Daftar isi
7 min read

15 Cara Promosi di Instagram yang Menghasilkan Keuntungan

Tayang 04 Juni 2023
Diperbarui 18 Desember 2023
Cara Mudah Promosi dengan Instagram API by Qontak
15 Cara Promosi di Instagram yang Menghasilkan Keuntungan

Instagram telah menjadi platform media sosial yang populer di dunia. Hal ini dimanfaatkan oleh bisnis untuk memasarkan produk atau layanan. Berbagai cara dilakukan oleh bisnis melakukan promosi di Instagram.

Promosi di Instagram dinilai cukup efektif menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan. Terlebih dikutip dari SocialPilot mengungkapkan bahwa sekitar 62% penggunaan Instagram tertarik dengan suatu merek atau produk setelah melihatnya di IG story .

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menerapkan cara promosi di Instagram yang benar untuk toko online Anda. Pelajari cara promosi di Instagram yang efektif meningkatkan penjualan pada artikel berikut.

Baca Juga: Apa Itu Fitur Instagram Shopping dan Cara Membuatnya

Saat ini banyak bisnis berjualan di toko Instagram untuk menjangkau pelanggan. Akibatnya Instagram ads banyak digunakan agar toko Instagram dikenal pasar yang lebih luas.

Berikut cara promosi Instagram Anda mendapatkan keuntungan maksimal:

1. Beralih ke Akun Instagram Business API

Berbeda dengan akun personal, akun Instagram API memiliki lebih banyak fitur yang untuk mengembangkan usaha, termasuk melakukan promosi. API Instagram dirancang khusus untuk pelaku usaha menjalankan bisnis.

Menerapkan Instagram API pada online shop, dapat membuat interaksi yang lebih efisien dengan pelanggan. Sementara itu, untuk menggunakan Instagram API, Anda harus bermitra dengan provider Instagram API resmi.

Baca juga: 6 Cara Mudah Mendaftar API Instagram

2. Optimalkan Profil Anda untuk Promosi

Saat Anda mempromosikan produk di Instagram ke penggemar dan pengikut baru, sangat penting. Hal ini juga berlaku untuk brand yang ingin menarik lebih banyak perhatian.

Untuk mempermudah pengikut mengenal bisnis Anda, maka Anda perlu mengoptimalkan profil Instagram bisnis Anda. Lengkapi profil akun Instagram toko Anda dengan informasi penting yang memudahkan prospek mengenal brand Anda.

3. Posting Konten yang Menarik

Buat content marketing dengan visual unik agar bisa menarik perhatian calon konsumen. Gunakan tema bahasan yang relevan dengan target pasar serta produk.

Selain itu, perlu konsistensi pada setiap konten yang dibuat baik dari segi desain, gaya komunikasi, sampai jadwal unggah dari konten. Anda bisa memanfaatkan tools Instagram untuk menghasilkan konten menarik.

4. Promosikan Postingan Instagram Anda di Jaringan lain

Selanjutnya, posting ulang konten Anda dari Instagram ke platform sosial lain. Tujuanya untuk mendapatkan lebih banyak ROI pada Instagram Anda.

Misalnya, Anda dapat mempromosikan konten Instagram Anda di Facebook dan Twitter. Hal ini umum bisnis lakukan untuk memaksimalkan jangkauan audiens Anda

5. Manfaatkan Tren

Tren bisa menjadi alat yang ampuh untuk mempromosikan akun Instagram Anda. Misalnya tren menggunakan fitur Instagram baru, menyenangkan seperti melakukan tantangan viral terbaru, atau sebagai filantropis untuk mendukung perubahan sosial.

Mengeluarkan postingan yang menarik dan berkualitas mengikuti tren, mampu mendorong pengikut Anda memposting ulang konten tersebut di jaringan mereka. Hal ini akan memperluas jangkauan Anda lebih jauh, dan memperkuat nilai inti merek Anda.

6. Beriklan dengan Instagram Ads

Fitur promote Instagram ads salah satu elemen penting untuk beriklan di Instagram. Instagram ads membantu Anda menjangkau target pasar lebih luas. Biaya untuk beriklan pun relatif terjangkau, makanya banyak bisnis menggunakan IG ads.

Berikut cara beriklan menggunakan Instagram Ads adalah:

  • Login ke Facebook Ads Manager
  • Tentukan tujuan iklan berdasarkan daftar campaign objectives yang disediakan Facebook Ads Manager
  • Beri judul iklan untuk memudahkan pengecekan performa iklan di Instagram ads.
  • Pilih target audiens baik yang sudah ada sebelumnya atau membuat baru setiap akan beriklan.
  • Tentukan berapa lama iklan Anda akan ditampilkan dan dimana letak iklan nantinya (Facebook News Feed,Sebelah kanan halaman Facebook, Instagram atau lainnya)
  • Pilih format iklan yang diinginkan, jangan lupa mengisi detail iklan seperti headline, teks dan tombol CTA.
  • Lakukan Pembayaran melalui kartu kredit atau kartu debit

Pihak Instagram tidak mematok besaran biaya iklan. Berdasarkan kabar beredar pada tahun 2020, bisnis bisa memilih anggaran dana mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 10.000.000 per hari. Apabila Anda mengalokasikan dana Rp 10.00 per hari, maka total jangkauan audiens sebanyak 1.300 hingga 3.400 orang.

Besaran dana yang dikeluarkan juga tergantung durasi tayangan iklan selama beberapa hari, mulai dari 1-30 hari. Semakin besar anggaran iklan Anda, maka total audiens yang dapat dijangkau semakin besar pula.

Baca juga: 10 Cara Jualan di Instagram Shop yang Efektif

7. Manfaatkan Hastag

Cara promosi produk di Instagram berikutnya adalah optimalkan hashtag atau tanda pagar. Cantumkan hashtag yang relevan, maka pengguna Instagram bisa terhubung dengan produk-produk yang Anda jual. Audien lebih mudah menemukan akun atau produk yang Anda jual melalui hashtag tersebut.

8. Posting di Instagram Stories Secara Teratur

Fitur Instagram Stories bisa dimanfaatkan mempromosikan produk. Pada Instagram Stories, Anda bisa membuat album kecil yang berisi gambar, video, stiker, jajak pendapat, dan banyak lagi.

Konten Instagram Stories hanya bertahan selama 24 jam. Oleh karena itu, ini menjadi tempat yang tepat untuk menampilkan konten yang lebih mentah dan transparan yang membantu membuat bisnis Anda menarik.

9. Posting di Waktu yang Tepat

Penting untuk memposting secara teratur dan konsisten di Instagram. Namun, untuk mendapatkan keuntungan maksimal, Anda perlu memposting pada waktu yang tepat. “Waktu yang tepat” bervariasi sesuai dengan audiens target Anda, jenis bisnis, dan banyak lagi.

Misalnya, jika target pasar Anda terdiri dari para eksekutif, waktu terbaik untuk memposting adalah saat penutupan kantor (sekitar jam 5 sore) atau selama perjalanan pagi mereka ke kantor.

Tetapi jika audiens Anda adalah ibu dari anak kecil, waktu yang paling tepat adalah pagi hari, atau setelah mereka mengantar anak-anak mereka ke sekolah.

Cobalah untuk bereksperimen dan lihat analytics Anda untuk mengetahui waktu posting mana yang paling efektif dalam mempromosikan akun Instagram Anda.

10. Umumkan Promosi Penjualan

Jika Anda menjalankan kesepakatan, meluncurkan produk atau layanan baru, atau ingin mengumumkan bahwa barang populer telah tersedia kembali, posting informasi ini ke feed atau Instagram stories Anda.

Ketika pelanggan dan penggemar mengetahui bahwa Anda menggunakan saluran ini secara konsisten, mereka akan lebih sering memeriksa feed Anda. Bahkan kemungkinan mereka akan membagikan akun Anda ke orang lain yang mereka tahu ingin mengetahuinya.

11. Berikan Giveaway

Manfaatkan giveaway untuk mempromosikan produk anda. Giveaway cukup efektif untuk mengenal dan mencoba produk secara gratis. Pelanggan yang merasa puas, tidak akan segan-segan untuk melakukan repeat order, bahkan mempromosikan produk bahkan tanpa Anda minta.

12. Bekerjasama dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer banyak bisnis online lakukan saat ini. Pasalnya, cara pemasaran ini efektif untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan. Hal ini karena influencer membantu menjangkau lebih banyak calon pelanggan.

13. Bagikan Testimoni Pelanggan

Membagikan testimoni pelanggan sebagai upaya meyakinkan prospek terhadap kualitas produk Anda. Gunakan kesempatan ini unutk menanyakan pengalaman pelanggan setelah mencoba produk Anda. Jangan ragu untuk membagikannya atau repost ke Instagram toko online Anda.

14. Membangun Interaksi dengan Audiens

Manfaatkan stiker lucu untuk memancing interaksi dengan audiens. Gunakan stiker pertanyaan, stiker pilihan jawaban, polling, dan sebagainya pada bagian Instagram Story.

15. Strategi Promosi Produk Anda

Setelah Anda memposting atau melakukan promosi di Instagram, pastikan untuk melakukan evaluasi secara berkala. Identifikasi bagaimana cara Anda mempormosikan produk di Instagram.

Apakah hal tersebut efektif menarik interaksi penggikut, jika tidak cobalah untuk mencari alternatif lainya yang bisa meningkatkan engagement rate Instagram.

Jika Anda masih belum menemukan strategi yang tepat dalam promosi Instagram, Anda bisa coba menggunakan jasa sosial media marketing dari Sribu yang akan membantu Anda temukan komunitas profesional.

Baca juga: 15 Tools Instagram Marketing Terbaik Wajib Anda Miliki!

Selain menggunakan Instagram ads, cara promosi di Instagram yang lain dengan meningkatkan akun menjadi Instagram API. Paduan promosi IG ini membuat toko di Instagram Anda meraup penjualan maksimal.

Instagram API terbaik hanya bisa Anda peroleh melalui Mekari Qontak. Instagram API yang Mekari Qontak sediakan dapat terintegrasi dengan alur kerja sistem lain yang sudah ada pada bisnis Anda seperti aplikasi CRM (Customer Relationship Management) yang didukung dengan sistem Omnichannel.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan WhatsApp Business API untuk mendungkung berjualan di Instagram. Hal ini memudahkan pelanggan untuk berinteraksi melalui WhatsApp. Terlebih WhatsApp API memiliki fitur blast yang mampu mengirimkan pesan secara otomatis ke banyak kontas bersamaan.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahannya. Bahkan Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Integrasikan Anda Instagram Business Anda dengan API Instagram dari Mekari Qontak secara GRATIS sekarang!

Kategori : InstagramMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales