Mekari Qontak
Marketing Other Business

8 Rahasia Sukses Menjalankan Digital Campaign

Digital Campaign

Begini Tips Membuat Digital Campaign yang Berhasil!

Di era teknologi saat ini, hampir semua bisnis menjalankan digital campaign. Dimana kampanye digital ini mampu menjangkau pelanggan lebih luas dibandingkan metode pemasaran konvensional. Dengan semakin banyak pelanggan yang dijangkau, artinya peluang bisnis untuk meningkatkan penjualan terbuka lebar.

Sayangnya menjalankan kampanya digital tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa tidak berhasil meningkatkan penjualan, meskin telah melakukan banyak pemasaran online. Lalu bagaimana cara membuat digital campaign yang berhasil? yuk, temukan jawabannya pada ulasan dibawah ini.


Apa Itu Digital Campaign?

Digital campaign atau kampanye digital adalah satu bentuk digital marketing adalah dengan melakukan kampanye yang bertujuan meningkatkan awareness bagi brand dan produk yang Anda tawarkan. Kampanye yang berlangsung secara online ini berpotensi menambah jumlah trafik serta mengumpulkan prospek yang benar-benar melakukan transaksi jika dilakukan dengan benar.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


8 Cara Efektif Menjalankan Digital Campaign

Digital campaign haruslah mengumpulkan jumlah audiens yang besar dan memperoleh engagement atau interaksi terbanyak. Berikut ini lima cara yang dapat Anda praktekkan dalam memaksimalkan kampanye secara digital.

1. Targetkan audiens yang lebih spesifik

Semakin spesifik target penjualan, maka akan semakin banyak dilihat dan diakses kampanye Anda. Jangan menargetkan siapa saja atau grup usia yang terlampau besar, karena hal ini justru akan membuat Anda menyia-nyiakan pengaturan spesifik yang sebenarnya sudah disediakan oleh platform-platform iklan.

Digital Campaign-Targetkan audiens yang lebih spesifik

Baca juga: Definisi Segmentasi Pasar, Manfaat dan Cara Menentukannya

2. Menyusun Strategi Digital Campaign

Setelah Anda menentukan target market atau audiens, selanjutnya Anda bisa menyusun menyusun strategi pemasaran digital. Strategi ini harus disusun secara detail untuk membuahkan hasil optimal. Buatlah tujuan atau target KPI yang harus dicapai untuk setiap bagian strategi dengan batasan waktu tertentu. Dengan begitu, akan memotivasi karyawan Anda untuk mencapai target tersebut.

3. Ikutsertakan SEO dalam digital campaign Anda

Setidaknya ada 5 jenis digital marketing yang banyak diminati bisnis saat ini. Salah satunya adalah optimasi kampanye digital adalah dengan memasukkan poin-poin SEO berupa kata kunci. Kata kunci atau keywords disebar di dalam kampanye hingga links untuk membangun backlink ke situs utama perusahaan Anda dan menambah jumlah trafik.

4. Sebarkan kampanye di seluruh platform media sosial

Supaya awareness semakin tinggi, jangan lupa untuk mempromosikan sendiri kampanye via akun-akun media sosial yang dimiliki. Setiap media sosial memiliki perbedaan dan karakteristik masing-masing. Karenanya, rancang agar kampanye yang disiarkan lewat masing-masing platform mengikuti karakter dari masing-masing platform dan dapat disesuaikan dengan kecenderungan pengguna platform terkait.

Digital Campaign-Sebarkan kampanye di seluruh platform media sosial

Rekomendasi: 10 Cara Jualan Online Laris di WhatsApp dan Ikuti 10 Cara Meningkatkan Penjualan di Instagram Berikut!

5. Tambahkan budget Anda untuk iklan

Kampanye digital  hampir pasti memerlukan dan harus menggunakan bantuan iklan untuk melakukan boosting atau mendorong agar kampanye ditemukan dan diakses. Iklan berbayar ini perlu Anda maksimalkan dengan tidak setengah-setengah berinvestasi. Berikan budget yang relatif lebih besar daripada konten biasa untuk kampanye Anda. Dengan begitu, kampanye Anda dapat menjangkau lebih banyak audiens dengan hasil yang lebih maksimal.

6. Gunakan analytics tools

Pilihlah analytics tools untuk membantu Anda mengukur keberhasilan digital campaign yang Anda jalankan. Ada beberapa analytics tool yang bisa Anda gunkan. Misalnya untuk mengukur jumlah audiens yang melihat konten campaign dan apa saja yang mereka lakukan saat melihat digital campaign tersebut.

7. Pastikan konten kampanye Anda menunjukkan adanya interaktivitas yang tinggi

qontak- workforce management software

Banyak konten kampanye yang terlalu kaku dan seperti disusun oleh sistem robot komputer dan membuat orang tidak tertarik mengaksesnya. Pastikan Anda memperhatikan bagaimana efek dari konten Anda ketika dibacakan atau disuarakan, tempatkan diri Anda sebagai orang yang akan melihat kampanyenya.

Dengan memastikan adanya tingkat interaktivitas yang tinggi pada sajian konten, orang yang membaca atau mengakses kampanyenya pun akan merasa nyaman mengakses hingga selesai. Viewers pun akan merasa memiliki koneksi dengan kampanye Anda sehingga mau melakukan sharing. Hal ini akan meningkatkan partisipasi dari pengakses konten dan followers Anda untuk ambil bagian dalam digital campaign Anda.

8. Evaluasi secara berkala

Terakhir, Anda perlu melakukan evaluasi jalannya digital campaign Anda secara perkala. Tujuannya untuk mengetahui progress terbaru dari penerapan kampenye online Anda. Apabila diperlukan, Anda bisa melakukan perbaikan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil yang lebih optimal.


Jalankan Digital campaign Anda Sekarang!

Qontak.com

Terlepas dari teknik atau strategi digital campaign yang Anda lakukan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strategi digital marketing Anda dengan bantuan sebuah aplikasi atau software yang tepat. Marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Dengan mengotomasi kegiatan marketing, Anda dapat menghasilkan calon pelanggan, melakukan kampanye untuk menjaga pelanggan, dan juga melakukan marketing berbasis akun.

Penggunaan aplikasi marketing berfokus untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan metode CRM marketing. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation dengan email campaigns. Kampanye email ini dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

[quote_colored name=”” icon_quote=”no”]Konsultasikan strategi digital campaign Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Marketing sekarang juga dengan mengisi form dibawah![/quote_colored]

[ninja_form id=2]

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales