Daftar isi
4 min read

Cara Mengaktifkan FB Pro untuk Menghasilkan Uang dari Facebook

Tayang 15 Februari 2024
Diperbarui 19 Februari 2024
Cara Mengaktifkan Mode profesional FB pro di Facebook
Cara Mengaktifkan FB Pro untuk Menghasilkan Uang dari Facebook

Kini, pengguna Facebook bisa memperoleh uang tambahan dengan beralih ke mode profesional (FB Pro). Fitur Facebook Pro diarancang agar pengguna FB bisa memisahkan kepentingan pribadi dengan bisnis.

Product Marketing Manager Meta, Ryan Rinaldi mengungkapkan bahwa FB Pro membuka peluang bagi semua orang yang ingin menjadi kreator dengan mengikuti program monetisasi Facebook.

“Dengan mode profesional, Anda bisa mendulang pendapatan dari program monetisasi, dan terhubung dengan audiens melalui cara yang lebih bermakna. Semua itu bisa dilakukan dari profil Facebook yang Anda miliki.” kata Ryan Rinaldi.

Simak penjelasan selengkapnya mengenai Facebook Profesional dan cara menggunakan Facebook Pro pada artikel berikut.

Apa itu Facebook Pro?

Facebook Pro (FB Pro) adalah profil khusus untuk pengguna Facebook beralih ke mode profesional. FB Pro sekilas mirip dengan pengguna akun profesional pada Instagram yang memisahkan kepentingan pribadi dan bisnis.

Setelah mengaktifkan mode profesional di Facebook, pengguna dapat menggunakan lebih banyak alat pendukung untuk monetisasi dan analitik kinerja konten yang diposting. Hal ini membuka peluang untuk pengguna untuk memperoleh uang dari Facebook, tanpa mengganggu kehidupan personal mereka.

Apa Manfaat Menggunakan Facebook Pro?

Peluncuran fitur FB menawarkan banyak manfaat, seperti berikut:

  • Memiliki Basis Audiens yang Kuat

Keuntungan pertama beralih ke mode profesional, pengguna tidak perlu mencari audiens baru. Sebab pengguna telah memiliki audiens yang mengikuti profil Facebook individu. Selanjutnya, pengguna bisa mengelola serta meningkatkan kehadiran audiens tersebut dengan FB Pro.

Baca juga: Cara Meningkatkan Engagement di Facebook

  • Tingkat Visibilitas yang Besar

Ketika pengguna FB beralih ke mode profesional, maka peluang visibilitas konten yang mereka posting lebih besar. Hal ini membuka kesempatan untuk meningkatkan keterlibatan dan memperluas jangkauan audiens.

  • Laporan Analisis Kinerja Konten

Mode profesional memberikan akses ke pengguna mengenai analisa kinerja konten yang diposting. Hal ini memberikan wawasan terkait konten mana saja yang mendapatkan engagement tinggi, termasuk perkiraan waktu yang tepat untuk posting konten.

  • Menawarkan Monetisasi Konten

Keuntungan selanjutnya memungkinkan pengguna untuk mendulang uang melalui fitur monetisasi. Fitur ini sebelumnya dikenal sebagai “Reels Play” yang memberikan penghargaan secara moneter kepada creator yang mencapai tampilan tinggi dan target kinerja tertentu.

Apa saja Syarat Monetisasi konten di Facebook Profesional?

Salah satu keuntungan dari FB pro adalah pengguna bisa mendulang uang melalui program monetisasi. Namun tidak semua pengguna bisa mendapatkannya. Sebab Facebook memiliki persyaratan yang harus dipatuhi seperti berikut:

  • Pengguna harus mematuhi Standar Komunitas
  • Pengguna memenuhi Kebijakan Monetisasi Mitra (PMP) dan Kebijakan Monetisasi Konten (CMP)
  • Memiliki 500 followers selama 30 hari berturut-turut
  • Tinggal di negara yang memenuhi syarat untuk Star Facebook*
  • Menyetujui Syarat dan Ketentuan Star*
  • Pengguna harus berusia minimal 18 tahun

Sebagai catatan, Star Facebook merupakan fitur yang memungkinkan pengikut atau audiens untuk menunjukkan apresiasi kepada para kreator di Facebook. Mereka akan membeli Star dan mengirimkannya kepada kreator untuk mengapresiasi konten berupa game, live streaming, konten on-demand, Foto atau teks yang kreator posting.

Setiap Star yang kreator terima setara dengan $0,01 USD atau Rp150 (kurs Rp15 ribu per dolar). Kreator akan mendapat pemberitahuan dalam chat saat ada audiens yang mengirimi star Facebook.

Bagaimana Cara Mengaktifkan FB Pro?

Setelah mengetahui syarat monetisasi FB pro, mungkin Anda tertarik beralih ke mode profesional untuk mendapatkan uang tambahan. Maka dari itu, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka profil Facebook
  • Tekan ikon tiga titik
  • Klik menu “Turn on Professional mode”
  • Klik “Turn on” untuk mengaktifkan mode profesional pada Facebook Anda
  • Kemudian Anda akan diminta mengisi beberapa data pribadi

Bagaimana Cara Menonaktifkan Mode FB Pro?

Selain mengaktifkan, Anda juga bisa menonaktifkan mode profesional pada Facebook dengan cara berikut:

  • Klik foto profil yang berada di sudut kanan atas Facebook, lalu klik nama Anda
  • Tekan ikon titik tiga di bawah foto sampul
  • Pilih “Nonaktifkan Mode Profesional”
  • Klik “Lanjutkan” yang disusul dengan klik “Nonaktifkan”

Kesimpulan

Demikian penjelasan terkait fitur FB pro yang bisa dimanfaatkan untuk mengahsilkan uang tambahan sebagai kreator. Keuntungan beralih ke mode profesional adalah Anda telah memiliki basis audiens kuat berasal dari penggikuti di Facebook untuk memulai menjadi kreator.

Selain itu, dengan menggunakan Facebook Profesional, Anda bisa memisahkan kepentingan bisnis dengan pribadi. Dengan begitu, Anda bisa lebih optimal memanfaatkan Facbook untuk kebutuhan bisnis.

Cara lain untuk mengoptimalkan bisnis di Facebook adalah dengan menggunakan aplikasi Omnichannel. Aplikasi ini mampu menghubungkan Facebook dengan media sosial lain dalam satu platform, sehingga memudahkan dalam mengelolanya.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi Omnichannel yang telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan terkemuka di Indonesia. Bisnis bisa membalas pesan pelanggan dengan cepat dari berbagai media sosial dari satu platform terpadu.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda secara Gratis bersama tim ahli dari Mekari Qontak dengan klik di sini.

Referensi

WhatsApp WhatsApp Sales