Mekari Qontak
Marketing

Facebook Marketing: Kelebihan dan Strateginya

Rekomendasi Aplikasi Manajemen Proyek Terbaik

Facebook merupakan salah satu platform yang dibutuhkan bisnis terutama untuk aktivitas marketing. Pasalnya kegiatan pemasaran yang dilakukan pada platform ini diklaim efektif meningkatkan penjualan dan pendapatan bisnis.

Bagaimana tidak? Sekitar 2,7 miliar orang menggunakan Facebook setiap bulan agar bisa terhubung dengan teman dan keluarga serta untuk menemukan hal-hal yang berarti. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh bisnis melakukan aktivitas di platform miliki Meta tersebut.

Sayangnya, untuk memasarkan produk di Facebook tidak semudah yang Anda bayangkan. Sebagian pebisnis kesulitan untuk menjangkau kliennya karena berbagai alasan. Salah satunya salah dalam menerapkan strategi marketing di Facebook.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai pengertian Facebook marketing, kelebihan, dan strategi sukses menangkan pelanggan. Yuk, pelajari selengkapnya dibawah ini.

mau coba omnichannel terbaik


Apa itu Facebook Marketing?

Facebook marketing adalah upaya bisnis dalam memasarkan produk dan berinteraksi dengan calon pelanggan dengan menggunakan platform Facebook. Bisnis akan berusaha membuat kampanye semenarik mungkin melalui akun FB yang miliki untuk menarik perhatian target audiens mereka.

Strategi pemasaran tersebut relatif efektif, terutama mengingat pengguna platform Facebook lebih dari 2 miliar. Terlebih platform milik Mark Zuckerberg itu juga mendukung aktivitas bisnis dengan menyediakan fitur Facebook ads dan Marketplace. Fitur tersebut memudahkan bisnis memasarkan produknya dan menjangkau pasar lebih luas.


Kelebihan Facebook Marketing

Dibandingkan metode pemasaran lainnya, Facebook marketing memiliki banyak kelebihan seperti berikut:

– User friendly

Popularitas Facebook sebagai platform media sosial tidak perlu diragukan lagi. Hal ini menunjukan bahwa aplikasi ini mudah digunakan, bahkan oleh orang gagap teknologi sekaligus.

Sebelum memulai memasarkan produk, Anda harus membuka Facebook Page terlebih dahulu. Page ini dirancang khusus untuk akun FB milik bisnis, selebriti dan organisasi. Anda cukup masuk ke laman Facebook Page, kemudian pilih kategori bisnis Anda, dan isi profil dengan informasi yang dibutuhkan.

– Menjangkau target pasar lebih luas

Banyaknya pengguna Facebook dari berbagai kalangan memungkinkan bisnis untuk menjangkau mereka. Artinya jangkaun target pasar anda lebih luas. Dengan demikian, peluang Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan terbuka lebar. Hal ini akan berdampak positif pada peningkatan penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

– Membangun Brand Awareness

Facebook adalah salah satu cara efektif untuk Anda membangun brand awareness yang kuat. Hal ini tak lepas dari banyaknya pengguna aktif platform media sosial ini. Anda cukup secara konsisten membagikan konten sesuai dengan brand image yang ingin Anda bagun.

Baca juga: 15 Aplikasi Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis Online


Strategi Efektif Menjalankan Facebook Marketing

Facebook marketing tidak akan berhasil apabila tidak didukung dengan strategi pemasaran yang tepat. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan strategi Facebook marketing seperti berikut:

1. Tentukan tujuan yang jelas

Pertama, hal paling penting adalah Anda harus menentukan tujuan melakukan Facebook Marketing. Tanpa tujuan yang jelas, Anda akan kesulitan dalam mengukur tingkat keberhasilan strategi marketing Anda.

Pada umumnya, tujuan sebagian besar bisnis melakukan Facebook marketing diantaranya membangun brand awareness, meningkatkan engagement, traffic website, dan konversi. Tujuan ini bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan.

Namun, apabila Anda masih kesulitan dalam menentukan tujuan, Anda bisa menanyakan kepada pelanggan melalui survei. Setelah itu, lakukan analisis yang tepat untuk mengetahui tujuan yang ingin Anda capai.

Misalnya, apabila Anda ingin brand Anda lebih dikenal oleh masyarakat lebih luas, maka tujuan Anda dalam hal ini adalah meningkatkan engagement bisnis.

2. Identifikasi target pasar

Kedua langkah yang tidak kalah penting adalah identifikasi target pasar yang ingin Anda jangkau. Tujuannya agar kampanye Anda nantinya lebih terarah mengenai calon pelanggan Anda.

Proses identifikasi ini bisa Anda mulai dengan melakukan riset pasar, bangun buyer persona, dan tentukan brand positioning yang ingin Anda buat.

Sementara itu, Anda juga bisa menggunakan Facebook Ads untuk menjangkau target pasar Anda. Agar lebih efektif, Anda bisa memasukkan detail target audiens Anda berdasarkan data pelanggan yang sudah dimiliki, pengunjung website, dll.

3. Buatlah konten yang menarik

Inti untuk digital marketing adalah konten yang bisa menarik perhatian pelanggan. Tak terkecuali pada Facebook Marketing. Cobalah secara rutin membagikan konten unik pada Facebook Page atau Facebook Ads. Sisipkan juga sejumlah foto serta video yang bisa merebut perhatian pelanggan.

Laman resmi Wordstream melaporkan bahwa penggunaan video untuk kegiatan promosi mampu menarik 46% konsumen dalam melakukan pembelian produk atau berlangganan jasa layanan.

Terpenting Anda harus membuat konten yang mengandung nilai atau bermanfaat untuk audiens Anda. Misalnya video tutorial penggunaan produk Anda atau testimoni pelanggan untuk meyakinkan calon konsumen Anda.

4. Pilih waktu posting yang tepat

Konten marketing bagus tapi tidak didukung dengan pemilihan waktu yang tepat akan sia-sia. Dimana konten Anda tidak akan dilihat oleh target audiens yang diharapkan. Oleh karena itu, Anda harus tahu kapan waktu yang tepat untuk memposting konten kampanye Anda.

Terlalu sering memposting konten marketing juga bisa menjadi boomerang untuk bisnis Anda. Pasalnya hal ini akan membuat audiens Anda jenuh dan menganggap konten Anda hanya sampah atau “spam”. Oleh karena itu, Anda harus memberikan jeda untuk setiap postingan konten Anda. Artinya Anda perlu mengatur jadwal posting konten agar tidak bertabrakan.

5. Menjalin hubungan dengan audiens Anda

Bagian penting lainnya adalah Anda harus komunikatif. Disini Anda dituntut untuk aktif berinteraksi dengan audiens Anda. Diharapkan dengan begitu, mereka juga aktif merespon sehingga hubungan Anda dan audiens terjalin dengan baik.

Cobalah buat konten yang mengajak interaksi dengan audiens. Misalnya melalui konten tanya jawab. Selain itu, Anda juga harus responsif terhadap komentar yang audiens Anda sampaikan. Hal ini efektif untuk meningkatkan engagement Anda.

6. Rencanakan anggaran untuk promosi

Terakhir, setiap kegiatan promosi pasti membutuhkan biaya. Hal ini perlu Anda rencanakan dengan baik agar tidak keteteran. Untuk pelaku bisnis kecil yang baru memulainya, disarankan untuk membuat konten yang gratis atau yang murah. Sehingga, anggaran bisnisnya bisa digunakan untuk kegiatan yang lain.

Sementara untuk bisnis lebih besar Anda bisa membuat anggaran untuk mengaktifkan iklan di Facebook Ads. Hal ini akan membantu meningkatkan engagement Anda. Selain itu juga membuka peluang peningkatan penjualan.

Rekomendasi: 18 Cara Jualan Online Laris di Facebook untuk Pemula


Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Penerapan Facebook Marketing yang tepat!

Logo Mekari Qontak

Facebook marketing sangat penting untuk Anda yang menjalankan pemasaran digtial. Dimana Facebook merupakan salah satu platform media sosial yang banyak penggunanya. Dengan melakukan pemasaran diplatform ini, memungkinkan bisnis untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, juga masih banyak kelebihan yang sayang dilewatkan seperti yang dijelankan diatas.

Mengingat pentingnya Facbook marketing ini, maka Anda juga harus mendukungnya dengan strategi pemasaran yang efektif. Selama menjalankan strategi pemasaran tersebut, banyak bisnis juga melengkapinya dengan teknologi. Salah satu yang paling banyak digunakan adalah aplikasi ominichannel dari Mekari Qontak.

Omnichannel CRM merupakan solusi end to end yang mampu mengelola interaksi pelanggan secara otomatis. Hal ini memudahkan Anda untuk memantau aktifitas Facebook marketing yang Anda jalankan. Selain itu, Omnichannel juga mampu menghubungkan berbagai aplikasi populer lainnya dalam satu platform terpadu. Hal ini membuat Anda konsisten melakukan kampanye digital marketing diseluruh saluran bisnis Anda.

Mekari Qontak juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia untuk mengembangkan usahannya. Bahkan Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Qontak.com sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales