Mekari Qontak
Marketing

11 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis

Contoh strategi pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial

Apakah Anda seorang pebisnis atau marketer? Jika iya, Anda pasti tahu bahwa pemasaran produk merupakan hal penting yang perlu dilakukan. Ini termasuk strategi pemasaran produk yang efektif dan menjual. Namun apa itu strategi pemasaran produk?

Strategi pemasaran produk adalah strategi yang diterapkan dalam proses memindahkan produk atau layanan, dari sebuah konsep menjadi sesuatu yang dapat diterima atau diperoleh oleh pelanggan.

Dalam hal ini, cara pemasaran produk menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran bisnis apa pun. Penggunaan strategi pemasaran produk dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi pasar, membentuk produk Anda sesuai dengan pasar, dan mengkomunikasi nilai produk kepada pelanggan Anda.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan tentang strategi pemasaran produk dan contohnya di artikel berikut ini!
Image CTA Omnichannel


Kenali Strategi Pemasaran Produk

Strategi pemasaran produk adalah upaya yang dilakukan sebuah bisnis untuk mengenalkan atau memasarkan produk tersetu. Tujuannya agar penjualan produk tersebut meningkat.

Selain itu, strategi marketing ini juga bisa menjadi acuan yang digunakan oleh tim marketing agar dapat bekerjasama dengan efektif dan efisien. Beberapa bisnis juga menggunakan strategi pemasaran yang dibuat untuk mengukur keberhasilan kampanye yang mereka jalankan.

Strategi pemasaran produk ini biasanya bersifat adaptif menyesuaikan perubahan pasar. Hal ini didasari dnegan trend pasar yang dinamis, sehingga strategi Anda tidak akan tertinggal.


Mengapa Strategi Pemasaran Produk Penting untuk Bisnis?

Strategi pemasaran sangat penting untuk bisnis mengenalkan produk dan meningkatkan penjualan. Berikut alasan lain pentingnya strategi pemasaran produk bagi bisnis adalah:

– Memiliki target pasar yang jelas

Langkah pertama dalam membuat strategi pemasara adalah menentukan target pasar. Tujuannya agar audiens yang melihat kampanye pemasaran Anda tertarik dengan produk yang ditawarkan. Sebab tidak semua audiens memiliki ketertarikan yang sama. Maka dari itu, setiap produk memilik segmentasinya masing-masing.

– Pendekatan dengan target pasar lebih jelas

Setelah Anda tahu segmen pasar yang ditargetkan, Anda dapat dengan mudah membangun komunikasi dengan mereka. Sebab Anda sudah tahu karakteristik mereka. Pendekatan yang Anda bangun juga menjadi lebih mudah misalnya melalui bahasa, budaya, atau kebiasaan yang familiar dengan target pasar Anda.

– Koordinasi Tim Lebih Jelas

Salah satu keunggulan strategi pemasaran adalah sebagai panduan untuk tim marketing menjalankan kampanya pemasaran. Artinya koordinasi tim juga menjadi lebih mudah. Sebab setiap anggota tim memiliki persepsi yang sama  setelah mengetahui seperti apa pasar yang ditargetkan dan langkah-langkah apa saja yang cocok.


Apa Saja Strategi Pemasaran Produk yang Efektif?

1. Identifikasi siapa target audiens dan buat buyer persona

Sebelum melakukan pemasaran produk, Anda perlu mengetahui dulu siapa target audiens Anda dan membuat buyer persona mereka.

Dengan memahami siapa calon pelanggan Anda, apa yang mereka butuhkan, seperti apa tantangan dan kesulitan yang mereka hadapi, Anda dapat menyesuaikan semua aspek strategi pemasaran produk Anda dengan kebutuhan mereka.

2. Tentukan nilai dan pembeda produk

Strategi berikutnya adalah menentukan nilai dan pembeda produk Anda dengan produk kompetitor. Dalam hal ini, Anda dapat perlu memastikan bahwa nilai produk Anda sudah sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan.

Selain itu, Anda juga perlu menekankan nilai yang membuat produk Anda berbeda dengan produk dan pesaing. Pikirkan mengapa calon pelanggan Anda harus membeli produk Anda dibandingkan dengan kompetitor Anda.

Baca Juga: Definisi, Manfaat, dan Tahapan Marketing Funnel

3. Tentukan harga produk

Setelah mengetahui siapa target audiens, apa nilai dan pembeda produk Anda, kini saatnya untuk Anda menentukan harga yang tepat untuk produk atau layanan Anda.

Anda perlu menentukan harga yang ideal sesuai dengan pasar dan nilai produk Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan harga produk berbasis kompetitif atau nilai.

4. Membuat marketing plan yang tepat

Apakah anda sudah melakukan ketiga strategi di atas? Jika iya, maka Anda dapat melanjutkan dengan membuat marketing plan yang tepat untuk produk dan bisnis Anda.

Marketing plan yang tepat dapat membantu Anda untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas tentang apa, kenapa, dan bagaimana semua aktivitas pemasaran bisnis Anda akan dilakukan.

5. Manfaatkan potensi media sosial

Saat ini media sosial tidak hanya digunakan untuk berbagi keseharian tetapi juga menjadi pusat industri dan informasi.

Anda dapat memanfaatkan potensi media sosial sebagai cara pemasaran produk Anda. Selain itu, Anda juga dapat memberikan brand awareness dan meningkatkan interaksi dengan target audiens Anda.

6. Gunakan pemasaran dari mulut ke mulut

Hingga saat ini pemasaran dari mulut ke mulut menjadi salah satu cara pemasaran yang efektif. Mengingat informasi dari orang yang dikenal sering kali dirasa lebih terpercaya dibandingkan dengan baliho iklan yang mereka lihat di pinggir jalan.

Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan cara pemasaran ini untuk meningkatkan pemasaran produk Anda.

7. Lakukan kerja sama dengan influencer atau KOL

Influencer, Key Opinion Leader (KOL), atau brand ambassador memiliki peranan penting di era digital seperti saat ini. Sehingga tidak heran apabila ada begitu banyak bisnis dari berbagai jenis industri dan ukuran yang menggunakan mereka untuk memasarkan produk.

Anda juga dapat menyesuaikan jenis influencer yang ingin Anda ajak kerja sama dengan jenis dan ukuran bisnis Anda.

8. Buat giveaway atau program menarik lainnya

Dalam hal ini, Anda juga dapat membuat giveaway atau free trial untuk menarik minat calon pelanggan Anda. Cara pemasaran produk ini dianggap sangat ampuh untuk menarik perhatian calon pelanggan.

Dengan memberikan produk atau uji coba gratis, calon pelanggan Anda dapat mengetahui bagaimana kualitas produk atau layanan Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Viral Marketing dan Kelebihannya

9. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Pemasaran produk tidak hanya dilakukan untuk menarik calon pelanggan baru saja, tetapi ini juga ditujukan untuk pelanggan lama yang sudah ada.

Dengan demikian, Anda tidak boleh melupakan pelanggan yang sudah dan perlu menjaga hubungan baik dengan mereka. Hal ini tentunya dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan Anda.

10. Terapkan Digital Marketing

Digital marketing bukan istialah asing lagi bagi bisnis saat ini. Hampir semua bisnis menerapkan teknik marketing ini untuk menjangkau pelanggan lebih luas. Sebab keungulan teknik ini adalah tidak dibatasi suatu wilayah.

Apabila Anda menerapkan digital marketing, hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pemasaran melalui media sosial atau aplikasi pesan instan. Salah satu didalamnya melibatkan Search Engine Optimization (SEO), agar brand Anda muncul dalam halaman utama serch engine.

11. Buat Video Tutorial

Video tutorial dibutuhkan sebagai panduan pengguna saat mencoba produk Anda. Video ini dapat meningkatkan customer journey pelanggan sehingga cukup penting dimasukkan dalam strategi pemasaran produk Anda.

Buatlah video tutorial yang memuat informasi penting terkait produk Anda. Dalam video tersebut, Anda harus bisa meyakikan prospek bahwa produk atau layanan yang Anda tawarkan memiliki kualitas terbaik.

Jangan lupa untuk memastikan kualitas video bagus, baik dalam pemilihan background musik, rekam voice over, dan juga merilis video.


Contoh Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis

Untuk membantu Anda lebih memahami bagaimana penerapan strategi pemasaran produk yang efektif, Anda dapat menyimak beberapa contoh strategi pemasaran produk berikut ini:

– Contoh strategi pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial

Contoh strategi pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Kim Kardashian, pemilik brand pakaian SKIMS yang terkenal dengan lini shapewear-nya. Dalam hal ini, Kim memanfaatkan media sosialnya yang besar untuk memasarkan produk pakaiannya tersebut.

Kim akan memposting SKIMS di feed Instagram-nya ketika merek tersebut meluncurkan produk baru, melakukan restock, atau bahkan saat melakukan kolaborasi dengan merek ternama lainnya.

Selain itu, ia juga tak jarang melakukan review terkait produk SKIMS yang digunakan di Instagram story dan melakukan repost terkait produk tersebut.

Hal tersebut tentu membuat produk SKIMS menjadi banyak diminati oleh berbagai kalangan, khususnya bagi mereka yang merupakan fans dari Kim Kardashian.

– Contoh strategi pemasaran produk dengan menggunakan free trial

Contoh strategi pemasaran produk dengan menggunakan free trial

Contoh strategi pemasaran produk lainnya yang tidak kalah menarik adalah program free trial atau uji coba.

Salah satu bisnis yang melakukan cara pemasaran produk ini adalah Mekari Qontak . Qontak menyediakan akun demo gratis yang dapat Anda coba selama 14 hari.

Dengan melakukan uji coba gratis, pengguna tidak hanya akan merasa senang, tetapi juga dapat merasakan pengalaman yang menyenangkan terkait produk dan layanan yang ditawarkan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

– Contoh strategi pemasaran produk yang dilakukan dengan influencer

Contoh strategi pemasaran produk yang dilakukan dengan influencer

Scarlett Whitening merupakan salah satu merek perawatan kulit yang populer di Indonesia. Dalam hal ini, Scarlett Whitening banyak melakukan kerja sama dengan berbagai jenis influencer dan brand ambassador untuk memasarkan produknya.

Sebut saja salah satunya adalah Ria Ricis, YouTuber kenamaan Indonesia. Selain melakukan kerja sama dengan Ria, Scarlett juga melakukan kerja sama dengan sejumlah artis dan influencer ternama lainnya.

Tidak hanya sampai disitu saja, Scarlett juga menjadikan Song Joong Ki dan Twice sebagai brand ambassador mereka. Sehingga tidak heran apabila produk mereka memiliki pasar yang besar.

– Affiliate Marketing

Affiliate marketing-Qontak

Affiliate Marketing merupakan strategi yang biasa digunakan bisnis untuk memperluas jangkauan pasar. Cara yang dilakukan bisanya mengandeng pihak ketiga untuk turut melakukan pemasaran.

Sistem yang biasa digunakan biasanya bagi hasil atau komisi. Misalnya pihak A berhasil menjualkan produk B, maka pihak A akan berhak mendapatkan komisi atau uang sesuai dengan perjanjian yang disepakati bersama. Artinya semakin banyak A menjualkan produk, uang yang akan didapatkan juga semakin banyak.

Strategi bisnis ini banyak diterapkan oleh pelaku bisnis saat ini. Tak terkecuali penyedia omnichannel CRM terbaik di Indonesia Mekari Qontak. Mekari Qontak menawarkan banyak keuntungan bagi Anda yang ingin bergambung dalam program affiliate marekting.

Baca juga: Cara Menjadi Reseller Aplikasi CRM Terbaik Tanpa Modal

– YouTube

facebook Wish Bigger On Your Birthday

Youtube menjadi pembicaraan beberapa tahun belakangan. Tidak hanya berfungsi sebagai hiburan saja, nyatanya Youtube bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran yang efektif. Beberapa iklan bahkan muncul saat Anda menonton video di Youtube.

Jauh sebelum itu, Pada tahun 2017, Facebook telah memanfaatkan Youtube sebagai tempat media promosinya. Melalui video Youtube, Facebook menampilkan berbagai harapan orang di hari ulang tahunnya. Seperti memberi makan hewan-hewan di jalan, mengajari anak-anak berkebutuhan khusus, memberi makan orang-orang kelaparan, mengkampanyekan anti-bullying, dan sebagainya.

Setelah melihat berbagai harapan, Facebook lantas menambahkan tulisan “Wish Bigger On Your Birthday” yang lalu ditutup dengan pertanyaan, “Apa harapanmu?”

Video buatan Facebook dapat menggugah sisi emosional dari penontonnya. Kemudian mereka yang tertarik mulai mencari info lebih lanjut soal fitur terbaru Facebook.

– Blog dan Optimasi SEO

Mekari Qontak merupakan developer untuk aplikasi CRM. Perusahaan ini mengembangkan berbagai produk untuk mendukung aktivitas bisnis Anda. Hal ini terlihat dari banyaknya perusahaan yang telah percaya menggunakan aplikasi Mekari Qontak.

Mekari Qontak mengenalkan produknya melalui website yang apik untuk menghasilkan uang. Oleh karena itu, mulai membangun Blog dan melakukan Optimasi SEO agar produknya lebih dikenal khalayak ramai.


Pelajari Strategi Pemasaran Produk dan Tingkatkan Marketing Anda Sekarang!

Aplikasi Omnichannel Qontak

Itulah 11 strategi pemasaran produk efektif yang dapat Anda coba untuk memasarkan produk Anda. Dengan menerapkan strategi di atas, Anda tidak hanya dapat meningkatkan marketing, tetapi juga penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

Selain menggunakan strategi pemasaran produk di atas, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Omnichannel CRM terbaik dari Mekari Qontak untuk meningkatkan pemasaran Anda.

Omnichannel Qontak dapat dengan mudah diintegrasikan dengan beberapa media sosial dan didukung dengan fitur canggih yang akan mempermudah Anda mengelola pemasaran lebih efisien dan efektif. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales