Daftar isi
6 min read

Panduan WhatsApp Business Solution Provider (BSP WA API)

Tayang 30 Agustus 2022
Diperbarui 08 Desember 2023
woo- WhatsApp Marketing Tools
Panduan WhatsApp Business Solution Provider (BSP WA API)

WhatsApp Business solution provider (BSP) adalah perusahaan pihak ketiga yang membantu bisnis untuk mendapatkan WhatsApp Business API. Produk WhatsApp tersebut hanya bisa dimiliki dari mitra resmi BSP yang ditunjuk oleh WhatsApp.

Sementara seperti diketahui, WhatsApp API merupakan produk WhatsApp yang dirancang untuk bisnis skala menengah hingga besar berkomunikasi dengan pelanggan. Aplikasi WhatsApp ini memiliki banyak fitur tambahan yang mendukung aktivitas bisnis sepenuhnya.

Lalu bagaimana cara bekerjasama dengan BSP? Apa saja keuntungan bekerjasama dengan BSP WhatsApp?

Temukan semua jawaban pertanyaan tersebut pada artikel berikut!


Apa itu WhatsApp Business Solution Provider?

BSP WhatsApp (WhatsApp Business Solution Provider) adalah perusahaan pihak ketiga yang membantu bisnis memperoleh fitur-fitur WhatsApp Business API. Fitur tersebut membantu bisnis berkomunikasi dengan pelanggan lebih efektif

Selain itu, bermitra dengan BSP WhatsApp memungkinkan bisnis untuk mengitegrasikan akun WhatsApp mereka dengan aplikasi lainnya yang mempermudah mengelola komunikasi pelanggan.  Dengan demikian, bisnis dapat memaksimalkan layanan pelanggan dan penjualan.

Baca juga: WhatsApp Business API: Panduan Lengkap API WhatsApp (2023)


Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Business Solution Provider?

Sebagai pihak ketiga, Whatsapp Business Solution Provider menawarkan layanan pada API Whatsapp. Aplikasi ini berguna untuk mempermudah bisnis berkomunikasi dengan pelanggan, misalnya untuk customer support dan mengirimkan notifikasi personal massage. Bagaimana pun, membangun Whatsapp untuk customer service sudah menjadi hal wajib bagi bisnis saat ini.

Hebatnya, Anda tidak perlu khawatir terkait keamanan data. Pasalnya BSP WhatsApp akan menggunakan Meta (perusahaan pemilik WhatsApp) yang memiliki sistem enkripsi end to end untuk menyimpan pesan. Meta juga berkomitmen tidak akan menggunakan pesan Anda untuk menentukan iklan yang perlu Anda lihat, sebaliknya Anda dapat menggunakan riwayat pesan yang Anda terima untuk menyusun strategi pemasaran.

Setelah Anda bekerjasama dengan WhatsApp Business Provider, selanjutnya mereka akan mendaftarkan bisnis Anda ke pihak WhatsApp langsung. Tujuannya agar bisnis Anda mendapatkan verifikasi. Proses ini biasanya memakan waktu 2-3 hari kerja, namun tidak menutup kemungkinan akan lebih lama.

Meski begitu, BSP WhatsApp ini memiliki keterbatasan yang diatur oleh Meta seperti: mengirimkan pesan massal secara otomatis tanpa verifikasi terlebih dahulu atau melanggar aturan lainnya. Terlebih apabila Anda bekerjasama dengan BSP tidak resmi, WhatsApp tidak akan ragu memblokir akun Anda. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan untuk bekerjasama dengan WhatsApp Business Solution Provider yang telah terdaftar atau resmi.

Baca juga: Panduan Memilih Whatsapp Partner Indonesia Terbaik


Apa Keuntungan Mendaftarkan Bisnis ke WhatsApp Business Solution Provider?

Selain Anda akan mendapatkan WhatsApp Business API, ada beberapa keuntungan lainnya dengan bergabung WhatsApp business solution provider seperti berikut:

– Meningkatkan kualitas komunikasi dengan pelanggan

Keuntungan pertama Anda memiliki WhatsApp API dari BSP adalah saluran komunikasi Anda terpusat. Hal ini memudahkan Anda memantau dan merespon pelanggan lebih cepat.

Selain itu, riwayat percakapan Anda dengan pelanggan juga tersimpan rapi pada satu database. Sehingga, Anda dengan mudah mengakses data tersebut untuk menjalin komunikasi yang dipersonalisasi.

– Keamanan data terjamin

WhatsApp Business API dari BSP merupakan produk resmi yang dikeluarkan oleh Meta. Produk ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan enkripsi end to end yang memastikan tidak ada yang bisa mengakses data tersebut selain Anda dan pelanggan yang terlibat.

– Terpercaya

BSP merupakan mitra resmi dari WhatsApp yang menyediakan layanan pihak ketiga dari API WhatsApp. Artinya hanya BSP resmi yang akan membantu Anda mendapatkan WhatsApp API.

Setelah Anda bergabung bersama BSP resmi, akun WhatsApp Anda akan segera didaftarkan untuk verifikasi menjadi API WhatsApp. Apabila disetujui, akun WhatsApp Anda akan mendapatkan centang hijau yang menunjukan akun Anda resmi atau terbukti memiliki bisnis.

– Menawarkan fitur-fitur unggulan

Terakhir keuntungan BSP adalah menawarkan berbagai fitur unggulan yang membantu Anda mengelola aktivitas bisnis. Contohnya chatbot untuk membalas pesan secara otomatis, WA blast yang mampu mengirimkan pesan ke banyak kontak sekaligus dan masih banyak lainnya.

Selain itu, fitur BSP juga relatif fleksibel untuk ditambahkan atau kustomisasi sesuai kebutuhan bisnis Anda. Diharapkan hal tersebut mampu mendorong perkembangan bisnis Anda lebih baik.


Bagaimana Cara Mendapatkan WhatsApp Business API dari WhatsApp Business Solution Provider?

Selanjutnya pertanyaaan yang banyak diajukan adalah bagaimana cara Anda untuk mendapatkan WhatsApp API dari BSP?

Ikuti langkah berikut untuk memperoleh WA API dari WhatsApp Business Solution Provider adalah

1. Pilih Nomor Telepon yang akan digunakan untuk WhatsApp API

Cara Mendapatkan WhatsApp Business API dari WhatsApp Business Solution Provider yang pertama adalah memilih nomor telepon

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan nomor telepon yang akan digunakan untuk WhatsApp Business API. Pastikan nomor tersebut belum pernah didaftarkan untuk akun WhatsApp sebelumnya.

Namun, apabila Anda sudah terlanjur menggunakannya untuk akun WA lainnya, Anda harus menghapus akun tersebut. Maka dari itu, bedakan nomor untuk akun bisnis dan WA Messenger Anda.

2. Daftarkan Nomor Tersebut ke Business Solution Provider (BSP) WhatsApp Terbaik

Cara Mendapatkan WhatsApp Business API dari WhatsApp Business Solution Provider yang kedua daftar BSP seperti Mekari Qontak

Kedua langkah terpenting adalah menentukan business solution provider yang akan Anda pilih. Tentu saja Anda harus memilih yang terbaik di Indonesia seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan mengelola usahanya. Selain itu, Qontak juga menawarkan solusi end to end yang bisa menghubungkan akun WhatsApp API Anda dengan Omnichannel CRM dengan harga terjangkau.

3. Ajukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Langkah ketiga adalah mengajukan verifikasi Facebook Business Manager

Terakhir, Anda perlu memverifikasi akun Facebook Business Manager. Pada tahap ini, WhatsApp akan memvalidasi apakah bisnis Anda layak untuk mendapatkan WhatsApp API. Oleh karena itu, Anda perlu menyediakan beberapa dokumen seperti

  • Nama perusahaan
  • Website URL
  • Industri
  • Daerah operasional
  • Facebook Business Manager ID

Proses Pengajuan verifikasi ini cukup membingungkan dan menyita waktu lama. Namun, tak perlu khawatir, biarkan Mekari Qontak yang menyelesaikan proses ini. Misalnya mengunggah dokumen-dokumen tersebut hingga mendaftarkan bisnis Anda secara langsung ke WhatsApp.

4. Akun WhatsApp API Siap Anda Gunakan

Setelah BSP WhatsApp bantu lakukan validasi, selanjutnya tinggal menunggu waktu hingga WhatsApp API siap digunakan. Tanda centang hijau akan muncul di sebelah nama bisnis Anda yang menunjukan Akun bisnis Anda terverifikasi. Selain itu, Anda juga bisa menikmati fitur unggulan lainnya dari WhatsApp API.

Baca juga: 10 Rekomendasi Official WhatsApp Business API Provider Terbaik


Contoh WhatsApp Business Solution Provider (BSP) Terbaik di Indonesia

Logo Mekari Qontak

Salah satu contoh WhatsApp Business Provider terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Dengan harga terjangkau, Anda bisa memiliki WhatsApp Business API dengan fitur terlengkap seperti chatbot, centang hijau, multi device, rotator, auto reply dan banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa mengintegrasikan WhatsApp API dengan solusi omnichannel lainnya yang terhubung dengan sistem CRM. Qontak juga telah menangani lebih dari 3500 klien dari berbagai skala perusahaan dari berbagai jenis industri.

Teknologi Qontak telah membantu mereka dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan layanan kepada pelanggan.


Pilih WhatsApp Business Provider Terbaik Sekarang Juga!

WhatsApp Business Provider (BSP) merupakan perusahaan pihak ketiga yang menyediakan layanan API WhatsApp Indonesia. BSP juga merupakan mitra resmi WhatsApp yang memiliki lisensi tersendiri untuk membantu bisnis mendapatkan WhatsApp API.

Oleh karena itu, bagi perusahaan yang ingin memiliki WhatsApp API harus mendaftar melalui BSP. Selanjutnya mereka akan mendaftarkan bisnis Anda langsung ke WhatsApp untuk mendapatkan verifikasi.

Salah satu WhatsApp Business Provider terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak. Anda bisa mendapatkan fitur lengkap WhatsApp API dengan harga terjangkau hanya di Mekari Qontak.

Jadi tunggu apalagi, dapatkan demo gratis dan konsultasi gratis sekarang juga!

Kategori : BisnisWhatsApp
WhatsApp WhatsApp Sales