Mekari Qontak
Insight Marketing

10 Strategi TikTok Marketing untuk Menangkan Hati Pelanggan!

Aplikasi Sales CRM Mekari Qontak

Popularitas TikTok menambah daftar media sosial yang perlu dijelajahi sebagai media marketing oleh bisnis. Terutama bisnis dengan target pasar dari kalangan generasi muda. Pasalnya sebagian besar pengguna TikTok didominasi oleh generasi muda.

Seiring meningkatnya popularitas TikTok terus berinovasi. Salah satunya dengan mendukung aktivitas bisnis melalui TikTok Ads. Fitur TikTok ini membantu bisnis melakukan kampanye marketing yang cukup diminati.

Lalu bagaimana cara promosi melalui platform TikTok? Yuk, temukan jawaban selengkapnya dibawah ini.

10 Strategi melakukan Marketing di TikTok adalah

  1. Pelajari cara kerja TikTok
  2. Tetapkan tujuan yang selaras dengan tujuan bisnis Anda
  3. Tentukan audiens target Anda
  4. Buatlah konten menarik
  5. Gunakan hastag untuk membuat video
  6. Menggunakan jasa Influencer marketing
  7. Posting konten secara berkala
  8. Membalas komentar dari audiens
  9. Lacak progress Anda
  10. ;Maksimalkan TikTok Ads

Image CTA Pengertian Omnichannel


Apa itu Tiktok Marketing?

TikTok Marketing adalah metode pemasaran brand, produk atau layanan sebuah bisnis melalui platform Tiktok. Metode ini meliputi influencer marketing, TikTok Ads, pembuatan konten viral dan banyak lagi.

Hal yang perlu Anda perhatikan dalam aktivitas TikTok marketing adalah Anda membutuhkan analisis dan mengenal cara kerja platform tersebut terlebih dahulu. Tujuannya agar kegiatan promosi yang Anda lakukan dapat membuahkan hasil maksimal.

  • Keuntungan yang akan bisnis Anda melakukan TikTok marketing, diantaranya:
  • Meningkatkan brand awareness
  • Membangun komunitas yang interaktif
  • Meningkatkan penjualan produk dan layanan
  • Mendapatkan feedback langsung dari pelanggan dan audiens
  • Menyediakan layanan pelanggan
  • Mengiklankan produk dan layanan untuk menargetkan audiens

Bagaimana Cara Menggunakan TikTok untuk Business?

TikTok meluncurkan fitur TikTok for Business pada musim panas 2020. Perbedaan fitur ini dibandingkan versi sebelumnya adalah, Anda dapat menambahkan lebih banyak informasi ke profil Anda, insight terkait audiens dan mengakses metrik real time.

Berikut cara membuat akun TikTok for business adalah

  1. Buka halaman profil Anda.
  2. Buka tab Settings and Privacy di sudut kanan atas.
  3. Klik Manage account.
  4. Di bawah Account control, pilih Beralih ke Akun Bisnis.
  5. Pilih kategori yang paling menggambarkan akun Anda. Tiktok menawarkan kategori mulai dari Seni & Kerajinan, Blog Pribadi, Kebugaran, hingga Mesin & Peralatan.
  6. Dari sana, Anda dapat menambahkan situs web bisnis dan email ke profil Anda, dan Anda siap untuk memulai.

Cara Menggunakan TikTok untuk Business


Strategi Marketing TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

Berikut ini strategi marketing TikTok yang perlu Anda lakukan supaya bisnis makin laris manis adalah

1. Pelajari cara kerja TikTok

TikTok merupakan platform media sosial untuk berbagi konten video berdurasi 15 detik atau bisa digabung menjadi 60 detik. Video tersebut bisa menjadi media promosi yang efektif.

Caranya, Anda cukup membuat video produk dengan tambahan efek atau latar musik yang dapat menarik interaksi audiens. Interaksi yang diharapkan dari video tersebut dapat berupa komentar, like dan share video produk Anda.

Semakin banyak interaksi di video yang Anda buat, maka semakin tinggi peluang konten tersebut dipromosikan oleh TikTok ke pengguna lainnya. Hal ini peluang besar untuk Anda membangun branding.

2 .Tetapkan tujuan yang selaras dengan tujuan bisnis Anda

Anda dapat membuat TikTok hanya untuk bersenang-senang, tetapi lebih baik memiliki tujuan yang dapat dikaitkan dengan tujuan bisnis Anda secara keseluruhan.

Baik Anda berencana untuk menjangkau audiens baru, meningkatkan citra merek, mempromosikan kesadaran akan suatu produk, atau mengembangkan hubungan pelanggan yang lebih kuat melalui keterlibatan, penting untuk mendukung upaya Anda dengan alasan.

Pertimbangkan untuk menggunakan S.M.A.R.T. kerangka tujuan, atau tempat lain, untuk menetapkan tujuan yang: Spesifik, Terukur, Dapat Dicapai, Relevan, dan Tepat Waktu.

Seperti kebanyakan platform sosial, TikTok menyediakan analitik untuk akun Bisnis. Untuk mengakses analitik TikTok Anda:

  • Buka halaman profil Anda dan ketuk tiga garis horizontal di kanan atas.
  • Ketuk Alat Pembuat, lalu Analytics.
  • Jelajahi dasbor dan temukan metrik yang dapat Anda gunakan untuk mengukur sasaran Anda.

3. Tentukan audiens target Anda

Sebelum Anda mulai membuat konten, sangat penting bagi Anda untuk menunjukan sasaran penjualan. Oleh karena itu, Anda perlu pelajari tentang demografi TikTok, dan identifikasi mereka yang mungkin tertarik dengan brand Anda.

Luangkan waktu untuk meneliti audiens Anda di platform media sosial lain dan cari irisannya di TikTok. Tapi jangan mengesampingkan audiens baru atau tidak terduga. Audiens Anda saat ini mungkin tidak menggunakan TikTok, tetapi mungkin ada sub kelompok dengan minat yang terkait atau sedikit berbeda di platform tertentu.

4. Buatlah konten menarik

Setelah Anda memusatkan perhatian pada audiens potensial, teliti jenis konten apa yang mereka sukai dan libatkan. Kemudian mulailah melakukan brainstorming ide konten untuk brand Anda.

Sebenarnya pembuatan konten pada TikTok tidak berbeda jauh dengan konten di blog atau website. Anda bisa mengetahui keyword populer yang banyak dicari melalui tools Ahrefs atau Ubersuggest. Kemudian jadikan kata kunci tersebut untuk konten Anda.

Selain itu, Anda juga bisa bertanya ke audiens atau melakukan polling terkait topik pilihan yang disukai. Biasanya seputar product launching, tutorial, dan hashtag challenge.

5. Gunakan hastag untuk membuat video

Dalam upaya meningkatkan engagement rate, Anda perlu menambahkan hashtag pada setiap konten yang Anda unggah. Penggunaan hashtag pada TikTok akan menjadi rujukan untuk kasih rekomendasi video kepada pengguna lain.

Namun bukan berarti Anda bisa menggunakan hashtag sembarangan. Sebaliknya Anda perlu hashtag yang paling relevan dengan konten dan bisnis Anda.

6. Menggunakan jasa Influencer marketing

Seperti namanya, influencer marketing dapat membantu bisnis memasarkan produknya. Dimana mereka akan mengenalkan produk Anda pada pengikutnya.

Maka dari itu, wajar apabila 86% marketer mempercayakan influencer untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness. Namun agar optimal, pilihlah influencer yang sesuai dengan target audiens Anda.

7. Posting konten secara berkala

Hal paling penting dalam marketing di TikTok adalah Anda harus konsisten dalam mengunggah konten promosi. Tujuannya agar followers Anda selalu mendapatkan informasi terbaru dari Anda. Kemudian saat banyak like, video Anda akan ditampilkan masuk ke halaman for you page.

8. Membalas komentar dari audiens

Selanjutnya cara marketing di TikTok, jangan pernah mengabaikan komentar dari audiens Anda. Terlebih komentar yang diajukkan berupa pertanyaan. Teknik ini dapat meningkatkan engagement akun Anda.

Berikan jawaban informatif yang positif terkait produk Anda. Selain hanya menjawab, Anda juga bisa berkomentar postingan pengguna lain. Pasalnya, saat Anda berkomentar di postingan orang lain dan mendapatkan like, nama brand Anda bisa saja berada di urutan komentar teratas. Begitulah algoritma yang diterapkan TikTok.

9. Lacak progress Anda

Analytics bukan hanya titik awal yang sempurna untuk marketing di TikTok. Hal ini juga merupakan cara mudah untuk mengukur apakah strategi Anda berhasil atau tidak. Periksa setidaknya sebulan sekali dan lihat apakah Anda mencapai tujuan Anda.

Jika tidak, pertimbangkan untuk menguji berbagai jenis postingan, mungkin iklan yang jelas untuk Arkells tidak semenarik video musisi yang memukul sesama anggota orkestra dengan stik drumnya (TikTok itu memiliki kurang dari 600 dan lebih dari 1,4 juta tampilan, masing-masing).

10. Maksimalkan TikTok Ads

Fitur tambahan yang tidak boleh dilewatkan adalah TikTok Ads. Dimana fitur ini memfasilitasi bisnis untuk menjangkau target audiens lebih banyak melalui iklan berbayar.

TikTok Ads memiliki prinsip kerja serupa dengan Facebook Ads dan Instagram Ads. Iklan cuma ditampilkan ke audiens dengan minat sesuai bisnis Anda. Maka Anda juga perlu perlu memilih penargetan minat dan penargetan perilaku.

Cara untuk menggunakan TikTok Ads adalah

  • Tentukan tujuan Anda
  • Pilih target audiens Anda
  • Atur budget yang akan Anda keluarkan
  • Buatlah konten iklan Anda

Rekomendasi: 5 Program Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis


Tingkatkan Penjualan dengan Menerapkan Strategi Marketing di Tiktok Sekarang!

Logo Mekari Qontak

Seperti dijelaskan sebelumnya, TikTok marketing merupakan salah satu teknik pemasaran yang menjajikan di era digital saat ini. Hal ini seiring semakin banyaknya pengguna TikTok yang sebagian besar berasal dari kalangan milineal. Jadi bisnis

Salah satu cara marketing di TikTok dibutuhkan konten video yang relevan atau tren disukai target audiens Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan TikTok Ads untuk menjangkau audiens lebih banyak.

Selain TikTok, bisnis biasanya juga menggunakan platform lainnya untuk pemasaran seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp dan banyak lainnya. Dengan banyaknya media pemasaran yang bisnis gunakan, mungkin Anda kesulitan untuk mengelola itu semua.

Oleh karena itu, sebagian bisnis memanfaatkan Omnichannel dan CRM dari Mekari Qontak untuk mengintegrasikan seluruh saluran tersebut. Hal ini memudahkan bisnis memantau dan mengelola saluran pemasaran.

Selain itu, Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk membantu mengelola pemasaran, mereka. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales