Mekari Qontak
Marketing

Cross Channel Marketing: Pengertian, Manfaat, Strategi, dan Tipsnya

Image CTA for Omnichannel CRM

Anda mungkin pernah mendengar tentang multichannel dan omnichannel marketing, namun bagaimana dengan cross channel marketing? Apakah cross channel marketing sama dengan multichannel marketing atau malah tidak?

Untuk mengetahuinya, yuk simak panduan lengkap tentang cross channel marketing di bawah ini!

Berikut adalah strategi cross channel marketing yang dapat digunakan oleh bisnis:

  1. Mengumpulkan database pelanggan
  2. Membuat segmentasi pelanggan
  3. Menentukan saluran yang akan digunakan
  4. Mulai dengan micro funnel
  5. Menguji berbagai jenis perjalanan dan saluran
  6. Gunakan strategi yang terbaik
  7. Memantau dan menganalisis kinerja strategi
  8. Ulangi dan mulai kembali

Image CTA Cross Channel Marketing


Apa Itu Cross Channel Marketing?

Cross channel marketing adalah strategi pemasaran yang dilakukan di berbagai saluran untuk menciptakan perjalanan pelanggan yang lebih terhubung satu sama lain. Di mana setiap saluran harus bekerja sama untuk membuat pesan terhubung yang mengarah dari satu saluran ke saluran lainnya.

Tujuan cross channel marketing tidak hanya untuk mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga melanjutkan percakapan dengan pelanggan di seluruh saluran yang mereka gunakan dalam customer lifecycle atau siklus hidup pelanggan.

Baca Juga: Multichannel Vs Omnichannel: Definisi dan Perbedaan


Mengapa Cross Channel Marketing Penting untuk Bisnis?

Ada banyak alasan mengapa cross channel marketing menjadi penting untuk bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

– Mengoptimalkan perjalanan pelanggan

Sebagai pemasar, Anda harus berada di tempat pelanggan dan prospek Anda berada. Salah satunya dengan mempertimbangkan bahwa perjalanan pelanggan dapat dijangkau di seluruh saluran bisnis, baik offline maupun online.

Hal tersebut dapat Anda wujudkan dengan cara menerapkan cross channel marketing yang tepat pada bisnis Anda.

– Meningkatkan keterlibatan pelanggan

Hubungan emosional antara pelanggan dan bisnis dapat dibangun melalui interaksi yang menarik. Di mana ini sering kali menjadi faktor penentu yang dapat mengubah audiens target menjadi pelanggan setia.

Namun, pelanggan berinteraksi tidak pada satu saluran saja. Oleh karena itu, untuk mendorong keterlibatan yang sukses, Anda harus menempatkan bisnis Anda di depan pelanggan alih-alih menunggu mereka menemukan Anda.

– Menciptakan hubungan pelanggan yang lebih baik

Beberapa saluran bisnis dapat memberi Anda visibilitas tambahan, memungkinkan Anda menciptakan merek yang lebih kuat, dan menciptakan hubungan yang lebih baik

Semua hal tersebut nantinya akan memberikan dampak positif dan mendorong adanya peningkatan loyalitas pelanggan pada merek bisnis Anda.

Manfaat Cross Channel Marketing

Manfaat utama cross channel marketing adalah meningkatkan jangkauan dan keterlibatan pelanggan Anda di berbagai saluran. Namun, tidak hanya itu saja. Pemasaran cross channel masih memiliki manfaat lainnya yang dapat menguntungkan bisnis Anda.

Berikut adalah manfaat cross channel marketing:

  • Menciptakan pengalaman yang relevan dan sangat dipersonalisasi untuk setiap individu.
  • Memberikan konsistensi pesan dan brand voice di seluruh saluran pemasaran dan kampanye, yang nantinya juga dapat membantu menumbuhkan hubungan serta kepercayaan pelanggan.
  • Membantu tim pemasaran untuk fokus pada strategi pemasaran digital karena tidak perlu lagi membuat pesan yang berbeda untuk setiap saluran.
  • Memberikan gambaran yang luas dan mendetail tentang perilaku pelanggan melalui pelaporan dan analitik.
  • Meningkatkan basis pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan serta pendapatan.
  • Memaksimalkan return on investment (ROI) pemasaran.

Strategi Cross Channel Marketing

Setelah mengetahui pengertian cross channel marketing dan manfaatnya, kini saatnya untuk Anda mengetahui seperti apa strategi cross channel marketing yang tepat untuk bisnis.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dalam melakukan strategi cross channel marketing:

1. Mengumpulkan database pelanggan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan database pelanggan Anda. Tujuannya adalah untuk memahami pelanggan secara menyeluruh dan meningkatkan keterlibatan dengan mereka melalui setiap saluran.

Banyaknya titik data dapat membantu Anda untuk membentuk pandangan terpadu tentang pelanggan saat mereka menavigasi dan meninggalkan sinyal di seluruh platform atau saluran bisnis Anda.

2. Membuat segmentasi pelanggan

Segmentasikan target audiens Anda berdasarkan demografi, psikografis, geografi, dan perilaku mereka.

Langkah ini akan membantu Anda memahami dengan tepat apa yang dibutuhkan pelanggan di setiap segmen dan menyesuaikan pesan dan penawaran produk yang akan Anda berikan kepada mereka.

3. Menentukan saluran yang akan digunakan

Langkah strategi pemasaran cross channel yang berikutnya adalah membuat daftar berbagai saluran tempat pelanggan Anda berada.

Ini akan membantu Anda untuk mengetahui di mana target audiens potensial Anda berada. Di sisi lain, ini juga akan membantu Anda untuk menentukan saluran mana saja yang efektif untuk Anda gunakan.

4. Mulai dengan micro funnel

Saat Anda baru memulai pemasaran cross channel, coba buat dan optimalkan micro funnel bisnis Anda terlebih dahulu. Ini akan membantu Anda menemukan masalah di saluran pemasaran Anda yang lebih luas dan perbaiki mereka segera.

5. Menguji berbagai jenis perjalanan dan saluran

Ketika baru mulai melakukan pemasaran cross channel, Anda mungkin akan bingung tentang saluran mana yang akan berhasil dan mana yang tidak.

Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan A/B testing dan pengujian multivarian untuk melihat seperti apa perjalanan cross channel pelanggan Anda, di mana mereka sering berada, dan elemen berbeda apa saja dari kampanye cross channel yang mereka tanggapi dengan lebih baik.

Kemudian, Anda dapat melanjutkan dengan menyesuaikan, meningkatkan, dan mengoptimalkan kampanye pemasaran Anda sesuai dengan hasil testing yang telah Anda peroleh.

6. Gunakan strategi yang terbaik

Setelah Anda menentukan kampanye cross channel mana yang memberikan hasil terbaik, Anda dapat menjalankan kampanye tersebut ke semua prospek dan pelanggan bisnis Anda.

7. Memantau dan menganalisis kinerja strategi

Kemudian, lanjutkan dengan memantau dan menganalisis kinerja strategi pemasaran cross channel menggunakan metrik dan alat analisis yang tepat, misalnya seperti CRM analitik.

Melakukan hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak. Di sisi lain, ini juga akan mengumpulkan wawasan berharga untuk kampanye pemasaran Anda di masa mendatang.

8. Ulangi dan mulai kembali

Langkah strategi pemasaran cross channel yang terakhir adalah dengan mengulangi semua langkah di atas dan mulai kembali kampanye cross channel Anda.

Dengan demikian, Anda dapat meningkatkan kinerja strategi pemasaran cross channel Anda secara lebih lanjut.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Personalize Marketing dan Strateginya


Tips Membangun Strategi Cross Channel Marketing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tujuan utama pemasaran cross channel adalah untuk menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi dan menarik bagi pelanggan. Di mana itu semua dapat Anda peroleh apabila Anda membangun strategi cross channel marketing yang tepat.

Berikut adalah tips membangun strategi pemasaran cross channel yang dapat Anda terapkan pada pemasaran Anda.

– Memanfaatkan pengambilan keputusan berbasis data

Memanfaatkan pengambilan keputusan berbasis data

Untuk mengembangkan kampanye yang sukses, Anda harus mempertimbangkan siapa target audiens Anda, platform apa yang sering mereka gunakan, dan pesan apa yang mereka tanggapi.

Itu semua hanya dapat Anda ketahui melalui bata berkualitas tinggi yang dikumpulkan dari berbagai saluran guna mengidentifikasi tren dan pola perilaku yang dapat digunakan untuk mengkontekstualisasikan preferensi dan keputusan audiens Anda.

Buat buyer persona

Cross channel marketing - buat buyer persona

Membuat buyer persona akan membantu Anda untuk memeroleh profil pelanggan yang komprehensif.

Profil tersebut dapat Anda gunakan untuk mengevaluasi motivasi dan kebiasaan belanja calon pelanggan Anda, dan mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang apa dan dengan siapa mereka sudah terlibat.

– Memanfaatkan teknologi pemasaran yang tepat

Cross channel marketing - marketing automation

Tips cross channel marketing berikutnya adalah memanfaatkan teknologi pendukung pemasaran yang tepat. Misalnya seperti marketing automation dan analitik pemasaran yang dapat Anda peroleh dalam Omnichannel CRM.

Ini akan membantu Anda untuk mengotomatiskan pemasaran secara mudah dan cepat. Sehingga, Anda dan tim pemasaran lainnya dapat fokus pada hal lain yang lebih penting.

– Terus mengoptimalkan KPI

Kunci untuk membuat kampanye pemasaran yang sukses adalah mengevaluasi kinerja masa lalu dan menerapkan pelajaran yang dipetik untuk strategi di masa depan.

Dalam hal ini, Anda harus terus mengoptimalkan beberapa indikator kinerja utama (KPI) di seluruh saluran pemasaran bisnis Anda.


Contoh Cross Channel Marketing

Apabila dilakukan dengan benar, pemasaran cross channel dapat memberikan bisnis pemahaman dan wawasan yang lebih baik tentang pelanggan mereka, yang dapat digunakan untuk memandu keputusan kampanye di masa mendatang.

Adapun salah contoh cross channel marketing yang sukses dilakukan adalah penggunaan aplikasi yang dilakukan Starbucks. Starbucks kini telah menggabungkan pengalaman offline dan online pelanggan melalui penggunaan aplikasi Starbucks yang dapat diunduh oleh pengguna di perangkat mereka.

Aplikasi Starbucks tersebut memiliki sistem reward yang mendorong pengguna untuk melakukan pembelian produk dan bahkan menawarkan pelanggan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan kebiasaan belanja mereka.

Melalui pengalaman terintegrasi, Starbucks secara efektif bertemu dengan pelanggannya di mana mereka berada hampir setiap saat. Teknologi AI dalam aplikasi telah memberikan wawasan konsumen yang tidak hanya membantu Starbucks memahami perilaku pelanggan, tetapi juga mengantisipasinya.


Tingkatkan Cross Channel Marketing Bisnis Anda Sekarang!

Aplikasi Omnichannel Qontak

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwasanya cross channel marketing adalah strategi pemasaran lintas saluran yang dilakukan untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan pelanggan.

Selain menggunakan cross channel marketing, Anda juga dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda dengan menggunakan Omnichannel, yaitu pendekatan lintas saluran yang mampu menyelaraskan saluran bisnis Anda dengan mengintegrasikan semua layanan dalam satu platform.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi Omnichannel terbaik yang sudah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu bisnis mereka secara efektif. Anda dapat mengintegrasikan Omnichannel dengan CRM dan berbagai saluran bisnis lainnya untuk mempercepat dan mengoptimalkan layanan bisnis Anda.

Sementara itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales