Mekari Qontak
Marketing

Cara Pasang Iklan di Instagram Story untuk Bisnis Anda

Marketing di Instastory

Berikut Panduan Cara Pasang Iklan di Instagram Story untuk Bisnis Anda

Instagram adalah salah satu media sosial berbagi foto favorit dimana memiliki jumlah pengguna hingga 1,3 Miliar di seluruh dunia. Instagram Story saat ini telah menjadi salah satu fitur yang paling sering digunakan oleh pengguna Instagram. Hampir 86,6% pengguna setiap harinya posting Instagram story. Dari angka tersebut, 60% story dilihat oleh kaum milenial dan pengusaha setidaknya mengalokasikan 30% budget untuk pasang iklan di instagram story. Melihat potensi tersebut, tak ayal banyak bisnis berlomba-lomba pasang iklan di Instagram. Untuk itu kami membuat panduan cara pasang iklan di Instagram Story untuk meningkatkan bisnis Anda.

Cara pasang iklan di Instagram Story

Apa itu Instagram Story?

Instagram Story adalah sebuah fitur berbagi foto atau video vertikal selama 15 detik dimana menghilang setelah 24 jam setelah diposting. Alih-alih ditampilkan di halaman utama/feed Instagram, IG Story ditampilkan di bagian atas halaman Instagram pengguna saat mereka masuk, dan harus diketuk untuk melihat.

Apa Manfaat Pasang Iklan di Instagram Story untuk Bisnis Anda?

Ada beberapa manfaat pasang iklan di Instagram Story. Pertama, dengan pasang iklan di Instagram story membuat bisnis memahami siapa audiens mereka serta mendapatkannya. Tujuannya tak lain tentu menumbuhkan brand awareness. Cara mudah mendatangkan audiens dengan menggunakan fitur location tags dan tagar (hashtag) yang relevan dengan bisnis Anda.

Kedua, manfaat pasang iklan di Instagram story untuk bisnis adalah Anda dapat secara mudah dan regular untuk engage dengan audiens. Semua dapat dilakukan melalui fitur Instagram story seperti polling, quiz, atau memberikan pertanyaan langsung kepada audiens khususnya followers bisnis Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat tag/mention akun Instagram salah satu audiens, klien Anda, atau influencer untuk meningkatkan kesempatan bisnis Anda untuk dilihat. Hal ini dikarenakan Instagram story memiliki fitur repost, dimana apabila posting Instagram Story brand Anda direpost oleh akun yang Anda tag, tinggi kesempatan untuk menambah brand awareness.

Ketiga, manfaat pasang iklan di Instagram story juga agar website Anda menambah traffic. Anda bisa masukkan link pada Instagram story untuk selanjutnya dapat membuat konten untuk promosikan webiste Anda.

Cara Pasang Iklan di Instagram Story

Cara pasang iklan di Instagram Story sangat mudah. Namun sebelum itu, Anda perlu mengubah Instagram Anda menjadi akun bisnis. Caranya cukup klik “edit profile”, lalu pada bawah akun klik “Switch to Professional account”. Setelah itu Anda pilih kategori sesuai bisnis yang Anda jalankan. Apabila akun Anda telah menjadi professional atau business account, baru dapat melakukan pasang iklan di Instagram Story.

Berikut panduan cara pasang iklan di Instagram Story:

1. Pilih Instagram Story yang ingin Anda iklankan

Anda dapat melakukan upload Instagram Story atau melihat archive IG Story lama untuk Anda pilih sebagai iklan. Jika sudah menentukan Instagram Story mana yang akan diiklankan, Anda tinggal klik “boost” pada kanan bawah layar Anda.

2. Tentukan Tujuan (Goal)

Cara pasang iklan di Instagram Story - Tujuan

Cara pasang iklan di Instagram story yang pertama adalah tentukan tujuan (goal) Anda beriklan. Ada tiga tujuan yang bisa Anda pilih, pertama yakni “more profile visits” apabila tujuan Anda ingin banyak audiens yang datang ke profil Instagram bisnis Anda. Kedua, “more website visits” apabila tujuan pasang iklan di Instagram story adalah agar audiens mengunjungi website Anda. Ketiga yaitu “more message” apabila tujuan Anda agar ingin banyak audiens yang bertanya atau menghubungi Anda.

3. Tentukan Target Audiens

Cara pasang iklan di Instagram Story - Target Audiens

Selanjutnya Anda perlu menentukan audiens iklan Anda. Hal ini dikarenakan akan mempengaruhi estimasi budget yang akan dikeluarkan. Utamanya dalam menentukan audiens ada dua pilihan, yakni otomatis atau buat audiens sendiri. Anda dapat memilih otomatis apabila ingin mendapat target audiens yang memiliki kemiripan dengan followers Anda.

Apabila ingin menentukan secara manual, Anda perlu mengisi lokasi daerah untuk target iklan. Berikutnya Anda dapat mengisi “interest” berisi kebutuhan audiens yang sejalan dengan solusi yang bisnis Anda tawarkan. Terakhir, Anda bisa menentukan rentang usia target audiens serta jenis kelamin.

4. Tentukan Budget

Cara pasang iklan di Instagram Story - Budget

Cara pasang iklan di Instagram Story selanjutnya adalah menentukan budget. Anda dapat memasukkan harga iklan per hari sesuai budget bisnis secara manual. Selain itu, untuk periode atau durasi iklan dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

5. Review Iklan Anda

Setelah menentukan budget, Anda akan masuk ke halaman review iklan sebelum publish. Setelah yakin dengan iklan yang Anda buat, Anda tinggal klik “boost” untuk Instagram Story

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Tingkatkan Penjualan Anda melalui Pasang Iklan Instagram Story!

Omnichannel

Dengan memahami cara pasang iklan di Instagram Story, pada dasarnya Anda sudah mendapat media beriklan yang tergolong murah dengan jangkauan luas dan berbagai fungsi serta tujuan. Apalagi Anda dapat menyesuaikan sendiri budget dan target audiens. Bahkan bila Anda pintar membuat spesifikasi target audiens, maka bukan hal mustahil bila iklan Anda dapat efektif dan mendatangkan penjualan.

Sejalan dengan iklan yang Anda pasang, Qontak.com dapat memberikan solusi untuk meningkatkan penjualan dan otomatisasi layanan pelanggan melalui Instagram API. Terlebih, Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk meningkatkan usahanya. Coba gratis penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah!

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales