Daftar isi
4 min read

11 Cara Efektif Jualan di Instagram Shop, Pasti Untung

Tayang 25 Agustus 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
Cara Jualan di Instagram Shop
11 Cara Efektif Jualan di Instagram Shop, Pasti Untung

Instagram shop adalah fitur yang dapat memudahkan konsumen untuk membeli produk yang terpampang pada foto atau video di posting Instagram Anda. Adanya fitur ini, memudahkan konsumen berbelanja menggunakan aplikasi Instagram.

Sementara bagi bisnis, hadirnya fitur Instagram shop membuka peluang penjualan meningkat. Terlebih melansir dari Liputan6.com bahwa setidaknya ada 200 juta pengguna yang membuka akun bisnis setiap harinya.

Sayangnya, tidak semua pebisnis tersebut mengetahui cara jualan di Instagram. Apakah Anda salah satunya? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir.

Pada artikel di bawah ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat dan cara jualan di Instagram Shop. Untuk selengkapnya, simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Apa Itu Instagram Shopping dan Cara Mengaktifkannya

Berikut ini merupakan 10 tips untuk cara jualan di Instagram Shop yang baik untuk bisnis online Anda, yaitu:

1. Posting Produk secara Rutin

Memposting produk secara rutin dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness Anda pada pelanggan. Ini dapat dilakukan setiap hari atau pada hari-hari tertentu dengan teratur.

2. Tunjukkan Proses Pembuatan Produk

Selain membagikan foto produk, Anda juga dapat membagikan proses pembuatan produk tersebut.

Hal ini dapat membuat audiens Anda lebih memahami dan menghargai produk yang Anda jual lewat video tersebut sehingga dapat menarik minat mereka untuk membeli produk yang Anda jual.

3. Informasikan Varian Produk yang Anda Jual

Tampilkan semua varian produk yang Anda jual, ini termasuk warna, ukuran, model, bahan, dan sebagainya.

Satu produk dapat memiliki banyak varian. Dengan varian yang banyak, audiens Anda mungkin akan lebih tertarik untuk membeli. Mengingat mereka dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan mereka.

Baca juga: Cara Promosi di Instagram 

4. Buatlah Sorotan Cerita untuk Setiap Produk

Fitur Story atau Cerita juga sangat penting untuk tidak dilewatkan. Anda dapat menyoroti produk yang Anda jual melalui Cerita, kemudian pancing audiens Anda untuk berinteraksi dengan apa yang Anda bagikan.

5. Perhatikan Kualitas dan Komposisi Foto Produk

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu kekuatan selling pada bisnis online terletak pada kualitas foto produk. Untuk itu, Anda perlu membuat foto produk dengan kualitas yang baik.

Perhatikan teknik pengambilan gambar serta komposisi foto. Gunakan latar belakang yang membuat produk terlihat menonjol serta membuat hasil foto menjadi lebih menarik.

6. Buat Video Reels Menarik

Fitur Reels pada Instagram memungkinkan bisnis Anda membuat dan memublikasikan video berdurasi hingga 60 detik. Fitur IG ini memungkinkan Anda untuk berkreasi dengan teks, filter AR, dan audio yang mudah digunakan untuk menceritakan kisah merek Anda. Reels juga dapat muncul di halaman Jelajahi tempat siapa pun di Instagram dapat melihatnya.

7. Posting Produk Menggunakan Cara Flat Lay

Flat Lay merupakan teknik memotret beberapa produk yang ditata sedemikian rupa pada permukaan yang datar kemudian difoto dari atas.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknik foto yang menarik lainnya untuk meningkatkan kualitas konten dan foto Anda.

8. Bagikan Foto Testimoni Pelanggan

Beberapa pelanggan pasti sangat senang jika foto mereka dapat Anda posting pada akun Anda, terutama untuk produk branded yang berhasil mereka beli.

Namun Anda perlu meminta izin pada mereka untuk mempostingnya pada akun Instagram Bisnis Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan Anda.

9. Buat Tutorial Mengenai Produk Anda

Hal yang tidak kalah penting adalah tutorial dalam menggunakan produk yang Anda jual, terutama untuk produk baru yang mungkin belum banyak digunakan.

Tutorial tersebut dapat Anda bagikan melalui foto atau video. Jika durasinya cukup panjang, gunakan fitur IGTV, Reels, atau Series pada Instagram.

10. Bangun Interaksi dengan Pemirsa Anda

Instagram menyediakan cukup banyak stiker lucu yang dapat Anda gunakan untuk memancing interaksi dari audiens Anda.

Ada stiker pertanyaan, sticker pilihan jawaban, polling, dan lain sebagainya yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten yang lebih menarik bagi audiens Anda.

11. Menerapkan Instagram API

Cara jualan di toko Instagram yang terakhir dan terpenting adalah dengan menerapkan Instagram API pada Instagram Shopping Anda.

Instagram API dapat membuat interaksi yang lebih efisien antara pelanggan dengan para pemilik bisnis. Selain itu, Anda juga dapat memeroleh banyak manfaat dari penerapan Instagram API.

Untuk mendapatkan Instagram API, Anda perlu mencari provider Instgram API terbaik yang tepat untuk bisnis Anda, seperti Mekari Qontak.

Instagram API Mekari Qontak dapat diintegrasikan dengan alur kerja sistem lain yang sudah ada pada bisnis Anda. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola seluruh saluran dalam satu platform terpadu.

Selain itu, Mekari Qontak juga menyediakan aplikasi CRM terbaik yang didukung dengan Omnichannel untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan penjualan Anda. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, Coba Gratis Instgaram API Mekari Qontak atau Kosultasi Gratis dengan Tim Mekari Qontak.

Kategori : BisnisInstagram
WhatsApp WhatsApp Sales