Daftar isi
5 min read

Promosi Praktis dengan Broadcast Tokopedia Chat, Pasti Cuan

Tayang 28 November 2023
Diperbarui 28 Desember 2023
Panduan boradcast chat tokopedia
Promosi Praktis dengan Broadcast Tokopedia Chat, Pasti Cuan

Tokopedia konsisten mendukung seller untuk meningkatkan penjualannya. Salah satunya dengan menyediakan fitur broadcast chat Tokopedia.

Fitur broadcast chat bisa seller manfaatkan untuk membagikan pesan promosi ke banyak pelanggan sekaligus. Cara ini lebih efektif dibandingkan mengirimkan pesan manual ke setiap pelanggan.

Yuk, pelajari selengkapnya mengenai fitur boradcast chat dari Tokopedia pada artikel berikut.

Apa itu Broadcast Chat Tokopedia?

Broadcast chat adalah fitur yang Tokopedia sediakan untuk seller mengirimkan pesan personal ke calon pembeli atau pelanggan dengan biaya yang bisa mereka atur sendiri. Kemudian biaya tersebut akan ditagih melalui kredit Topads.

Kelebihan fitur pesan broadcast Tokopedia adalah memungkinkan seller untuk mengirimkan pesan massal dalam waktu yang sama ke calon pembeli menyukai produk mereka atau sudah berlangganan sebelumnya.

Selain itu, broadcast Tokopedia chat juga bisa diintegrasikan omnichannel. Integrasi Tokopedia chat ini memungkinkan seller untuk menghubungkan Tokopedia chat dengan aplikasi pesan instan dan sosial media lainnya.

Hal tersebut memudahkan seller untuk memantau chat dari Tokopedia atau platform lainnya dari satu dasbor. Semua chat juga otomatis tersingkronasi dari semua channel. Jadi tidak adalagi pesan pelanggan yang terlewat.

Tonton juga Video Berikut untuk Mempelajari Cara Integrasi Omnichannel dengan Tokopedia Chat:

YouTube video

Syarat Menggunakan Broadcast Chat di Tokopedia

Sebelum menggunakan menggunakan broadcast chat di Tokopedia, ada beberapa syarat yang perlu seller perhatikan seperti berikut:

  • Konten gambar yang diunggah dalam pesan harus berbentuk persegi dengan resolusi minimum 800 x 400 pixel.
  • Isi pesan dalam bentuk teks maksimum 160 karakter.
  • Jumlah link produk yang boleh dimuat dalam isi pesan broadcast maksimum 3 link.
  • Target penerima yang bisa dipilih maksimal 3 yaitu Follower Toko, Pembeli Potensial dan Pelanggan yang aktif dalam 30 hari terakhir.
  • Isi pesan bisa mencantumkan voucher toko untuk pembeli atau promo lainnya sesuai dengan ketentuan dan biaya yang diinginkan.

Bagaimana Cara Broadcast Chat di Tokopedia?

Setelah membaca syarat di atas, seller bisa mulai membuat pesan broadcast di Tokopedia dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. BukaAplikasi Tokopedia Seller

Pertama cara untuk membuat broadcast chat adalah masuk akun Tokopedia Seller. Kemudian pilih ikon “pesan dan broadcast chat” pada pojok kanan bawah. Selanjutnya, klik ikon tambah “+” pada pojok kanan atas.

Masuk akun seller - cara membuat broadcast tokopedia chat

2. Tulis Pesan Broadcast

Tahapan selanjutnya adalah klik “Buat Pesan” pada halaman dashboard Broadcast Chat. Namun sebelum itu, saller perlu pilih pesan yang akan dikirimkan, seperti Rilisan Spesial, Flash Sale Toko, Paket Bundling, Pengingat Ulasan, Promo Toko, Produk Baru atau Desain Chat Sendiri.

Berikut penjelasan selengkapnya:

  • Rilisan Spesial: berisi informasi untuk calon pembeli terkait produk spesial baru.
  • Flash Sale Toko: informasi terkait promo Flash Sale yang sedang berlangsung.
  • Paket Bundling: pemberitahuan terkait produk paket bundling yang Anda tawarkan untuk calon pembeli.
  • Promo Toko: berisi informasi terkait promo terbaru dari Toko.
  • Produk Baru: promosi produk terbaru
  • Design Chat Sendiri: berisi promosi atau informasi yang bisa dicustom sesuai dengan kebutuhan.

Setelah memilih jenis pesan, selanjutnya seller bisa membuat pesan atau konten sendiri atau otomatis. Konten otomatis beirisi template yang sudah disesiakan Tokopedia yang bisa dikustom sesuai kebutuhan.

Membuat pesan - cara membuat broadcast tokopedia chat

3. Pilih Penerima Pesan

Selanjutnya, pilih penerima pesan broadcast Tokopedia berdasarkan kategori berikut:

  • Punya Produk di Wishlist/keranjang
  • Pernah chat atau berinteraksi dengan Anda
  • Pernah lihat produk di toko Anda
  • Pernah beli produk toko Anda
  • Followers toko Anda

Kemudian periksa kembali pesan yang akan dikirimkan apakah telah sesuai dengan seller inginkan.

Pilih penerima pesan - cara membuat broadcast tokopedia chat

4. Kirim Pesan Broadcast

Setelah memastikan semua pesan aman. Maka tahapan selanjutnya adalah mengatur jadwal kirim broadcast.

Seller bisa memilih “Kirim Sekarang” atau “Kirim Nanti”. Khusus untuk “Kirim Nanti”, seller bisa mengatur pengiriman pesan tersebut mulai dari 1 jam hingga 1 bulan kedepan.

Namun sebelum membagikan pesan broadcast Tokopedia, tentukan metode pembayaran yang akan digunakan. Terdapat dua metode pembayaran, yaitu Topads dan gratis Broadcast. Seller bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.

Setelah itu, pilih menu klik “Kirim Chat”, selanjutnya tekan “Kirim Sekarang”.

Kirim pesan - cara membuat broadcast tokopedia chat

5. Lacak Chat Broadcast

Terakhir, lacak status pesan broadcast yang telah dikirim pada dashboard. Sementara untuk pesan yang dijadwalkan bisa seller edit kembali dengan memilih “Ubah isi chat”.

Cara membuat broadcast chat Tokopedia - monitoring pesan broadcast

Apa saja Keunggulan Mengirim Broadcast Chat Tokopedia

Menggunakan broadcast Tokopedia chat memberikan banyak manfaat positif untuk seller, seperti berikut:

  • Penggunaan Mudah

Keuntungan pertama adalah kemudahaan dalam penggoperasiannya seperti yang di jelaskan sebelumnya. Cukup dengan 5 langkah pengunaan boradcast Tokopedia, seller bisa mengirimkan berbagai promosi seperti membagikan katalog produk baru, voucher toko atau konten promosi lainnya.

  • Meningkatkan Customer Retention

Manfaat selanjunya adalah membantu seller menjaga hubungan dengan pelanggan (customer retention). Mereka bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengirimkan pesan ke pelanggan lama agar tidak berpaling. Misalnya voucher khusus pelanggan lama, barang sample dan lainnya.

  • Mempermudah Personal Selling

Meski pesan broadcast yang dikirimkan dalam bentuk massal, Anda tetap bisa mempersonalisasi isi pesan sesuai pelanggan Anda. Hal ini membuat promosi lebih efektif karena menjawab kebutuhan pelanggan.

  • Meningkatkan Penjualan

Semakin banyak promosi yang Anda kirimkan, maka peluang untuk menghasilkan penjualan juga semakin meningkat. Ini lah keuntungan menggunakan fitur broadcast chat yang mempermudah Anda membagikan pesan promosi.

Promosikan Bisnis Anda dengan Broadcast Chat di Tokopedia

Fitur broadcast chat Tokopedia sangat berguna untuk bisnis menyebarkan promosi dan meningkatkan penjualan. Fitur Tokopedia ini mempermudah bisnis menjangkau banyak pelanggan dalam waktu bersamaan.

Namun, penggunaan fitur broadcast chat Tokopedia memiliki kekurangan seperti sulit untuk merespon pesan balasan pelanggan dengan cepat. Oleh karena itu, Anda memerlukan tools tambahan yang mendukung pemasaran bisnis di Tokopedia.

Mekari Qontak menawarkan fitur omnichanel yang terintegrasi dengan Tokopedia. Integrasi ini memberikan Anda fitur lengkap untuk berjualan di Tokopedia. Misalnya broadcast chat promosi tanpa batas, chatbot penjawab pesan otomatis dan lainnya.

Solusi yang Mekari Qontak tawarkan telah dipercaya lebih dari 3500 perusahaan ternama di indonesia. Mereka menggunakan Mekari Qontak untuk meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan.

Coba Gratis integrasi omnichannel dengan Tokopedia chat atau Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim Mekari Qontak.

WhatsApp WhatsApp Sales