi pengguna, rentang usia, jenis kelamin, bahasa, dan lainnya
  • Ketiga, mengatur penempatan iklan dengan cara manual atau Advantage+ (Meta yang akan mengatur penempatan iklan Anda muncul dimana dan waktunya)
  • Kempat, memilih format iklan dalam bentuk gambar atau video pada bagian “Penyiapan Iklan.”
  • Unggah gambar atau video iklan yang telah dibuat dan periksa kembali dengan perspektif audiens
  • Atur CTA dengan memilih “Kirim Pesan WhatsApp”

6. Buat Template Pesan Sambutan

Tahapan berikutnya adalah membuat template pesan sambutan yang akan muncul otomatis, setelah audiens mengklik CTA click to WhatsApp ads. Ikuti langkah berikut untuk membuat template pesan sambutan:

  • Pilih “Template Pesan”
  • Klik “Buat Baru”
  • Tulis teks sambutan lengkap dengan opsi pertanyaan sesuai dengan bisnis Anda
  • Kemudian simpan template dengan mencentang kotak “Simpan Template”
  • Terakhir, klik “Simpan dan Selesai”

7. Publikasikan Iklan

Setelah Anda selesai dengan semua langkah yang disebutkan di atas, Anda siap untuk mempublikasikan iklan. Namun sebelum itu, iklan akan diperiksa terlebih dahulu oleh Facebook. Kemudian akan aktif setelah disetujui.

Kami merekomendasikan memonitor jangkauan iklan Anda terus-menerus untuk mengoptimalkannya untuk hasil maksimal, mirip dengan kampanye iklan media sosial.

Baca juga: Cara Mengarahkan Iklan Langsung ke Whatsapp Business

Buat CTWA Anda Sendiri di Meta Ads

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa click to WhatsApp ads menjadi pilihan baru untuk bisnis yang ingin mempromosikan produknya.

Berbeda dari media promosi lainnya, fitur terbaru dari Meta ads tersebut bisa mengarahkan iklan ke WhatsApp Busniess. Dengan begitu, Anda bisa mendatangkan lebih banyak leads untuk berinteraksi langsung ke WhatsApp.

Sementara itu, untuk memaksimalkan pengelolahan leads Anda bisa dibantu dengan menggunakan WhatsApp API. WA API memiliki banyak fitur pendukung untuk mengkonversi leads menjadi pelanggan.

Mekari Qontak merupakan mitra resmi WhatsApp terpercaya di Indonesia yang dipercaya lebih dari 3.500 perusahaan. Mekari Qontak menarawkan fitur lengkap seperti chatbot, blast untuk meningkatkan penjualan.

Dapatkan WhatsApp API terbaik dari Mekari Qontak secara gratis sekarang atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli Mekari Qontak gratis.

Referensi

Kategori : MarketingWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales