Daftar isi
6 min read

Pilihan CRM Terbaik untuk Industri Hotel di Indonesia

Tayang 14 Desember 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
Keuntungan menggunakan CRM dalam industri perhotelan
Pilihan CRM Terbaik untuk Industri Hotel di Indonesia

Mengelola hubungan pelanggan sangat penting dalam industri hotel. Dengan komunikasi yang tepat, hotel dapat menjaga loyalitas pelanggan. Hal ini dapat hotel lakukan dengan bantuan aplikasi CRM (Customer Relationship Management).

Penggunaan CRM pada industri perhotelan memudahkan dalam mengelola pesanan kamar, menjadwalkan agenda pertemuan, hingga menyusun jadwal staf hotel. Hal tersebut memudahkan manajer untuk memonitoring semua operasional hotel cukup dari satu platform.

Selain itu, integrasi CRM dengan saluran komunikasi hotel juga dapat menghemat waktu menyelesaikan masalah pelanggan. Pasalnya staf bisa menjawab semua masalah dan permintaan pelanggan melalui satu dasbor.

Yuk, pelajari manfaat lain CRM hotel dan cara tepat penggunaannya pada artikel berikut.

Mengapa Penggunaan CRM Penting dalam Industri Perhotelan?

Sistem CRM merupakan solusi lengkap untuk membantu bisnis memberikan rasa nyaman untuk tamu hotel. Kenyamanan tamu merupakan prioritas utama agar mereka mau datang dan menginap kembali.

Sementara itu, kenyamanan tamu tidak akan bisa dirasakan saat manajemen hotel tidak bisa mengelola data tamu dengan baik. Hal ini membuat manajemen hotel kesulitan untuk memahami memahami apa yang tamu inginkan.

Berbeda cerita saat manajemen hotel menggunakan CRM. Aplikasi CRM menyimpan seluruh informasi dan riwayat interaksi tamu dalam sistem terpadu. Informasi tersebut sangat berguna untuk memahami kebutuhan tamu, sehingga bisa menawarkan layanan yang dipersonalisasi.

Selain itu, CRM juga memiliki fitur-fitur canggih yang memungkinkan hotel untuk mengelola layanan pelanggan lebih baik. Salah satunya adalah ACD dan IVR. Fitur tersebut secara otomatis menjawab panggilan telepon dan mengarahkannya ke agen yang relevan.

Kemampuan CRM tersebut mendorong operasional hotel menjadi lebih efektif. Bahkan manajer juga bisa memantau seluruh operasional hotel secara real time dari satu dasbor. Hal ini memudahkan untuk pengambilan kebijakan lebih efektif.

Manfaat CRM untuk Industri Perhotelan

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa CRM memiliki peran penting dalam industri perhotelan. Hal tersebut lantaran keuntungan yang bisa hotel dapatkan dengan menggunakan CRM, seperti berikut:

  • Menyederhanakan Manajemen Reservasi dan Okupansi

Keuntungan pertama dari penggunaan CRM adalah menyederhanakan proses reservasi tamu hotel. Proses tersebut dilakukan secara otomatis, sehingga tidak ada lagi salah pemesanan.

Selain itu, manajemen hotel juga bisa memprediksi periode permintaan tinggi atau rendah dari riwayat operasional sebelumnya. Informasi tersebut bisa manajemen gunakan untuk mengoptimalkan harga serta penawaran untuk memaksimalkan okupansi.

  • Mengelola Komunikasi Pelanggan

Keuntungan berikutnya adalah menjaga komunikasi dengan tamu. Hal ini sangat penting karena biasanya hotel memiliki banyak tamu dengan kebutuhan berbeda-beda.

Disinilah peran CRM untuk membantu manajemen hotel untuk mengorganisir, memberikan prioritas, dan mengelola semua komunikasi dengan tamu hotel secara efektif di semua saluran komunikasi yang hotel sediakan.

  • Personalisasi Pengalaman Tamu

Selain mengelola komunikasi, kemampuan CRM juga bisa digunakan untuk memberikan pengalaman tamu yang dipersonalisasi.

Caranya dengan menggunakan data CRM untuk mengelompokkan tamu berdasarkan perspektif mereka. Hal ini memudahkan dalam menyusun strategi yang tepat untuk mempersonalisasi pengalaman setiap tamu, mulai dari fasilitas kamar hingga layanan tambahan yang disarankan.

Misalnya, jika seorang tamu lebih suka kamar dengan pemandangan laut, hotel dapat memberikan kamar yang memenuhi preferensi ini pada reservasi mereka berikutnya tanpa perlu bertanya lagi atau menunggu permintaan mereka.

  • Membangun Loyalitas Pelanggan

Loyalitas pelanggan juga bisa terbangun dengan baik berkat pemanfaat sistem CRM yang tepat. Loyalitas tersebut dapat dibangun ketika harapan atau kebutuhan pelanggan terpenuhi. Sementara kebutuhan pelanggan dapat Anda ketahui dari riwayat interaksi pelanggan sebelumnya pada sistem CRM.

Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dengan mengirimkan tawaran khusus. Sebagai contoh, Anda dapat mengirimkan survei pasca menginap untuk mengetahui pengalaman tamu dan mengirimkan kepada mereka kartu hadiah atau promosi setelah menyelesaikannya.

  • Pengambilan Keputusan Strategis Berdasarkan Data Akurat

Data yang CRM kumpulkan juga bisa dimanfaatkan untuk membuat keputusan pengembangan hotel lebih. Melalui analisis data tersebut, manajemen hotel dapat mengidentifikasi tren pemesanan, preferensi tamu, serta menemukan peluang perbaikan untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Sebagai contoh, ketika menganalisis data preferensi tamu, manajemen hotel bisa mendeteksi minat cukup tinggi pada aktivitas fisik. Maka mungkin bisa dipertimbangkan untuk menambahkan fasilitas olahraga atau menyediakan menu sarapan sehat pada hotel.

Pendekatan berbasis data seperti ini dapat meningkatkan pengambilan keputusan yang relevan dengan harapan dan tuntutan pelanggannya

  • Melacak Produktivitas

Keuntungan penggunaan CRM terakhir adalah memudahkan tim manajemen untuk melacak seluruh operasional hotel mulai dari aktivitas tim penjualan hingga interaksi layanan pelanggan. Hal ini memudahkan Anda untuk meningkatkan pengalaman tamu.

Misalnya tercatat pada dasbor CRM bahwa agen Anda membutuhkan waktu terlalu lama untuk merespons dan menyelesaikan keluhan tamu. Maka Anda perlu menemukan cara baru untuk mengurangi waktu merespons pelanggan.

Baca juga: Contoh Implementasi CRM pada Industri Hotel di Indonesia

Fitur-fitur Utama CRM untuk Industri Perhotelan

Keuntungan – keuntungan sebelumnya tidak bisa hotel dapatkan secara optimal tanpa dukungan fitur-fitur CRM berikut:

1. Manajemen Reservasi

Fitur CRM yang sangat hotel butuhkan adalah manajemen reservasi. Fitur ini berguna untuk mencatat pesanan kamar, termasuk mengelola permintaan khusus dari tamu secara otomatis. Hal ini memastikan tidak ada pesanan menumpuk yang bisa membuat tamu kecewa.

2. Memonitor Inventaris & Okupansi Kamar

Fitur CRM penting lainnya adalah manajemen inventaris dan properti milik hotel. Hal ini mencakup hal-hal yang berkaitan dengan manajemen reputasi hingga detail di lapangan seperti layanan kamar, kebersihan kamar, dan manajemen persediaan.

Semua data dan informasi mengenai hal tersebut dikelola dan dianalisis oleh CRM. Dengan begitu memudahkan staf dan menajemen hotel mengaksesnya saat dibutuhkan.

3. Manajemen Karyawan

Selanjutnya CRM menawarkan fitur khusus yang memungkinkan staf untuk menindaklanjuti tugas mereka secara teratur. Manager juga bisa menjadwalkan tugas kompleks seperti wawancara, tindak lanjut, perekrutan, dan pelatihan rekrutmen untuk setiap staf sesuai kemampuan.

4. Otomatisasi Faktur & Penawaran

CRM juga memiliki fitur akuntansi dasar yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola kontrak korporat besar atau vendor. Dengan fitur ini, manajemen hotel bisa membuat penawaran khusus, mengotomatiskannya menjadi faktur, dan mendapatkan pemberitahuan ketika jatuh tempo atau sudah dibayar.

5. Integrasi CRM

Fitur CRM yang tak kalah penting adalah kemampuan integrasi dengan saluran komunikasi seperti telepon, email, SMS, obrolan langsung, dan akun media sosial. Integrasi ini memungkinkan hotel untuk mengelola interaksi pelanggan selama 24/7.

6. Report

Fitur wajib CRM Hotel berikutnya adalah dasbor report. Firtu ini memberikan semua laporan operasional hotel dalam satu tampilan dasbor yang komperhensif. Hal ini memudahkan dalam pelacakan performa operasional dan staf hotel secara real time.

Baca juga: Rekomendasi Hotel CRM Software Terbaik 

Kesimpulan

Berdasaraksan penjelasan di atas, penggunaan CRM pada industri hotel cukup memaikan peran penting. CRM berfungsi untuk meningkatkan efisiensi operasional hotel yang berdampak pada pengalaman tamu yang dipersonalisasi.

Kemampuan CRM tersebut memungkinkan hotel untuk meningkatkan loyalitas tamu dan meningkatkan produktifitas staf. Hal tersebut membuat banyak pengusaha hotel mulai melirik menggunakan CRM.

Mekari Qontak salah satu penyedia aplikasi CRM hotel terbaik di Indonesia. Lebih dari 3.500 perusahaan terkemuka di Indones menggunakan Mekari Qontak untuk mengembangkan usahanya.

Yuk, Coba Gratis aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim Mekari Qontak.

Referensi

Kategori : CRM
WhatsApp WhatsApp Sales