Daftar isi
8 min read

SMART Goals: Strategi Jitu Mencapai Tujuan Bisnis

Tayang 25 Juli 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Pengertian lengkap metode Smart Goals adalah
SMART Goals: Strategi Jitu Mencapai Tujuan Bisnis

Setiap bisnis memiliki tujuan yang ingin dicapai, baik itu menciptakan keuntungan yang besar atau mengalami pertumbuhan yang pesat. Untuk mencapai tujuan ini, beberapa bisnis menggunakan pendekatan SMART Goals.

Konsep SMART Goals telah lama dikenal dan masih digunakan hingga saat ini. Dengan menggunakan konsep ini, bisnis dapat fokus pada tujuan yang spesifik, terukur, dan realistis dalam batas waktu tertentu.

Meskipun tidak selalu lancar dalam penerapannya, tetapi memiliki tujuan yang jelas membantu bisnis fokus mengembangkan usahanya menjadi lebih terarah dan teratur.

Yuk, pelajari selengkapnya mengenai metode SMART goals dan contoh penerapannya pada artikel berikut.

Apa itu SMART Goals?

Metode SMART goals adalah sebuah pendekatan yang membantu merumuskan tujuan dengan jelas, dapat diukur, realistis, relevan, dan memiliki batasan waktu yang spesifik.

Dengan menggunakan pendekatan ini, setiap tujuan yang dibuat akan menjadi lebih terarah, terukur, dan efektif. Hal ini mempermudah dalam perencanaan langkah-langkah selanjutnya serta membantu dalam mengukur kemajuan bisnis menuju pencapaian hasil yang diharapkan.

Tujuan dan Manfaat SMART Goals

Sejak awal diperkenalkan, konsep SMART Goals telah memberikan banyak manfaat bagi individu dan bisnis dalam mencapai tujuan mereka. Hal ini disebabkan oleh sejumlah manfaat yang diberikan oleh SMART Goals, seperti yang berikut:

– Perencanaan Lebih Terarah

Tujuan utama dari SMART Goals adalah memberikan panduan bagi individu atau bisnis untuk tetap fokus pada jalur yang tepat untuk mencapai target yang diinginkan. Dengan tujuan yang jelas dan dapat diukur, mereka dapat dengan mudah merencanakan langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai target dalam waktu yang telah ditentukan.

– Mencapai Tujuan Lebih Cepat

Waktu yang diberikan untuk mencapai suatu target dapat bervariasi tergantung pada proyeknya. Ketika target waktu ditentukan dengan jelas, justru dapat menjadi motivasi bagi banyak orang untuk mencapainya. Hal ini mendorong mereka untuk memberikan usaha terbaik dan mengeluarkan semua kemampuan untuk mencapai tujuan tersebut sesegera mungkin.

– Sebagai Bahan Evaluasi dan Perbaikan

Kehadiran target yang dapat diukur mempermudah dalam mengevaluasi pencapaian yang telah tercapai serta mengidentifikasi hal-hal yang belum berhasil diwujudkan, termasuk permasalahan yang mungkin muncul.

Dari hasil evaluasi tersebut, bisa disusun langkah-langkah selanjutnya dapat ditentukan untuk melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja agar hal-hal yang kurang memuaskan dapat diperbaiki menjadi lebih baik.

Metode SMART Goals

Istilah SMART pertama kali dikenalkan oleh George T. Doran, Direktur Perencanaan di perusahaan Washington Power Water pada tahun 1981. Kemudian, istilah terus berkembang sesuai dengan kebutuhannya.

Infografis Metode Smart Goals

Pada dasarnya ada lima tahapan dalam metode SMART Goals seperti berikut:

1. Specific (Spesifik)

Pertama-tama, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menetapkan target atau tujuan yang jelas dan spesifik. Ini akan membantu Anda tetap fokus dan berkomitmen untuk mencapainya.

Untuk menentukan target yang ingin dicapai, Anda dapat menggunakan rumus 5W berikut:

  • What: Apa saja yang bisnis Anda ingin capai?
  • Why: Mengapa target tersebut harus Anda capai?
  • Who: Siapa saja stakeholder yang akan terlibat untuk mencapai target tersebut?
  • Whare: Dimana saja tempat yang diperlukan untuk mencapai target tersebut?
  • When: Kapan Anda ingin mencapai target tersebut?

Sebelum menetapkan target, lakukan riset pasar dengan menggunakan aplikasi omnichannel CRM untuk mengumpulkan wawasan dan tren pasar. Dengan cara ini, target yang Anda buat akan lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan kondisi pasar saat ini.

2. Measurable (Terukur)

Kedua, buatlah target yang dapat diukur agar memudahkan dalam memantau dan melacak setiap kemajuan yang telah dicapai. Dengan cara ini, Anda akan termotivasi untuk mencapai target sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

Coba buatlah indikator yang mencerminkan setiap tahapan dalam mencapai target tersebut. Pastikan juga untuk menentukan skala ukuran yang sesuai untuk setiap indikator yang Anda buat. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah melakukan monitoring terhadap pencapaian target tersebut.

Setelah itu, Anda dapat menyertakan indikator-indikator tersebut dalam laporan. Untuk memudahkan pemantauan, gunakanlah aplikasi CRM yang menyediakan dasbor laporan yang dapat disesuaikan sesuai dengan indikator yang Anda ukur.

3. Achievable (Realistis)

Meskipun menetapkan target yang ambisius penting, tidak menjamin bahwa Anda akan mencapainya. Oleh karena itu, Anda tetap perlu menetapkan target yang realistis, yang dapat diwujudkan dengan kemampuan dan sumber daya yang Anda miliki.

Untuk memastikan bahwa target tersebut tetap realistis, Anda dapat melihat perkembangan bisnis Anda pada periode sebelumnya. Informasi dan wawasan ini dapat Anda peroleh dari dasbor laporan KPI pada aplikasi CRM.

4. Relevant (Relevan)

Hal terpenting dalam menetapkan target adalah memastikan bahwa target tersebut sejalan dengan nilai dan rencana jangka panjang yang telah Anda bangun untuk bisnis Anda. Dengan cara ini, target yang ditetapkan dapat memberikan kontribusi yang sesuai dalam memajukan bisnis Anda.

Ada empat pertanyaan yang dapat Anda pertimbangkan untuk memastikan agar target tetap relevan, yaitu:

  • Apakah target ini konsisten dengan visi jangka panjang bisnis Anda?
  • Apakah target ini sesuai dengan nilai-nilai inti yang ingin Anda teguhkan dalam bisnis Anda?
  • Apakah pencapaian target ini akan membantu Anda mencapai tujuan dan rencana jangka panjang bisnis Anda?
  • Apakah Anda memiliki sumber daya dan kemampuan yang cukup untuk mencapai target ini dengan sukses?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat memastikan bahwa target yang ditetapkan akan relevan dan berarti bagi keseluruhan bisnis Anda.

5. Time-bound (Tepat Waktu)

Terakhir, penting untuk menetapkan batas waktu dalam mencapai target yang telah ditetapkan. Dengan adanya batas waktu, Anda akan termotivasi untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut.

Untuk memastikan kemajuan dari proyek yang Anda jalankan, Anda dapat selalu memantau perkembangannya melalui dasbor aplikasi CRM. Setiap proyek yang Anda kerjakan akan secara otomatis ter-update, yang tentunya lebih efisien daripada melakukannya secara manual.

Baca juga: 13 Cara Menentukan Target Pasar dan Contoh Penerapannya

Contoh penerapan SMART Goals

Berikut beberapa contoh penerapan metode SMART goals dalam dunia bisnis adalah

– Rencana Pemasaran untuk Bisnis Baru dalam Waktu Satu Bulan

Sebelum memulai bisnis baru, membuat marketing plan yang terperinci dan terukur merupakan langkah penting. Salah satu cara untuk mencapainya adalah dengan menggunakan metode SMART, seperti berikut ini:

  • Specific: Rencana pemasaran harus memiliki garis besar yang spesifik, mencakup informasi yang paling penting untuk mengarahkan keberhasilan bisnis baru ini.
  • Measurable: Setiap minggu selama satu bulan, dengan target menyelesaikan 25% dari detail rencana pemasaran agar dapat mencapai penyelesaian penuh dalam waktu satu bulan.
  • Achievable: Dalam waktu satu bulan, perlu melakukan riset pasar dan analisis perusahaan yang diperlukan untuk menyusun rencana pemasaran yang kuat dan efektif. Hal ini bisa dibantu dengan aplikasi marketing untuk mendapatkan insight yang tepat.
  • Relevant: Rencana pemasaran yang solid adalah elemen kunci untuk keberhasilan bisnis baru. Maka dari itu, pastikan rencana pemasaran tersebut sesuai dengan visi misi bisnis secara general.
  • Time-bound: Batas waktu untuk menyelesaikan rencana pemasaran dan mengimplementasikannya adalah satu bulan.

– Tingkatkan Jumlah Ulasan Pelanggan Baru Sebesar 30% YoY

Kesuksesan banyak perusahaan saat ini berkaitan erat dengan tingkat kesadaran merek yang dimiliki oleh bisnis di pasar. Salah satu tujuan utama dalam membangun merek adalah meningkatkan kesadaran merek sepanjang tahun.

Sebagai contoh penerapan metode SMART untuk mencapai tujuan ini adalah dengan meningkatkan jumlah ulasan pelanggan baru sebesar 30% dari tahun ke tahun (Year over Year / YoY).

  • Specific: Tujuan utama adalah meningkatkan jumlah ulasan pelanggan sebesar 30%.
  • Measurable: Kemajuan akan diukur melalui laporan bulanan, sehingga perusahaan dapat memantau pencapaian target yang telah ditetapkan.
  • Achievable: Tahun lalu, perusahaan berhasil meningkatkan ulasan pelanggan sebesar 20%. Dengan capaian tersebut, target pertumbuhan 30% dapat dicapai.
  • Relevant: Berdasarkan riset, peningkatan jumlah ulasan pelanggan berkontribusi pada peningkatan penjualan di saluran pertumbuhan utama.
  • Time-bound: Sasaran ini berfokus pada perbandingan tahun ke tahun (YoY) untuk menilai pertumbuhan ulasan pelanggan baru.

– Tingkatkan Jumlah Cold Calling sebesar 10% hingga Akhir Tahun

Untuk beberapa bisnis, cold calling menjadi kunci dalam upaya penjualan. Melakukan cold calling dapat menjadi faktor kunci dalam mencapai target penjualan yang lebih tinggi, seperti yang tergambar dalam contoh sasaran SMART berikut:

  • Specific: Tujuan utama adalah meningkatkan tingkat konversi dari cold calling sebesar 10% pada tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.
  • Measurable: Penilaian dilakukan dengan membandingkan jumlah cold calling yang dilakukan pada tahun sebelumnya dengan jumlah cold calling pada tahun ini.
  • Achievable: Meningkatkan konversi dapat dicapai dengan memberikan insentif tambahan kepada tim telemarketing untuk mendorong mereka melakukan lebih banyak cold calling.
  • Relevant: Jika tingkat konversi panggilan meningkat, maka berpotensi berkontribusi pada peningkatan penjualan secara keseluruhan.
  • Time-bound: Target ini harus tercapai hingga akhir tahun.

Baca juga: 11 Cara Ampuh Mencapai Target Penjualan Bisnis, Dijamin Untung

Terapkan Metode SMART Goals Pada Bisnis Anda Sekarang

Metode SMART goals telah banyak digunakan baik oleh individu maupun bisnis. Metode ini membantu merekan untuk fokus menjalankan target yang ingin dicapai dalam waktu yang tepat.

Salah satu kunci sukses mencapai target tersebut adalah membuat target yang jelas dan terukur. Untuk mengukur upaya tersebut akan lebih mudah dengan bantuan aplikasi CRM. Aplikasi ini mampu mengumpulkan insight dari berbagai saluran dan dasbor report yang bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi Mekari Qontak memiliki fitur lengkap yang mendukung semua aktivitas bisnis mulai dari marketing, penjualan hingga customer service.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan ternama di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi? Coba Gratis gratis aplikasi CRM selama 14 hari dari Mekari Qontak, atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Mekari Qontak!

Kategori : Bisnis
WhatsApp WhatsApp Sales