Mekari Qontak
Marketing

Pentingnya Zero Moment of Truth dalam Pengambilan Keputusan

Cold-Calling-Penolakan

Zero moment of truth (ZMOT) mungkin masih asing ditelinga sebagian besar orang. Namun bagi mereka yang biasa berkutat dengan Search Engine Optimization (SEO), maka ZMOT bukan hal yang asing. Pasalnya Zero Moment of Truth memiliki keterkaitan yang erat dengan SEO.

Serupa dengan SEO, Zero moment of truth juga salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat di mesin pencarian. Pada bisnis, teknik ini sering dimanfaatkan untuk menarik pelanggan baru dengan menyediakan informasi melalui website.

Informasi yang disediakan biasanya berupa testimoni, review dan ulasan dari pengalaman pelanggan. Ulasan pelanggan tersebut akan dijadikan oleh rujukan calon konsumen lainnya untuk mempertimbangkan produk tersebut layak dibeli atau tidak.

Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap terkait zero moment of truth yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian konsumen. Yuk, pelajari selengkapnya dibawah ini!

Image CTA Zero Moment of Truth


Apa itu Moment of Truth?

Sebelum jauh membahas terkait ZMOT, Anda juga perlu memahami mengenai apa itu moment of truth. Pengertian moment of truth adalah momen saat pelanggan merasa yakin dan puas akan produk yang mereka gunakan.

Hal tersebut akan berdampak pada loyalitas pelanggan. Dimana biasanya pelanggan yang puas akan tidak akan ragu untuk melakukan pembelian ulang.

Sebagian dari mereka juga akan merekomendasikan produk tersebut ke keluarga atau kolega mereka. Hal ini sangat penting bagi bisnis. Sebab dalam pengambilan keputusan pembelian seorang pelanggan tidak hanya dari pelayanan yang bagus tapi juga bagaimana ulasan atau testimoni di internet juga mempengaruhi.


Apa itu Zero Moment of Truth?

Zero Moment of Truth (ZMOT) adalah perilaku belanja konsumen yang mengambil keputusan untuk membeli tanpa melihat produk secara langsung. Sebagai gantinya mereka melakukan penelitian sederhana dengan membandingkan review dan ulasan suatu produk dari konsumen lainnya sebagai rujukan.

Metode Zero Moment of Truth masih tergolong baru yang berkembang mengikuti kemajuan teknologi. Metode ini digunakan saat Anda ingin membeli suatu produk, kemudian Anda akan mencari informasi terkait produk tersebut dan membandingkannya dari beberapa opsi yang tersedia berdasarkan ulasan dari konsumen lainnya.

Misalnya saat Anda ingin mengunjungi daerah A, kemudian Anda mencari informasi seputar penginapan di sekitar sana melalui internet. Dari beragam informasi yang ada, Anda akan menemukan pengalaman konsumen lainnya menginap di hotel-hotel pilihan.

Kemudian Anda bisa membaca pengalaman mereka untuk menentukan pilihan hotel mana yang menurut Anda layak untuk disewa. Contoh kasus ini adalah gambaran Zero Moment of Truth mempengaruhi keputusan pelanggan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Sasaran Penjualan, Fungsi, dan Jenisnya


Mengapa itu Zero Moment of Truth penting?

ZMOT adalah suatu metode dimana konsumen untuk mencari informasi tentang produk secara online. Maka semakin banyak informasi yang dapat Anda berikan kepada pelanggan Anda, maka akan memudahkan pelanggan untuk mengenali produk Anda.


Bagaimana Menjalankan Strategi Zero Moment Of Truth?

Cara kerja zero moment of truth mirip dengan model testimonial, dimana konsumen sebuah produk akan memberikan ulasan dari pengalaman mereka menggunakan produk tersebut. Ulasan tersebut akan dijadikan rujukan atau bahan pertimbangan calon konsumen lainnya layak membeli produk tersebut.

Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk strategi ZMOT agar tidak kalah dari kompetitor dalam pemasaran. Berikut adalah strategi yang bisa Anda gunakan untuk membuat zero moment of truth terhadap calon konsumen produk Anda adalah:

1. SEO (search engine optimize)

search-engine-optimization-research-Zero Moment Of Truth

Sebagai bisnis yang menjalankan digital marketing, Anda tentu menerapkan strategi SEO yang tepat sasaran untuk meningkatkan traffic website Anda. Dimana Anda harus bisa menyajikan informasi yang menjadi tren pencarian konsumen yang masih relevan dengan produk Anda. Maka dari itu, manjakan mereka dengan memberikan informasi lengkap terkait produk Anda serta mudah dipahami.

2. Testimoni

Testimoni-Zero Moment Of Truth

Perilaku konsumen saat ini sebagian besar membeli produk setelah membaca testimoni yang ada pada internet terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebagai pelaku bisnis, penting untuk Anda untuk meminta testimoni pelanggan Anda. Mintalah ulasan jujur berdasarkan pengalaman mereka. Tampilkan testimoni tersebut pada kolom khusus di website bisnis Anda.

3. Review

Review-Zero Moment Of Truth

Selain testimoni, review memiliki peran penting untuk meyakinkan calon pelanggan Anda. Bahkan search engine Google menyediakan kolom review yang disertai dengan rating. Bisnis bisa mendaftarkan agar brandnya muncul di review Google. Review tersebut berisi pengalaman para pengguna produk dan jasa yang bisnis Anda tawarkan.

3. Sosial Media

Menjadikan-media-sosial-sebagai-bagian-dari-keseharian-Anda-masalahmarketing

Popularitas sosial media terus meningkat seiring berjalannya waktu. Sebagian besar penggunanya mendapatkan informasi dan hiburan melalui sosial media. Salah satunya adalah pengalaman mereka menggunakan suatu produk. Anda harus memanfaatkan kesempatan ini dengan menciptakan ciptakan moment of truth melalui berbagai strategi pemasaran digital di sosial media yang tepat.

Baca juga: 11 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis


Bagaimana Cara Mendapatkan Customer dengan ZMOT?

Seperti penjelasan sebelumnya, bisnis harus bisa menciptakan zero moment of truth untuk mendapatkan pelanggan baru. Namun sebelum itu, Anda perlu memperhatikan tahapan customer sebelum mengambil keputusan pembelian seperti berikut:

  • Stimulus: proses dimana calon konsumen untuk mendapatkan informasi terkait dengan produk yang ingin dibeli.
  • First Moment of Truth (FMOT): proses ini konsumen akan melihat produk atau barang secara langsung dengan mendatangi outlet bisnis Anda
  • Second Moment of Truth (SMOT): konsumen merasa puas dengan menggunakan produk dan jasa yang dibelinya.

Ketiga tahapan tersebut tidak relevan saat ini. Pasalnya dengan dukungan teknologi, sebagian konsumen tidak selamanya melalui proses FMOT atau melihat produk secara langsung. Namun sebagai gantinya mereka akan melalui tahap Zero Moment of Truth (ZMOT) terlebih dahulu.

Berikut proses mendapatkan konsumen dengan Zero Moment of Truth (ZMOT) adalah

  • Stimulus: masih sama pada penjelasan sebelumnya dimana calon konsumen ingin membeli suatu produk
  • Zero Moment of Truth: proses dimana calon customer mencari informasi terkait produk yang ingin dibeli melalui internet. Informasi tersebut biasanya berdasarkan testimoni, review dan ulasan dari pengalaman pelanggan yang sudah menggunakan produk tersebut.
  • First Moment of Truth (FMOT): sebagian konsumen melihat langsung produk atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini bisa terjadi setelah mereka membeli produk tersebut secara online atau mengecek di outlet toko Anda terlebih dahulu.
  • Second Moment of Truth (SMOT): konsumen telah menggunakan produk yang sudah dibeli. Selanjutnya mereka akan membuat review atau testimoni berdasarkan pengalaman mereka tersebut.

Menciptakan Zero Moment Of Truth pada Consumer Journey

Dari penjelasan diatas, Anda memahami pentingnya zero moment of truth bagi bisnis di era digital saat ini. Agar ZMOT berfungsi dengan optimal, Anda harus bisa menciptakan momen tersebut pada customer journey. Consumer Journey adalah alur perjalan konsumen dalam membeli sebuah produk.

Contohnya, Anda ingin membeli makanan. Karena Anda sedang terburu-terburu, Anda memesan makanan melalui drive thru. Maka dari itu, Anda menuju ke jalur drive thru, lalu memilih menu yang ditawarkan, melakukan pembayaran dan mengambil pesanan.

Pada contoh tersebut, konsumen harus memiliki kecepatan dalam pemesanan karena tidak perlu berjalan keluar dari mobil. Salah satu yang bisa muncul dari pemetaan tersebut adalah menyediakan aplikasi untuk memesan dan membayar. Jadi, pesanan bisa langsung diambil di drive thru.


Ciptakan Zero Moment of Truth untuk Dapatkan Konsumen Baru Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Di era digital saat ini, Zero Moment of Truth (ZMOT) sangat berpengaruh dalam pengambilan keputusan konsumen. Dimana sebagian besar dari mereka akan mempelajari testimoni, review dan ulasan pelanggan lainnya yang diakses melalui internet. Informasi tersebut dijadikan rujukan dalam meyakinkan pengambilan keputusan pembelian produk.

Dimana untuk mendapatkan review positif, pelanggan harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk bisnis. Dengan begitu, mereka akan merasa puas sehingga tidak ragu untuk merekomendasikan produk Anda ke konsumen lainnya.

Disisi lain, bisnis saat ini umumnya menggunakan lebih dari satu saluran untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Hal ini menyulitkan mereka untuk memberikan pelayanan pelanggan terbaik.

Namun Anda tidak perlu khawatir lagi, pasalnya dengan aplikasi omnichannel dari Mekari Qontak, Anda bisa memberikan pelayanan konsisten diseluruh saluran bisnis. Aplikasi ini mampu menghubungkan semua saluran bisnis yang memudahkan memantau dan memastikan pelanggan dilayani secara cepat dan akurat.

Maka tidak heran jika Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan layanan pelanggan. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales