Mekari Qontak
Marketing

Inilah Strategi Instagram Marketing yang Efektif Meningkatkan Penjulan

Image CTA Instagram API

Instagram adalah media sosial populer dengan banyak pengguna dari berbagai penjuru dunia. Oleh karenanya, Instagram menjadi pasar yang menarik bagi banyak bisnis untuk melakukan marketing. Bahkan penelitian Instagram menunjukan sekitar 90% penggunanya paling tidak mengikuti satu akun bisnis.

Adapun alasan lain mengapa Instagram marketing penting untuk bisnis adalah karena Instagram memiliki peluang akselerasi penjualan yang tinggi.
Sementara menurut penelitian Facebook pada tahun 2019, sekitar 65% orang yang disurvei mengunjungi situs web atau aplikasi merek setelah melihatnya di Instagram. Selain itu, sekitar 46% orang yang diwawancarai membeli dari merek secara online atau offline.

Yuk, simak pembahasan selengkapnya tentang apa itu Instagram marketing, manfaat, dan strateginya pada artikel berikut ini!

18 Strategi Instagram marketing yang efektif untuk tingkatkan bisnis Anda:

  1. Gunakan akun Instagram Bisnis
  2. Tetapkan tujuan Anda untuk Instagram
  3. Tentukan target audiens Instagram Anda
  4. Lakukan analisis kompetitor
  5. Bangun merek yang konsisten di Instagram
  6. Siapkan Profil Bisnis Instagram Anda
  7. Memaksimalkan penggunaan fitur-fitur dalam Instagram
  8. Perkenalkan brand Anda melalui Instagram Stories
  9. Buat Instagram Stories Highlights
  10. Konfigurasikan kalender editorial
  11. Rancang konten Anda
  12. Lengkapi postingan dengan caption yang Menarik
  13. Tambahkan Hashtag
  14. Bangun estetika yang konsisten
  15. Pilih waktu yang tepat
  16. Buat Instagram Ads
  17. Bekerjasama dengan influencer marketing
  18. Kembangkan basis pengikut Instagram Anda

Image CTA Instagram API

Baca Juga: 15 Cara Promosi di Instagram yang Pasti Menguntungkan


Apa Itu Instagram Marketing?

Instagram marketing adalah segala upaya mempromosikan produk atau layanan melalui media sosial Instagram. Metode pemasaran ini cukup efektif menjangkau banyak pelanggan dalam waktu singkat.

Ada dua jenis pemasaran yang dilakukan lewat instagram yakni organik (posting konten di feed, stories, IG TV dan lainnya) dan berbayar (IG Ads dan influencer marketing).

Namun demikian, keduanya tetap memiliki tujuan yang sama, yaitu menghubungkan bisnis dengan audiens, meningkatkan brand awareness, dan penjualan.


Strategi Instagram Marketing yang Efektif Tingkatkan Pemasaran Bisnis

Berikut adalah strategi Instagram marketing yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda:

1. Gunakan akun Instagram Bisnis

Pertama yang harus Anda lakukan dalam melakukan strategi Instagram marketing adalah dengan menggunakan akun Instagram Business.

Tidak seperti akun Instagram biasa, akun Instagram Bisnis memiliki lebih banyak fitur yang memberikan manfaat dan peluang untuk meningkatkan bisnis Anda. Misalnya seperti fitur Instagram Shop dan integrasi dengan WhatsApp.

Untuk mengubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis dengan cara berikut:

  • Buka aplikasi Instagram Anda
  • Pilih menu Pengaturan
  • Klinik Akun, kemudian beralih ke Akun Profesional.

2. Tetapkan tujuan Anda untuk Instagram

Sebelum Anda mulai memposting di Instagram, Anda perlu menanyakan pada diri sendiri dan tim tentang apa tujuan Anda sebenarnya.

Apakah untuk melakukan penjualan produk? Membagikan konten portofolio? Membuat konten tentang cara penggunaan produk Anda? Atau yang lainnya?

Apapun alasannya, pastikan untuk menentukan tujuan Instagram Anda terlebih dahulu. Dan, jangan terpaku hanya pada satu tujuan, karena Instagram Anda dapat memiliki banyak tujuan sekaligus.

3. Tentukan target audiens Instagram Anda

Strategi Instagram marketing yang berikutnya adalah menentukan siapa target audiens yang ingin Anda jangkau. Jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti usia, lokasi, jenis kelamin, pendapatan, minat, motivasi, dan poin rasa sakit.

4. Lakukan analisis kompetitor

Kemudian, Anda perlu melakukan analisis kompetitor untuk melihat apa yang diposting oleh pemasar lain di bidang Anda.

Analisis postingan apa yang mendapatkan keterlibatan tertinggi, tagar populer apa yang mereka gunakan, apa keterangannya, seberapa sering mereka memposting, dan seberapa cepat mereka berkembang.

Informasi ini dapat berfungsi sebagai tolok ukur saat Anda mulai mengembangkan akun Instagram Business Anda sendiri.

5. Bangun merek yang konsisten di Instagram

Konten acak akan membingungkan audiens Anda dan dapat menyebabkan Anda kehilangan pengikut. Untuk mencegahnya, Anda perlu membangun estetika merek yang konsisten di akun Instagram Anda.

Tentukan seperti apa tampilan yang Anda inginkan dengan memikirkan brand image Anda. Apa brand value Anda? Bagaimana pelanggan dan karyawan Anda mendefinisikan merek Anda?

6. Siapkan Profil Bisnis Instagram Anda

Profil bisnis Instagram adalah hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan saat melakukan pemasaran di Instagram. Ini karena profil dapat dianggap sebagai identitas bisnis Anda di Instagram.

Pastikan Anda telah mengisi seluruh profil bisnis Anda dengan sebaik mungkin, seperti berikut:

– Gunakan username yang mudah diingat

Sebagian besar pebisnis akan menggunakan nama bisnis sebagai username akun Instagramnya. Hal ini akan memudahkan audiens menemukan akun Anda daripada nama lainnya. Namun seandainya nama tersebut telah digunakan, Anda bisa menambah kata di belakangnya yang masih relevan dan mudah diingat.

– Tampilkan logo brand pada foto profil

Sebagai bagian dari branding, Anda bisa menggunakan logo brand sebagai foto profil akun Instagram Anda. Pasalnya foto profil ini akan muncul setiap kali Anda berinteraksi di Ig, seperti membalas DM, berkomentar hingga setiap postingan yang Anda unggah.

Maksimalkan bio Instagram dengan menulis informasi terkait bisnis
Bagian penting lainnya dari akun bisnis Instagram adalah bio. Anda bisa mengisi bio tersebut dengan informasi menarik hingga 150 karakter. Contohnya mengisinya dengan copy yang menarik, Anda juga bisa memasukkan emoji ke bio.

– Tambahkan call to action

Call to action sangat penting untuk mendorong audiens berinteraksi. Maka dari itu, masukkan CTA pada profil akun bisnis Anda. Contohnya dengan memasukkan kalimat “Dapatkan penawaran menarik sekarang!” atau “pelajari selengkapnya disini”.

– Sisipkan link aplikasi lainnya di bawah CTA

Setelah memasukan CTA, jangan lupa tambahkan link yang akan mengarahkan audiens ke marketplace atau admin CS Anda. Hal ini akan memudahkan mereka untuk menghubungi Anda secara langsung melalui berbagai platform.

7. Memaksimalkan penggunaan fitur-fitur dalam Instagram

Bagian terpenting dari strategi instagram marketing adalah membagikan konten promosi. Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui fitur-fitur pada Instagram untuk mendapatkan hasil maksimal. Fitur-fitur yang dimaksud adalah sebagai berikut:

– Feed Instagram

Feed Instagram memberikan ruang untuk Anda mengunggah konten berupa foto atau video yang menarik. Konten tersebut akan tampil di halaman beranda audiens Anda dan profil akun Instagram Anda.

– Stories

Fitur stories berada pada bagian atas beranda Anda. Berbeda dengan feed, konten yang diunggah pada stories akan hilang setelah 24 jam.

– Live IG

Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan siaran langsung seperti televisi. Followers Anda akan mendapatkan notifikasi setiap Anda melakukan Live IG. Tujuannya agar mendorong mereka menonton siaran Anda.

– Instagram TV

Selain Live IG, Instagram juga menawarkan fitur Instagram TV (IGTV). Fitur IGTV ini lebih mirip seperti YouTube. Artinya audines bisa menontoh video yang sudah Anda unggah sebelumnya.

8. Perkenalkan brand Anda melalui Instagram Stories

Sejak pertama kali muncul pada tahun 2017, Instagram Stories telah menjadi bagian penting dari strategi pemasaran di Instagram. Oleh sebab itu, Anda juga perlu memanfaatkan Instagram Stories sebagai sarana untuk memperkenalkan brand Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat mengunggah Instagram Stories secara teratur untuk meningkatkan ketertarikan dan keterlibatan audiens dengan merek bisnis Anda.

Berikut manfaat lainnya dari Instagram Stories adalah

  • Berada pada posisi yang mudah dilihat oleh followers setiap buka aplikasi Instagram
  • Konten pada stories bisa disimpan di HP dan diunggah kembali kemudian hari
  • Memiliki banyak filter atau stiker untuk membuat konten Anda lebih menarik
  • Mendukung banyak jenis konten seperti teks, foto, suara, video atau gabungan
  • Menandai akun instagram lainnya seperti influencer atau brand lainnya
  • Unggahan Stories tidak terbatas
  • Meningkatkan interaksi dengan membuat polling, tanya jawab, Swipe Up, dan membuat kontes.

9. Buat Instagram Stories Highlights

Setelah berhasil membuat Instagram Story, kini saatnya untuk Anda membuat Highlights yang berisikan kumpulan Instagram Stories Anda sebelumnya.

Anda dapat menganggap fitur Highlights ini sebagai cuplikan film dari unggahan stories untuk mengekspresikan diri, memamerkan produk, mengarahkan lalu lintas, atau memasarkan bisnis Anda!

Baca Juga: 11 Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram

10. Konfigurasikan kalender editorial

Untuk mencapai marketing Instagram yang sukses, Anda perlu mengirimkan konten secara konsisten. Ini karena audiens akan mengharapkan Anda untuk memposting pembaruan secara teratur.

Rata-rata, sebuah bisnis akan menerbitkan konten 1,5 kali per hari. Untuk menjaga kecepatan ini, Anda dapat membuat kalender editorial.

Kalender ini akan memungkinkan Anda untuk tidak hanya mengetahui apa dan kapan harus memposting, tetapi juga menyimpan visual, postingan, dan tagar.

11. Rancang konten Anda

Konten merupakan hal krusial dalam media sosial, terutama di Instagram. Untuk itu sangat penting bagi Anda merencanakan konten yang berkualitas dan menawan.

Mulailah dengan memikirkan tema utama dan pesan yang ingin Anda sampaikan. Anda dapat memilih untuk memamerkan produk, berfokus pada budaya perusahaan, atau menghibur pelanggan Anda.

Kemudian lanjutkan dengan memutuskan format konten mana yang akan digunakan untuk meningkatkan tujuan Anda. Anda dapat menggunakan gambar statis, galeri, video pendek, atau format video yang lebih panjang dengan IGTV.

Ada beberapa jenis konten yang umum digunakan sebagai berikut:

– Behind the scene

Konten ini menampilkan sisi lain dari bisnis Anda yang jarang diketahui orang. Misalnya proses pembuatan produk atau pengiriman produk sebelum sampai di tangan pelanggan. Usahakan buat konten ini senatural mungkin untuk meninggalkan kesan asli di mata konsumen.

– Edukasi

Seperti namanya, jenis gambar ini adalah gambar yang bisa mengedukasi follower Anda. Entah itu berupa tips atau panduan untuk membuat sesuatu. Biasanya instruksi yang diberikan adalah instruksi singkat yang mudah untuk diikuti.

– Influencer

Gambar jenis ini memanfaatkan ketenaran seseorang untuk mempromosikan bisnis Anda kepada follower mereka. Biasanya gambar ini menampilkan si influencer sedang menggunakan/berinteraksi dengan produk Anda.

– Postingan dari Follower

Berdayakan postingan dari follower Anda dengan memposting ulang (repost) pada akun Instagram Anda. Hal ini mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan lainnya terhadap brand Anda.

– Video interaktif

Selain konten foto, Anda juga bisa mengunggah video yang lebih interaktif. Usahakan video tersebut bisa menghibur follower sehingga mereka tertarik untuk berinteraksi seperti meninggalkan like, komentar, hingga membagikannya.

12. Lengkapi postingan dengan caption yang Menarik

Caption memberikan Anda kesempatan untuk ‘merayu’ pelanggan. Oleh karena itu, manfaatkan dengan menulis caption dengan kata-kata menarik. Berikut tips untuk membuat caption adalah:

– Siapkan beberapa opsi

Sebelum menulisnya, tidak ada salahnya untuk menulis beberapa ide kata-kata yang mungkin untuk captions. Cobalah minta pendapat orang lain untuk menentukan mana yang terbaik.

– Tempatkan informasi penting di awal

Caption berfungsi untuk menarik perhatian follower. Oleg karena itu, Anda harus memberikan informasi penting pada tiga atau empat kaliman pertama di postingan. Meskipun Anda bisa menulis hingga 2.200 karakter. Tapi hanya baris ketiga dan keempat yang akan muncul, baris berikutnya akan digantikan dengan link Lainnya.

– Lengkapi dengan call to action

Call to Action berfungsi untuk mendorong follower untuk melakukan suatu tindakan. Maka dari itu, Anda bisa mengarahkan mereka untuk melakukan hal yang Anda inginkan untuk meningkatkan engagement. Contohnya “Komen di bawah untuk mendapatkan penawaran menarik,” atau “Tag teman Anda untuk mendapatkan produk gratis”.

– Interaktif dengan mengajukan pertanyaan

Jangan ragu untuk menggunakan kalimat pertanyaan pada captions Anda. Tujuannya agar mendorong followers untuk berkomentar pada postingan tersebut.

– Gunakan hashtag

Hashtag berperan untuk mengelompokan konten-konten yang memiliki kata kunci sama, sehingga lebih mudah ditemukan. Lengkapi caption Anda minimal empat hashtag yang relevan.

– Miliki ciri khas sendiri

Setiap media sosial memiliki gaya tulisan sendiri. Contohnya tulisan serius lebih cocok untuk di link daripada Instagram yang lebih santai. Hal ini juga berlaku pada caption Anda pada unggahan Instagram, buatlah ciri khas sendiri yang lebih friendly dengan menggunakan stiker.

13. Tambahkan Hashtag

Setiap harinya setidaknya 95 juta postingan diunggah pada Instagram. Artinya, postingan Anda juga bisa tertutup dengan unggahan akun lainnya. Hal tersebut dapat dihindari dengan menggunakan hashtag.

Gunakan hashtag yang relevan dan populer. Untuk mengetahuinya, lakukan riset melalui pencarian tagar dalam menu Explore. Tujuannya agar memudahkan pengguna Instagram lainnya untuk mencari postingan

14. Bangun estetika yang konsisten

Apa pun jenis konten yang Anda pilih, pastikan Anda menjaganya agar tetap indah, menarik, dan berkualitas tinggi.

Kemudian pertimbangkan juga konsistensi visual Anda. Gambar-gambar di profil Instagram Anda harus memberi kesan kesatuan. Anda dapat mencapai ini dengan menggunakan filter atau preset Instagram tertentu.

15. Pilih waktu yang tepat

Sebelum Anda memposting konten promosi, Anda perlu memperhatikan waktu kapan mengunggahnya. Tujuannya untuk mendapatkan hasil maksimal.

Secara umum, ada waktu-waktu terbaik bagi bisnis memposting kontennya yaitu pada Rabu pukul 11.00 dan Jumat pukul 10.00-11.00. Sementara, berdasarkan CoSchedule, waktu terbaik untuk posting adalah pukul 8.00-9.00 dan pukul 02.00.

16. Buat Instagram Ads

Instagram Ads memperluas jangkauan audiens Anda. Ada dua cara untuk mengakses Instagram Ads melalui Facebook Ads Manager dan Instagram langsung. Namun keduanya mengharuskan Anda untuk memiliki akun Facebook Page.

Cara beriklan melalui Instagram Ads langsung relatif mudah seperti berikut:

  • Pertama, tentukan postingan yang ingin Anda iklankan dab klik promosikan. Cara lainnya, Anda bisa juga menggunakan menu insight, lalu scroll ke paling bawah dan klik tombol buat promosi. Selanjutnya pilih postingan yang ingin Anda promosikan, lalu klik panah di kanan atas.
  • Kedua tentukan tujuan menggunakan Instagram Anda, seperti mengarahkan pengguna ke akun bisnis Anda, website atau mengirimkan DM
  • Ketiga, pilih target audiens bisa secara otomatis berdasarkan demografi followers Anda sekarang atau membuat daftarnya sendiri secara manual dengan mengisi nama pemirsa, lokasi, minat, usia dan jenis kelamin
  • Keempat atur anggaran dan durasi Instagram Ads akan ditampilkan.
  • Terakhir pastikan semua ketetuan tersebut telah diisi. Selanjutnya lakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau transfer bank. Setelah pembayaran, Anda bisa menerbitkan iklan dengan klik buat promosi.

17. Bekerjasama dengan influencer marketing

Strategi Instagram marketing berikutnya adalah menerapkan influencer marketing. Ini karena influencer marketing bisa menjadi salah satu cara terbaik bagi bisnis untuk meningkatkan brand awareness, menumbuhkan followers mereka, dan mendorong penjualan.

18. Kembangkan basis pengikut Instagram Anda

Strategi Instagram marketing selanjutnya adalah mengembangkan basis pengikut atau followers Instagram Anda. Namun, menumbuhkan pengikut membutuhkan waktu dan energi yang serius.

Anda mungkin akan tergoda untuk mengambil jalan keluar yang mudah dan membeli pengikut, tapi jangan pernah melakukan hal tersebut.

Ini karena membeli pengikut tidak akan benar-benar mendorong keterlibatan, yang sebenarnya Anda butuhkan untuk memastikan posting Anda dilihat. Selain itu, perubahan API terbaru Instagram akan secara otomatis menghapus pengikut yang Anda beli.

Lalu, bagaimana cara mengembangkannya?

Pastikan nama pengguna Anda dapat dikenali dan dicari dengan mudah. Kemudian optimalkan profil Anda dan unggah konten-konten yang menarik dan sesuai dengan target audiens Anda. Lalu lanjutkan dengan konten yang dapat meningkatkan interaksi dan keterlibatan mereka.

Baca Juga: Cara Mudah Auto DM Instagram: Ini 6 Langkahnya!


Apa Manfaat Instagram Marketing bagi Bisnis?

Setelah mengetahui apa itu Instagram marketing, kini saatnya untuk Anda mengetahui apa saja manfaatnya bagi bisnis.

Berikut adalah manfaat Instagram marketing untuk bisnis:

– Meningkatkan keterlibatan audiens

Media sosial adalah salah satu jenis saluran terbaik untuk menjaga hubungan pelanggan. Instagram dapat memungkinkan Anda untuk melibatkan audiens dengan konten yang menarik, memperoleh umpan balik, menginformasikan penawaran khusus, dan masih banyak lagi.

Umumnya, foto yang diunggah di Instagram akan mendapatkan 23% lebih banyak keterlibatan daripada postingan di Facebook.

– Penguatan merek

Manfaat Instagram marketing berikutnya adalah penguatan merek melalui brand awareness. 83% pengguna mengaku bahwa Instagram membantu mereka menemukan produk atau layanan baru.

Sementara itu, 74% pengguna menganggap merek dengan akun Instagram relevan dan 78% menganggapnya populer. Sebaliknya, merek yang tidak memiliki akun Instagram cenderung dihindari oleh calon pelanggan.

– Membuka peluang pertumbuhan audiens

Instagram marketing dapat membantu meningkatkan jangkauan bisnis Anda dengan memungkinkan Anda menentukan audiens target dengan tepat.

Alat analisis Instagram memungkinkan Anda mengukur kinerja iklan Anda. Anda dapat melacak jangkauan, total pengeluaran kampanye, jumlah pembelian, biaya per pembelian, konversi, dan banyak lagi.

Meningkatkan penjualan

Marketing Instagram dapat membantu bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan melalui pembelian sukarela yang dilakukan oleh audiens. Menurut sebuah data, 11% pengguna media sosial di AS memilih untuk berbelanja di Instagram.

Instagram kemudian memungkinkan bisnis memanfaatkan platform mereka sebaik-baiknya. Dalam hal ini, Instagram menawarkan seperangkat alat canggih yang memungkinkan pengguna berbelanja langsung dari Instagram.

Di antaranya adalah link di Instagram Stories, tag belanja, iklan, dan lainnya. Pertimbangkan untuk membaca daftar lengkapnya di situs web Instagram.

Baca Juga: 20 Instagram Automation Tools Terbaik di Tahun 2022


Aplikasikan Strategi Instagram Marketing pada Bisnis Anda Sekarang!

Instagram API Mekari Qontak

Itu dia pembahasan lengkap tentang Instagram marketing yang dapat Anda coba pada bisnis Anda. Pastikan Anda menerapkan setiap strategi di atas dengan baik dan benar.

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran Instagram bisnis, Anda dapat menggunakan Instagram API yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis di Instagram.

Mekari Qontak menyediakan Instagram API terbaik untuk meningkatkan bisnis Anda. Selain itu, Instagram API Qontak juga dapat diintegrasikan dengan Omnichannel CRM terbaik yang dapat membantu Anda untuk mengintegrasikan berbagai saluran ke dalam satu platform terpadu. Dengan demikian, Anda dapat menyelaraskan program bisnis Anda di seluruh saluran secara mudah.

Omnichannel CRM Qontak dilengkapi dengan berbagai fitur canggih pendukung bisnis dan sudah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu meningkatkan pemasaran mereka secara maksimal.

Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales