Mekari Qontak
Featured Articles

Mengenal Fungsi, Tahapan dan Cara Kerja CRM

bagaimana-cara-kerja-crm-pada-perusahaan

Tahukah Anda Bagaimana Tahapan (Siklus) dan Cara Kerja CRM?

Implementasi aplikasi CRM (customer relationship management) pada perusahaan mengalami peningkatan luar biasa besar. Hal ini tak lepas dari kemampuan CRM dalam menjalin hubungan kuat dengan pelanggan dan mengefisiensikan operasional perusahaan. Tapi tahukah Anda bagaima cara kerja CRM dalam membantu bisnis?

CRM terdiri dari 5 tahapan dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Dimana pada setiap siklus CRM tersebut memiliki peran penting dalam mengefisiensi alur kerja bisnis, sehingga bisa optimal dalam melayani pelanggan. Pelajari lebih jauh mengenai cara kerja dan siklus CRM pada artikel dibawah ini.


Apa Definisi Cara Kerja CRM?

Customer relationship management (CRM) adalah software yang digunakan untuk mengelola segala interaksi dalam bisnis dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Cara pemakaian software CRM yang tepat akan membantu bisnis dalam meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan.

CRM memiliki kemampuan untuk melakukan otomatisasi marketing, pelacakan sales, dan manajemen kontak untuk customer service. Oleh karena itu, CRM sangat berguna untuk meningkatkan bisnis dari berbagai level. Sayangnya, banyak bisnis yang belum memanfaatkan manfaat dan keuntungan dari CRM maupun kegunaannya. Tidak seharusnya berbagai kelebihan tersebut disia-siakan oleh pemilik bisnis.

Baca juga: Aplikasi Untuk CRM: Jenis, Fitur, dan Manfaatnya


Apa saja Fungsi CRM?

Fungsi CRM yang paling mendasar adalah membantu tenaga sales dan marketing dalam mengelola dan menganalisis hubungan perusahaan dengan pelanggan eksisting dan calon pelanggan. Sistem ini dapat melacak setiap interaksi yang terjadi antara perusahaan dengan pelanggan dan mengumpulkan informasi mengenai pelanggan tersebut.

Dengan demikian, tim marketing dapat mengetahui siapa mereka dan melihat riwayat mereka di perusahaan. Cara pemakaian software CRM seperti ini, akan membuat interaksi lebih personal dan meningkatkan potensi pelanggan untuk melakukan pembelian. Selain itu, kepuasan dan kepercayaan pelanggan juga meningkat

Beberapa fungsi yang ditawarkan CRM antara lain:

  • Otomatisasi sales: CRM dapat melacak interaksi pelanggan dan mengotomatisasi beberapa fungsi bisnis dalam siklus sales yang dibutuhkan untuk menarik calon pelanggan
  • Otomatisasi marketing: Beberapa sistem CRM dapat menjadwalkan pengiriman email marketing kepada pelanggan. Tujuan otomatisasi marketing adalah untuk menjaga hubungan dengan calon pelanggan dan membantu hingga mereka melakukan pembelian.
  • Otomatisasi alur kerja: Sistem CRM membantu bisnis meningkatkan proses dengan merampingkan beban kerja yang membosankan. Hal ini membuat pegawai dapat berfokus pada pekerjaan yang lebih penting dan membutuhkan kreativitas.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Baca juga: 8 Manfaat CRM Bagi Perusahaan


Bagaimana Tahapan atau Siklus CRM?

Sebelum Anda mempelajari cara kerja CRM, ada baiknya Anda mengetahui siklus CRM untuk mempermudah memahaminya. Secara umum ada beberapa siklus CRM pada perusan yang perlu Anda ketahui, diantaranya sebagai:

– Mengidentifikasi (Reach)

Siklus CRM pertama adalah mengidentifikasi target pelanggan Anda. Tujuannya untuk membangun buyer persona yang dibentuk berdasarkan demografi serta perilaku pelanggan eksisting.

Daftar yang terdapat pada prospecting masih harus disaring untuk lanjut ke tahapan CRM berikutnya dalam pipeline. Software CRM membantu menyimpan kontak dan informasi prospek sehingga tim sales dapat dengan mudah mengaksesnya dan melakukan follow-up.

– Mengakuisisi calon pelanggan (Acquisition)

Setelah Anda follow up calon pelanggan, maka tahapan selanjutnya adalah mengakuisisinya. Pada siklus CRM ini memerlukan penanganan yang berbeda-beda, tergantung pada saluran akuisisi yang digunakan pelanggan.

Misalnya pelanggan melakukan panggan melalui telepon, maka Anda harus menanggapi pertanyaan dan kekhawatiran pelanggan, serta menanyakan informasi lebih lanjut tentang kebutuhan mereka. Setelah itu, Anda dapat menawarkan produk atau layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan mereka.

– Konversi (Conversion)

Siklus CRM selanjutakan adalah konversi. Artinya Anda bisa menghasilkan sebuah konversi dari follow up yang Anda lakukan. Jadi  Calon pelanggan yang Anda targetkan telah resmi dikonversi dan berubah menjadi pelanggan Anda.

Pada tahapan ini juga, harus diperjelas bahwa Anda ingin menjalin hubungan pelanggan yang baik dengan mereka, bukan hanya melakukan transaksi jual beli saja.

– Retensi (Retention)

Retensi pelanggan dimulai dengan mencaritahu bagaimana perasaan pelanggan terhadap pelayanan yang Anda berikan. Dengan menggunakan penilaian tersebut, Anda dapat terus meningkatkan produk serta pelayanan Anda.

Pada tahapan ini, Anda juga dapat menawarkan keuntungan eksklusif yang hanya dapat diakses oleh pelanggan Anda. Misalnya seperti dukungan 24/7, diskon produk, dan bonus pemasaran afiliasi.


Bagaimana Cara Kerja CRM?

Software CRM menggunakan pendekatan yang terintegrasi untuk menyimpan berbagai informasi mengenai pelanggan. Beberapa sistem CRM seperti Qontak.com memiliki fitur lengkap yang mencakup otomatisasi sales, marketing, dan customer service dalam satu platform.

Sistem CRM akan membantu Anda dalam mengotomatisasi interaksi dengan pelanggan serta melancarkan proses penjualan. Sistem ini juga akan menganalisis data untuk memberikan pelayanan customer service terbaik.

Lebih jelas lagi, berikut adalah cara kerja CRM pada perusahaan

1. Membuat alur kerja penjualan lebih efisien

Inti dari semua software CRM adalah manajemen alur kerja. Fungsi tersebut dibagi menjadi dua fungsi utama, yaitu pre-sales dan post-sales. Semua transaksi dimulai dengan calon pelanggan potensial. Software CRM akan membantu calom pelanggan potensial tersebut melewati proses penjualan dan membantu semua interaksi yang terjadi terdokumentasi dengan baik.

log-pada-cara-kerja-crm

2. Pengingat tugas-tugas penting

Software CRM dapat menjadi pengingat untuk melakukan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Anda dapat menjadwalkan aktivitas seperti mengirim email atau melakukan panggilan. Semua dapat dilakukan oleh software CRM dan terekam di sistem.

3. Membuka kesempatan

Ketika Anda sudah melakukan close deal, CRM dapat digunakan untuk proses after sales. Sebagai contoh, sistem dapat melacak keluhan pelanggan dan mengintegrasikannya dengan customer service. Anda dapat menerapkan strategi upsell atau cross-sell pada pelanggan. Dengan demikian, pelanggan dapat masuk lagi ke alur penjualan dan menghasilkan pemasukan.

4. Mengintegrasi dengan sistem bisnis penting lainnya

Software CRM membantu mengintegrasikan bisnis Anda dengan data dari media sosial, salah satunya WhatsApp. Integrasi CRM  membuat semua interaksi yang dilakukan customer service Anda dapat terekam, mulai dari banyaknya pelanggan yang ditangani hingga terdokumentasinya semua percakapan yang terjadi. Qontak.com adalah satu-satunya software CRM di Indonesia yang menjadi official business partner WhatsApp.

integrasi- cara kerja crm

5. Membantu meningkatkan sales, marketing, dan customer service

Jika dimanfaatkan dengan baik, CRM memberikan hasil yang sangat luar biasa bagi berbagai bisnis. Diperlukan cara untuk membangun CRM yang baik dan efektif untuk perusahaan. Dengan semikian, sistem ini mampu meningkatkan performa sales, marketing, dan customer service. CRM membantu Anda membangun strategi sales dan marketing.

Pelajari lebih jauh cara kerja CRM dengan menonton video dibawah ini:


Bagaimana Cara Pemakaian Software CRM yang Tepat?

Melihat cara kerja CRM mungkin Anda melihat potensi besar mengembangkan bisnis lebih baik. Nah, sekarang bagaimana cara pemakaian software CRM yang efektif?

Berikut tips pemakaian CRM agar dapat berjalan optimal, diantaranya:

– Memperbarui data pelanggan secara berkala

Meski CRM mampu bekerja otomatis dalam menyimpan dan mengelola data pelanggan, namun perlu diketahui software CRM tidak bisa bekerja apabila tim support tidak memasukkan data pelanggan secara berkala. Kecuali kalau software milik Anda, sudah dilengkapi dengan rules otomatis yang bisa merubah status pelanggan setelah melakukan aksi tertentu (membeli lewat link tertentu misalnya).Maka dari itu Anda perlu untuk menyusun hierarki daftar pelanggan dan memperbaruinya secara berkala.

– Manfaatkan Data Terkumpul untuk Strategi Up Selling dan Cross Selling

CRM mampu menyimpan seluruh riwayat interaksi pelanggan. Manfaatkan data tersebut untuk memaksimalkan strategi up selling maupun cross selling.

Misalnya dari data pelanggan yang hanya memerlukan produk Anda sekali saja, Anda dapat menemukan informasi hal apa yang menjadi ketertarikan mereka dari produk tersebut. Dari informasi tersebut, tim sales bisa melakukan strategi up selling atau cross selling, untuk mendapatkan pendapatan dari pelanggan yang sama.

– Analisa Pasar dari data penjualan dan pelanggan

Data yang tersimpan dalam CRM dapat Anda gunakan untuk menganalisa apa sebenarnya trend permintaan pasar. Dari data tersebut, bisa dimanfaatkan tim sales dan marketing untuk melacak jenis barang apa yang sering dipesan dan siapa saja yang melakukan pemesanan produk tersebut. Setelah melakukan analisisa, Anda bisa merancang strategi yang lebih relevan terhadap kondisi pasar saat ini. Misalnya meminta tim sales untuk fokus dengan jenis barang yang paling diminati.

Lihat juga bagaimana cara kerja CRM di perusahaan pada alur berikut:

Lihat juga bagaimana cara kerja CRM di perusahaan pada alur berikut:

Rekomendasi: Top 10 Aplikasi CRM Gratis Terbaik di Indonesia 2022


Maksimalkan Cara Kerja CRM Sekarang!

Penggunaan CRM membuat penanganan customer dalam bisnis menjadi lebih sederhana dan mudah. Menjalankan sebuah bisnis dan membuat bisnis tersebut berhasil bukanlah tugas yang mudah. Anda harus memiliki strategi CRM dan perencanaan dalam menjalakannya.

Ketika bisnis semakin berkembang, Anda akan membutuhkan sebuah software yang dapat mempermudah dalam mengelola banyaknya data pelanggan, meeting dengan client maupun dengan anggota tim, dan memantau interaksi dengan pelanggan. CRM merupakan solusi yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja CRM lebih lanjut pada perusahaan, hubungi kami untuk melakukan konsultasi gratis. 

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales