Daftar isi
6 min read

10 Rekomendasi NLP Tools Terbaik untuk Perusahaan Indonesia

Tayang 21 Juni 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Rekomendasi NLP Tools Terbaik untuk Perusahaan Indonesia
10 Rekomendasi NLP Tools Terbaik untuk Perusahaan Indonesia

Natural Language Processing (NLP) merupakan program kecerdasan buatan yang cukup populer beberapa waktu terakhir. Teknologi AI ini mampu menginterpretasikan, memanipulasi, dan memahami bahasa manusia.

Kemampuan tersebut membuat NLP tools sangat diminati dalam dunia bisnis, terutama untuk layanan pelanggan. Teknologi AI ini membantu mereka melayani pelanggan tanpa bantuan agen, sehingga lebih efisien.

Baca juga: Natural Language Processing: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis

Namun, banyaknya pilihan NLP tools di pasar kerap membuat bisnis menentukan pilihan tepat untuk usaha mereka. Oleh karena itu, pada artikel berikut ini kami merekomendasikan 10 tools NLP terbaik yang bisa bisnis Anda coba.

Yuk, temukan NLP tools pilihan terbaik untuk bisnis Anda berikut ini.

Rekomendasi Tools NLP Terbaik untuk Memenuhi Kebutuhan Bisnis

1. Mekari Qontak

Mekari Qontak - NLP Tools

Mekari Qontak menawarkan Chatbot yang terintegrasi dengan NLP. Integrasi NLP menghadirkan pengalaman percakapan yang lebih alami dan relevan. Chatbot dapat mengenali kompleksitas bahasa dan konteks di balik pertanyaan pelanggan, sehingga memberikan jawaban yang tepat dan relevan secara cepat.

Pelatihan Chatbot dengan NLP di Mekari Qontak mudah dan intuitif. Tim Anda dapat melatih Chatbot dengan kata kunci dan frasa yang relevan dengan bisnis Anda. Semakin banyak Chatbot berinteraksi dengan pelanggan, semakin cerdas dan akurat responnya.

2. GPT-4

NLP Tools - GPT 4
Sumber: openai.com

GPT-4 mampu menyimpan dan mengelola lebih dari 25.000 kata. Kemampuan tersebut berguna untuk pembuatan konten bentuk panjang, percakapan panjang, serta pencarian dan analisis dokumen. Bahkan bisa dimanfaatkan untuk menulis lagu, menulis skenario, atau mempelajari gaya penulisan pengguna.

Baca juga: Mengenal Apa itu Chat GPT dan Cara Menggunakannya

3. Natural Language Toolkit (NLTK)

NLP Tools - Natural Language Toolkit (NLTK)
Sumber: nltk.org

Natural Language Toolkit (NLTK) disebut sebagai “alat yang luar biasa untuk mengajar, dan bekerja dalam komputasi linguistik menggunakan Python”, dan “perpustakaan yang luar biasa untuk bermain dengan bahasa alami”. Integrasi NLP dengan Python memberikan pengantar praktis untuk pemrograman untuk pemrosesan bahasa.

4. AmazonComprehend

NLP Tools - Amazon Comprehend
Sumber: aws.amazon.com

Amazon Comprehend adalah NLP tools yang berfungsi untuk mengungkap wawasan berharga dari teks dalam dokumen, tiket dukungan pelanggan, ulasan produk, email, tulisan di media sosial, dan banyak lagi.

Selain itu, bisnis juga bisa melatih model untuk mengklasifikasikan dokumen dan mengidentifikasi istilah, tanpa memerlukan skill machine learning.

5. Google Cloud

Google cloud -NLP tools
Sumber: cloud.google.com

Google Cloud menawarkan fitur NLP yang mampu analisis teks mendalam dengan machine learning yang bisa mengekstrak, menganalisis, dan menyimpan teks. Fitur ini juga berguna menemukan dan memberi label pada dokumen email, chatting, dan media sosial.

Baca juga: Machine Learning 101: Panduan untuk Memahami Mesin Pembelajaran

6. IBM Watson

IBM Watson - NLP Tools
Sumber: ibm.com

IBM Watson menawarkan kepada pengguna berbagai layanan berbasis AI, yang masing-masing disimpan di cloud IBM. Salah satu fitur utamanya adalah sistem NLP yang memungkinkan Anda mengidentifikasi dan mengekstrak kata kunci, kategori, emosi, entitas, dan lainnya.

Kemampuan tersebut membuat IBM Watson sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai industri, seperti keuangan dan perawatan kesehatan.

7. Stanford CoreNLP

NLP Tools - Core NLP
Sumber: stanfordnlp.github.io

Stanford CoreNLP dijuluki sebagai toko serba ada, karena menyediakan pemrosesan bahasa alami di java. CoreNLP memungkinkan pengguna untuk mendapatkan anotasi linguistik untuk teks, termasuk batas token dan kalimat, entitas bernama, nilai numerik dan waktu, koreferensi, sentimen, atribusi kutipan, dan relasi.

Saat ini, CoreNLP mendukung 8 bahasa: Arab, Cina, Inggris, Prancis, Jerman, Hongaria, Italia, dan Spanyol.

8. SpaCy

Spacy -NLP tools
Sumber: spacy.io

spaCy menyediakan sumber pustaka gratis untuk Natural Language Processing (NLP) tingkat lanjut dengan Python. Tools ini dirancang khusus untuk membantu Anda membuat aplikasi yang memproses dan “memahami” teks dalam jumlah besar.

Kemampuan tersebut dapat digunakan untuk membangun ekstraksi informasi atau sistem pemahaman bahasa alami, atau untuk memproses teks terlebih dahulu untuk pembelajaran mendalam.

9. Gensim

Gensim -NLP tools
Sumber: github.com

Gensim adalah sistem Python berkecepatan tinggi. Sistem ini unggul dalam mengenali kesamaan antara teks, serta menavigasi berbagai dokumen dan teks pengindeksan. Salah satu manfaat utama menggunakan Gensim adalah dapat menangani volume data yang sangat besar.

10. MonkeyLearn

monkeylearn
Sumber: monkeylearn.com

MonkeyLearn adalah platform ramah pengguna yang didukung NLP yang membantu Anda mendapatkan wawasan berharga dari data teks Anda. Tools ini melakukan tugas analisis teks seperti analisis sentimen, klasifikasi topik, atau ekstraksi kata kunci.

Baca juga: Rekomendasi Alternatif Chat GPT Gratis yang Bisa Digunakan

Fitur Apa saja yang Wajib Pada NLP Tools?

Kemampuan NLP tools untuk memudahkan pekerjaan bisnis sangat tergantung pada fitur yang dimilikinya. Setiap NLP tools tentu menawarkan fitur berbeda sesuai dengan fungsinya.

Berikut ini fitur-fitur yang umum dimiliki oleh NLP tools:

  • Tokenization: fitur yang akan memisahkan potongan teks menjadi beberapa unit kata, sehingga lebih mudah dipahami oleh mesin.
  • Part of speech tagging: Menandai kata-kata dalam teks berdasarkan peran gramatikalnya, seperti kata benda, kata kerja, dan lainnya.
  • Bag of words: sub kumpulan kata-kata dari kosakata dalam set data untuk membuat vektor poin data. Misalnya, membuat vektor deskripsi film berdasarkan kata-kata yang ada atau tidak ada dalam teksnya.
  • Named entity recognition: mengidentifikasi dan mengklasifikasikan entitas bernama seperti nama perusahaan, negara, kota, dan lainnya dalam data teks.
  • Topic modeling: metode pembelajaran untuk mengelompokkan dokumen berdasarkan topik dengan mempelajari dan membandingkan kata-kata yang digunakan dalam dokumen.
  • Classification: mengklasifikasikan objek berdasarkan kata-kata yang digunakan dalam deskripsi, tag, dan lainnya.
  • Keyword analysis: menganalisis kata-kata tertentu yang digunakan dalam data teks.
    Sentiment analysis: mengenali dan mengklasifikasikan sentimen yang diungkapkan dalam kalimat atau dokumen.

Mengapa NLP Tools banyak Bisnis Gunakan?

Penjelasan sebelumnya menyebutkan bahwa NLP tools ini memberikan banyak manfaat untuk bisnis. Salah satunya implementasi NLP pada chatbot meningkatkan pengalaman pelanggan melalui percakapan yang alami dan relevan.

Forbes.com menyebutkan bahwa implementasi NLP di berbagai platform komunikasi yang terintegrasi memudahkan tim CS (customer support) memberikan pelayanan pelanggan yang cepat dan efisien.

Selain itu, manfaat penggunaan NLP tools bagi bisnis adalah

Pengalaman Pelanggan Lebih Baik

Salah satu manfaat terbesar menggunakan NLP dalam layanan pelanggan adalah kemampuannya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Pada dasarnya pelanggan menginginkan jawaban cepat, di saluran yang mereka sukai kapan saja mereka inginkan. NLP bisa memenuhi keinginan tersebut secara otomatis melalui percakapan dengan AI selama 24/7.

Menganalisis Sentimen Pelanggan

Sebagian NLP tools menyediakan analitik percakapan, seperti menandai sentimen dalam panggilan ini berdasarkan kata-kata yang digunakan dalam percakapan.

Baik itu keberatan harga, pelanggan yang puas, atau kurangnya antusiasme secara umum. NLP dapat memahami kata atau frasa tertentu untuk memahami sentimen pelanggan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Analisis Sentimen, Tipe dan Cara Kerjanya

Agen CS Jadi Lebih Produktif

Penggunaan NLP tools memperingan tugas agen CS. Teknologi ini mampu memberikan dukungan pelanggan secara otomatis dan real time, sehingga agen CS bisa menyelesaikan tugas yang lebih kompleks.

Mengumpulkan Database Pelanggan

Alasan lainnya NLP digunakan untuk customer support adalah memiliki kemampuan menganalisis data. NLP juga dapat membantu menyortir dan menganalisis data yang dibutuhkan untuk mengukur KPI Anda.

Gunakan Tools NLP untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Penggunaan tools NLP memberikan berbagai keuntungan bukan hanya untuk individu tapi juga bisnis. Misalnya untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Salah satu perusahaan yang menawarkan tools NLP untuk kebutuhan customer service adalah Mekari Qontak. Mekari Qontak memiliki chatbot yang terintegrasi dengan tools NLP. Integrasi ini membuat chatbot lebih bisa memahami bahasa pelanggan dan memberikan respon yang relevan.

Selain itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan ternama di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Coba Gratis gratis chatbot AI terintegrasi natural language processing dari Mekari Qontak, atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Mekari Qontak.

WhatsApp WhatsApp Sales