Daftar isi
9 min read

15 Marketplace Online Terbaik di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi

Tayang 24 November 2023
Diperbarui 07 Desember 2023
daftar marketplace online di Indonesia
15 Marketplace Online Terbaik di Indonesia yang Paling Banyak Dikunjungi

Konsumen saat ini cenderung lebih menyukai belanja online daripada offline. Mereka menilai belanja online lebih praktis dan nyaman karena bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini membuat banyak marketplace online bermunculan di pasar Indonesia.

Barang yang dijual di marketplace juga bervariasi, mulai dari produk UMKM hingga brand ternama. Bahkan beberapa brand tersebut membuat marketplace sendiri untuk memberikan kemudahan pelanggan mereka berbelanja.

Namun di antara banyak pilihan, hanya sebagian marketplace online yang populer dengan banyak pengunjung.

Databooks mencatat hingga kuartal II tahun 2023, Shopee masih menjadi primadona marketplace yang paling banyak dikunjungi. Sementara posisi kedua ditempati Tokopedia yang diikuti Lazada, Blibli dan Bukalapak.

Marketplace online paling banyak dikunjung di Indonesia

Selain lima marketplace yang disebutkan sebelumnya, masih banyak platform marketplace online terbaik di Indonesia yang banyak dikunjungi seperti di bawah ini:

1. Shoppe

Menempati posisi pertama sebagai marketplace online paling populer di Indonesia, Shopee menawarkan berbagai produk mulai dari kecantikan, peralatan rumah tangga, elektronik dan fashion.

Selain itu Shopee juga menawarkan berbagai inovasi yang memanjakan konsumen untuk berbelanja dengan nyaman. Sebut saja ShopeePay, flash sale, gratis ongkir, cashback, loyalty program dan banyak lagi.

Bahkan fitur live streaming ShopeeLIVE mendapatkan respon positif. ShopeeLIVE mengadirkan tontonan jualan yang menghibur. Survei Populix yang dikutip dari CNN Indonesia mengungkapkan sebanyak 69% responden memilih berbelanja di ShopeeLIVE.

2. Tokopedia

Berdasarkan data SimilarWeb situs Tokopedia meraih rata-rata 117 juta kunjungan setiap bulan. Angka tersebut mengokokohkan Tokopedia sebgai marketplace online terbaik kedua.

Jumlah kunjungan tersebut seiring dengan banyaknya varian barang yang dijual di Tokopedia, mulai dari produk elektronik, fashion, makanan dan banyak lagi.

Tokopedia juga menawarkan loyalty program dalam berntuk poin. Setiap konsumen berbelanja akan mendapatkan poin tambahan dalam bentuk coins gopay. Coins tersebut bisa Anda gunakan untuk pembayaran layaknya coins gopay umumnya.

Selain itu, Tokopedia menyediakan fitur-fitur unggulan yang memudahkan seller untuk berjualan seperti fitur promosi, broadcast chat, statistik toko, hingga auto reply chat untuk membalas pesan secara otomatis.

Auto reply chat Tokopedia bisa diintegrasikan dengan Omnicahnnel Mekari Qontak. Integrasi ini memungkinkan Anda untuk membalas pesan Tokopedia, WhatsApp, Media Sosial dan Email dari satu platform. Hal ini memudahkan dalam membalas pesan pelanggan dalam satu platform.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Chat Marketplace Untuk Balas Pesan Pelanggan

3. Bukalapak

Posisi ketiga sebagai marketplace online terbesar di Indonesia ditempati oleh Bukalapak dengan jumlah pengunjung mencapai 34 juta per bulannya.

Beroperasi sejak tahun 2010, kini Bukalapak telah memiliki 6 juta merchant atau seller yang menjual berbagai jenis produk lokal mulai dari elektronik, fashion, dan hobi & gaya hidup.

Menariknya, Bukalapak juga menawarkan program BukaEmas. Program ini memunginkan konsumen Bukalapak untuk berinvestasi dalam bentuk emas dengan biaya terjangkau mulai dari Rp100 ribu atau 0,0001 gram.

Kemudian konsumen tersebut bisa menjualnya kembali setelah terkumpul 1 gram emas.

4. Lazada

Marketplace populer di Indonesia selanjutnya adalah Lazada dengan jumlah pengunjung kurang lebih 30 juta per bulannya. Angka tersebut wajar mengingat Lazada memiliki reputasi yang baik dan menawarkan terjangkau.

Sebagian besar konsumen yang mencari produk elektronik dan fashion di Lazada. Meski begitu, Lazada juga menawarkan produk beragam lainnya yang mendukung kegiatan sehari-hari.

Alasan lain yang mungkin membuat Lazada menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia adalah karena memiliki akses global. Lazada beraliansi dengan perusahaan e-commerce raksasa asal China Alibaba.

Berkat aliansi tersebut, Anda bisa menemukan produk asal luar negeri dengan mudah di Lazada. Kemudian dengan fitur cross-border Lazada, Anda bisa membeli barang luar negeri dengan harga terjangkau. Lazada akan mengurus semua transaksi dan mengirimkannya langsung ke tempat Anda.

5. Blibli

Kemudian marketplace terbaik di Indonesia adalah Blibli milik Djarum Group. Setidaknya 19 juta pengunjung menjelajahi platform Blibli setiap bulannya. Hal ini lantaran Blibli memiliki reputasi baik serta produk yang otentik.

Produk yang paling banyak dicari di Blibli adalah elektronik, fashion, serta bahan makanan. Produk-produk tersebut berasal dari 16 ribu toko yang tersebar di lebih dari 300 kota.

Bahkan Blibli juga menawarkan produk segar secara online. Konsumen bisa belanja kebutuhan dapur bahkan untuk bahan yang segar melalui Fresh by Bliblimart.

6. Zalora

Marketplace populer di Indonesia selanjutnya adalah Zalora. E-commerce satu ini mengkhususkan diri untuk menjual produk fashion dan lifestyle. Sejak 2012 hingga saat ini, lebih dari 500 brand lokal bergabung Zalora yang memiliki jumlah pengunjung 2 juta per bulan.

Berbeda dengan marketplace besar sebelumnya, Zalora menawarkan sistem berjualan consignment. Seller menyerahkan seluruh sistem penjualan ke Zalora. Seller hanya menyediakan stok barang, kemudian Zalora yang akan menyimpan di gudang dan mengirimkan ke pelanggan.

Selain itu, Zalora juga menyediakan sistem Dropshipment. Zalora hanya bertindak sebagai pihak ketiga yang menyediakan platform untuk promosi dan jasa pengiriman paket.

7. Sociolla

Selanjutnya, marketplace terbaik di Indonesia adalah Sociolla. E-commarece satu ini menawarkan berbagai produk kecantikan seperti makeup, perawatan kulit, perawatan rambut, dan parfum, hingga berbagai alat kecantikan.

Setiap bulannya, marketplace Sociolla dikunjungi lebih dari 1,8 juta pengguna internet di Indonesia. Angka tersebut wajar mengingat Sociolla menjaga rantai pasok barang dengan bekerjasama distributor resmi baik di Indonesia maupun luar negeri.

8. Berrybenka

Berrybenka menjadi marketplace online terbaik di Indonesia selanjutnya. Marketplace ini menyediakan lebih dari 1.000 brand fashion lokal dan mancanegara untuk pria maupun wanita.

Berrybenka menawarkan kombinasi produk yang dapat dipersonalisasikan oleh pelanggan yang dikenalkan sebagai sistem “In-house label”.

Produk-produk yang bisa dikombinasikan pun beragam mulai dari pakaian, aksesori, sepatu, tas, produk olahraga, hingga produk kecantikan lainnya. Beragamnya produk fashion yang Berrybenka tawarkan membuat website dikunjungi lebih dari 171 ribu orang setiap bulannya.

9. Matahari.com

Kemudian retail fashion ternama Indonesia lainnya adalah Matahari. Berkat popularitas brand, Matahari langsung menjadi salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan jumlah pengunjung lebih dari 1,1 juta per bulannya.

Serupa dengan toko retail offline-nya, Matahari menawarkan beragam produk fashion dan gaya hidup. Produk yang dijual berupa baju, sepatu, tas dan aksessoris lainnya mendukung gaya hidup pria, wanita dan anak-anak.

Matahari.com atau toko Matahari offline sudah terintegrasi. Jadi pelanggan Matahari memiliki lebih banyak pilihan untuk berbelanja barang-barang fashion tanpa batasan apapun.

Baca juga: Aplikasi Toko Online Terpercaya di Indonesia

10. Hijup

Marketplace online terbesar lainnya yang menawarkan produk fashion adalah Hijup. Marketplace online ini menjadi destinasi belanja fashion muslim modern untuk masyarakat Indonesia dengan proses mudah, cepat, dan terpercaya.

Produk yang dijual di Hijup merupakan karya terbaik dari brand-brand ternama seperti seperti Dian Pelangi, Ria Miranda, Kami., ALLURA, Jenahara, Radwah, Covering Story, Zahra Signature, BR Shoes, Una Style by Iki Kadin, dan masih banyak lagi.

Selain fashion muslim, saat ini Hijup merambah ke produk kecantikan seperti lipstick, lip cream, loose powder, perfume, sun block, hingga produk skin care, dan body care.

11. Ralali

Berbeda dengan marketplace populer sebelumnya, Ralali menjual produk untuk B2B. Kategori produk yang ditawarkan di Ralali untuk keperluan Horeca, bahan bangunan, peralatan kantor, dan masih banyak lagi.

Keunggulan yang Ralali tawarkan adalah fitur permintaan harga, bantuan permodalan, layanan logistik, penghubung brand distributor dan lainnya. Fitur-fitur tersebut menghubungkan mitra Ralali dengan lain sebagai konsumen untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Berkat kemudahan yang ditawarkan, marketplace Ralali memiliki total pengunjung sebanyak 4,4 juta setiap bulannya.

12. Bhinneka

Marketplace online terbesar di Indonesia berikutnya adalah Bhinneka. Beroperasi sejak 1999, Bhinneka menjual produk elektronik dengan jumlah pengunjung lebih dari 6 juta pengguna.

Selain produk elektronik, kini Bhinneka juga menjual berbagai macam produk otomotif, keperluan industri dan lain sebagainya. Dengan banyaknya produk yang ditawarkan, Bhinneka mengukuhkan posisinya sebagai marketplace yang memenuhi kebutuhan bisnis (B2B) serta kerja sama dengan pemerintah (B2G).

13. Orami

Orami menjadi marketplace online terbaik berikutnya yang dimiliki Indonesia. Platform e-commerce ini menjual berbagai macam produk perawatan bayi, keluarga dan rumah tangga, seperti pakaian bayi, kebersihan, makanan dan nutrisi, mainan, aksesoris, dan lainnya.

Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau untuk konsumen Indonesia. Hal ini membuat Orami memiliki jumlah pengunjung lebih dari 16 juta pengguna.

14. Klik Indomaret

Klik Indomaret adalah marketplace yang dikembangkan oleh toko retail Indomaret. Tujuan pendirian salah satu marketplace terbesar di Indonesia ini untuk melayani pelanggan tidak hanya di dunia nyata, tapi juga di dunia digital.

Layaknya toko offline, Klik Indomaret juga menawarkan produk kebutuhan rumah tangga. Konsumen cukup memesan belanjaan melalui website, kemudian kurir dari Indomaret akan mengantarkan produk ke tempat pelanggan.

Berkat popularitasnya, website Klik Indomaret memiliki jumlah pengunjung lebih dari 2,6 juta perbulannya.

15. Alfagift

Kompetitor ketat Indomaret yakni Alfamart juga membuat marketplace online dengan nama Alfagift. Platform Alfagift didesain khusus untuk memberikan pengalaman berbelanja yang menarik dan berbeda.

Layaknya marketplace pada umumnya, Alfagift juga menawarkan program keanggotaan khusus yang terintegrasi secara online maupun offline. Jadi setiap konsumen melakukan aktivitas online atau offline tersinkronisasi.

Selain itu, Alfagift juga menawarkan berbagai program menarik seperti same day delivery & gratis ongkir. Program ini memungkinkan konsumen menikmati layanan pengiriman barang dari toko terdekat pada hari yang sama dengan gratis ongkir.

Apakah Aman Berbelanja di Marketplace Online Indonesia?

Popularitas marketplace terus bertambah setiap tahunnya terlihat dari jumlah pengunjung satu platform mencapai jutaan seperti disebutkan sebelumnya. Tingginya animo konsumen tersebut terkadang disalahgunakan oleh beberapa oknum tidak bertanggung jawab.

Padahal dari segi hukum semua transaksi elektronik dilindungi dalam UU nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Salah satu pasal menyatakan bahwa konsumen berhak mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya.

Selain itu, beberapa marketplace juga menerapkan peraturan yang mengharuskan konsumen untuk membuat video unboxing. Video tersebut berfungsi untuk mengklaim pengembalian barang atau uang saat produk yang diterima tidak sesuai atau rusak.

Sebagai upaya mitigasi penipuan, Anda bisa mengikuti tips berikut agar tidak kecewa saat berbelanja online di marketplace:

  • Riset barang yang akan dibeli mulai dari keaslian, harga hingga ketersediaan barang. Bandingkan antara satu toko dan toko lainnya.
  • Cobalah menjadi kritis dengan menelaah gambar dan deskripsi barang dengan cermat.
  • Pastikan nama barang, jenis, serta spesifikasi yang ditawarkan sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Pelajari syarat dan ketentuan pembelian barang, termasuk ketentuan dalam pengembalian barang yang tidak sesuai, klaim garansi saat terjadi kerusakan, pengembalian dana dan lainnya.
  • Pilih seller dengan reputasi bagus. Beberapa marketplace menyediakan fitur rating yang menunjukkan reputasi seller.
  • Selain itu, Anda juga bisa membaca ulasan yang dari pelanggan yang telah berbelanja.
  • Gunakan metode pembayaran resmi. Hindari mentransfer dana selain melalui metode yang marketplace sediakan.
  • Jika masih ragu, Anda bisa menggunakan metode COD (Cash On Delivery) agar semakin aman.
  • Saat membuka paket, buatlah rekaman untuk bukti jika barang yang diterima tidak sesuai dengan deskripsi.

Kesimpulan

Demikianlah daftar marketplace online terbesar di Indonesia yang memiliki jutaan pengunjung setiap bulannya. Beberapa diantaranya merupakan marketplace karya anak bangsa seperti Tokopedia.

Tokopedia menawarkan berbagai progam unggulan untuk meningkatkan layanan pelanggan. Salah satunya adalah auto reply chat yang mampu membalas pesan pelanggan secara otomatis. Namun, balasan yang diberikan tentu berupa template yang memiliki batasan.

Mekari Qontak menawarkan chatbot AI yang terintegrasi dengan Tokopedia chat. Integrasi ini memungkinkan seller untuk personalisasi jawaban auto reply chat secara otomatis. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Anda.

Yuk, Coba Demo Gratis chatbot terbaik dari Mekari Qontak atau Konsultasi Gratis dengan tim Mekari Qontak.

Referensi

Kategori : E-commerce
WhatsApp WhatsApp Sales