Mekari Qontak
Business Product

15 Aplikasi Chatbot Terbaik untuk Bisnis Digital 2022

ChatBot-aplikasi chatbot

Apakah Anda ingin meningkatkan pelayanan bisnis? aplikasi chatbot adalah solusi tepat untuk permasalahan tersebut. Pasalnya aplikasi ini memungkinkan Anda untuk melayani pelanggan lebih cepat dan tepat.

Namun banyaknya penyedia chatbot di pasaran, kerap membuat bisnis bingung untuk menentukan pilihan. Mereka kesulitan untuk menentukan mana produk yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Pada artikel ini, kami melakukan riset sederhana dengan memberikan rekomendasi 15 aplikasi chatbot terbaik. Pelajari selengkapnya dibawah ini.

15 Rekomendasi Aplikasi Chatbot Terbaik untuk Bisnis adalah

  1. Mekari Qontak
  2. ChatBot
  3. Tidio
  4. ManyChat
  5. Freshchat
  6. Drift
  7. Chatfuel
  8. MobileMonkey
  9. Quriobot
  10. Intercom
  11. SnapEngage
  12. LivePerson
  13. Octane AI
  14. Engati
  15. Morph.AI

Image CTA APlikasi CHatbot


Apa itu Chatbot?

Chatbot adalah sebuah aplikasi yang mensimulasikan atau menirukan percakapan layaknya seperti manusia melalui pesan teks. Tugas utamanya adalah membantu pengguna memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukkan oleh pelanggan.

Aplikasi Chatbot juga memungkinkan menghemat waktu Anda untuk menjawab pertanyaan umum pelanggan secara otomatis. Mereka juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan prospek, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menghasilkan lebih banyak penjualan.

Baca juga: Chatbot IT Service Desk: Definisi, Manfaat, 5 Aplikasi Pilihan


Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Chatbot?

Aplikasi chatbot bekerja berdasarkan trigger atau kata kunci yang sudah Anda buat pada sistem sebelumnya. Maka dari itu setiap chatbot menerima pertanyaan yang mengandung kata kunci tersebut akan secara otomatis memberikan jawaban yang sesuai.

Hal tersebut terjadi karena aplikasi ini dilengkapi dengan kemampuan analisa dan identifikasi yang responsif. Dimana aplikasi chatbot juga didukung dengan berbagai metode yang bisa memacu sistem untuk otomatis bekerja atau memberikan jawaban. Metode tersebut diantaranya:

1. Penyesuaian pola (pattern matching)

Sesuai namanya, chatbot akan mendeteksi pola tertentu yang pelanggan masukkan. Kemudian menyesuaikan dengan pola yang Anda tanamkan pada sistem sebelumnya untuk memberikan jawaban yang sesuai kepada pelanggan.

Namun jika ada pertanyaan pelanggan di luar pola yang Anda buat, maka chatbot tidak akan mampu memberikan jawaban. Oleh karena itu, akan lebih baik agar Anda mengatur chatbot mengalihkan ke tim CS saat menemukan pertanyaan diluar pola yang sudah Anda atur.

2. Decision Tree-Based

Cara kerja kedua ini relatif merepotkan. Sebab pelanggan harus mengikuti urutan jawaban yang telah terprogram pada sistem. Artinya mereka tidak bisa dengan bebas mengajukan pertanyaannya, melainkan harus mengikuti aturan yang sudah ada.

Namun banyak bisnis menggunakan metode ini agar lebih cepat mengelompokkan pertanyaan yang relevan. Metode ini ditandai dengan pilihan jawaban otomatis tersedia yang bisa dipilih oleh pelanggan untuk melanjutkan percakapan.

3. Contextual (Kontekstual)

Metode kontekstual merupakan sistem chatbot terbaik dibandingkan kedua metode sebelumnya. Pasalnya metode kontekstual mampu menciptakan percakapan secara natural layaknya berbicara dengan manusia.

Hal ini berkat dukungan Natural Language Processing (NLP) yang merupakan teknologi yang memudahkan AI untuk memahami setiap konteks dan maksud pelanggan dalam bentuk bahasa yang sesuai.

Misalnya saat pelanggan mengirimkan pesan halo, NLP akan membantu bot untuk memahami bahwa pelanggan tersebut mengirimkan sapaan, kemudian AI akan memberikan jawaban yang tepat.


Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Aplikasi Chatbot?

Aplikasi chatbot merupakan solusi cerdas bisnis saat ini yang ingin memberikan pelayanan pelanggan terbaik. Bagaimana tidak, aplikasi ini mampu memberikan pesan balasan ke banyak pelanggan secara otomatis dalam hitungan detik. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh seorang agen customer service.

Tanpa bermaksud menggantikan peran agen CS, kehadiran aplikasi chatbot juga memberikan Anda banyak keuntungan seperti berikut:

– Tersedia selama 24/7

Kelebihan lainnya dari penggunaan Chatbot adalah selalu tersedia 24/7. Berbeda dengan manusia yang memiliki jam kerja dan butuh istirahat, bot dapat bekerja sepanjang waktu. Pelanggan Anda dapat bertanya atau menghubungi Anda kapanpun mereka mau.

– Menghemat waktu respon

Sebagian besar pelanggan tidak suka menunggu lama untuk mendapatkan sebuah balasan dari bisnis. Mereka menganggap hal ini membuang-buang waktu. Hal tersebut tidak akan terjadi apabila menggunakan chatbot.

– Meningkatkan customer experience

Setiap perusahaan tentu ingin memberikan pengalaman pelanggan yang berharga. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Hal inilah bisa Anda dapatkan melalui chatbot.

– Meningkatkan penjualan

Dari keuntungan yang disebutkan sebelumnya, tentu akan membuat pelanggan merasa puas. Biasanya pelanggan puas akan kembali membeli produk Anda. Selain itu, mereka juga tidak ragu untuk merekomendasikan ke kolega.

– Menghemat Biaya

Perusahaan dapat menekan biaya operasional dengan menggunakan aplikasi chatbot. Salah satunya Anda tidak perlu merekrut banyak customer service dalam melayani pelanggan.

Baca juga: Kelebihan Chatbot: 10 Keuntungan Menggunakan Chatbot


15 Aplikasi Chatbot Terbaik untuk Bisnis

1. Mekari Qontak

Logo Mekari Qontak

Mekari Qontak menyediakan aplikasi Chatbot terbaik dengan metode contextual. Aplikasi ini didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) canggih yang mampu merespon pelanggan layaknya manusia.

Selain itu, Anda dapat mendesain, mengedit, dan mempersonalisasikan chatbot sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Chatbot Qontak juga menawarkan solusi obrolan canggih dan terlokalisasi, yang mudah diintegrasikan dengan aplikasi bisnis apapun dengan sistem omnichannel.

Adapun fitur-fitur utama yang ditawarkan chatbot software Mekari Qontak antara lain:

  • Chat canggih, otomatisasi, dan teknologi AI
  • Mengatur otomatisasi pesan berbasis logika
  • Integrasikan komunikasi omnichannel secara instan
  • Mengoptimalkan produktivitas tim dengan segera
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan dengan sistem pengalihan
  • Meningkatkan pendapatan melalui chat hari ini
  • Sistem omnichannel yang menghubungkan berbagai saluran bisnis dalam satu platform

Sementara itu, harga yang ditawarkan Mekari Qontak juga relatif terjangkau mulai Rp200.000 per bulan dengan uji coba gratis selama 14 hari.

2. ChatBot

ChatBot-aplikasi chatbot

ChatBot memungkinkan Anda tidak perlu melakukan pengkodean atau memiliki keterampilan teknis khusus untuk menggunakannya. Aplikasi ini dilengkapi dengan template bawaan yang dapat Anda gunakan awal untuk mengaktifkan dan menjalankan AI ChatBot Anda dengan cepat. ChatBot juga terintegrasi dengan situs WordPress dan dapat digunakan bersama dengan live chat serta aplikasi populer lainnya.

Fitur:

  • Advanced reporting
  • Data security
  • Team collaboration
  • Button actions
  • Version history

Harga ChatBot: mulai dari $50 per bulan.

3. Tidio

Tidio-aplikasi chatbot

Tidio adalah platform live chat yang didukung oleh chatbots. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan menggunakan chatbot yang ramah untuk situs web, Facebook Messenger, dan banyak lagi. Anda juga dapat menggunakan template chatbot atau membuat skenario chatbot Anda sendiri berdasarkan kata kunci dan perilaku pelanggan di situs Anda. Mudah digunakan dan diintegrasikan dengan platform eCommerce, pemasaran email, dan perangkat lunak meja bantuan Anda.

Fitur:

  • Pop-up Chat
  • Targeted Emails
  • In-App Messaging
  • Conversation Archiving
  • Lead Development
  • Team Inbox

Harga Tidio: mulai dari $ 49 per bulan

4. ManyChat

ManyChat-aplikasi chabot

ManyChat adalah aplikasi chatbot terbaik untuk Facebook messenger. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memiliki jangkauan yang lebih luas dan opsi penargetan ulang yang lebih kuat di platform Facebook. Penjelasan lebih sederhananya, ManyChat membantu Anda menghasilkan penjualan, mengurangi pengabaian keranjang, menangkap prospek, dan banyak lagi dengan menggunakan Facebook Messenger.

Fitur:

  • Instagram Direct Messages, Facebook Messenger, WhatsApp
  • SMS Text Messaging
  • Email
  • Unlimited Growth Tools
  • ManyChat Analytics & Insights
  • Advanced Automation
  • Integrations with CRM, Email Marketing, and more

Harga ManyChat: mulai dari $ 15.00 per bulan.

5. Freshchat

Freshchat-aplikasi chatbot

Freshchat memungkinkan Anda membuat chatbot untuk WhatsApp, Messenger, Apple Business Chat, seluler, dan web. Aplikasi ini didukung oleh Freddy, algoritma kecerdasan buatan yang dirancang untuk mendeteksi niat dan terlibat dengan pelanggan. Freshchat bahkan dapat memberi Anda daftar pertanyaan pelanggan dan calon pelanggan yang membutuhkan jawaban yang tepat atau lebih baik.

Fitur:

  • Chatbot builder
  • Chatbot analytics
  • Inbox Views
  • Topics
  • Groups
  • Conversation Labels
  • Bulk Actions

Harga Freshchat: mulai dari $69 per pengguna per bulan setiap bulan.

6. Drift

Drift-aplikasi chatting

Drift memungkinkan Anda menggabungkan live chat dan chatbot otomatis. Aplikasi ini terintegrasi dengan CRM dan layanan email marketing. Drift juga memungkinkan Anda untuk secara proaktif memulai percakapan dengan pelanggan yang sudah terlibat dengan produk atau layanan di situs web Anda. Sebab Dtift dirancang untuk menggunakan percakapan untuk konversi dan memungkinkan Anda membuat skenario yang membantu Anda mendapatkan lebih banyak penjualan.

Fitur:

  • Custom Chatbots
  • Basic Lead Routing
  • Welcome Message
  • Basic Reporting
  • Mobile and Desktop App
  • Block User

Harga Drift: mulai dari $ 400 per bulan ditagih setiap tahun.

7. Chatfuel

Chatfuel

Chatfuel adalah aplikasi chatbot yang kuat untuk Messenger, Facebook, dan Instagram. Anda tidak memerlukan pengetahuan pengkodean atau pengalaman sebelumnya untuk menggunakannya. Chatfuel membantu Anda meningkatkan penjualan, melalui jawaban atas pertanyaan umum. Hal ini memungkinkan Anda menghemat banyak waktu untuk tim layanan pelanggan Anda.

Fitur:

  • Live Chat
  • Location-Based Marketing
  • Pre-Configured Bot
  • Proactive Chat
  • Project Management
  • Real-time Consumer-facing Chat
  • Reporting/Analytics

Harga Chatfuel: mulai dari $15 per bulan, tanpa batas pengguna.

8. MobileMonkey

MobileMonkey-aplikasi chatting

MobileMonkey memungkinkan Anda membuat bot menggunakan teknologi OmniChat™ mereka. Bot ini berfungsi di obrolan web, di Messenger, dan bahkan melalui pesan teks SMS. MobileMonkey mampu menghemat waktu dan uang Anda membuat bot yang berbeda menggunakan alat yang berbeda. Anda dapat membuat satu bot dan menggunakannya di berbagai platform.

Fitur:

  • Sequencing
  • Live Chat
  • Customization Interface
  • Analytics
  • Lead Gathering
  • Sales Conversion

Harga MobileMonkey: mulai dari $14,25 per bulan yang ditagih setiap tahun.

9. Quriobot

quriobot-aplikasi chatting

Quriobot adalah aplikasi chatbot yang memiliki antarmuka sederhana. Anda dapat membuat percakapan dari awal atau menggunakan salah satu template yang tersedia. Anda dapat menyesuaikan gaya Quriobot agar sesuai dengan skema warna situs web Anda, bahkan dapat menambahkan  CSS khusus jika Anda mau.

Fitur:

  • Machine Learning
  • Natural Language Processing
  • Context and Coherence
  • Social Media Integration
  • Sentiment Analysis
  • Human Takeover
  • Ready-made Templates

Harga Quriobot: memiliki paket gratis yang memungkinkan Anda hingga 500 obrolan per bulan, dengan bot dan anggota organisasi tanpa batas. Jika Anda ingin lebih banyak obrolan per bulan, atau jika Anda ingin menghapus branding Quriobot, Anda harus membayar mulai €9/bulan. (Harga Quriobot dalam Euro.)

10. Intercom

Intercom

Intercom adalah alat fleksibel yang dapat digunakan sebagai chatbot untuk obrolan langsung dengan agen. Anda dapat menggunakannya untuk mengotomatisasi pemasaran Anda dan untuk melibatkan pengguna. Dengan Intercom, Anda dapat mempersonalisasi interaksi chatbot Anda dengan pelanggan. Anda dapat memfilter dan menargetkan pelanggan berdasarkan apa yang mereka lakukan (atau tidak lakukan) dan Anda dapat mengelompokkannya ke dalam segmen berdasarkan atribut dan perilaku mereka.

Fitur:

  • Canned Responses
  • Customizable Branding
  • Geo Targeting
  • Proactive Chat
  • Third Party Integration
  • Transfers / Routing
  • Website Visitor Tracking

Harga Intercom: mulai dari $ 39 per bulan. Namun, untuk menggunakan fitur chatbot, Anda memerlukan setidaknya paket tambahan mulai dari $99 per bulan.

11. SnapEngage

SnapEngage

SnapEngage dirancang untuk membantu Anda melakukan penjualan dan menyediakan layanan dukungan. Aplikasi SnapEngage terintegrasi dengan Facebook Messenger, dan aplikasi populer lainnya. Aplikasi ini juga menawarkan ‘Health Engage’ yang menyediakan chatbot, obrolan langsung, dan pesan SMS yang aman dan sesuai dengan HIPAA.

Fitur:

  • Canned Responses
  • Geo Targeting
  • Offline Form
  • Proactive Chat
  • Screen Sharing
  • Transfers / Routing
  • Customizable Branding

Harga SnapEngage: mulai dari $16 per pengguna per bulan (dengan minimal 3 pengguna), ditagih setiap tahun.

12. LivePerson

LivePerson

LivePerson menawarkan aplikasi obrolan langsung yang memungkinkan Anda membuat alur percakapan otomatis menggunakan chatbot. Chatbot ini dapat menghubungkan calon pembeli ke agen Anda, mengirim penawaran berdasarkan minat pelanggan, dan menjadwalkan janji temu atau rapat. Pelanggan juga dapat memeriksa status pesanan mereka, mengetahui saldo akun mereka, dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan penagihan atau pembayaran.

Fitur:

  • Canned Responses
  • Customizable Branding
  • Offline Form
  • Proactive Chat
  • Screen Sharing
  • Transfers / Routing
  • Website Visitor Tracking

Harga LivePerson: Anda perlu menghubungi customer service mereka untuk penawaran.

13. Octane AI

Octane AI-aplikasi chatbot

Octane AI merupakan aplikasi chatbot terbaik yang digunakan pada Shopify dan Facebook Messenger. Aplikasi Octane AI tidak membutuhkan keterampilan tidak coding sama sekali untuk menggunakannya.

Fitur yang dimiliki Octane AI meliputi:

  • Tool analytics
  • Notifikasi shipping dan receipt order
  • Campaign di halaman Facebook
  • Automation flows

Harga Octane AI: mulai dari $ 29 per bulan

14. Engati

Engati-Chatbot-Platform

Engati adalah salah satu aplikasi yang menyediakan aplikasi chatbot terbaikuntuk bisnis Anda. Bot Engati terintegrasi dengan aneka platform chatting seperti Facebook Messenger, Telegram, LINE, Viber, Skype, atau Slack, website dan blog.

Fitur yang dimiliki Engati, yaitu:

  • Akses mobile
  • Terintegrasi lebih dari 14 platform media sosial
  • Automasi broadcast dan campaign
  • Tools analytics

Harga Engati mulai dari $ 79 per bulan.

15. Morph.AI

apa itu chatbot_Morph ai

Morph.AI adalah aplikasi chatbot yang dapat diintegrasikan dengan situs web Anda. Aplikasi ChatBot Morph.ai juga memungkinkan penggunanya untuk mengirim pengumuman, pemberitahuan, iklan, dan konten lainnya ke pelanggan.

Fitur yang dimiliki Morph.AI meliputi:

  • Chat Flow Builder
  • Chat AI/Intelligence
  • Nurturing / Notifications
  • Audience / CRM
  • Analytics

Harga Morph.AI: mulai dari $ 47 per bulan.


Dapatkan Aplikasi Chatbot Terbaik Sekarang!

WhatsApp Chatbot Mekari Qontak

Aplikasi chatbot merupakan solusi terbaik untuk bisnis digital. Pasalnya aplikasi ini membantu bisnis memberikan pelayanan pelanggan lebih cepat. Selain itu, pengunaan chatbot juga memungkinkan bisnis untuk melakukan penghematan baik uang maupun waktu.

Salah satu penyedia aplikasi chatbot terbaik adalah Mekari Qontak. Chatbot Qontak didukung fitur canggih yang memungkinkan Anda untuk merancang percakapan bot sesuai dengan kebutuhan bisnis. Hal ini tentu membantu Anda menciptakan pengalaman pelanggan yang bermakna.

Selain itu, Mekari Qontak juga memiliki berbagai fitut menarik lainnya seperti chatbot dan WA blast WhatsApp yang dapat memaksimalkan layanan bisnis Anda. Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan terkemuka di Indonesia dan telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales