Daftar isi
6 min read

Natural Language Processing: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis

Tayang 24 Juli 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Natural Language Processing adalah
Natural Language Processing: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis

Pada masa kemajuan teknologi yang pesat, manusia kini dapat berinteraksi dengan komputer melalui Natural Language Processing (NLP).

Teknologi NLP ini memiliki program kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan komputer untuk memahami bahasa manusia dengan baik. Lebih dari itu, teknologi AI ini juga mampu memberikan respons menggunakan bahasa alami yang mudah dimengerti.

Kemampuan yang dimiliki oleh NLP ini telah membuatnya menjadi pilihan banyak perusahaan untuk diadopsi, baik untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanan yang mereka tawarkan.

Artikel berikut akan menjelaskan secara singkat terkait teknologi NLP, mulai jenis, cara kerja, kegunaan hingga contoh implementasinya. Yuk, pelajari selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Natural Language Processing?

Natural Language Processing (NLP) adalah suatu teknologi kecerdasan buatan yang memiliki kemampuan untuk menginterpretasikan, memanipulasi, dan memahami bahasa manusia.

Teknologi NLP menggabungkan bidang linguistik komputasi, pembelajaran mesin, dan model pembelajaran mendalam untuk memproses bahasa manusia.

Tidak hanya terbatas pada teks atau suara, NLP juga mampu memproses data yang diinputkan oleh manusia melalui berbagai saluran komunikasi, seperti email, pesan teks, media sosial, video, audio, dan lainnya.

Setiap kali manusia mengirimkan data melalui saluran-saluran tersebut, NLP secara otomatis menganalisis maksud atau sentimen dalam pesan tersebut, dan merespons komunikasi manusia dalam waktu nyata.

Karena itulah, NLP memainkan peran penting dalam dunia bisnis dengan membantu merampingkan operasional bisnis, meningkatkan produktivitas karyawan, dan menyederhanakan proses bisnis.

Baca juga: Kenali Apa itu Conversational AI, Manfaat dan Contoh Penerapannya

Apa saja Jenis Natural Language Processing?

Ada dua jenis sistem natural language yang umum digunakan sebagai berikut:

1. Rules-based system

Sistem rules-based merupakan algoritma yang telah ada sejak awal pengembangan NLP dan masih digunakan hingga saat ini. Jenis NLP ini mengandalkan aturan linguistik yang dirancang secara cermat.

2. Machine learning-based system

Sistem machine learning memanfaatkan metode statistik untuk model pemrosesan NLP. Teknologi ini secara otomatis melakukan tugas sesuai dengan data pelatihan yang diberikan sebelumnya. Algoritma ini akan disesuaikan saat ada penambahan data yang lebih banyak yang diproses.

Bagaimana Cara Kerja Natural Language Processing?

Natural language processing (NLP) bekerja dengan sistem semi otomatis. Pada tahap awal penggunaan, Anda perlu mengajarkan mesin atau teknologi NLP untuk memahami data dengan benar.

Kemudian, mesin akan mengembangkan algoritma khusus untuk secara mandiri memahami kata-kata yang ditemui. Setelah algoritma terbentuk, NLP dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis berikut:

  • Part-of-speech tagging: Memproses kata-kata sesuai dengan kelompok katanya, seperti kata kerja, kata sifat, atau kata benda.
  • Stop word removal: Memilih kata-kata unik yang memiliki informasi penting untuk dianalisis dengan menghapus kata-kata umum.
  • Lemmatization and stemming: Menghapus imbuhan baik di awal maupun akhir kata untuk mendapatkan kata dasar.
  • Tokenization: Memecah kata-kata menjadi unit-unit lebih kecil sebelum diproses.

Setelah algoritma terbentuk, mesin akan melaksanakan tugas sesuai dengan perintah yang diberikan, misalnya merespons perintah dalam bentuk teks atau suara..

Apa Manfaat Natural Language Processing?

Dikutip dari laman Google cloud bahwa NLP berfungsi untuk mengolah data berbasis teks yang tidak terstruktur dan memberikan wawasan yang lebih dalam. Dengan menggunakan NLP, Anda dapat mengakses informasi yang diekstraksi dari data tersebut dan mendapatkan pemahaman baru yang berarti dari data yang ada.

Manfaat lain dari natural language processing adalah:

  • Meningkatkan akurasi analisis data untuk mengurangi risiko kesalahan dalam menafsirkan data.
  • Mampu meneliti ratusan hingga ribuan data secara bersamaan dalam waktu singkat.
  • Mengurangi biaya analisis dengan sistem otomatis yang dapat beroperasi 24 jam non-stop.
  • Lebih baik dalam memahami sentimen pasar melalui analisis ratusan review pelanggan secara online.
  • Mampu menyortir komplain pelanggan berdasarkan topik atau tingkat urgensi untuk memberikan solusi secara cepat, meningkatkan kepuasan pelanggan.

Contoh Implementasi Natural Language Processing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, natural language processing memiliki berbagai manfaat yang sangat relevan dengan kebutuhan saat ini. Oleh karena itu, banyak bisnis yang tidak melewatkan peluang untuk mengadopsi teknologi NLP dalam aktivitas sehari-hari mereka.

Berikut adalah contoh-contoh produk yang menggunakan teknologi natural language processing sebagai komponen pendukung:

1. Asisten Virtual Chatbot

Beberapa orang mungkin sudah familiar dengan chatbot. Chatbot adalah teknologi yang dapat memberikan respon otomatis dalam waktu singkat terhadap pesan yang diterima.

Dengan adopsi teknologi ini pada chatbot, respon yang diberikan menjadi lebih personal dan bukan sekadar template bot. Teknologi ini juga memungkinkan chatbot untuk memahami pesan dengan bahasa yang umum digunakan oleh manusia.

Kemampuan tersebut secara signifikan meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience).

Baca juga: 15 Aplikasi Chatbot Terbaik untuk Bisnis Digital 2023

2. Media Sosial

Popularitas media sosial (medsos) seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan lainnya. Yang menarik, platform medsos ini juga menggunakan teknologi Natural Language Processing (NLP).

Dalam konteks bisnis, penerapan NLP pada media sosial membantu dalam menganalisis bahasa yang digunakan dalam postingan, termasuk tanggapan, ulasan, dan lain-lain.

Insight yang dihasilkan dari analisis tersebut sangat berharga untuk memahami perilaku dan emosi pengguna terhadap produk, promosi, atau acara tertentu. Dengan informasi tersebut, memudahkan bisnis dalam membuat desain produk, kampanye iklan, dan lain sebagainya.

3. Aplikasi Ojek Online

Saat ini, aplikasi ojek online seperti Gojek, Grab, Uber, dan lainnya telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini memberikan kenyamanan bagi pengguna dalam berpindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya.

Ternyata kemudahan tersebut tak lepas dari dukungan teknologi NLP pada aplikasi ojek online. NLP berperan dalam menemukan dan mengidentifikasi nama lokasi dengan bahasa yang lebih akrab dan mudah dipahami oleh pengguna.

Selain menunjukkan lokasi, NLP juga memberikan informasi lebih mendetail tentang tempat-tempat tertentu seperti area parkir mobil, lokasi lobby, dan lain-lain.

Dengan adanya teknologi NLP ini, pengguna aplikasi ojek online dapat dengan mudah menentukan tujuan dan mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk perjalanan mereka.

4. Manajemen Rumah Sakit

Rumah sakit menjadi salah satu lokasi dengan tingkat kesibukan tinggi dan banyak dokumen yang perlu dikelola. Misalnya, identitas pasien dan catatan riwayat kesehatan yang memerlukan waktu lama bagi tim medis untuk mencari data secara manual setiap kali ada pasien yang datang untuk pemeriksaan.

Oleh karena itu, banyak rumah sakit saat ini mengadopsi aplikasi berbasis NLP. Tujuan dari penggunaan teknologi ini adalah untuk menyimpan semua dokumen penting dalam sistem terpadu sehingga memudahkan dan mempercepat proses pencarian saat informasi tersebut dibutuhkan.

Dengan menggunakan teknologi NLP, tim medis dapat dengan mudah mengakses dan menemukan dokumen-dokumen tersebut tanpa harus melalui proses pencarian manual yang memakan waktu.

Kembangkan Natural Language Processing untuk Tingkatkan Bisnis Anda Sekarang

Peran natural language processing (NLP) di dunia digital ini sangat penting, terutama untuk bisnis memahami kebutuhan pelanggan mereka. Dengan demikian, mereka bisa memberikan apa yang pelanggan butuhkan dengan tepat.

Misalnya asisten virtual chatbot yang bisa memahami bahasa pelanggan yang terkadang menggunakan bahasa sehari-hari. NLP pada Chatbot memahami bahasa tersebut tanpa perlu pelatihan terlebih dahulu.

Mekari Qontak menyediakan Chatbot yang terintegrasi NLP. Hal ini tentu akan membantu bisnis untuk membangun hubungan dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Selain itu, masih banyak fitur lainnya dari Chatbot AI dari Mekari Qontak untuk mendukung aktivitas bisnis.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan ternama di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Coba Gratis gratis chatbot AI terintegrasi natural language processing selama 14 hari dari Mekari Qontak, atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Mekari Qontak!

Kategori : BisnisChatbot
WhatsApp WhatsApp Sales