Daftar isi
4 min read

Chatbot CRM: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya

Tayang 13 September 2021
Diperbarui 12 Desember 2023
Chatbot CRM- Pentingnya Menggunakan Bot CRM
Chatbot CRM: Pengertian, Manfaat, dan Contoh Penerapannya

Anda mungkin pernah mendengar istilah chatbot dan CRM, namun bagaimana dengan chatbot CRM? Apa itu chatbot CRM?

Chatbot CRM adalah chatbot atau layanan obrolan berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) yang terintegrasi dengan aplikasi CRM. CRM bot dapat merespon pesan pelanggan dengan personalisasi nama dan informasi riwayat pelanggan lainnya sehingga percakapan menjadi lebih natural layaknya berbicara dengan manusia.

Dengan bot CRM, Anda dapat membuat pelanggan menjadi loyal pada bisnis Anda, karena bot CRM dapat membantu mengotomatiskan respon untuk pelanggan. Hal tersebut tentunya akan meningkatkan kepuasan mereka terhadap bisnis Anda.

Lalu, seperti apa contoh chatbot CRM?

Untuk mengetahuinya, yuk simak pembahasan lengkap tentang chatbot CRM, manfaat, dan contoh penerapannya di artikel berikut ini!


Apa Manfaat Chatbot CRM bagi Perusahaan?

Karena memiliki banyak manfaat yang positif, CRM bot mulai banyak diterapkan pada beberapa bisnis atau perusahaan. Beberapa manfaat CRM bot tersebut adalah sebagai berikut:

– Chatbot CRM mampu mengotomatisasi pemrosesan data

Chatbot CRM dapat mengotomatiskan banyak hal pada bisnis, seperti menyapa pelanggan serta menanyakan masalah yang pelanggan hadapi sebelum berbicara langsung dengan agen customer service.

Dengan demikian, CRM bot membantu Anda untuk mendapatkan keynotes, wawasan, serta semua informasi pelanggan seperti biaya, anggaran, tantangan, dan keluhan terkait produk atau layanan apa pun kemudian secara otomatis memasukkan informasi tersebut ke dalam sistem CRM.

– Mengakses data lebih cepat melalui obrolan

Tak hanya untuk website saja, namun CRM bot telah banyak digunakan pada aplikasi obrolan, seperti WhatsApp, agar dapat mengakses data dengan lebih cepat dan mudah.

WhatsApp chatbot integration memungkinkan pengguna atau agen penjualan untuk dapat mengajukan pertanyaan menggunakan bahasa alami.

– Menyederhanakan proses entri lebih lanjut

Dengan menerapkan bot CRM untuk customer service, pembaruan catatan dapat dibuat lebih sederhana dan lebih cepat bahkan tanpa perlu masuk ke sistem CRM setiap saat.

Pengguna dapat berinteraksi dengan pelanggan menggunakan input teks atau suara untuk memperbarui catatan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Panduan Lengkap Seputar CRM

– Akurat dan efisien

Sebuah chatbot CRM untuk customer service dapat menemukan data yang akurat dari database pelanggan. Hal tersebut memungkinkan pengguna untuk menentukan alur obrolan chatbot customer servicenya sesuai dengan keinginan, kebutuhan, serta harapan dari pelanggannya.

CRM bot dapat mengurangi pemborosan waktu dan meminimalisir kesalahan serta membantu membangun hubungan pelanggan yang lebih sehat.

– Hemat biaya

CRM bot memiliki kecerdasan yang dirancang dengan baik bagi customer service sehingga mampu mengurangi pengeluaran bisnis secara signifikan.

Dengan menggunakan CRM bot Anda dapat mengabaikan pengeluaran yang tidak perlu, sebaliknya Anda dapat berinvestasi di sektor lainnya yang lebih penting sehingga dapat membantu Anda mendapatkan keuntungan tambahan dengan cara yang lebih baik.

Baca Juga: 11 Cara Efektif Menghemat Biaya Operasional Perusahaan


Bagaimana Contoh Penerapan Chatbot CRM?

Berikut ini merupakan beberapa contoh penerapan chatbot CRM yang dibagikan oleh salah satu penyedia CRM bot berpengalaman di Indonesia, yaitu Mekari Qontak. Beberapa contoh penerapannya adalah sebagai berikut:

1. Menerima pesanan atau keluhan pelanggan

Menerima pesanan atau keluhan pelanggan

Pelanggan yang ingin memesan atau menyampaikan keluhannya, dapat dengan mudah melakukannya melalui WhatsApp chatbot integration.

CRM bot akan melakukan data entry serta membuat sebuah deal (jika terjadi pemesanan) atau ticket (jika terdapat keluhan) pada CRM secara otomatis. Melalui satu platform CRM tersebutlah tim customer service atau tim sales dapat melacak dan memantau semua proses penyelesaiannya.

2. Informasi mengenai status pesanan dan tiket

tiket

WhatsApp chatbot integration memungkinkan pelanggan untuk menghubungi tim customer service melalui obrolan WhatsApp untuk menanyakan status pesanannya dengan mudah.

CRM bot kemudian akan menanyakan nomor tiket yang akan dilacak dan dikirimkan statusnya kepada pelanggan secara otomatis.

3. Otomatis mengirimkan notifikasi pada WhatsApp pelanggan

Otomatis mengirimkan notifikasi pada WhatsApp pelanggan

Selain berfungsi untuk menerima pesanan atau keluhan dari pelanggan melalui WhatsApp chatbot integration, aplikasi ini akan mengirimkan pesan atau notifikasi pada WhatsApp pelanggan.

Notifikasi tersebut dikirimkan secara otomatis untuk setiap perubahan yang terjadi dalam pesanan atau keluhan tanpa perlu ditanyakan terlebih dulu oleh pelanggan yang bersangkutan.

4. Menyimpan data pelanggan secara otomatis

Menyimpan data pelanggan secara otomatis

Semua pesan yang masuk pada CRM bot, termasuk profil pelanggan (nama, nomor telepon) dan riwayat percakapan akan otomatis tersimpan pada CRM. Semua data tersebut dapat dimanfaatkan untuk keperluan upselling, cross-selling, segmentasi, customer loyalty program, dan sebagainya.

5. Eskalasi dan memberikan pesan ke tim terkait

Alokasi agen

Dengan CRM bot, semua pesan yang perlu di eskalasi atau diteruskan kepada tim terkait dapat dilakukan secara otomatis. Selain itu, CRM bot juga memiliki sistem notifikasi yang dapat mengingatkan tim terkait secara otomatis.

Baca Juga: 24 Aplikasi Chatbot Terbaik untuk Bisnis Digital


Dapatkan Chatbot CRM Terbaik untuk Perusahaan Anda Sekarang!

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa chatbot CRM adalah layanan obrolan AI yang diintegrasikan dengan aplikasi CRM. Anda bisa mendapatkan bot CRM terbaik dengan mudah hanya di Mekari Qontak.

Mekari Qontak merupakan salah satu penyedia aplikasi CRM terbaik dengan fitur yang lengkap. Selain itu, Mekari Qontak telah dipercaya oleh lebih dari 3000 perusahaan ternama di Indonesia dalam merampingkan proses bisnisnya menggunakan sistem CRM.

Kategori : ChatbotCRM
WhatsApp WhatsApp Sales