Daftar isi
5 min read

Mengenal Cara Kerja CRM dan Tips Penggunaan yang Tepat

Tayang 24 Maret 2022
Diperbarui 13 Desember 2023
Mengenal Cara Kerja CRM dan Tips Penggunaan yang Tepat
Mengenal Cara Kerja CRM dan Tips Penggunaan yang Tepat

Implementasi aplikasi CRM (customer relationship management) pada perusahaan mengalami peningkatan luar biasa besar. Mengutip dari finance.yahoo.com bahwa secara global, pasar CRM diperkirakan tumbuh sebesar USD 54,4 miliar dari tahun 2022 hingga 2027. Sementara pasar diperkirakan tumbuh pada CAGR 10,16%.

Hal tersebut tak lepas dari kemampuan CRM dalam menjalin hubungan kuat dengan pelanggan dan mengefisiensikan operasional perusahaan. Tapi tahukah Anda bagaimana cara kerja CRM dalam membantu bisnis?

CRM terdiri dari 5 tahapan dalam menjalin hubungan dengan pelanggan. Pada setiap siklus CRM tersebut memiliki peran penting dalam mengefisiensi alur kerja bisnis, sehingga bisa optimal dalam melayani pelanggan. Pelajari lebih jauh mengenai cara kerja dan siklus CRM pada artikel di bawah ini.


Apa itu CRM?

Customer relationship management (CRM) adalah software untuk mengelola segala interaksi dalam bisnis dengan pelanggan maupun calon pelanggan. Cara pemakaian software CRM yang tepat akan membantu bisnis dalam meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan.

CRM memiliki kemampuan untuk melakukan otomatisasi marketing, pelacakan sales, dan manajemen kontak untuk customer service. Oleh karena itu, CRM sangat berguna untuk meningkatkan bisnis dari berbagai level. Sayangnya, banyak bisnis yang belum memanfaatkan manfaat dan keuntungan dari CRM maupun kegunaannya. Tidak seharusnya berbagai kelebihan tersebut disia-siakan oleh pemilik bisnis.

Baca juga: Panduan Lengkap CRM: Definisi, Tujuan, dan Fungsinya


Bagaimana Cara Kerja CRM?

Software CRM menggunakan pendekatan yang terintegrasi untuk menyimpan berbagai informasi mengenai pelanggan. Beberapa sistem CRM seperti Mekari Qontak memiliki fitur lengkap yang mencakup otomatisasi sales, marketing, dan customer service dalam satu platform.

Sistem CRM akan membantu Anda dalam mengotomatisasi interaksi dengan pelanggan serta melancarkan proses penjualan. Sistem ini juga akan menganalisis data untuk memberikan pelayanan customer service terbaik.

Baca juga: Keuntungan dan Fitur Software CRM

Lihat juga bagaimana cara kerja CRM di perusahaan pada gambar berikut:

Infografis cara kerja CRM di perusahaa

Lebih jelas lagi, berikut adalah cara kerja CRM pada perusahaan:

1. Membuat Alur Kerja Penjualan Lebih Efisien

Inti dari semua software CRM adalah manajemen alur kerja. Fungsi tersebut dibagi menjadi pre-sales dan post-sales. Semua transaksi dimulai dengan calon pelanggan potensial.

Software CRM akan membantu calon pelanggan potensial tersebut melewati proses penjualan dan membantu semua interaksi yang terjadi terdokumentasi dengan baik.

Membuat Alur Kerja Penjualan Lebih Efisien - cara kerja crm

2. Pengingat Tugas-Tugas Penting

Software CRM dapat menjadi pengingat untuk melakukan tugas-tugas yang harus diselesaikan. Anda dapat menjadwalkan aktivitas seperti mengirim email atau melakukan panggilan. Semua dapat dilakukan oleh software CRM dan terekam di sistem.

Baca juga: 19 Pilihan Aplikasi CRM Terbaik 2023 untuk Bisnis Indonesia

3. Membuka Kesempatan

Ketika Anda sudah melakukan close deal, CRM bisa untuk melakukan proses after sales. Sebagai contoh, sistem dapat melacak keluhan pelanggan dan mengintegrasikannya dengan customer service. Anda dapat menerapkan strategi upsell atau cross-sell pada pelanggan. Dengan demikian, pelanggan dapat masuk lagi ke alur penjualan dan menghasilkan pemasukan.

Membuka kesempatan - cara kerja CRM

4. Mengintegrasi dengan Sistem Bisnis Penting lainnya

Software CRM membantu mengintegrasikan bisnis Anda dengan data dari media sosial, salah satunya WhatsApp. Integrasi CRM  membuat semua interaksi pelanggan dan customer service Anda dapat terekam, mulai dari jumlah pelanggan hingga terdokumentasinya semua percakapan yang terjadi.

Mengintegrasi dengan Sistem Bisnis Penting lainnya- cara kerja crm

5. Membantu Meningkatkan Sales, Marketing, dan Customer service

CRM bisa memberikan hasil yang sangat luar biasa bagi berbagai bisnis. Namun, perlu cara untuk membangun CRM yang baik dan efektif untuk perusahaan. Dengan semikian, sistem ini mampu meningkatkan performa sales, marketing, dan customer service. CRM membantu Anda membangun strategi sales dan marketing.


Bagaimana Cara Pemakaian Software CRM yang Tepat?

Melihat cara kerja CRM mungkin Anda melihat potensi besar mengembangkan bisnis lebih baik. Nah, sekarang bagaimana cara pemakaian software CRM yang efektif? bisa di lihat pada gambar infografis berikut:

Qontak _ Infografis Tahapan dan Implementasi CRM

Selain itu, Anda juga menggunakan CRM dengan cara berikut agar dapat berjalan optimal:

– Memperbarui Data Pelanggan secara Berkala

Meski CRM mampu bekerja otomatis dalam menyimpan dan mengelola data pelanggan, namun software CRM tidak bisa bekerja apabila tim support tidak memasukkan data pelanggan secara berkala.

Kecuali kalau software milik Anda, sudah dilengkapi dengan rules otomatis yang bisa merubah status pelanggan setelah melakukan aksi tertentu (membeli lewat link tertentu misalnya). Maka dari itu Anda perlu untuk menyusun hierarki daftar pelanggan dan memperbaruinya secara berkala.

– Manfaatkan Data Terkumpul untuk Strategi Up Selling dan Cross Selling

CRM mampu menyimpan seluruh riwayat interaksi pelanggan. Manfaatkan data tersebut untuk memaksimalkan strategi up selling maupun cross selling.

Misalnya dari data pelanggan yang hanya memerlukan produk Anda sekali saja, Anda dapat menemukan informasi hal apa yang menjadi ketertarikan mereka dari produk tersebut. Dari informasi tersebut, tim sales bisa melakukan strategi up selling atau cross selling, untuk mendapatkan pendapatan dari pelanggan yang sama.

– Analisa Pasar dari data penjualan dan pelanggan

Data yang tersimpan dalam CRM dapat Anda gunakan untuk menganalisa apa sebenarnya trend permintaan pasar. Dari data tersebut, bisa dimanfaatkan tim sales dan marketing untuk melacak jenis barang apa yang sering dipesan dan siapa saja yang melakukan pemesanan produk tersebut.

Setelah melakukan analisisa, Anda bisa merancang strategi yang lebih relevan terhadap kondisi pasar saat ini. Misalnya meminta tim sales untuk fokus dengan jenis barang yang paling diminati.

Baca juga: 8 Manfaat CRM Bagi Perusahaan


Maksimalkan Cara Kerja CRM Sekarang!

Penggunaan CRM membuat penanganan customer dalam bisnis menjadi lebih sederhana dan mudah. Menjalankan sebuah bisnis dan membuat bisnis tersebut berhasil bukanlah tugas yang mudah. Anda harus memiliki strategi CRM dan perencanaan dalam menjalakannya.

Ketika bisnis semakin berkembang, Anda akan membutuhkan sebuah software yang dapat mempermudah dalam mengelola banyaknya data pelanggan, meeting dengan client maupun dengan anggota tim, dan memantau interaksi dengan pelanggan. CRM merupakan solusi end to end yang bisnis Anda butuhkan.

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja CRM lebih lanjut pada perusahaan, hubungi kami untuk melakukan konsultasi gratis.

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales