Mekari Qontak
Business Product

Mengenal Apa Itu Operational CRM

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Operational CRM dapat membantu bisnis untuk menyimpan informasi pelanggan, penawaran, prospek, dan bisnis secara keseluruhan dalam satu platform terpadu.

Dengan demikian, bisnis dapat menggunakannya untuk meningkatkan efisiensi dan operasional bisnis secara mudah dan efektif.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang CRM operational di bawah ini!

Image CTA Operational CRM


Apa Itu Operational CRM?

Operational CRM adalah sistem terpusat yang mendukung berbagai fungsi bisnis, seperti pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan melalui penyimpanan informasi tentang prospek, pelanggan, dan bisnis secara keseluruhan.

Dengan menggunakan operational CRM, Anda dapat meningkatkan efisiensi bisnis dengan optimal melalui otomatisasi layanan dan pemanfaatan sumber daya secara maksimal.

Baca Juga: Panduan Lengkap CRM (Customer Relationship Management)


Apa Tujuan Operational CRM?

Tujuan penggunaan operational CRM adalah untuk meningkatkan operasional bisnis yang rutin dilakukan dan menyimpan seluruh informasi serta data bisnis secara aman.

Adapun tujuan tersebut dapat dicapai dengan berbagai fitur utama operational CRM, seperti pengukuran, analisis, dan penyesuaian customer journey secara real-time.


Bagaimana Cara Kerja Operational CRM?

Operational CRM

CRM operasional bekerja dengan mengintegrasikan dan mengotomatiskan seluruh alur kerja dalam bisnis, baik pemasaran, layanan pelanggan, maupun penjualan.

Sederhananya, CRM operational mengotomatiskan seluruh operasional bisnis, terutama yang berpusat pada pelanggan agar dapat berjalan dengan mudah dan efektif.

1. Marketing Automation

Marketing AUtomation

Dalam bidang pemasaran, operasional CRM  bekerja dengan cara mengotomatisasi dan mengevelauasi setiap aktivitas pemasaran, sehingga bisnis dapat mempercepat pertumbuhan penjualan.

Selain itu, bisnis juga dapat menggunakan informasi pelanggan dalam CRM untuk membuat kampanye atau strategi pemasaran yang dipersonalisasi sesuai dengan minat target audiens yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. Sales Automation

Sales Automation

Tidak jauh berbeda dengan cara kerja operational CRM di pemasaran, operational CRM juga dapat membantu mengotomatisasi seluruh siklus penjualan.

Ini termasuk mengidentifikasi prospek, melacak interaksi pelanggan, membuat proyeksi penjualan, hingga mengelola dokumentasi dengan pelanggan.

Di sisi lain, CRM operational juga membantu tenaga sales untuk fokus pada tugas penjualan dibandingkan dengan tugas administrasi yang memakan waktu banyak.

3. Service Automation

Operational CRM Service Automation

Operational CRM mampu memberdayakan bisnis untuk memberikan kualitas layanan pelanggan terbaik yang unggul dan dapat meningkatkan kepuasan serta pengalaman pelanggan.

Dengan akses informasi pelanggan yang mudah, operational CRM mampu meningkatkan visibilitas dan wawasan tentang pelanggan secara mudah.

Sehingga, agen layanan pelanggan dapat menjawab pertanyaan dan menyelesaikan keluhan pelanggan dengan seefektif mungkin.

Baca Juga: Manfaat, Strategi, dan Contoh Implementasi CRM pada Bisnis


Apa Saja Manfaat dan Keuntungan yang Dapat Diperoleh Bisnis dengan Operational CRM?

Manfaat utama operational CRM adalah menjembatani kesenjangan antara bisnis dan pelanggan. Ini karena operasional CRM dapat memungkinkan bisnis untuk mengelompokkan data pelanggan secara otomatis dengan mudah.

Selain itu, CRM operational juga memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat menguntungkan bisnis. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

– Memaksimalkan pemasaran

Anda dapat menggunakan CRM operasional untuk menelusuri data pelanggan secara otomatis. Sehingga, Anda dapat membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan target audiens bisnis Anda.

Tidak hanya itu saja, dengan bantuan CRM operasional, Anda dapat menganalisis demografi dan pola pembelian pelanggan untuk memahami pelanggan Anda.

– Memberikan layanan pelanggan yang unggul

Kemudahan jangkauan informasi sangatlah penting bagi bisnis untuk menawarkan layanan pelanggan terbaik bagi pelanggan Anda.

Anda dapat mengetahui informasi, data, dan riwayat interaksi pelanggan dengan mudah menggunakan CRM operasional.

Meningkatkan penjualan dan pendapatan

Akuisisi dan konversi pelanggan Anda secara maksimal menggunakan fitur-fitur canggih dari CRM untuk meningkatkan peluang penjualan dan pendapatan bisnis Anda.

Di sisi lain, Anda juga dapat menggunakan riwayat transaksi pembelian pelanggan untuk membuat keputusan dan strategi penjualan yang lebih baik di masa mendatang.

– Memperkuat komunikasi internal

Kerja sama tim internal sangatlah penting bagi operasional suatu perusahaan. Apabila anggota tim atau antar tim tidak dapat berkomunikasi dengan baik, maka akan ada tumpang tindih tugas dalam operasional bisnis Anda.

Untuk itu, Anda dapat memanfaatkan CRM operasional untuk menangkap, menyimpan, dan menyebarkan data terkait pelanggan dan bisnis Anda.

Sederhananya, ini membantu menjadikannya alat yang hebat untuk komunikasi antar-departemen dan berbagi informasi.

Meningkatkan kepuasan pelanggan

Penggunaan CRM operasional dapat membantu Anda untuk mendukung layanan pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara maksimal.

Jawab semua pertanyaan pelanggan dan selesaikan keluhan pelanggan pada saat pertama. Itu semua dapat Anda lakukan dengan bekal informasi komprehensif terkait pelanggan dan bisnis Anda.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan – Jika Anda tidak dapat mendukung pelanggan Anda, jika Anda tidak dapat memberikan mereka layanan yang baik, mereka tidak akan bertahan. Itulah mengapa penting untuk menerapkan sistem CRM Anda.

– Menciptakan pengalaman pelanggan yang positif

Operasional bisnis yang baik dapat membantu mendorong perjalanan pelanggan yang mulus dan menyenangkan.

Akibatnya, pelanggan akan merasa puas dengan layanan yang Anda berikan dan di saat yang bersamaan ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan Anda secara instan.


Apa perbedaan Operational CRM dan CRM lainnya?

Untuk membantu Anda lebih memahami operasional CRM, berikut kami ringkas beberapa perbedaan CRM operasional dengan jenis CRM lainnya:

1. CRM Operasional

CRM Operasional dapat memudahkan proses bisnis yang meliputi sales automation, marketing automation, dan service automation.

Adapun tujuan utama dari jenis CRM ini adalah untuk mencari pelanggan potensial, mengubah mereka menjadi kontak, mengumpulkan seluruh data yang dibutuhkan, dan menyediakan produk selama siklus pelanggan.

Sementara itu, CRM operasional paling umum dan populer di antara berbagai jenis industri bisnis.

2. CRM Analitik

CRM analitik dapat membantu manajemen atas marketing, sales, dan customer service dalam menentukan cara terbaik untuk melayani pelanggan.

Tujuan utama CRM analitik adalah menganalisis data pelanggan dari berbagai sumber yang berbeda.

Sementara itu, CRM analitik cocok untuk bisnis yang ingin memanfaatkan data untuk memperoleh gambaran bagaimana alur pelanggan mereka.

3. CRM Kolaboratif

CRM kolaboratif dapat membantu perusahaan untuk membagikan informasi pelanggan antar unit bisnis seperti tim sales, marketing, pendukung, dan teknis.

Lebih lanjut, CRM kolaboratif membantu menyatukan semua tim untuk mencapai satu tujuan, yaitu menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

Biasanya CRM ini digunakan oleh perusahaan sangat mengandalkan komunikasi antar departemen.


Dapatkan Operational CRM Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

 

Operational CRM merupakan sistem CRM terpusat yang dapat meningkatkan efisiensi bisnis dengan optimal melalui otomatisasi layanan dan pemanfaatan sumber daya secara maksimal. Dengan menggunakan operasional CRM, Anda dapat mengotomatiskan pemasaran, layanan pelanggan, dan penjualan secara mudah dalam satu platform terpadu.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengotomatiskan operasional dan proses bisnis Anda. Selain itu, aplikasi CRM Mekari Qontak juga dapat diintegrasikan dengan Omnichannel dan dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih pendukung bisnis.

Sementara itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales