Mekari Qontak
Marketing

Mengenal Apa itu Multichannel Marketing dan Strateginya

SEO & Content Marketing

Di era digital saat ini, pemasaran hanya mengunakan satu media atau saluran saja tidak cukup. Maka dari itu, banyak bisnis menerapkan multichannel marketing untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Multichannel marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan banyak platform sekaligus untuk promosi. Hal ini sejalan dengan perubahan perilaku pelanggan yang kerap melakukan riset untuk mencari banyak informasi melalui banyak channel sebelum membeli produk.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang apa itu multichannel marketing, fungsi, kelebihan, dan strateginya di artikel berikut ini!

7 Strategi multichannel marketing yang efektif untuk meningkatkan pemasaran bisnis:

  1. Analisis Target Pelanggan
  2. Membuat Ide Kampanye yang Kuat
  3. Melakukan Lebih Banyak Integrasi
  4. Konsisten di Setiap Channel
  5. Investasikan pada Channel yang Efektif Menghasilkan
  6. Siapkan Konten Sesuai dengan Channel yang Dipilih
  7. Evaluasi Pencapaian Kampanye

Image CTA aplikasi Omnichannel-Multichannel Marketing


Apa Itu Multichannel Marketing?

Multichannel marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan banyak saluran komunikasi untuk melakukan promosi. Tujuan pemasaran ini adalah mengoptimalkan saluran komunikasi untuk menjangkau pelanggan lebih luas.

Marketer atau pebisnis dapat memanfaatkan multichannel marketing untuk menjangkau pelanggan di berbagai saluran berbeda, seperti pesan teks, email, website perusahaan, media sosial, SEO, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, multichannel marketing juga dapat memungkinkan pelanggan untuk memilih channel atau saluran yang mereka inginkan guna mendapatkan informasi tentang produk atau merek. Sehingga, bisnis perlu memaksimalkan setiap saluran yang ada, agar pelanggan dapat dengan mudah menemukannya.

Baca Juga: Omnichannel vs Multichannel: Definisi dan Perbedaan


Mengapa Multichannel Marketing Penting untuk Bisnis?

Lalu, apa yang membuat multi channel marketing menjadi begitu penting untuk bisnis? Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, multi channel marketing memanfaatkan taktik dan platform pemasaran yang berbeda untuk berinteraksi dengan pelanggan dan melibatkan mereka.

Hal tersebut lah yang kemudian membuat multichannel marketing menjadi penting bagi bisnis, karena bisnis dapat memastikan bahwa taktik pemasaran yang mereka lakukan dapat menjangkau audiens terlepas dari perangkat, saluran, komunitas, atau teknologi apa yang mereka gunakan.

Di sisi lain, penggunaan pemasaran multi saluran juga memberikan opsi kepada pelanggan tentang di mana dan bagaimana mereka akan berinteraksi dengan merek bisnis. Sehingga pelanggan juga akan menjadi lebih nyaman dan senang dengan opsi yang diberikan oleh bisnis.


Apa Fungsi Multichannel Marketing Pada bisnis?

Fungsi utama multichannel marketing adalah memasarkan produk di banyak saluran bisnis, seperti website, email, WhatsApp, Instagram, Facebook, dan masih banyak lagi. Melalui platform populer tersebut bisnis dapat menjangkau pelanggan atau prospek yang lebih luas.

Mengingat, platform-platform tersebut telah digunakan oleh jutaan orang yang berpotensi menjadi pelanggan bisnis Anda. Oleh karena itu, di sini sangat penting bagi Anda untuk membuka multichannel marketing di platform-platform tersebut. Dengan muncul di mana-mana, brand Anda bisa jadi nomor satu untuk diminati pelanggan.


Apa Manfaat Multichannel Marketing untuk Bisnis?

Berikut adalah beberapa manfaat multichannel marketing:

– Perspektif 360 Derajat

Feedback dari pelanggan membantu perusahaan memahami apa yang diharapkan pelanggan dan bagaimana meningkatkan penawaran produk dan layanan.

Perusahaan dapat menyesuaikan strategi marketing dan mengidentifikasi channel mana yang paling cocok untuk segmen pelanggan tertentu dan bagaimana menargetkan kebutuhan kelompok tertentu.

Memiliki perspektif 360 derajat dari pelanggan menciptakan lebih banyak peluang marketing dan pengalaman pelanggan yang lebih personal.

– Keunggulan Kompetitif

Pendekatan multichannel marketing memungkinkan perusahaan mengidentifikasi gap dengan strategi kompetitor dan fokus pada channel yang tidak dimiliki perusahaan lain.

– Manajemen Penjualan Lebih Baik

Perusahaan dapat mempromosikan kampanye mereka melalui multichannel untuk mengumpulkan feedback dari segmen pelanggan yang berbeda.

Multichannel marketing mendorong penggunaan informasi crowdsource, yang dapat membantu perusahaan menilai dan meningkatkan kinerja mereka. Pendekatan ini memastikan setiap sumber daya digunakan secara efisien dan dapat mengurangi biaya operasional.

– Mendorong Penjualan

Semakin banyak pelanggan mendapat informasi, maka semakin banyak pula pelanggan potensial yang dapat diraih oleh perusahaan. Pemasaran pada satu channel hanya akan mengurangi potensi untuk menjangkau sebagian besar calon pelanggan.

Perusahaan dapat memanfaatkan pelanggan di berbagai channel untuk membentuk brand image, meningkatkan retensi, dan loyalitas pelanggan.


Bagaimana Strategi Multichannel Marketing yang Tepat?

Berikut adalah beberapa strategi multichannel marketing yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda:

1. Analisis Target Pelanggan

Multichannel Marketing _ Analisis Target Pelanggan

Analisis pelanggan dapat memungkinkan perusahaan menggunakan perilaku pelanggan dan informasi demografis untuk menentukan pelanggan mana yang akan mendapat kampanye Anda.

Hal ini kemudian juga dapat Anda gunakan untuk menciptakan strategi marketing yang dapat dipersonalisasi, sehingga dapat meningkatkan engagement dan customer experience yang baik.

2. Membuat Ide Kampanye yang Kuat

Multichannel Marketing_Membuat Ide Kampanye yang Kuat

Karena setiap channel memerlukan konsep dan cara kampanye yang berbeda-beda, maka hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah ide. Ide merupakan pondasi awal yang paling penting dari sebuah kampanye.

Kampanye atau iklan yang baik memang perlu sebuah konten dari gagasan yang kuat. Dengan adanya gagasan dan konten yang kuat, maka hasil kampanye akan bekerja lebih baik di semua channel.

3. Melakukan Lebih Banyak Integrasi

Melakukan Lebih Banyak Integrasi

Untuk bisa efektif membangun sebuah brand, maka paling tidak diperlukan kampanye yang terintegrasi. Menurut AdReaction, kampanye yang terintegrasi, 31% lebih efektif bekerja.

Konsumen umumnya mengharapkan adanya elemen penghubung dasar seperti logo dan slogan yang sama dalam setiap kampanye multichannel. Namun, penelitian menunjukkan karakter yang konsisten merupakan sikap individu yang paling membantu merek.

4. Konsisten di Setiap Channel

Konsisten di Setiap Channel

Strategi multichannel marketing berikutnya adalah merancang strategi marketing dan kampanye lainnya yang dapat menjangkau banyak channel. Berharap pelanggan untuk beradaptasi dengan channel pilihan Anda sangatlah tidak realistis.

Perusahaan juga harus mengkoordinasikan channel online dan offline yang mereka gunakan. Misalnya, keyword research dari pemasaran online dapat memberikan insight mengenai efektivitas kampanye tertentu sebelum dibuat menjadi iklan cetak atau iklan lainnya.

Selain itu, mengkoordinasikan pengalaman in-store experience dengan channel digital juga merupakan strategi yang baik.

5. Investasikan pada Channel yang Efektif Menghasilkan

Investasikan pada Channel yang Efektif Menghasilkan

Saat ini channel komunikasi memang marak dan memiliki banyak pengguna. Tapi hal itu tak lantas menjadikan sebuah merek mesti menggunakan seluruh saluran yang ada.

Anda tetap perlu memilih channel marketing dengan bijak. Terlebih amat penting hanya memilih menggunakan channel yang dapat memberikan dampak dan kontribusi positif terhadap kampanye pemasaran Anda. Lihat juga dari segi biaya dan keefektifannya.

6. Siapkan Konten Sesuai dengan Channel yang Dipilih

Multichannel Marketing_Siapkan Konten Sesuai dengan Channel yang Dipilih

Setiap saluran maupun channel tentu memiliki titik efektif yang berbeda-beda. Terutama soal urusan konten. Pastikan konten yang dibuat tetap dapat terintegrasi kuat dan lebih fleksibel untuk bisa digunakan di beberapa saluran yang dipilih.

Ingatlah bahwa setiap saluran memiliki pengguna yang punya kebiasaan dan ketertarikan berbeda-beda.

7. Evaluasi Pencapaian Kampanye

Evaluasi Pencapaian Kampanye

Setelah kampanye multichannel marketing selesai, perusahaan harus mengevaluasi pencapaian. Dengan mengevaluasi dapat membantu perusahaan mengetahui channel mana yang berhasil dan mana yang paling berpengaruh pada kampanye Anda. Bisnis dapat memilih dari beberapa model atribusi pemasaran untuk melakukan ini.

Mengetahui kampanye dan channel mana yang menghasilkan penjualan paling efektif memungkinkan bisnis mengukur efektivitas upaya mereka serta Return on Investment (ROI) pada setiap channel.


Apa Tantangan Multichannel Marketing untuk Bisnis?

Meskipun multichannel marketing memiliki banyak manfaat yang menguntungkan untuk bisnis, namun penerapannya ternyata juga memiliki tantangan yang perlu dihadapi. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengatasi tantangan-tantangan multichannel marketing di bawah ini:

– Manajemen yang Efisien

Semakin banyak saluran yang dimiliki oleh sebuah perusahaan maka akan semakin banyak pula manajemen yang dibutuhkan.

Oleh karena itu, marketer harus siap untuk mengalokasikan waktu, sumber daya, dan biaya yang lebih besar untuk membuat strategi pemasaran yang sempurna di setiap salurannya.

– Mengetahui Pemasaran Mana yang Tepat

Banyaknya saluran yang dijalankan oleh bisnis dapat membuat tim pemasaran kesulitan untuk menentukan atribusi pemasaran mana yang memicu respons tertentu dari pelanggan.

Di mana marketer perlu fokus pada analisis evaluasi dan KPI pemasaran, sehingga dapat memberikan wawasan yang tepat tentang pemasaran mana yang memberikan keterlibatan paling banyak untuk bisnis, baik saluran online maupun offline.

– Inovasi Berkelanjutan

Misalnya, tahun lalu tim marketing Anda baru saja mempelajari cara mengoptimalkan bagaimana penempatan iklan yang efektif di Facebook.

Namun inovasi yang berkelanjutan membuat tim pemasaran Anda tidak hanya perlu mempelajari pemasaran di Facebook, tetapi juga berbagai saluran lainnya. Seperti Instagram, Twitter, TikTok, dan masih banyak lagi.

Akibatnya, sulit bagi marketer untuk menguasai platform pemasaran baru setiap tahunnya, khususnya media sosial. Tantangan ini kemudian terus meningkat seiring dengan inovasi inovatif lainnya.

– Pesan yang Dipersonalisasi

Umumnya pelanggan akan merasa senang dan lebih dihargai ketika bisnis menghubungi mereka secara personal.

Namun, banyaknya saluran membuat bisnis dan tim marketer menjadi sulit untuk melakukan pendapatan pemasaran yang personal seperti mengirimkan pesan yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan pelanggan.


Pahami Multichannel Marketing dan Tingkatkan Pemasaran Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Setelah Anda memahami apa itu multichannel marketing beserta strateginya, perlu diketahui bahwa penerapan multichannel saja tidak cukup. Anda juga perlu menerapkan pendekatan omnichannel, yaitu sebuah pengembangan dari multichannel.

Selain meningkatkan strategi marketing, omnichannel juga mengoptimalkan produktivitas dan penjualan bisnis Anda. Sementara bagi pembeli, hal ini dapat menciptakan pengalaman bertaransaksi yang menyenangkan.

Untuk memudahkan Anda memulai strategi omnichannel, Anda bisa mencoba sistem Omnichannel CRM dari Mekari Qontak yang menunjang pengelolaan produk dengan berbagai saluran penjualan. Selain itu, Omnichannel Mekari Qontak juga dapat diintegrasikan dengan WhatsApp API yang dilengkapi dengan fitur WhatsApp Blast untuk memaksimalkan pemasaran bisnis Anda.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo gratis aplikasi Omnichannel CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales