Mekari Qontak
Marketing

Pengertian Community Marketing, Jenis, dan Manfaatnya

Memaksimalkan sumber daya - aplikasi manajemen proyek

Di era digital saat ini, pelanggan memiliki kekuatan untuk memberikan pengaruh melalui ulasan yang mereka bagikan dalam komunitas di berbagai saluran. Itulah mengapa Anda perlu pertimbangkan community marketing atau komunitas pemasaran sebagai upaya untuk melibatkan pelanggan Anda dalam melakukan pemasaran.

Namun, apa itu community marketing? Apa manfaatnya bagi bisnis? Dan seperti apa contohny?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan tentang pengertian community marketing lengkap dengan jenis, contoh, dan manfaatnya di bawah ini!

Image CTA Omnichannel


Apa itu Community Marketing?

Community marketing adalah strategi yang melibatkan kehadiran brand dalam berinteraksi dengan komunitas pelanggan yang sudah ada. Pemasaran ini dapat terjadi di tempat-tempat seperti grup hobi, grup Facebook, WhatsApp, thread Twitter, dan masih banyak lagi.

Perlu diketahui bahwasanya komunitas dapat memberikan wadah bagi anggotanya untuk memastikan kebutuhannya terakomodir. Di mana memahami kebutuhan anggota komunitas menjadi potensi suatu brand dalam melakukan strategi pemasaran nya.

Saat bidang marketing lainnya fokus pada penambahan pelanggan baru melalui iklan dan promosi, pemasaran komunitas lebih menekankan pada hubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan yang sudah ada dalam sebuah komunitas.


Jenis dan Contoh Community Marketing

Ada dua tipe community marketing yang dapat dilakukan bisnis. Untuk membantu Anda lebih memahaminya, berikut kami jabarkan jenis community marketing lengkap dengan contohnya.

1. Organic Community Marketing

Organic community marketing adalah komunitas yang dibentuk oleh pelanggan tanpa ada campur tangan dari brand atau bisnis. Komunitas organik umumnya dibentuk murni karena didasari persamaan hobi, interest, atau kebutuhan anggotanya.

Contoh Organic Community Marketing

Salah satu contoh pemasaran organik adalah Sahabat UMKM yang merupakan komunitas antara Pelaku UMKM dan Profesional Kewirausahaan di Indonesia.

Komunitas Sahabat UMKM memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan potensi usaha para pelaku UMKM di Indonesia. Mengingat, masih banyak pelaku usaha yang membutuhkan pembinaan dan pengembangan untuk usahanya.

Sahabat UMKM

 

2. Sponsored Community Marketing

Sponsored community marketing adalah sebuah komunitas yang dibentuk oleh brand. Tujuannya agar brand dapat lebih dekat dengan pelanggan serta memahami kebutuhannya.

Penerapan pemasaran komunitas yang disponsori bisa berupa grup di media sosial ataupun event marketing yang dilakukan oleh brand dengan komunitas tertentu.

Contoh Sponsored Community Marketing

Adapun salah satu contoh sponsored community marketing adalah seperti webinar yang diselenggarakan oleh Qontak bekerjasama dengan komunitas UKM Indonesia.

Dalam webinar tersebut, perwakilan UKM Indonesia akan berbincang dengan perwakilan dari Qontak sebagai perwakilan brand, untuk membahas bagaimana strategi promosi lewat WhatsApp yang efektif agar bisnis semakin menguntungkan.

Contoh Sponsored Community Marketing


Mengapa Comunity Marketing Penting Bagi Bisnis?

Pemasaran komunitas sangat penting bagi bisnis karena dapat menjaga hubungan baik dengan calon pelanggan ataupun pelanggan yang sudah ada dalam sebuah komunitas . Sebab sebagian besar pelanggan merasalebih  nyaman untuk terlibat langsung dengan bisnis melalui sebuah komunitas.

Adapun alasan lainnya mengapa pemasaran komunitas penting bagi bisnis adalah sebagai berikut:


Apa Manfaat Community Marketing?

Berikut adalah manfaat strategi community marketing bagi bisnis:

1. Memberikan customer experience yang lebih baik

Sederhananya, brand yang memberikan customer experience luar biasa dapat mengalami peningkatan besar pada pendapatan mereka. Apabila dilakukan dengan benar, pemasaran komunitas dapat memberikan marketer pemahaman yang lebih dalam tentang pelanggan mereka.

Untuk memberikan pengalaman pelanggan yang berkesan, bisnis perlu menerima informasi berharga berupa masukan dari komunitas, untuk mengetahui apa yang mereka inginkan dari bisnis tersebut.

2. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Program loyalitas pelanggan yang efektif dapat membuat pelanggan untuk membeli kembali dan membangun hubungan konsisten dengan brand. Bagi marketer, ini adalah salah satu strategi terbaik yang bisa menjaga acquisition cost tetap rendah dan membangun ekuitas merek. Sayangnya, membangun program loyalitas tidaklah mudah.

Alih-alih, brand dapat melakukan pemasaran komunitas dengan melakukan sejumlah kegiatan kerja sama dengan komunitas untuk meningkatkan loyalitas anggota komunitas.

Dalam kasus komunitas dengan platform online, brand juga dapat dengan cepat menanggapi pertanyaan atau keluhan, menciptakan citra baik, dan menunjukkan kepada pelanggan bahwa brand ada pada setiap kebutuhannya.

3. Meningkatkan word-of-mouth marketing

Menurut sebuah survei, 72% pelanggan menyatakan  bahwa mereka bersedia berbagi review pengalaman baik dengan orang lain (62% juga mengatakan mereka akan berbagi review pengalaman buruk dengan orang lain).

Komunitas yang kuat dipenuhi dengan pendukung yang bersedia merekomendasikan produk brand Anda. Bergantung pada bagaimana cara terbentuknya, komunitas juga dapat tumbuh secara organik saat anggota mengundang calon anggota lain untuk bergabung.

Membangun brand melalui pendekatan pemasaran terhadap komunitas yang baik akan menciptakan saluran yang dapat menghasilkan insight mengenai pasar yang lebih akurat. Pada akhirnya, pengalaman positif yang diberikan brand terhadap komunitas akan menciptakan pemasaran dari mulut ke mulut (word-of-mouth marketing).

4. Mengurangi ketergantungan terhadap paid advertising

Saat ini perusahaan meningkatkan alokasi dana mereka terhadap paid ads dan media sosial sebesar 10% dari tahun ke tahun. Meskipun tidak diragukan keefektifannya, namun paid ads menghadirkan beberapa tantangan besar yang seringkali sulit diatasi.

Pemasaran komunitas kemudian menjadi solusi yang tepat untuk mensiasati ketergantungan tersebut. Meskipun tidak memberikan hasil yang cepat dan signifikan seperti paid advertising, namun pemasaran komunitas tetap menjadi solusi efektif untuk meningkatkan pemasaran bisnis.


Manfaatkan Community Marketing untuk Lebih Dekat dengan Pelanggan Anda!

Logo Mekari Qontak

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa community marketing adalah salah satu upaya strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan customer experience, loyalitas pelanggan, word-of-mouth marketing, dan mengurangi ketergantungan terhadap paid ads.

Anda dapat menjalankan strategi pemasaran komunitas di lintas media sosial untuk meningkatkan jangkauan pelanggan Anda. Di sisi lain, untuk membina hubungan pelanggan yang lebih baik. Mekari Qontak menyediakan layanan CRM di mana Anda dapat menggunakan WhatsApp Business API, Facebook Messenger, dan Instagram API yang terintegrasi dalam 1 platofrm Omnichannel.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk meningkatkan pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka secara efektif. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales