Daftar isi
8 min read

6 Cara Mudah Membuat WhatsApp Chatbot

Tayang 04 Mei 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Cara Mudah Membuat WhatsApp Chatbot
6 Cara Mudah Membuat WhatsApp Chatbot

Apakah Anda pernah mendengar istilah chatbotChatbot adalah robot virtual yang mampu membalas pesan secara otomatis selayaknya manusia. Teknologi canggih ini juga dapat Anda temukan dalam aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau WA chatbot.

Penggunaan bot chat WhatsApp ini banyak bisnis gunakan saat ini. Hal ini tak lepas karena Chatbot WhatsApp memiliki banyak kelebihan dan manfaat yang menguntungkan penggunanya.

Apakah Anda juga tertarik untuk memiliki chatbot untuk Bisnis Anda? Yuk, simak pembahasan tentang cara membuat WhatsApp chatbot berikut ini!


Apa itu WhatsApp Chatbot?

WhatsApp Chatbot atau WA Chatbot adalah sistem kecerdasan buatan AI (Artificial Intelligence) yang berguna untuk membalas pesan pelanggan di WhatsApp secara otomatis. Teknologi ini mampu  melakukan percakapan natural seolah-olah seperti manusia pada umumnya.

Penggunaan Chatbot WhatsApp, membantu bisnis mengelola percakapan dan keluhan pelanggan secara otomatis.

Maka dari itu, banyak bisnis memanfaatkan Chatbot sebagai customer support untuk merespon pertanyaan pelanggan dengan cepat.


Bagaimana Cara Membuat WhatsApp Chatbot?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat chatbot WA:

1. Daftar WhatsApp Business API

Langkah Pertama Mendapatkan WhatsApp Chatbot dengan daftar akun WhatsApp Business API

Untuk menggunakan chatbot WhatssApp, Anda harus terdaftar pada API WhatsApp, yaitu dengan mendaftar pada Business Solution Provider (BSP) Indonesia atau partner resmi WhatsApp.

WhatsApp merekomendasikan untuk berkolaborasi dengan BSP terbaik seperti Mekari Qontak. Alasanya, mereka merupakan perwakilan resmi yang memiliki izin untuk mengajukan permohonan akses ke WhatsApp API.

Ada 2 alasan penting untuk bekerja dengan mitra resmi WhatsApp adalah:

  • Anda memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan akses ke API.
  • Permintaan Anda akan diproses selama 1-4 minggu.

2. Verifikasi akun Facebook Business Manager

Langkah kedua Chatbot WhatsApp adalah melakukan verifikasi akun di Facebook Business Manager

Sebelum beralih menggunakan WhatsApp Business API, Anda perlu verifikasi akun Facebook Business Manager. Pihak Facebook akan memverifikasi kelengkapan data bisnis Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan data-data berikut:

  • Nama perusahaan,
  • Website URL,
  • Email domain
  • SIUP/NIB/NPWP bisnis

Biasanya proses Verifikasi Facebook business manager cukup membingungkan bagi sebagian bisnis. Untuk mempermudah Anda dapat meminta bantuan Business Solution Provider (BSP) untuk melakukan verifikasi.

3. Aktifkan Nomor WhatsApp dan Isi Profil

Chatbot whatsapp business profil

Setelah terverifikasi, siapkan satu nomor telepon yang akan digunakan sebagai nomor bisnis untuk selamanya. Selanjutnya akan terlihat centang hijau di sebelah nama bisnis yang menandakan API WhatsApp Business Anda aktif.

Lengkapi profil WhatsApp Anda dengan mengisi informasi detail bisnis yang membantu pelanggan mengenali bisnis Anda. hal ini juga bisa dijadikan sebagai branding bagi bisnis Anda. Tambahkan juga informasi bisnis lainnya seperti jam operasional, katalog produk dan sebagainya.

4. Login ke Chat Panel Qontak.com

Langkah ketiga Membuat WhatsApp Chatbot dengan masuk ke chat panel Qontak

Untuk mulai menggunakan Chatbot, Anda harus login akun pada panel Qontak.com. Caranya dengan menggunakan credential dari Mekari Qontak sebelumnya.

Pada panel chat yang juga dapat Anda akses melalui handphone ini, Anda dapat mengetahui informasi konsumen melalui profil mereka.

5. Rencanakan percakapan yang akan terjadi

Pastikan chatbot bisa menjawab seluruh pertanyaan yang pelanggan ajukan. Anda harus memikirkan bagaimana chatbot akan melakukan percakapan kepada pelanggan, termasuk jika ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab.

Beberapa pertanyaan berikut dapat menjadi panduan untuk Anda.

  • Apa tujuan pembuatan chatbot? Apakah untuk memudahkan konsultasi dan pembayaran, atau pelayanan pelanggan.
  • Apa jenis percakapan yang akan dilakukan dengan pelanggan?
  • Bagaimana respon chatbot jika tidak bisa menjawab pertanyaan pelanggan?

Namun Anda tidak perlu pusing, karena tim Mekari Qontak akan memandu Anda dalam membuat alur percakapan chatbot.

Langkah ketiga membuat WhatsApp bot adalah dengan Rencanakan percakapan yang akan dilakukan bot

6. Submit alur percakapan

Anda bisa mulai menyusun alur percakapan yang akan terjadi antara WA Chatbot dengan pelanggan Anda seperti yang telah Anda rencanakan.

Alur percakapan ini dapat dikonsultasikan dengan Mekari Qontak. Konsultasi ini dapat membantu Anda dalam menyusun alur agar Chatbot WhatsApp Business bekerja optimal.

Selanjutnya tim Mekari Qontak akan membuatkan alur percakapan yang sudah terfinalisasi. Sementara Anda bisa melakukan pekerjaan lain.

Setelah selesai, Mekari Qontak akan memberitahu bahwa WA Chatbot Anda sudah siap digunakan. Pastikan Anda melakukan uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui chatbot berfungsi dengan baik.

Perbaiki error yang masih terjadi dan lakukan uji coba lagi. Hal ini untuk membantu Anda memiliki WA chatbot berkualitas yang benar-benar dapat meningkatkan customer experience.

Tonton video YouTube di bawah ini untuk mengetahui lebih jelas bagaimana cara membuat chatbot WhatsApp :

YouTube video


Mengapa Bisnis Memerlukan WhatsApp Chatbot?

WhatsApp Chatbot memiliki peran penting bagi bisnis terutama untuk memberikan layanan pelanggan lebih baik. Hal ini tidak lepas dari kemampuan chatbot merespon pelanggan secara cepat kapan pun.

Adapun alasan lain mengapa bisnis memerlukan WA Chatbot adalah sebagai berikut:

– Memudahkan Pelanggan Berbelanja

Ilustrasi WhatsApp Chatbot yang Mempermudah Pelanggan Berbelanja

Chatbot bisa untuk membagikan katalog produk atau jasa ke pelanggan tanpa harus melihatnya di aplikasi yang berbeda.

Terpenting pelanggan dapat langsung melakukan pemesanan dan mendapat update terkait status pengiriman dan hal penting lainnya langsung dari WhatsApp.

Hal ini juga telah diterapkan UMKM di Indonesia melalui direktori ‘Pasar JuWAra’.

– Mengirim Penawaran melalui Broadcast dan Blast WhatsApp

Chatbot dapat mengirimkan pesan serentak ke banyak pelanggan melalui WhatsApp Blast. Pesan tersebut dapat Anda isi dengan penawaran promosi seperti diskon, kupon belanja, promosi produk/jasa terbaru, dan sebagainya. Pelajari lebih lanjut caranya di artikel Cara Mengirim Pesan Blast WA.

– Terjamin Keamanannya

WhatsApp memiliki sistem keamanan end-to-end encryption yang membantasi akses hanya untuk pengguna dan pelanggan yang berinteraksi. Hal ini memastikan semua pesan yang masuk dan keluar terjamin keamanannya.

– Otomatisasi Feedback

Otomatisasi Feedback Chatbot WhatsApp

Chatbot mampu untuk mengirimkan jawaban secara otomatis berdasarkan permintaan/pertanyaan yang sering pelanggan ajukan.

Hal ini membuat pelanggan tidak perlu membaca FAQ secara menyuruh, yang mendorong mereka untuk lebih berinteraksi dengan bisnis.

– Personalisasi WhatsApp Chatbot

Personalisasi WhatsApp Chatbot

Sistem pada Chatbot WhatsApp Business dapat merekam data berupa minat pelanggan yang akan diolah menjadi wawasan (insight) pelanggan yang berguna untuk menyusun strategi dalam mempromosikan produk/jasa sesuai dengan minat pelanggan.

Baca juga: 15 Rekomendasi Aplikasi Chatbot Terbaik untuk Bisnis Digital 2023


Apa Manfaat Menggunakan Bot Chat WhatsApp?

Manfaat utama menggunakan Chatbot adalah meningkatkan kualitas customer service. Selain itu, bisnis juga dapat merasakan manfaat lain dari penggunaan WA Chatbot. Berikut manfaat yang dapat dapatkan jika bisnis Anda menggunakan fitur Chatbot WA:

– Melayani Pelanggan 24 jam non-stop

Pelanggan tidak perlu menunggu lama lagi untuk mendapatkan respon dari bisnis. Sebab, bisnis yang mengaktifkan chatbot akan langsung menjawab pesan tersebut, bahkan di luar jam operasional.

Hal inilah yang membedakan bot chat WhatsApp dengan tim CS yang tidak bisa melayani 24/7 tanpa istirahat.

– Menyederhanakan Layanan

Kelebihan dari chatbot adalah cara kerjanya sederhana. Pelanggan tidak perlu berpindah-pindah tim support untuk mendapatkan respon. Cukup dengan memilih kata kunci yang disediakan, pelanggan otomatis akan menerima jawaban sesuai kata kunci tersebut.

– Produktivitas Meningkat

Bot chat WhatsApp akan menyelesaikan pertanyaan yang sering pelanggan ajukan. Artinya, tim CS hanya perlu menjawab pertanyaan pelanggan yang kompleks.

Berkat kemampuan tersebut, tim CS bisa fokus mengejakan pekerjaan penting lainnya, sehingga produktivitas mereka lebih baik.

– Hemat Waktu dan Biaya

Kemampuan bot chat merespon otomatis selama 24 jam non stop bisa menggantikan peran tim CS. Hal ini tentu menguntungkan bagi bisnis baik dari segi waktu dan biaya. Mereka tidak perlu merekuit banyak tim CS, karena sebagian tugasnya bisa ditangani chatbot WA.

– Meminimalisir Kesalahan

Berbeda dengan manusia, bot chat merupakan sistem dengan teknologi canggih AI. Sistem ini dirancang untuk memberikan jawaban sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Sehingga, kecil kemungkinan ada kesalahan dalam merespon seperti typo.

– Meningkatkan Customer Experience

Setiap pelanggan tentu mengharapkan respon cepat dan tepat. Hal tersebut bisa bisnis penuhi dengan memanfaatkan chatbot WA. Secara tidak langsung berdampak pada meningkatnya kepuasan serta pengalaman pelanggan.

Baca juga: Chatbot IT Service Desk: Definisi, Manfaat, 5 Aplikasi Pilihan


Apa saja Fitur-fitur  Wajib ada Pada WhatsApp Chatbot?

Chatbot WhatsApp bekerja melayani pelanggan dengan bantuan fitur-fitur canggih. Fitur-fitur tersebut membuat kerja chatbot lebih maksimal dalam mendatangkan keuntungan bagi bisnis.

Beberapa fitur yang dimiliki Chatbot WhatsApp yaitu:

1. Integrasi dengan sistem lain

Chatbot dapat terhubung dengan sistem, database, maupun software yang sudah ada dalam perusahaan dengan menggunakan WA Business API, misalnya dengan aplikasi CRM. Dengan sistem Mekari Qontak, integrasi ini dapat dilakukan dengan mudah.

Baca Juga: WhatsApp Integration: 4 Cara Mudah Integrasi WA

2. Percapakan yang dapat di-customized

Bisnis dapat dengan mudah mendesain dan mengedit alur percakapan, mengisi konten di dalamnya, dan mengubahnya sesuai kebutuhan. Alur ini dapat terhubung dengan sistem lainnya melalui fungsi API, seperti yang telah dijelaskan di atas.

3. Melihat statistik chatbot

Bisnis dapat dengan mudah melihat bagaimana komunikasi chatbot dengan pelanggan, percakapan apa yang sering ditanyakan, dan lain sebagainya. Hal ini dapat digunakan untuk menemukan insight menarik mengenai pelanggan maupun chatbot.


Dapatkan WhatsApp Chatbot Terbaik Sekarang!

WhatsApp Chatbot dapat membantu bisnis dalam memfasilitasi interaksi yang lebih baik dengan pelanggan dan meningkatkan customer experience, sehingga dapat membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Namun, sebelum Anda dapat menggunakan fitur Chatbot, Anda perlu memiliki WhatsApp Business API terlebih dahulu. Salah satu official business partner WhatsApp terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak.

Tim Mekari Qontak akan dengan senangi hati untuk membantu Anda membuat WA Chatbot.

Sehingga bisnis Anda dapat memberikan pelayanan yang lebih cepat dan lebih baik tanpa kendala selama 24/7 dan miliki hubungan yang lebih dengan pelanggan Anda.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dam telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Kategori : ChatbotWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales