Daftar isi
5 min read

Solusi CRM untuk Tingkatkan Daya Saing Bisnis Tour dan Travel

Tayang 27 November 2023
Diperbarui 07 Desember 2023
CRM terbaik untuk tour dan travel di Indonesia
Solusi CRM untuk Tingkatkan Daya Saing Bisnis Tour dan Travel

Industri tour dan travel seringkali kesulitan dalam mengelola hubungan pelanggan dengan baik. Alasan utama karena tingginya ekspektasi pelanggan yang sebagian besar dipengaruhi oleh konten traveling yang berjamur di dunia maya.

Sementara itu, saat pelanggan tidak mendapatkan pengalaman sesuai ekspektasi, mereka akan kecewa dan berpaling ke kompetitor. Hal ini sangat merugikan agen tour dan travel karena kehilangan pelanggan.

Maka dari itu, penting bagi agen perjalanan untuk mengetahui kebutuhan pelanggan tersebut. Salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi CRM. Aplikasi ini mampu mengidentifikasi ekspektasi pelanggan, sehingga agen bisa merekomendasikan paket perjalanan wisata yang tepat.

Yuk, pelajari selengkapnya mengenai cara penggunaan aplikasi CRM untuk bisnis tour dan travel pada artikel berikut.

Apa itu CRM Tour dan Travel?

CRM travel adalah aplikasi manajemen hubungan pelanggan yang digunakan agen perjalanan tour dan travel untuk memenuhi permintaan pelanggan. Aplikasi CRM berperan dalam menyimpan dan mengelola riwayat interaksi pelanggan dengan efisien.

Interaksi pelanggan tersebut sangat penting untuk mengidentifikasi kebutuhan setiap pelanggan yang memiliki minat berbeda-beda. Hal ini sangat penting dalam menyusun strategi pemasaran yang relevan dengan pelanggan untuk mencapai lebih banyak penjualan.

Wawasan tersebut juga bisa tim support manfaatkan untuk melayani pelanggan, sehingga terbangun komunikasi yang lebih personal. Diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan pengalaman pelanggan hingga tercipta loyalitas mereka.

Baca juga: Mengenal Apa itu CRM

Apa saja Fungsi CRM pada Industri Tour dan Travel?

Aplikasi CRM banyak diadopsi oleh bisnis tour dan travel seperti disebutkan sebelumnya. Penggunaan tersebut tentu bukan tanpa alasan, sebab CRM memberikan banyak manfaat untuk bisnis tour dan travel seperti berikut:

  • Database Pelanggan Terpusat

Keuntungan CRM pertama adalah mengumpulkan data pelanggan dari berbagai platform dalam satu sistem terpusat. Hal ini memudahkan agen tour dan travel untuk melacak informasi pelanggan mereka. Informasi yang dimuat dalam sistem CRM berupa:

  • Nama, alamat dan nomor telepon
  • Informasi keuangan
  • Riwayat pemesanan sebelumnya
  • Rencana perjalanan
  • Interaksi sebelum dan sesudah penjualan

Informasi-informasi tersebut memudahkan agen perjalanan dan wisata untuk memahami kebutuhan pelanggan. Dengan begitu, bisa memberikan respon dengan tepat dan cepat.

  • Rekomendasi Paket Wisata yang Relevan

Selain untuk respon cepat, informasi terpusat di sistem CRM juga memudahkan agen perjalanan untuk mengidentifikasi perspektif pelanggan. Dengan begitu, agen bisa memprediksi paket perjalanan wisata seperti apa yang pelanggan inginkan.

Berdasarkan wawasan tersebut pula, agen perjalanan tour bisa menyusun strategi pemasaran yang relevan dengan keinginan pelanggan. Hal tersebut bisa divisualkan dalam bentuk brosur, iklan atau konten marketing lainnya untuk menarik minat pelanggan.

  • Menangani Keluhan Pelanggan

Keuntungan berikutnya adalah menggunakan informasi yang CRM miliki untuk menyelesaikan masalah pelanggan dengan tepat. Sebagai penyedia jasa, bisnis tour dan travel tentu tidak asing lagi menghadapi komplain atau keluhan pelanggan.

Namun dengan CRM, agen bisa lebih cepat dalam memahami permasalahan pelanggan dari riwayat interaksi sebelumnya. Dengan begitu, agen bisa menawarkan solusi tepat untuk membantu menyelesaikan masalah pelanggan.

Bagaimana Cara Menggunakan CRM untuk Optimasi Penjualan?

Selain kebutuhan manajemen informasi pelanggan seperti disebutkan sebelumnya, CRM juga dapat digunakan untuk membantu meningkatkan penjualan jasa tour dan travel.

Hal tersebut dikarenakan aplikasi CRM memiliki fitur-fitur yang menyederhanakan proses penjualan. Berikut fitur-fitur CRM travel yang bisa digunakan untuk mendukung aktivitas penjualan adalah

  • Lead management: mengelola semua prospek yang datang dari berbagai saluran penjualan
  • Segmentasi: mengelompokkan prospek berdasarkan kebutuhan mereka
  • Agency workflows: mengelola semua perjalanan pelanggan mulai dari menerima pesanan, meneruskan pesanan ke agen untuk ditindaklanjuti, mengatur jadwal meeting dan lainnya
  • Invoice: membuat dan mengelola tagihan perjalanan pelanggan, sehingga mudah dilacak agen
  • Payments: otomatis mencatat pembayaran dari pelanggan
  • Custom reports: membuat laporan penjualan real time sesuai kebutuhan bisnis tour dan travel

Fitur-fitur CRM tersebut jika digunakan dengan optimal, bisa mempercepat proses transaksi. Dengan begitu, agen perjalanan wisata bisa bisa menutup kesepakatan lebih banyak.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnis di Indonesia

Tips Meningkatkan Layanan Pelanggan dengan CRM Travel

Setelah berhasil meningkatkan penjualan, penting juga untuk menjaga hubungan dengan pelanggan. Salah satu caranya dengan meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

Berikut cara memanfaatkan CRM untuk meningkatkan layanan pelanggan:

1. Dukungan Multi Agen

Pertama, Aplikasi CRM bisa diakses oleh banyak agen dalam waktu bersamaan. Selain itu, mereka juga bisa berkoordinasi satu sama lain dalam platform yang sama. Dengan begitu, tidak ada satupun permintaan wisatawan terlewatkan.

2. Berikan Respon Cepat

Selanjutnya, gunakan informasi yang CRM miliki untuk merespon kebutuhan pelanggan dengan tepat. Kemudian manfaatkan dukungan multi agen, agar bisnis bisa menjawab permasalahan pelanggan lebih cepat.

3. Terintegrasi

Langkah berikutnya adalah menghubungkan aplikasi CRM dengan semua saluran komunikasi lainnya. Hal ini memudahkan agen dalam menyinkronkan data dan merespon pelanggan dari satu platform.

4. Menawarkan Solusi

Saat semua data pelanggan tersinkron, memudahkan agen dalam mengidentifikasi permasalahan pelanggan. Dengan begitu, agen lebih mudah untuk memberikan solusi yang relevan dengan kebutuhan pelanggan.

5. Personalisasi Hubungan Pelanggan

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan CRM untuk membangun hubungan pelanggan lebih personal. Gunakan riwayat interaksi pada CRM untuk menjalin komunikasi sesuai dengan perspektif pelanggan.

6. Kelola Umpan Balik Pelanggan

Kemudian, Anda juga bisa meminta ulasan dari pelanggan terkait pelayanan yang mereka terima. Jadikan ulasan tersebut sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan layanan pelanggan.

7. Bangun Loyalitas Pelanggan

Terakhir, cobalah untuk bangun loyalitas pelanggan dengan secara konsisten menjaga hubungan baik. Pastikan pelanggan merasa puas atas respon atau solusi yang Anda tawarkan. Jangan lupa untuk memberikan reward atau hadiah ke pelanggan.

Baca juga: Contoh Implementasi CRM pada Perusahaan Besar di Indonesia

Tingkatkan Pelayanan Agen Tour dan Travel Anda Sekarang

Penggunaan CRM dalam industri tour dan travel memberikan banyak keuntungan terutama dalam meningkatkan penjualan. Bahkan pemanfaatan CRM secara tepat, dapat membangun hubungan kuat dengan pelanggan sehingga terbangun loyalitas.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang bisa bisnis tour dan travel gunakan untuk mengelola hubungan pelanggan. Aplikasi Mekari Qontak mendukung upaya Anda untuk melakukan pendekatan inovatif untuk mempertahankan pelanggan melalui berbagai loyalty program.

Selain itu, Anda juga bisa melacak semua perjalan pelanggan secara real time melalui aplikasi CRM Mekari Qontak. Hal ini berfungsi untuk memprediksi tren pasar dan keinginan pelanggan. Dengan begitu, Anda bisa menyusun strategi pemasaran dan penjulan untuk meningkatkan bisnis.

 Dapatkan Free Trial aplikasi call center terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasi Gratis dengan Tim Mekari Qontak Sekarang.

Referensi

 

Kategori : CRM
WhatsApp WhatsApp Sales