Daftar isi
6 min read

Pengertian Outbound Marketing, Strategi dan Perbedaannya

Tayang 27 November 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Panduan lengkap outbound amrketing
Pengertian Outbound Marketing, Strategi dan Perbedaannya

Outbound marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak diimplementasi oleh berbagai jenis usaha.

Penerapan outbound marketing membantu bisnis untuk menarik calon pelanggan, sehingga penjualan dan pendapatan juga meningkat.

Yuk simak pembahasan lengkap tentang apa itu outbound marketing, manfaat, dan perbedaan dengan inbound marketing pada artikel berikut ini!


Apa Itu Outbound Marketing?

Outbound marketing adalah teknik pemasaran yang menawarkan produk atau jasa dengan mengirimkan pesan kepada calon pelanggan. Hal ini dilakukan oleh bisnis tanpa ada permintaan calon pelanggan sebelumnya.

Teknik outbound marketing telah dikembangkan sejak lama oleh berbagai macam industri. Contoh outbound marketing yang paling mudah ditemui adalah iklan TV, koran, radio, brosur dan katalog serta lainnya.

Sayangnya strategi pemasaran tersebut sudah mulai ditinggalkan di era modern saat ini. Pasalnya dinilai kurang efektif karena tidak bisa menyaring target calon pelanggan. Selain itu, sulit juga untuk melacak keberasilannya.


Perbedaan Outbound Marketing VS Inbound Marketing

Selain outbound marketing rupanya ada pula jenis pemasaran lainnya yaitu inbound marketing. Kedua jenis marketing ini memiliki perbedaan.

Perbedaan yang terdapat pada kedua jenis pemasaran ini terletak pada strategi yang digunakannya. Inbound marketing seringkali disebut dengan istilah taktik tarik. Sedangkan outbound marketing dikenal dengan sebutan taktik dorong.

Selain itu target dari masing-masing jenis marketing juga berbeda. Outbound marketing biasanya hanya menjelaskan produk yang akan dijual saja.

Seluruh konsumen bisa saja menjadi target dalam outbound marketing. Sedangkan inbound marketing hanya fokus menarik target orang yang tertarik saja atau konsumen yang sudah mengenal brand.

Selain itu, media pemasaran untuk menjalankan strategi dari masing-masing jenis marketing juga berbeda. Biasanya inbound marketing menggunakan media blog dan media sosial.

Sedangkan outbound marketing menggunakan media yang mudah dilihat oleh publik seperti iklan billboard, brosur dan lainnya.

Pelajari perbedaan lainnya dari inbound marketing dan outbound marketing pada infografis berikut:

Infografis Perbedaan outbound marketing vs inbound marketing


Manfaat Melakukan Outbound Marketing

Meski sebagian bisnis tidak lagi menggunakan outbound marketing seperti yang disinggung sebelumnya, tapi strategi pemasaran ini memiliki manfaat seperti berikut:

1. Membangun Brand Awarness

Manfaat pertama adalah membangun Barand awarness. Strategi marketing ini menargetkan masyarakat yang lebih luas. Oleh karena itu, dampak yang juga menjadi lebih besar.

Melakukan kampanye secara konsisten melalui iklan di TV, radio, banner dan lainnya bisa membuat brand terus diingat oleh masyarakat umum. Dampak jangka panjangnya bisa membangun kepercayaan pelanggan.

2. Menarik Minat Pelanggan

Selain brand awarness, pemasangan iklan yang dipasang di tempat umum sudah pasti dengan mudahnya menarik minat orang lain untuk melihatnya. Iklan seperti ini bisa menarik bagi siapapun orang yang melihatnya.

Maka tak jarang masyarakat juga tertarik pada produk yang dijual. Akhirnya secara tidak langsung meningkatkan penjualan.

3. Memicu ketertarikan masyarakat pada media iklan

Pemasaran produk lewat iklan tentunya membuat orang jadi tertarik. Terlebih lagi jika audiens ingin melihat lagi iklan yang terpampang di media. Maka masyarakat akan berusaha untuk menemukan media yang sama.


Strategi Outbound Marketing yang Efektif

Manfaat-manfaat yang disebutkan sebelumnya bisa bisnis dapatkan saat Anda dengan menerapkan strategi yang tepat. Berikut ini tips menjalankan outbound marketing seperti berikut:

1. Jalin Komunikasi Langsung

Tahap pertama, bisnis perlu membangun komunikasi langsung dengan pelanggan. Komunikasi ini bisa bisnis mulai melalui email, telepon atau media sosial.

Usahakan untun menjalin komunikasi yang dipersonalisasi melalui media tersebut agar target pelanggan tertarik dengan pesan yang disampaikan.

2. Lakukan Komunikasi Massal

Selain komunikasi langsung, Anda juga bisa menjalin komunikasi masal untuk menjangkau banyak konsumen secara bersamaan. Model komunikasi ini untuk menjangkau konsumen yang posisinya jauh misalnya melalui televisi dan radio.

3. Target Penjualan lebih Cepat Tercapai

Target utama dalam pemasaran tentu menyumbang penjualan. Hal ini termasuk tujuan dari aktivitas outbound marketing. Melalui metode pemasaran ini, pelanggan yang bisa dijangkau lebih luas. Peluang untuk mencapai target penjualan juga semakin tinggi.


Contoh Outbound Marketing

Untuk para pebisnis pemula yang merasa penasaran dengan bentuk dan contoh outbound marketing, maka ada beberapa di antaranya. Umumnya berbagai macam contoh strategi pemasaran tersebut dapat ditemukan pada media yang digunakan berikut ini.

  • Iklan Media Cetak

Salah satu contoh dari adanya teknik atau strategi ini adalah media iklan cetak. Kehadiran media cetak sebenarnya sudah sangat umum. Bahkan media cetak sudah tak asing lagi bagi banyak orang.

Mulai dari koran hingga majalah sudah menjadi media iklan umum. Selain itu, ada pula media cetak brosur dan banner hingga billboard dan lain sebagainya.

  • Iklan Media Elektronik

Selain media cetak rupanya ada pula media iklan yang lainnya yaitu media iklan elektronik. Dalam hal ini media yang sering digunakan yaitu televisi atau bahkan bisa radio dan sejenisnya.

Di zaman dulu media iklan elektronik ini begitu banyak menarik minat audience. Namun kini penggunaan media iklan elektronik ini semakin sedikit.

  • Telemarketing

Contoh outbound marketing yang lain yaitu telemarketing. Proses ini berjalan dengan cara adanya telepon dari pihak customer service perusahaan. Umumnya melalui media telepon ini nantinya perusahaan akan menawarkan dan mengenalkan produk barunya.

Terkadang sistem pemasaran ini dilakukan secara acak. Hingga konsumen yang mendapatkan telepon bisa memahami jenis produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca juga: Mengenal Apa itu Telemarketing

  • Marketing via Internet

Terbaru sistem marketing tersebut dijalankan dengan menggunakan media internet. Biasanya perusahaan melakukan teknik pemasaran ini dengan memasang iklan via internet.

Maka saat audiens membuka website nantinya audiens bisa menemukan iklan. Teknik ini sangat banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan. Tentunya strategi ini bisa menjadi model pemasaran yang terbaik terutama di era digital seperti sekarang ini.

Baca juga: Pengertian Internet Marketing

  • Pameran produk

Contoh terakhir adalah adanya pameran produk. Pameran produk bisa berlangsung kapan saja. Biasanya pameran dilakukan di beberapa event tertentu. Sudah pasti pameran menjadi suatu kegiatan yang akan menarik perhatian banyak orang dan konsumen.


Aplikasikan Outbound Marketing pada Bisnis Anda

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa outbound marketing merupakan salah satu strategi pemasaran efektif yang bisa diterapkan oleh para pelaku bisnis.

Selain itu, Anda juga dapat memaksimalkan pemasaran Anda dengan menggunakan aplikasi pemasaran canggih yang dapat meningkatkan jangkauan pelanggan Anda, seperti Omnichannel CRM.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi omnichannel yang terintegrasi dengan sistem CRM dan dapat Anda gunakan untuk mengotomatiskan pemasaran dan merampingkan tugas bisnis Anda secara keseluruhan.

Omnichannel CRM Mekari Qontak merupakan solusi end-to-end dan berbagai fitur canggih yang dapat memberikan banyak manfaat menarik lainnya.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka.  Mekari Qontak telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, Coba Demo Gratis aplikasi Omnichannel CRM Mekari Qontak atau Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim ahli dari Mekari Qontak

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales