Mekari Qontak
Sales

10 Cara Jualan di Instagram Shop yang Efektif

Panduan Lengkap Cara Jualan di Instagram

Panduan Cara Jualan di Instagram agar Online Shop Anda Laku Keras!

Menurut Instagram, setidaknya ada 200 juta pengguna yang membuka akun bisnis setiap harinya, dan 70% pelanggan mengandalkan Instagram untuk melakukan pembelian selanjutnya. Namun tidak semua pebisnis tersebut mengetahui cara jualan di Instagram Shop.

Apakah Anda salah satunya? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir. Karena artikel di bawah ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat dan cara jualan di Instagram Shop. Untuk selengkapnya, simak pembahasan berikut ini!

10 Cara Jualan di Instagram Shop:

    1. Posting Produk secara Rutin
    2. Tunjukkan Proses Pembuatan Produk
    3. Informasikan Varian Produk yang Anda Jual
    4. Buatlah Sorotan Cerita untuk Setiap Produk
    5. Perhatikan Kualitas dan Komposisi Foto Produk
    6. Posting Produk Menggunakan Cara Flat Lay
    7. Bagikan Foto Testimoni Pelanggan
    8. Buat Tutorial Mengenai Produk Anda
    9. Bangun Interaksi dengan Pemirsa Anda
    10. Menerapkan Instagram API

Instagram API Mekari Qontak


Apa Itu Instagram Shop?

Instagram Shop adalah fitur yang dapat memudahkan konsumen untuk membeli produk yang terpampang pada foto atau video di posting Instagram Anda.

Uniknya, konsumen tidak perlu berpindah aplikasi jika ingin berbelanja, mereka dapat langsung melakukan transaksi hanya dengan menggunakan aplikasi Instagram.

Dengan demikian, cara jualan di Instagram Shop ini tentu dapat memudahkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi di mana pun dan kapan pun.

Namun demikian, perlu diketahui bahwasanya hal ini dapat terwujud berkat diciptakannya Instagram API yang mendukung proses transaksi jual-beli pada bisnis online.


Apa Saja Fitur Instagram Shop?

Instagram telah mengembangkan serangkaian fitur Belanja yang telah disesuaikan dengan perilaku belanja pengguna Instagram. Fitur-fitur Instagram Shop tersebut, antara lain:

1. Toko

Toko

Anda dapat memposting produk-produk yang Anda jual pada toko Instagram Anda.

Dalam hal ini, penting bagi Anda untuk mempelajari cara jualan di toko Instagram untuk mengetahui bagaimana Anda akan mengoperasikan toko Instagram Anda.

2. Label Produk

Label-Produk

Tak hanya dapat memposting foto produk, Anda juga dapat memberikan label pada foto produk. Sehingga Anda dapat menyoroti produk dari katalog pada Cerita dan Beranda Anda.

Selain itu, label produk juga dapat memudahkan konsumen untuk lebih mengetahui tentang detail produk yang Anda jual.

3. Etalase

Etalase

Instagram Shopping memiliki etalase yang tampilannya dapat disesuaikan. Di mana konsumen dapat langsung berbelanja pada halaman profil bisnis Anda dengan mudah.

4. Koleksi

Koleksi

Fitur ini memudahkan Anda untuk menyesuaikan tampilan toko, dengan cara memisahkan produk yang diatur sesuai kategori atau tema masing-masing.

5. Halaman Detail Produk

Halaman-Detail-Produk

Tentu saja produk yang Anda jual harus disertai dengan keterangan produk secara detail.

Untuk itu, Instagram Shop menyediakan halaman detail produk yang memuat semua informasi yang relevan tentang suatu barang. Misalnya seperti harga, deskripsi barang, ukuran, dan lainnya.

6. Iklan dengan Label Produk

Iklan-dengan-Label-Produk

Anda juga dapat memaksimalkan jangkauan produk yang Anda jual dengan cara mempromosikan postingan Anda.

Hal ini didukung dengan fitur belanja atau pemmbuat iklan sendiri pada Pengelola iklan. Di mana iklan yang disertai dengan label produk akan mengarahkan konsumen ke situs web milik Anda.

7. Pembayaran

Proses-Pembayaran-di-Instagram

Instagram juga menyediakan fitur pembayaran langsung tanpa harus keluar dari aplikasi. Namun, sayangnya fitur ini masih tersedia di Amerika Serikat saja.

Dengan demikian, Anda perlu menggunakan fitur belanja lainnya, yang mengarahkan konsumen keluar situs untuk proses pembayaran.

8. Belanja dari Kreator

Cara Jualan di Instagram Belanja-dari-Kreator

Fitur ini juga hanya tersedia untuk pelaku bisnis yang telah menggunakan proses pembayaran, di mana konsumen dapat berbelanja produk mode inspiratif yang merupakan karya kreator favorit mereka.

9. Peluncuran Produk

Cara Jualan di Instagram penjualan produk

Sebagai seorang pelaku bisnis online, Anda tentu ingin selalu berinovasi. Dalam hal ini, produk-produk baru yang akan launching dapat diumumkan terlebih dahulu melalui Instagram Shopping.

Dengan demikian, konsumen dapat mengetahui info produk lebih awal, serta memasang pengingat waktu untuk berbelanja saat produk telah mulai dipasarkan.

Namun, fitur ini hanya bisa digunakan untuk pelaku bisnis yang telah menggunakan proses pembayaran.

10. Live Shopping

Live-Shopping

Fitur terakhir yang ditawarkan adalah akses untuk menjual produk melalui Siaran Langsung (Live Shopping) Instagram.

Dengan cara ini, pelaku bisnis dapat menjalin koneksi yang lebih mendalam dengan audiens secara online. Namun, fitur ini juga hanya bisa digunakan oleh bisnis yang telah mengaktifkan proses pembayarannya saja.

Baca Juga: 11 Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram


Bagaimana Cara Membuat Instagram Shop?

Berikut adalah cara membuat Instagram Shop dengan mudah:

– Konfirmasi Kelayakan

Sebelum membuat Instagram Shop, bisnis Anda perlu memenuhi semua syarat yang telah ditentukan oleh Instagram terlebih dahulu, yaitu:

  • Mematuhi kebijakan Instagram
  • Mewakili bisnis dan domain Anda
  • Berlokasi di pasar yang didukung
  • Menunjukkan kepercayaan
  • Memberikan informasi yang akurat dan mengikuti praktik terbaik

– Beralih ke Akun Bisnis

Ubah akun Instagram Anda menjadi akun bisnis. Kemudian Anda dapat menambahkan informasi bisnis yang relevan.

Misalnya seperti alamat toko, nomor telepon atau nomor WhatsApp, jam operasional, serta tautan ke situs web bisnis Anda.

– Hubungkan dengan Halaman Facebook

Tautkan akun Instagram Bisnis Anda ke Halaman Facebook Business Manager.

Anda dapat melakukannya dengan membukan profil Instagram bisnis, pilih Edit Profil dan Halaman, lalu pilih Informasi Bisnis Publik dan Halaman Facebook.

– Unggah Katalog Produk

Anda dapat mengunggah produk yang ingin Anda jual pada katalog Instagram Shopping. Di mana terdapat dua cara untuk menghubungkan katalog produk ke akun Instagram Bisnis Anda, yaitu:

  • Pengelola Katalog, yaitu metode “mandiri” yang tersedia pada Pengelola Bisnis Facebook.
  • Partner Platform E-commerce, yaitu integrasi dengan certified platform ecommerce yang merupakan patner Instagram, seperti Shopify atau BigCommerce.

– Selesaikan Peninjauan Akun

Ajukan peninjauan akun Instagram Anda ketika Anda telah berhasil menghubungkan katalog produk ke Instagram, dengan catatan katalog telah berisi produk yang ingin dijual.

Untuk melakukan peninjauan, Anda perlu membukan Pengaturan pada Instagram, kemudian Daftar untuk Shopping dan ikuti langkah-langkah untuk mengajukan peninjauan akun.

Sebagai informasi, peninjauan akun biasanya memerlukan waktu beberapa hari atau lebih lama. Oleh sebab itu, Anda perlu memeriksa apakah Anda mendapatkan notifikasi tersebut atau tidak.

– Aktifkan Fitur Belanja

Anda dapat mengaktifkan fitur Belanja setelah akun Anda mendapat persetujuan. Caranya adalah dengan membukan Pengaturan Instagram, kemudian pilih Bisnis dan Belanja, lalu pilih Katalog Produk yang ingin dihubungkan.

– Buat Konten untuk Ditindaklanjuti

Setelah fitur Belanja aktif, Anda dapat menggunakan fitur Label untuk disematkan pada produk, dengan tujuan agar Anda dapat menyoroti produk-produk di foto atau video yang ditampilkan pada bagian Beranda (Home) dan Cerita (Story).


10 Cara Jualan di Instagram Shop yang Baik

Cara Jualan di Instagram Shop

Berikut ini merupakan 10 tips untuk cara jualan di Instagram Shop yang baik untuk bisnis online Anda, yaitu:

1. Posting Produk secara Rutin

Memposting produk secara rutin dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness Anda pada pelanggan. Ini dapat dilakukan setiap hari atau pada hari-hari tertentu dengan teratur.

2. Tunjukkan Proses Pembuatan Produk

Selain membagikan foto produk, Anda juga dapat membagikan proses pembuatan produk tersebut.

Hal ini dapat membuat audiens Anda lebih memahami dan menghargai produk yang Anda jual lewat video tersebut sehingga dapat menarik minat mereka untuk membeli produk yang Anda jual.

3. Informasikan Varian Produk yang Anda Jual

Tampilkan semua varian produk yang Anda jual, ini termasuk warna, ukuran, model, bahan, dan sebagainya.

Satu produk dapat memiliki banyak varian. Dengan varian yang banyak, audiens Anda mungkin akan lebih tertarik untuk membeli. Mengingat mereka dapat memilih produk yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan mereka.

4. Buatlah Sorotan Cerita untuk Setiap Produk

Fitur Story atau Cerita juga sangat penting untuk tidak dilewatkan. Anda dapat menyoroti produk yang Anda jual melalui Cerita, kemudian pancing audiens Anda untuk berinteraksi dengan apa yang Anda bagikan.

5. Perhatikan Kualitas dan Komposisi Foto Produk

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu kekuatan selling pada bisnis online terletak pada kualitas foto produk. Untuk itu, Anda perlu membuat foto produk dengan kualitas yang baik.

Perhatikan teknik pengambilan gambar serta komposisi foto. Gunakan latar belakang yang membuat produk terlihat menonjol serta membuat hasil foto menjadi lebih menarik.

6. Posting Produk Menggunakan Cara Flat Lay

Flat Lay merupakan teknik memotret beberapa produk yang ditata sedemikian rupa pada permukaan yang datar kemudian difoto dari atas.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan teknik foto yang menarik lainnya untuk meningkatkan kualitas konten dan foto Anda.

7. Bagikan Foto Testimoni Pelanggan

Beberapa pelanggan pasti sangat senang jika foto mereka dapat Anda posting pada akun Anda, terutama untuk produk branded yang berhasil mereka beli.

Namun Anda perlu meminta izin pada mereka untuk mempostingnya pada akun Instagram Bisnis Anda. Hal ini juga dapat meningkatkan hubungan bisnis Anda dengan pelanggan Anda.

8. Buat Tutorial Mengenai Produk Anda

Hal yang tidak kalah penting adalah tutorial dalam menggunakan produk yang Anda jual, terutama untuk produk baru yang mungkin belum banyak digunakan.

Tutorial tersebut dapat Anda bagikan melalui foto atau video. Jika durasinya cukup panjang, gunakan fitur IGTV, Reels, atau Series pada Instagram.

9. Bangun Interaksi dengan Pemirsa Anda

Instagram menyediakan cukup banyak stiker lucu yang dapat Anda gunakan untuk memancing interaksi dari audiens Anda.

Ada stiker pertanyaan, sticker pilihan jawaban, polling, dan lain sebagainya yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat konten yang lebih menarik bagi audiens Anda.

10. Menerapkan Instagram API

Cara jualan di toko Instagram yang terakhir dan terpenting adalah dengan menerapkan Instagram API pada Instagram Shopping Anda.

Instagram API dapat membuat interaksi yang lebih efisien antara pelanggan dengan para pemilik bisnis. Selain itu, Anda juga dapat memeroleh banyak manfaat dari penerapan Instagram API.

Untuk mendapatkan Instagram API, Anda perlu mencari provider Instgram API terbaik yang tepat untuk bisnis Anda, seperti Qontak.com

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Frequently Asked Question Instagram API

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Instagram API?
    • Tidak ada syarat khusus yang akan menyulitkan Anda. Anda hanya perlu memiliki:
          • Akun Facebook Business Manager
          • Facebook account dengan role Admin di sebuah Facebook Page bisnis Anda
          • Akun Instagram Business atau Professional Account

        Setelah Anda memiliki 3 hal di atas, Anda dapat mendaftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia seperti Qontak.com.

Apakah Instagram API dapat digunakan oleh akun individu atau perorangan?
    • Tidak bisa. Instagram Messenger API dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis yang menggunakan Instagram sebagai salah satu medium berkomunikasi dengan pelanggannya. Oleh karena itu, akun Instagram yang didaftarkan pun adalah akun Instagram Business (Professional Account).
Apa saja hal yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan Instagram API?
    • Selain memenuhi syarat di atas (syarat akun Facebook Page dan Instagram Business), Anda hanya perlu berlangganan layanan aplikasi Omnichannel Qontak.com.
Dapatkan saya melakukan upgrade akun Instagram saya ke Instagram API?
    • Ya, Anda hanya perlu mengubah akun Instagram biasa Anda menjadi Instagram Business (Professional Account) – khusus bisnis/perusahaan. Setelah itu, daftarkan akun tersebut ke Qontak.com sebagai Mitra Resmi Instagram di Indonesia.

Pahami Cara Jualan di Instagram dan Tingkatkan Penjualan Anda Sekarang!

Instagram-API-Qontak

Setelah memahami cara jualan di Instagram Shop, Anda dapat memanfaatkan Instagram API untuk memaksimalkan layanan pelanggan. Instagram API hanya dapat Anda peroleh melalui Qontak.com.

Instagram API Qontak dapat diintegrasikan dengan alur kerja sistem lain yang sudah ada pada bisnis Anda. Sehingga Anda dapat dengan mudah mengelola seluruh saluran dalam satu platform terpadu.

Selain itu, Qontak.com juga menyediakan aplikasi CRM terbaik yang didukung dengan Omnichannel untuk meningkatkan kinerja pemasaran dan penjualan Anda. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, coba demo Instgaram API Qontak gratis dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

COBA GRATIS SEKARANG!

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales