Daftar isi
9 min read

Cara Menggunakan WhatsApp Multi Device Lebih dari 4 Perangkat Sekaligus

Tayang 19 April 2023
Diperbarui 13 Desember 2023
Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Multi Device Terbaru
Cara Menggunakan WhatsApp Multi Device Lebih dari 4 Perangkat Sekaligus

WhatsApp secara resmi meluncurkan fitur multi device terbaru. Fitur WhatsApp multi device ini sangat dinantikan pengguna untuk bisa mengakses satu akun WhatsApp Messenger pada empat perangkat sekaligus. Fitur ini pengembangan versi sebelumnya hanya membatasi penggunaan untuk dua perangkat berbeda saja.

Selain itu, fitur multi device terbaru ini bisa tetap digunakan meski perangkat utama dalam keadaan offline atau mati. Kemampuan tersebut memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan ke orang lain, meskipun handphone mati. Padahal versi sebelumnya, mengharuskan ponsel online saat ingin mengakses WhatsApp dari perangkat lain.

Namun benarkah WhatsApp multi device bisa digunakan lebih dari 4 perangkat sekaligus? temukan jawabannya pada artikel berikut ini.


Apa itu WhatsApp Multi Device?

WhatsApp multi device adalah fitur aplikasi WhatsApp yang memungkin penggunanya untuk login pada empat perangkat sekaligus. Sebelumnya, pengguna hanya bisa menautkan satu akun WhatsApp ke dua perangkat berbeda (WhatsApp Web atau Dekstop dan ponsel).

Kelebihan dari fitur ini juga, pengguna bisa tetap menggunakan WhatsApp Web/dekstop meski ponsel sebagai perangkat utama mati atau tidak online. Jadi posnel pengguna tidak perlu selalu terhubung dengan WhatsApp Web untuk mengaksesnya.

Selain bisa mengakses pada empat perangkat secara bersamaan, WhatsApp juga meningkatkan kecepatan login fitur multi device ini. Sehingga waktu loading untuk mengunduh atau menampilkan pesan pada perangkat lainnya seperti WhatsApp Web menjadi lebih cepat. Dengan begitu, komunikasi penggunanya menjadi lebih lancar.


Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Multi Device?

Khusus untuk penggunaan fitur multi device pada WhatsApp biasa atau Messenger hanya bisa diakases dari empat perangkat sekaligus. Ada dua langkah berbeda adalah seperti berikut:

1. Cara Memakai fitur  WhatsApp Multi Device pada perangkat Android

Berikut cara memakai fitur multi-device WhatsApp pada perangkat Android adalah

  1. Buka aplikasi WhatsApp Web/Dekstop pada laptop, PC atau Anda perangkat lainnya dengan memasukkan url web.whatsapp.com pada dekstop Anda.
  2. Buka aplikasi WhatsApp pada HP android Anda. Pastikan WhatsApp Anda sudah ter-update versi terbaru.
  3. Klik icon tiga titik, lalu pilih Linked devices
  4. Tekan Link a Device untuk menghubungkan akun WhatsApp Anda ke WhatsApp Web.
  5. Selanjutnya, aplikasi akan meminta Anda untuk membuka HP. Apabila HP Anda menggunakan menggunakan kunci baik melalui pindai sidik jari atau dengan masukan PIN untuk membuka perangkat Anda.
  6. Scan QR Code dengan cara mengarahkan kamera HP Anda ke layar untuk mengakses WhatsApp.
  7. Layar akan menampilkan inbox berisi riwayat percakapan Anda yang akan terupdate secara otomatis.

2. Cara Pakai Fitur Multi Device WhatsApp pada perangkat iOS

Hampir sama dengan perangkat android, penggunaan fitur multi device memiliki sedikit perbedaan. Berikut cara memakai fitur multi device WhatsApp pada perangkat iOS:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop di PC, laptop, atau perangkat lainnya
  2. Kemudian, buka WhatsApp di iPhone, dan pastikan aplikasi sudah ter-update ke versi terbaru
  3. Buka Settings, lalu pilih Linked Devices
  4. Tekan Link a Device
  5. Buka kunci iPhone kamu dengan Touch ID, Face ID, atau masukan PIN
  6. Arahkan kamera iPhone Anda ke layar perangkat lain untuk memindai QR code

Bagaimana Cara Menggunakan WhatsApp Multi Device pada WhatsApp API?

Berbeda dengan WhatsApp Messeger, penggunaan fitur WhatsApp multiple device pada WhatsApp API tidak membatasi perangkat yang bisa Anda gunakan. Artinya Anda bisa menambahkan admin tak terbatas untuk mengoperasikan satu akun WhatsApp Anda di banyak perangkat sekaligus. Hal ini memungkinkan Anda untuk membalas pesan pelanggan lebih cepat.

Cara menggunakan WhatsApp multi device pada WhatsApp API adalah sebagai berikut:

Step 1. Daftar akun Facebook Business Manager

Langkah-1- Cara Menggunakan WhatsApp Multi Device pada WhatsApp API

Sebagai pelaku bisnis mungkin Anda tidak asing dengan FB Ads atau IG Ads. Anda juga pasti tahu bahwa Bisnis harus memiliki akun Facebook Business Manager untuk dapat menggunakan FB Ads, IG Ads, juga WA API.

Selanjutnya, ajukan akun Facebook Business Manager Anda verifikasi ke Facebook. Sayangnya, proses ini cukup sulit dan memakan banyak waktu. Selain itu, tidak semua akun yang diajukan akan diterima oleh pihak Facebook.

Untuk mempermudahnya, Anda dapat meminta bantuan official partner WhatsApp API seperti Mekari Qontak.

Step 2. Bermitra dengan Business Solution Provider (BSP) Mekari Qontak

Tahapan kedua adalah bermitra dengan Business Solution Provider (BSP) negara asal sebagai WhatsApp Official Business Partner. Salah satu BSP terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak.

Selanjutnya Mekari Qontak akan membantu Anda mengajukan permohonan untuk WhatsApp API berlisensi yang bisa terintegrasi dengan teknologi apa pun.

Step 3. Pilih nomor WhatsApp API

Langkah-3 Cara Menggunakan WhatsApp Multi Device pada WhatsApp API

Langkah ketiga, Anda cukup memberikan nomor WhatsApp yang ingin Anda jadikan untuk WhatsApp API. Nomor yang diajukan bisa menggunakan yang sudah aktif atau baru. Selanjutnya Anda perlu melengkapi profil dengan informasi penting seperti jam operasional, alamat, website dan informasi penting bisnis lainnya. Informasi profil ini bisa menjadi branding.

Step 4. Login Chat Panel Mekari Qontak

Langkah-4 Cara Menggunakan WhatsApp Multi device

Pada tahapan ini, Anda bisa menggunakan WhatsApp Multi Device. Caranya Anda cukup login di chat panel Mekari Qontak dengan credentials berupa username dan password yang telah diberikan Mekari Qontak. Ada dua jenis credentials yakni untuk agen dan supervisor. Semua credentials tersebut dapat digunakan secara bersamaan pada berbagai device.

Tampilan menu setelah login antara agen dan supervisor akan berbeda. Agen hanya bisa membalas pesan yang masuk. Sedangkan ID supervisor hanya untuk memantau pesan masuk serta melakukan pengaturan lainnya.

Step 5. Atur Chat Assignment

Langkah-5 Cara Menggunakan WhatsApp Multi device

Kelima manajer dapat mengatur chat assignment (penerima pesan) yang dapat ditemukan pada login supervisor. Sementara login Agen bisa mengubah status online dari bagian atas panel. Status ini akan digunakan untuk menjalankan fungsi Auto Agent Allocation atau Custom Agent Allocation.

Selain itu, supervisor dapat membangun sistem kerja lebih efektif dan efisien dengan mengatur template pesan dan balasan otomatis. Jadi agen tidak perlu menulis ulang jawaban yang sama.

Step 6. Mengatur Pengambilan dan Pengiriman Pesan

Langkah-6 Cara Menggunakan WhatsApp Multi device

Seluruh pesan masuk akan tampil di menu inbox pada barisan pertama halaman menu. Masing-masing pengguna akan mendapatkan notifikasi setelah mengaktifkan fitur Allow Notification. Supervisor dapat memilih untuk membalas pesan, menginterupsi pesan, atau memilih chat room yang ingin dibaca atau dibalas.

Selain itu supervisor juga dapat menambahkan atau mengeluarkan agen ke dalam chat room yang sama. Beda halnya dengan agen, mereka hanya dapat memberikan pesan ke sesama agen.

Agen dapat menutup sesi percakapan tersebut dengan menekan tombol Resolve. Pesan yang telah ditutup tidak dapat diedit kembali atau diteruskan kembali walaupun waktu sesi belum berakhir (expired) dan otomatis tersimpan dalam menu Resolved.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp Business Multiple Users


Apa Keuntungan Menggunakan WhatsApp Multi Device?

– Keuntungan Menggunakan Fitur Multi Device pada Aplikasi WhatsApp Messenger

Kuntungan fitur multi device pada WhatsApp biasa sebenarnya telah disebutkan pada ulasan sebelumnya. Namun untuk memperjelasnya berikut keuntungan yang akan Anda dapatkan

1. Bisa digunakan pada 4 perangkat sekaligus

Sesuai dengan namanya fitur ini memumungkinkan Anda untuk mengakses WhatsApp melalui 1 HP dan 4 perangkat lainnya (web, desktop dan perangkat lainnya). Berbeda dengan versi sebelumnya yang hanya mengizinkan WhatsApp diakses dari 2 perangkat berbeda yakni HP dan desktop atau web.

2. Perangkat utama tidak perlu terhubung ke Internet

Kelebihan lainnya fitur multi device adalah perangkat utama yakni HP Anda tidak perlu terhubung dengan internet. Sehingga apabila HP Anda mati, WhatsApp web tetap bisa digunakan untuk mengirimkan pesan. Berbeda versi sebelumnya yang mengharuskan Anda untuk mengaktifkan HP dengan koneksi internet.

3. Menyinkronkan riwayat obrolan

Saat Anda menautkan perangkat seluler kedua, WhatsApp akan otomatis menyinkronkan riwayat obrolan. Proses ini juga dilakukan dengan perlindungan enkripsi end-to-end.

4. Menghubungkan iPhone dan ponsel Android

Saat ini, WhatsApp membatasi fungsionalitas dengan tidak mengizinkan iPhone menghubungkan dan ponsel Android. Namun, fitur multi device ini akan segera menambahkan dukungan untuk itu. Meski masih dalam proses pengembangan.

Sebagai pelaku bisnis yang memiliki banyak pelanggan, keuntungan fitur multi device pada WhatsApp biasa tidaklah cukup. Terlebih WhatsApp versi beta ini sering terjadi bug. Selain itu, belum ada pengumuman resmi kapan fitur ini diluncurkan sebab masih dalam tahap pengembangan.

Maka dari itu, banyak bisnis lebih memilih untuk menggunakan WhatsApp Business API. Sebab WhatsApp API ini memiliki beragam kelebihan dan dirancang khusus untuk pelaku bisnis berkomunikasi dengan pelanggan.

– Keuntungan Menggunakan Fitur Multi Device dari WhatsApp API

WhatsApp multiple device dari WhatsApp API memungkinkan Anda untuk menambahkan admin tak terbatas secara bersamaan. WhatsApp Business API juga memiliki banyak fitur keunggulan lainnya, seperti Chatbot, centang hijau, integrasi dengan aplikasi dan masih banyak lainnya.

Berikut beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan menggunakan WhatsApp multiple device yaitu:

1. Satu nomor WhatsApp untuk semua

Pemilik bisnis cukup memiliki satu nomor WhatsApp untuk berbagai kebutuhan, mulai dari ticketing customer service, pengingat dan konfirmasi pembayaran, OTP, melacak pembelian dan pengiriman barang, serta notifikasi lainnya.

2. Memudahkan monitoring pesan yang masuk

Dengan hanya menggunakan satu nomor WhatsApp, bisnis lebih mudah untuk memantau pesan yang masuk. Sebab, semua pesan yang masuk akan tersimpan otomatis. Jadi Anda tidak perlu melakukan backup data atau menyingkronkan riwayat percakapan antar perangkat satu dengan lainnya.

3. Laporan dan analisa menyeluruh

WhatsApp Business multiple device dilengkapi dengan laporan analisis dari seluruh aktivitas yang terjadi. Seperti total percakapan, rata-rata waktu respon agen, dan sebagainya.

Jadi mempermudah Anda untuk menilai KPI customer service, kinerja tiap agen, dan menyusun strategi meningkatkan layanan pelanggan lebih baik.

4. Sistem routing agen tingkat lanjut

Pengguna dapat menyesuaikan routing agen dan percakapan untuk memenuhi kebutuhan manajemen bisnis, baik secara otomatis maupun dikustomisasi sesuai kebutuhan. Dengan WhatsApp multi device, pelanggan dapat diarahkan langsung ke bagian yang tepat untuk ditangani.

5. Kemudahan integrasi dengan saluran lainnya

WhatsApp multi device dapat dihubungkan dengan aplikasi populer lainnya, seperti Telegram, Line, atau Facebook Messenger. Integrasi canggih ini sering juga disebut WhatsApp Omnichannel. Hal ini dapat menciptakan interaksi yang lebih halus antara bisnis dengan pelanggan.

6. Tanda centang hijau resmi

Membangun kredibilitas bisnis yang lebih baik dengan adanya tanda centang hijau resmi dari WhatsApp multi device.

7. Mengirimkan pesan massal tanpa ribet

Bantu tim untuk menjangkau pelanggan lebih mudah dengan adanya fitur blast WhatsApp. Fitur ini memudahkan Anda mengirimkan pesan siaran ke banyak kontak pelanggan sekaligus.


Coba WhatsApp Multi Device Sekarang!

Penggunaan fitur WhatsApp multi device pada WhatsApp API tidak membatasi jumlah pengguna dalam waktu bersamaan. Artinya Anda bisa mengakses satu akun WA dengan jumlah pengguna tak terhingga di banyak perangkat atau device sekaligus.

Namun, untuk menggunakannya WhatsApp API , Anda perlu kerja sama dengan WhatsApp partner Indonesia, salah satunya adalah Mekari Qontak. Mekari Qontak memberikan akses penggunaan satu akun WA untuk banyak device sesuai dengan paket API WhatsApp yang dipilih.

Selain itu, Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end yang terdiri dari API WhatsApp dan solusi omnichannel lainnya yang terhubung ke sistem CRM yang canggih. Solusi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis untuk meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan.

Lebih dari 3000+ perusahaan menggunakan Mekari Qontak untuk membantu mereka meningkatkan penjualan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan data pelanggan Anda.

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales