Mekari Qontak
Marketing

Internet Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya!

Panduan Lengkap Internet Marketing

Apakah Anda pernah mendengar istilah internet marketing atau online marketing?

Seperti namanya, ini adalah metode pemasaran yang menggunakan internet sebagi media pemasarannya. Mengingat, kini internet memainkan peranan penting dalam kehidupan manusia, khususnya dalam berbisnis.

Lalu, apa manfaat internet marketing bagi bisnis? Dan bagaimana cara menggunakan internet marketing yang tepat untuk bisnis?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak pembahasan lengkap tentang internet marketing di bawah ini!

Aplikasi Omnichannel Mekari Qontak


Apa Itu Internet Marketing?

Internet marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan internet untuk menyampaikan pesan promosi kepada pelanggan. Pemasaran ini dapat melakukan melalui saluran digital seperti website, mesin pencari, email, dan media sosial.

Dalam penerapannya, online marketing mencakup search engine optimization (SEO), desain web, email, media sosial, PPC, dan strategi pemasaran lainnya yang terkait dengan internet.


Jenis-Jenis Internet Marketing

1. Email marketing

Jenis internet marketing yang pertama dan umum digunakan adalah email marketing, yaitu kampanye pemasaran yang dilakukan dengan cara mengirimkan email kepada pelanggan atau calon pelanggan.

Email marketing sendiri dapat digunakan untuk mendatangkan prospek, meningkatkan brand awareness, membangun relasi, menjaga loyalitas pelanggan, dan masih banyak lagi.

2. Social Media Marketing

Jenis internet marketing yang kedua adalah social media marketing yang memanfaatkan media sosial untuk terhubung dengan audiens, membangun merek, meningkatkan penjualan, dan traffic website.

Untuk melakukan pemasaran media sosial, Anda perlu membuat konten yang menarik dan relevan, mendengar, terlibat dengan followers, menganalisis, serta evaluasi kampanye secara berkala.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik yang dilakukan untuk mengoptimalkan situs atau halaman web guna meningkatkan kuantitas dan kualitas lalu lintas dari hasil organik mesin pencari.

Dalam penerapannya, SEO dapat dilakukan melalui on-page maupun off-page untuk memaksimalkan traffic halaman web secara maksimal.

Baca Juga: Panduan Optimasi SEO On Page untuk Website Anda!

4. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) adalah strategi pemasaran yang bertujuan untuk mengiklankan produk atau situs melalui mesin pencari.

Tujuannya adalah untuk membuat prospek dan pelanggan mengetahui produk serta jasa yang dipasarkan lewat halaman mesin pencari.

5. Pay-per-Click (PPC)

Pay-per-Click (PPC) merupakan model periklanan digital di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan mereka diklik. Pada dasarnya, Anda akan membayar untuk kunjungan yang ditargetkan ke situs web atau halaman arahan lainnya.

Sementara itu,iklan PPC datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, serta dapat terdiri dari teks, gambar, video, atau kombinasi. Mereka dapat muncul di mesin pencari, situs web, platform media sosial, dan banyak lagi.

6. Influencer Marketing

Influencer marketing adalah pemasaran yang dilakukan oleh influencer secara online untuk mempengaruhi audiensnya untuk membeli produk atau layanan yang dipromosikan.

Adapun tujuan influencer marketing adalah meningkatkan pengenalan dan kesadaran merek. Pasalnya influencer memiliki ikatan emosional yang kuat dengan audiens mereka, sehingga dapat memengaruhi preferensi dan perilaku audiens mereka.

7. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah pemasaran yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tergabung dalam suatu program afiliasi marketing.

Pemasar akan mendapatkan sejumlah komisi karena berhasil mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah bisnis.

8. Video Marketing

Video marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan video untuk memasarkan dan mempromosikan produk atau layanan suatu bisnis.

Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan keterlibatan di saluran digital dan sosial, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memberikan product dan brand awareness kepada pelanggan.

9. Reputation Marketing

Reputation marketing adalah bagian penting dari setiap kampanye pemasaran internet. Mengingat, ini mencakup promosi, pemantauan, dan perolehan konten merek yang positif yang dapat membangun brand image bisnis.

Dengan demikian, Anda perlu melakukan reputation marketing di setiap pemasaran internet yang Anda lakukan. Sehingga, Anda tidak hanya membangun image bisnis, tetapi juga dapat mempertahankannya agar tetap positif di mata audiens.

10. Retargeting

Jenis internet marketing yang terakhir adalah retargeting, bentuk iklan penargetan online yang disajikan kepada pengunjung situs web Anda atau merupakan kontak di basis data Anda.

Tujuannya adalah untuk menargetkan ulang mereka yang mengunjungi situs Anda, dan menunjukkan kepada pengunjung Anda iklan visual atau teks yang relevan ketika mereka mengunjungi situs web lain.

Anda dapat melakukan retargeting dengan bantuan Google Ads, penargetan ulang Facebook, Iklan LinkedIn, dan platform iklan penargetan ulang lainnya.

Baca Juga: Remarketing: Pengertian, Tips dan Perbedaanya dengan Retargeting


Manfaat Internet Marketing

Manfaat utama internet marketing adalah membantu memasarkan produk dengan jangkauan yang lebih luas. tetapi, manfaat online marketing tidak hanya itu saja.

Ada banyak manfaat lainnya yang dapat Anda peroleh dengan menggunakan pemasaran internet, antara lain:

1. Menjangkau lebih banyak pelanggan

Pemasaran melalui internet dapat membantu bisnis untuk menjangkau, menarik, dan mengonversi audiens online secara efektif. Ini dapat dilakukan dengan fokus pada iklan media sosial berbayar, search engine, dan desain web.

Mengingat, SEO yang kuat berarti akan ada lebih banyak pembelian di dalam toko Anda. Hal ini diperkuat dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa 78% pencarian seluler lokal dapat menghasilkan pembelian offline.

Selain SEO, Anda juga perlu memperhatikan desain situs bisnis Anda. Desain web sangat penting karena dapat membantu pengunjung untuk menelusuri halaman Anda dan melakukan transaksi pembelian dengan mudah.

2. Menumbuhkan loyalitas pelanggan 

Selain dapat menarik penggan baru, online marketing juga dapat Anda gunakan untuk mempertahankan basis pelanggan jangka panjang, serta meningkatkan loyalitas mereka.

Dalam hal ini, Anda dapat mempertimbangkan untuk mengirim email marketing yang dipersonalisasi ke pelanggan lama untuk mengesankan atau menginspirasi mereka.

3. Efektif dan Efisien

Tidak seperti pemasaran tradisional, pemasaran melalui internet mudah dan cepat untuk dilakukan. Anda dapat dengan mudah mengatur kampanye pemasaran kapan saja yang nyaman bagi Anda.

Bahkan, Anda dapat mengatur email marketing untuk bisnis Anda hanya dalam hitungan jam saja. Kemudian dalam beberapa menit berikutnya, Anda dapat mengatur penjawab otomatis dan membuat daftar pemasaran untuk bisnis Anda.

Bagaimana, sangat efektif dan efisien bukan? Anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk aktivitas pemasaran yang tidak efektif.

4. Menghemat Biaya Operasional

Memasarkan produk di internet terhitung lebih murah daripada memasarkannya secara tradisional. Di mana Anda tidak membutuhkani biaya berulang untuk sewa dan pemeliharaan properti.

Selain itu, Anda tidak perlu membeli stok untuk dipajang di toko. Dengan demikian, Anda dapat memesan stok sesuai dengan permintaan, dan menjaga biaya inventaris Anda agar tetap rendah.

5. Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan

Selain dapat meningkatkan penjualan, pemasaran internet ternyata juga dapat membantu membangun hubungan baik dengan pelanggan serta meningkatkan tingkat retensi pelanggan.

Misalnya, ketika seorang pelanggan telah membeli produk dari toko online Anda. Di mana Anda dapat memulai hubungan dengan mengirimkan email tindak lanjut untuk mengonfirmasi transaksi dan berterima kasih kepada pelanggan.

Dengan mengirim email yang dipersonalisasi kepada pelanggan secara teratur, Anda dapat membantu menjaga hubungan dengan mereka.

Baca Juga: Mengenal Manajemen Hubungan Pelanggan dan Strateginya


Contoh Internet Marketing

Berikut adalah contoh internet marketing yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda:

1.Website untuk bisnis maupun pekerjaan Anda

Contoh internet marketing Website untuk bisnis maupun pekerjaan Anda

Contoh online marketing yang pertama adalah dengan mengoptimalkan website dengan sebaik mungkin. Jika Anda kesulitan membuat website, Anda bisa menyewa jasa seseorang yang bisa membuatkannya untuk Anda.

Hindari fasilitas gratis untuk website jika Anda memang serius menjalankan bisnis ini. Gunakan fasilitas berbayar untuk domain unik dan hosting sendiri.

Berbayar bukan berarti harus mahal, ada banyak layanan pembuatan website yang cukup terjangkau. Biasanya layanan tersebut sudah termasuk biaya sewa hosting dan domain.

2. Memanfaatkan Media Sosial

Contoh Internet Marketing dengan Memanfaatkan Media Sosial

Setelah website bisnis, langkah selanjutnya adalah mempromosikan website bisnis tersebut di berbagai media sosial.

Zaman sekarang semua orang menggunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan sebagainya. Tentunya media sosial ini sangat efektif untuk mempromosikan bisnis Anda nantinya.

Di media sosial, kita bisa membangun komunitas sehingga akan semakin banyak orang yang mengenal bisnis Anda dan menjadi pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Instagram Marketing, Manfaat, dan Strateginya

3. Gunakan Ads PlatformContoh internet marketing dengan mengelola ads

Contoh online marketing selanjutnya adalah memanfaatkan ads platform. Sebagus apapun produk yang Anda miliki, bila tidak didukung oleh pemasaran yang baik, maka hasil penjualannya kurang maksimal.

Salah satu cara terbaik untuk memasarkan produk atau bisnis Anda adalah memanfaatkan ads platform atau situs periklanan.

Banyak social media yang memiliki Ads Platform dan budget yang terjangkau. Jadi Anda dapat menyesuaikannya dengan bujet pemasaran bisnis Anda.

4. Optimalkan Search Engine Marketing

Optimalkan Search Engine Marketing

Mengoptimalkan situs bisnis Anda pada search engine akan memberikan keuntungan jangka panjang.

Jika website bisnis Anda berada di halaman utama hasil pencarian untuk kata kunci tertentu, kemungkinan besar pengunjung website Anda akan meningkat pesat. Tentu saja ini akan memberikan keuntungan bagi bisnis.

Sayangnya, untuk membuat website bisnis Anda berada di halaman utama search engine bukanlah perkara sepele. Anda membutuhkan SEO (Search Engine Optimization) untuk memaksimalkan situs bisnis Anda.


Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Sekilas internet marketing dan digital marketing memang terlihat sama, namun dalam penerapannya kedua strategi ini memiliki perbedaan. Adapun perbedaan utama dari keduanya adalah teknisnya.

Istilah ‘digital marketing’ digunakan untuk pemasaran yang menggunakan layanan digital seperti platform media sosial atau iklan TV. Artinya, pemasaran digital tidak terbatas hanya pada internet.

Sementara internet marketing berada dalam payung digital marketing dan melibatkan kehadiran online. Layanan pemasaran internet memanfaatkan saluran digital dan secara eksklusif dilakukan hanya melalui internet.

Sederhananya, pemasaran internet adalah bentuk khusus dari pemasaran digital.

Baca Juga: Manfaat, Jenis dan Strategi Digital Marketing Bisnis


Otomatisasi Internet Marketing Anda Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Terlepas dari strategi internet marketing yang Anda gunakan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strateginya dengan bantuan sebuah aplikasi pendukung marketing yang tepat.

Marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Dengan mengotomasi kegiatan pemasaran, Anda bisa lebih fokus pada hal lainnya yang lebih penting.

Namun demikian, Anda perlu memastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget bisnis Anda.

Salah satunya aplikasi CRM yang terintegrasi dengan sistem Omnichannel dan WhatsApp blast dari Mekari Qontak. Mekari Qontak merupakan solusi end-to-end yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pemasaran bisnis Anda.

Bagaimana, Anda tertarik untuk mencoba aplikasi marketing Mekari Qontak?

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales