Daftar isi
11 min read

Hashtag Viral: Rahasia Meningkatkan Jangkauan Konten Anda

Tayang 30 Juni 2024
Diperbarui 15 Juli 2024
Tips menemukan hashtag viral yang tepat untuk Anda
Hashtag Viral: Rahasia Meningkatkan Jangkauan Konten Anda

Penggunaan hashtag dapat membuat konten sosial media Anda menjadi viral. Sebab, hashtag membantu konten Anda mudah ditemukan oleh pengguna sosial media lain.

Namun, memilih hashtag tentu memerlukan riset untuk mengetahui apa yang sedang tren di dunia maya dan relevan untuk Anda.

Artikel ini akan mengulas tips dan trik untuk menemukan hashtag viral yang relevan dengan niche Anda, serta contoh hashtag viral yang populer di berbagai platform media sosial, Instagram, TikTok, Facebook dan lainnya. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini

Apa itu Hashtag Viral?

Hashtag adalah kata kunci atau tag metada yang diawali dengan simbol pagar (#). Penggunaan metadata ini bertujuan untuk mengelompokkan atau mengorganisir konten yang ada di platform media sosial (medsos)

Sementara hashtag viral merujuk pada tag metadata yang banyak digunakan pada konten media sosial termasuk Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, LinkedIn, YouTube, dan Pinterest.

Saat Anda menggunakan hashtag yang sedang viral, maka postingan Anda akan ditambahkan ke kumpulan postingan lain yang menggunakan hashtag populer yang sama. Artinya kesempatan Anda untuk terhubung dengan pengikut dan pengguna lainnya terbuka lebar.

Baca juga: Viral Marketing: Pengertian, Keuntungan dan Contoh Konten Populer di Media sosial

Bagaimana Cara Hashtag Menjadi Viral?

Seperti disebutkan sebelumnya bahwa penggunaan hastag viral dapat meningkatkan jangkauan audien dengan niche serupa. Saat pengguna mengklik atau memasukan hashtag tertentu, maka algoritma sosial media akan menampilkan konten yang menyelipkan tag serupa.

Dengan cara kerja algoritma medsos tersebut, maka semakin besar kemungkin konten Anda dilihat banyak pengguna lain saat menggunakan hashtag yang sedang trending atau dicari oleh banyak orang.

Meski begitu, tidak mudah untuk membuat hashtag menjadi viral. Relevansi dan timing sangat mempengaruhi hashtag yang digunakan bisa membuat konten Anda menjadi populer atau tidak.

Misalnya Anda menggunakan hashtag yang saat itu trending mengenai #fifaworldcup, tapi Anda justru memposting konten berkaitan tata cara makeup maka akan sulit untuk mendapatkan engagement.

Sementara agar menjadi viral, sebaiknya gunakan hashtag unik dan kreatif yang menawarkan hal baru atau berbeda. Hal tersebut cenderung menarik perhatian lebih banyak orang. Terlebih jika didukung dengan visual konten otentik berupa foto atau video yang mudah dibagikan daripada teks biasa.

Hashtag akan semakin populer saat seorang influencer, selebriti, atau tokoh terkenal menggunakannya juga pada postingan sosial media mereka. Sebab pengikut mereka cenderung mengikutinya yang meningkatkan popularitas hashtag tersebut.

Apa Manfaat Menggunakan Hashtag Viral?

Penggunaan hashtag viral pada konten memberikan sejumlah manfaat seperti berikut:

Meningkatkan jangkauan dan visibilitas konten

Pada dasarnya penggunaan hashtag memudahkan pengguna media sosial untuk menemukan postingan yang relevan dengan kata kunci yang mereka cari. Simbol # akan membuat algoritma medsos secara otomatis mengkategorikan konten serupa.

Maka dari itu, penggunaan hashtag viral secara tidak langsung dapat meningkatkan visibilitas dari konten yang Anda posting. Sebab kemungkinan konten Anda akan muncul saat ada orang yang mencari atau mengklik hashtag viral tersebut di luar dari pengikut Anda.

Meningkatkan engagement media sosial

Semakin tingginya visibilitas konten yang Anda posting, maka kemungkinan audiens untuk berinteraksi dalam percakapan dengan Anda lebih besar.

Agar lebih optimal, Anda perlu membuat visual konten yang otentik dan kreatif. Dengan begitu, pengguna lain tertarik untuk memberikan komentar, menyukai konten atau membagikannya pada sosial media mereka.

Misalnya, jika Anda memiliki brand olahraga dan ingin memanfaatkan momen even kejuaraan sepak bola piala Eropa 2024, Anda bisa menggunakan hashtag seperti #EropaUEFA atau #UEFA yang dibarengi dengan foto atau video para pemain bola eropa untuk menarik interaksi orang yang sedang mencari trending topic tersebut.

Baca juga: Mengenal Engagement di Media Sosial dan Cara Meningkatkannya

Membangun brand awareness

Penggunaan hashtag viral juga bisa membantu membangun brand awareness. Siapa pun yang tertarik dengan topik tertentu dapat dengan mudah menemukan konten Anda saat menggunakan tag topik tersebut.

Misalnya, Anda memiliki bisnis skincare dan membuat postingan tentang produk pelembab baru. Anda bisa menyertakan hashtag populer seperti #skincare, #beauty, dan #moisturizer dalam postingan Anda.

Dengan begitu, pengguna medsos yang tertarik dengan produk perawatan kulit atau mencari kata kunci di atas dapat menemukan postingan (dan merek) Anda yang memuat hashtag tersebut.

Menjangkau audiens baru

Selain followers yang mengikuti Anda di sosial media, penggunaan hashtag juga membantu Anda menjangkau audiens baru. Hal ini berkat tingginya visibilitas konten Anda.

Ketika ada orang yang memasukkan kata kunci yang relevan dengan hashtag Anda akan dengan mudah menemukan postingan Anda. Terlepas orang tersebut sudah pernah berinteraksi dengan Anda sebelumnya atau tidak.

Meningkatkan penjualan dan konversi

Penggunaan hashtag juga bisa menjadi cara efektif untuk mempromosikan bisnis Anda dan memicu percakapan. Dalam hal ini, dibutuhkan konsistensi Anda dalam memasukkan nama perusahaan Anda atau menggabungkan tagline ke dalam sebuah hashtag.

Sebagai contoh, Sephora sangat fokus membangun pengikut setia. Sephora bekerjasama dengan influencer untuk secara teratur memposting kembali konten yang dibuat pengguna yang memiliki hashtag #SephoraSquad.

Tips Menemukan Hashtag Viral

Manfaat penggunaan hashtag sudah tidak perlu diragukan lagi. Permasalahannya bagaimana cara untuk menemukan hashtag yang tepat agar konten Anda menjadi viral.

Ada beberapa cara untuk menemukan hashtag vital di sosial media, seperti berikut:

Gunakan tools hashtag research

Cara pertama adalah menggunakan tools analitik sosial media. Aplikasi ini akan menunjukkan kepada Anda apa yang sedang trending di niche market Anda. Topik populer tersebut bisa Anda gunakan untuk mencari hashtag relevan di berbagai platform media sosial.

Jika menemukannya, pertimbangkan untuk menggunakan hashtag terkait. Kemudian masukkan hashtag tersebut ke dalam kolom pencarian platform medsos dan lihat apa saja kata kunci pencarian yang disarankan.

Pantau tren hashtag

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan dengan monitoring hashtag yang sedang populer untuk membuat konten baru. Manfaatkan halaman khusus tren dari platform media sosial Anda untuk menemukan hashtag yang sedang viral seperti:

  • Produk atau layanan (contoh: #Pretzels)
  • Industri atau spesifik komunitas (contoh: #BookTok)
  • Waktu atau musiman (contoh: #NYE)
  • Lokasi (contoh: #Dublin)
  • Singkatan (contoh: #SMMs)

Kemudian dari daftar hashtag tersebut, cari tema atau topik umum yang relevan dengan brand Anda untuk digunakan dalam konten yang akan anda posting.

Ikuti influencer dan kompetitor

Kumpulkan informasi tentang pesaing Anda dan influencer yang relevan dalam niche market Anda. Kemudian, catatlah hashtag yang paling sering mereka gunakan dan berapa banyak hashtag yang mereka gunakan dalam setiap postingan mereka.

Informasi tersebut akan membantu Anda memahami bagaimana pesaing Anda berinteraksi dengan audiens target yang sama dan kata kunci mana yang biasanya mereka gunakan.

Namun perlu diingat, hashtag yang berhasil untuk pesaing Anda mungkin tidak cocok untuk merek Anda. Oleh karena itu, Anda perlu memahami audiens, dan niche, serta menggunakan hashtag yang lebih terarah yang sesuai dengan nilai yang dianut oleh pelanggan Anda.

Baca juga: Cara Memilih Influencer Marketing yang Sesuai dengan Niche Market Anda

Buat hashtag challenge sendiri

Cara terakhir untuk menemukan hashtag viral adalah membuatnya sendiri. Pertimbangkan untuk menggunakan nama brand Anda untuk hashtag yang ingin Anda buat. Hal ini sebagai bagian dari brand awareness yang memudahkan audiens mengenali Anda.

Selain nama brand, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk membuat hashtag dari proyek kampanye pemasaran yang Anda jalankan. Kemudian dorong audiens untuk ikut menggunakan hashtag tersebut melalui berbagai penawaran seperti giveaway di media sosial.

Tips Menggunakan Hashtag Viral Secara Efektif

Setelah menemukan hashtag viral, kini saatnya untuk menggunakannya pada postingan Anda di media sosial. Namun ada beberapa catatan penting yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan hasil optimal.

Saat banyak audiens yang membagikan foto atau konten di medsos dengan hashtag kampanye dan hashtag brand Anda, maka makin populer juga tag tersebut.

Pendiri & Strategis Utama Oh Snap! Social, Karlyn Williams mengatakan bahwa sebaiknya membuat daftar berisi berbagai hashtag, sehingga Anda menjaga keseimbangan dalam menggunakan hashtag populer (dengan jumlah postingan 100.000) dan yang kurang populer (dengan jumlah postingan 1.000-50.000). 

Berikut cara tepat untuk menggunakan hashtag viral di sosial media:

Gunakan hashtag yang relevan dengan konten Anda

Pertama, tambahkan hashtag yang relevan atau menggambarkan konten Anda. Kemudian saat menuliskan teks atau caption, tempatkan hashtag Anda sesuai dengan panduan masing-masing platform.

Menambahkannya di bagian bawah keterangan, deskripsi, atau postingan Anda adalah cara terbaik untuk mencegah orang mengklik hashtag dan pergi.

Kombinasikan hashtag viral dan nieche

Gunakan kombinasi hashtag populer dan niche Anda untuk mendapatkan hasil optimal.Hashtag populer akan membantu menjangkau audiens yang lebih luas dengan terlibat dalam percakapan yang sedang trending di platform sosial.

Sementara penggunaan hashtag niche memungkinkan Anda untuk menyasar audiens yang lebih tertarget dengan minat khusus yang relevan dengan merek atau produk Anda.

Dengan menggabungkan keduanya, Anda dapat meningkatkan visibilitas konten Anda secara efektif, menarik perhatian dari berbagai kelompok audiens, dan meningkatkan interaksi dengan target pasar yang lebih terfokus.

Jangan gunakan terlalu banyak hashtag

Saat memasukkan hashtag Anda perlu berhati-hati. Hindari memasukkan hashtag yang bersifat spam, tidak relevan, terlalu umum, atau terlalu banyak bisa lebih merugikan daripada menguntungkan. Pilihlah hashtag dengan bijak untuk menjangkau audiens yang memiliki minat serupa, dan pastikan konten Anda layak untuk dilibatkan.

Jika benar-benar ada 20 hashtag yang relevan yang harus Anda gunakan dalam satu postingan, maka sembunyikan tag tersebut. Kebanyakan platform seperti Instagram, LinkedIn, dan Facebook hanya akan menampilkan beberapa baris teks pertama. Segala sesuatu di bawah itu akan tersembunyi dan pembaca harus klik ‘lebih’ untuk melihatnya.

Sebagian besar spesialis media sosial merekomendasikan penggunaan hingga 15 hashtag berbeda dalam postingan Instagram. Twitter memiliki batas 280 karakter yang akan sangat membatasi pilihan hashtag Anda.

Pantau performa hashtag Anda

Terakhir, pantau hashtag apa yang telah Anda gunakan dalam postingan-postingan sebelumnya. Analisis postingan mana yang paling populer, kemudian lihat apakah ada pola dengan hashtag yang telah Anda gunakan.

Jika Anda melihat beberapa postingan paling populer Anda selalu mengandung beberapa hashtag yang sama, pastikan untuk menyertakan hashtag tersebut juga dalam postingan Anda selanjutnya.

Selain itu, Anda juga bisa memantau matrik berikut untuk mengetahui tingkat popularitas dari hashtag yang anda gunakan:

  • Popularitas: Berapa banyak orang yang menggunakan hashtag tersebut?
  • Jangkauan: Berapa banyak orang yang melihat hashtag yang Anda gunakan?
  • Interaksi: Berapa banyak orang yang terlibat (suka, bagikan, atau komentar) dengan postingan yang mencakup hashtag tersebut?
  • Pengguna: Siapa saja yang melihat hashtag tersebut? Anda dapat menemukan sebagian data ini di aplikasi bawaan.

Contoh Penggunaan Hashtag Viral di Berbagai Media Sosial

Berikut beberapa contoh penggunaan hashtag yang populer di beberapa platform sosial media:

Hashtag viral di Instagram

Contoh Penggunaan hashtag pada instagram

Platform sosial media yang paling populer saat ini adalah Instagram. Banyak pengguna IG menggunakan hashtag pada caption di postingan Instagram mereka untuk meningkatkan engagement.

Sementara untuk mencari hashtag populer bisa dengan mengklik bagian “Tags” pada bagian Eksplor Instagram. Kemudian Anda dapat menemukan konten yang menyertakan hashtag tersebut.

Berikut beberapa tips penting penggunaan hashtag di Instagram:

  • Pertimbangkan untuk memposting hashtag Anda sebagai komentar pertama pada postingan sehingga pengikut bisa fokus pada caption yang Anda tulis.
  • Dengan akun Instagram Bisnis, Anda dapat mengakses Instagram Insights. Dengan demikian, Anda bisa melihat berapa banyak impresi yang didapat profil Anda dari hashtag
  • Hindari menambahkan hashtag di tengah-tengah caption atau komentar, karena dapat membuat konten Anda kurang dapat diakses oleh orang yang menggunakan pembaca teks-ke-suara
  • Mengelompokkan hashtag di akhir caption (atau dalam komentar) adalah pilihan yang paling aman

Hashtag viral di Twitter

Contoh Penggunaan hashtag pada twitter x

Twitter atau X juga memungkinkan penggunanya untuk menambahkan hashtag dalam postingan mereka. Biasanya, pengguna X menambahkan # pada awal atau akhir postingan Twitter mereka.

Berbeda dengan Instagram, Twitter memiliki bagian khusus yang menampilkan hashtag populer atau trending topik. Pada bagian tersebut, Anda bisa menemukan topik yang sedang banyak dibicarakan.

Secara teknis, Anda bisa menggunakan sebanyak mungkin hashtag yang Anda inginkan dalam Tweet dengan batas 280 karakter.
Namun Anda tidak bisa menambahkan spasi atau tanda baca dalam hashtag, atau hashtag tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.

Hashtag viral di TikTok

Contoh Penggunaan hashtag pada TikTok

Hashtag viral di TikTok dapat ditemukan di deskripsi video atau di halaman Discover. Di Discover, Anda bisa melihat hashtag yang sedang tren dan video apa pun yang menggunakannya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kilim pencarian untuk menemukan hashtag yang menarik bagi Anda.

Tips penting penggunaan hashtag di TikTok:

  • Gunakan kombinasi hashtag yang spesifik dan yang sedang tren
  • Sisakan ruang di caption untuk hashtag Anda
  • Buat tantangan hashtag bermerek untuk melibatkan audiens Anda dan meningkatkan kesadaran merek

Hashtag viral di Facebook

Media sosial terakhir yang bisa Anda tambahkan hashtag pada postingan atau komentar Facebook. Hashtag berguna untuk mengelompokkan konten di grup Facebook pribadi berdasarkan tema atau topik

Sementara untuk mencari hashtag, Anda bisa menggunakan kolom pencarian Facebook atau mengklik hashtag untuk melihat umpan postingan Facebook yang menggunakan hashtag yang sama.

Gunakan Hashtag Viral dengan Tepat Sekarang

Penggunaan hashtag viral membantu meningkatkan visibilitas konten yang diposting pada sosial media. Penggunaan hashtag tetap harus diimbangi dengan konten yang relevan sehingga mendatangkan engagement.

Cara mudah untuk menemukan hashtag yang sedang tranding adalah menggunakan kolom pencari pada platform media sosial yang digunakan. Konsistensi menyematkan nama brand pada postingan di medsos juga perlu untuk meningkatkan awareness.

Namun, mengelola banyak saluran media sosial seringkali membuat bisnis kesulitan. Akibatnya banyak pesan audiens dari media sosial yang terabaika. Hal tersebut tidak perlu terjadi apabila brand menggunakan Mekari Qontak.

Mekari Qontak menawarkan aplikasi omnichannel yang menghubungkan berbagai media sosial , sehingga brand hanya perlu memantaunya dari dalam satu dasbor. Selain itu, Mekari Qontak juga memiliki chatbot AI pintar yang akan otomatis merespon semua pertanyaan audiens Anda secara otomatis.

Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim Ahi Mekari Qontak atau Coba Demo Gratis Aplikasi Omnichannel terbaik di Indonesia dengan klik link berikut.

Referensi

Kategori : Marketing
WhatsApp WhatsApp Sales