Daftar isi
6 min read

Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Secara Efektif

Tayang 14 Juni 2023
Diperbarui 18 Desember 2023
Image CTA for Cara Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
Cara Mudah Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Secara Efektif

Kebutuhan pelanggan merujuk pada keinginan terhadap produk, baik barang maupun jasa, yang dapat berasal dari berbagai segmen konsumen, termasuk individu atau kelompok. Bagi bisnis, memenuhi kebutuhan pelanggan sangat penting untuk meningkatkan pengalaman mereka.

Meningkatkan jumlah pelanggan yang bertransaksi atau berkolaborasi dengan bisnis menjadi tujuan utama. Selain itu, penting untuk membangun hubungan yang sering dan loyal dengan pelanggan agar mereka tetap berlangganan dan setia kepada bisnis Anda.

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan tentang cara memenuhi kebutuhan pelanggan di artikel berikut ini!


Jenis – Jenis Kebutuhan Pelanggan

Pada dasarnya, kebutuhan pelanggan dapat dibagi menjadi dua jenis yang berbeda, yakni kebutuhan fisik dan psikologis.

Kebutuhan fisik adalah kebutuhan yang paling sederhana untuk diidentifikasi dan umumnya memiliki solusi langsung. Misalnya, ketika seseorang haus, maka ia membutuhkan minum.

Sedangkan kebutuhan psikologis terkadang lebih sulit untuk diidentifikasi, namun dapat menjadi pendorong keputusan pelanggan yang lebih kuat. Misalnya, Anda menginginkan minuman manis seperti boba.

Sementara itu, kebutuhan fisik dapat digambarkan sebagai kebutuhan produk dan kebutuhan psikologis sebagai kebutuhan layanan.

– Kebutuhan Produk

Biasanya kebutuhan produk menjadi persyaratan penting yang dipertimbangkan oleh pelanggan sebelum memutuskan membeli produk.

Berikut adalah atribut utama terkait kebutuhan produk:

  • Harga – Pelanggan umumnya akan menetapkan anggaran belanja mereka untuk setiap pembelian produk.
  • Fitur – Pelanggan seringkali mencari fitur yang akan memecahkan masalah dan keandalan mereka, serta berfungsi dalam penggunaan produk.
  • Efektivitas – Produk harus memiliki efektivitas yang baik dalam merampingkan proses untuk menghemat waktu.

– Kebutuhan Layanan

Berbeda dengan kebutuhan produk, kebutuhan layanan mengacu pada kebutuhan emosional pelanggan yang mampu memenuhi keinginan pelanggan dan memberikan keunggulan kompetitif bagi bisnis.

Berikut adalah atribut utama dari kebutuhan pelayanan yang baik:

  • Empati – Pelanggan biasanya akan tetap loyal pada merek yang melayani mereka dengan sikap empati.
  • Kejelasan – Pelanggan umumnya akan mencari informasi transparan dari merek terkait dengan harga, kebijakan pengembalian uang, dll.
  • Informasi – Pelanggan membutuhkan informasi rinci dari titik interaksi sampai akhir. Untuk itu, Anda perlu membuat halaman FAQ, Basis Pengetahuan, video petunjuk untuk dapat memberikan pengetahuan atau jawaban yang diinginkan pelanggan.

Mengapa Penting Memenuhi Kebutuhan Pelanggan?

Menurut laporan dari IBM Institute for Business Value menyebutkan bahwa 76% dari pelanggan mengharapkan bahwa organisasi harus memiliki pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan individu mereka. Selain itu, sebanyak 81% dari pelanggan menginginkan perusahaan memiliki waktu respons yang lebih cepat.

Oleh karena itu, sangat penting bagi bisnis mengambil langkah yang tepat untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan mereka.

Dengan beroperasi di bawah proses siklus bisnis yang mengantisipasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan, maka Anda dapat memperoleh hasil yang cepat dan positif.

Baca Juga: Inovasi Produk,Tujuan, Fungsi, Cara Membuatnya


Apa Manfaat Memenuhi Kebutuhan Pelanggan?

Memenuhi kebutuhan pelanggan dapat membantu bisnis untuk memiliki strategi pemasaran yang efektif dan hasil penjualan yang memuaskan.

Namun tidak hanya itu saja, memenuhi kebutuhan pelanggan juga dapat memberikan manfaat lainnya yang menguntungkan bisnis, seperti berikut ini:

1. Memberikan solusi yang lebih cepat

Salah satu hal umum yang diinginkan pelanggan adalah dukungan waktu nyata.

Dengan mengidentifikasi kebutuhan pelanggan Anda, Anda dapat memberikan dukungan yang lebih cepat dan efektif sesuai dengan kebutuhan mereka.

2. Meningkatkan produk dan layanan Anda

Dilakukannya penelitian atau riset pelanggan akan membantu Anda untuk memahami motif di balik proses pembelian yang dilakukan oleh mereka.

Selain itu, Anda dapat mempelajari tentang area yang Anda lewatkan dan membuat unique selling proposition (USP) yang efektif.

Lebih lanjut, wawasan tersebut juga dapat digunakan untuk meningkatkan produk atau layanan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

3. Mengurangi kemungkinan adanya masalah pelanggan

Membuat produk dan layanan dengan mempertimbangkan kebutuhan target pelanggan dapat menjadi salah satu solusi yang efektif untuk mengurangi masalah pelanggan.


Bagaimana Cara Identifikasi Kebutuhan Pelanggan?

Identifikasi kebutuhan pelanggan adalah proses yang terus-menerus dan harus diperbarui secara berkala sesuai dengan perubahan pasar dan preferensi pelanggan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan:

– Riset Pasar

Lakukan penelitian pasar yang komprehensif untuk memahami tren, preferensi, dan kebutuhan pelanggan dalam industri Anda. Anda dapat menggunakan metode seperti survei, wawancara, atau analisis data untuk mendapatkan wawasan yang berharga.

– Komunikasi Langsung

Berinteraksi langsung dengan pelanggan melalui saluran komunikasi yang berbeda, seperti email, telepon, atau media sosial. Ajukan pertanyaan terkait dengan kebutuhan mereka, masalah yang mereka hadapi, dan saran untuk perbaikan.

– Analisis Umpan Balik Pelanggan

Tinjau umpan balik yang diberikan oleh pelanggan melalui survei, ulasan produk, atau testimonial. Perhatikan pola umum, keluhan yang sering muncul, dan keinginan yang diungkapkan oleh pelanggan.

– Lakukan Observasi

Amati dan pelajari perilaku pelanggan saat menggunakan produk atau menerima layanan Anda. Hal ini dapat memberikan wawasan tentang fitur yang digunakan atau diabaikan, serta kebutuhan yang mungkin belum terpenuhi.

– Analisis Kompetitor

Perhatikan bagaimana pesaing Anda memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Tinjau produk, layanan, dan strategi pemasaran yang mereka tawarkan untuk mendapatkan inspirasi dan pemahaman tentang kebutuhan pelanggan di pasar yang sama.

– Analisis data

Manfaatkan data yang Anda kumpulkan dari berbagai sumber, seperti analisis website, perilaku pembelian, atau interaksi pelanggan, untuk mengidentifikasi pola dan tren yang mengindikasikan kebutuhan pelanggan.


Bagaimana Cara Memenuhi Kebutuhan Pelanggan?

Cara memenuhi kebutuhan pelanggan sebenarnya tidaklah sulit, yang penting Anda melakukannya dengan tepat dan sebaik mungkin.

Untuk membantu Anda lebih memahaminya, berikut kami jabarkan 4 (empat) cara memenuhi kebutuhan pelanggan dengan sukses.

1. Identifikasi (Identify)

Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan - Identifikasi
Sumber: Freepik

Cara memenuhi kebutuhan pelanggan yang pertama adalah dengan mengidentifikasi apa masalah (pain point) atau kebutuhan pelanggan Anda.

Untuk mengidentifikasinya, Anda dapat melakukan survei, wawancara, membuat focus group discussion (FGD), atau mendengarkannya secara sosial melalui berbagai platform.

2. Distribusi (Distribute)

Cara Memenuhi kebutuhan pelanggan - Distribusi
Sumber: Freepik

Arti distribusi di sini bukanlah distribusi produk atau layanan, melainkan distribusi informasi ke seluruh tim dan departemen yang tepat.

Maksudnya, Anda dapat mendistribusikan seluruh informasi yang Anda peroleh setelah melakukan identifikasi ke semua orang yang berkaitan di perusahaan Anda.

Dengan demikian, semua orang dapat memastikan bahwa produk atau layanan yang akan dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan mereka.

3. Membuat (Create)

Cara Memenuhi Kebutuhan Pelanggan - Membuat Produk
Sumber: Freepik

Anda dapat melanjutkan dengan membuat produk atau layanan yang disesuaikan dengan fitur produk yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Dalam hal ini, Anda perlu membuat konten terperinci yang berbicara tentang kebutuhan pelanggan bisnis Anda.

4. Mengumpulkan (Collect)

Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan - Mengumpulkan
Sumber: Freepik

Cara memenuhi kebutuhan pelanggan yang terakhir adalah dengan mengumpulkan feedback atau review yang diberikan oleh pelanggan Anda terkait produk atau layanan yang telah diluncurkan.

Kemudian, analisis dan pelajari bagaimana upaya Anda dapat memenuhi kebutuhan dan harapan mereka.

Baca Juga: 4 Cara Analisis Peluang Usaha Agar Bisnis Berkembang!


Pelajari dan Terapkan Cara Memenuhi Kebutuhan Pelanggan Sekarang!

Itu dia beberapa cara memenuhi kebutuhan pelanggan yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan upaya bisnis Anda. Dengan mengetahui kebutuhan pelanggan, Anda dapat memiliki produk dan layanan yang unggul dibandingkan dengan kompetitor bisnis Anda.

Selain dengan melakukan cara memenuhi kebutuhan pelanggan di atas, Anda juga dapat memenuhi harapan pelanggan dengan menggunakan sistem pendukung bisnis seperti aplikasi CRM yang terintegrasi dengan Omnichannel.

Mekari Qontak menyediakan Omnichannel CRM yang dapat membantu Anda mengetahui apa saja kebutuhan pelanggan berdasarkan riwayat interaksi dan transaksi mereka di berbagai saluran bisnis Anda.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani layanan dan hubungan pelanggan mereka. Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Yuk, Dapatkan FREE TRIAL aplikasi Omnichannel CRM terbaik dari Mekari Qontakselama 14 hari sekarang!

Kategori : BisnisCustomer
WhatsApp WhatsApp Sales