Daftar isi
6 min read

5 Cara Balas Pesan Otomatis di Tokopedia dengan Fitur Auto Reply Chat

Tayang 14 Juni 2024
Diperbarui 15 Juni 2024
Cara menggunakan auto reply chat tokopedia
5 Cara Balas Pesan Otomatis di Tokopedia dengan Fitur Auto Reply Chat

Tokopedia merupakan salah satu e-commerce paling diminati dengan 18 juta pengguna aktif bulanan. Popularitas Tokopedia tersebut bahkan membuat bisnis kerepotan membalas pesan pelanggan. Namun dengan adanya fitur auto reply chat Tokopedia, hal tersebut bukan menjadi masalah.

Fitur auto reply chat membantu bisnis membalas pesan otomatis di platform Tokopedia. Hal ini mendukung bisnis untuk memberikan layananan pelanggan terbaik. Jadi mereka tidak perlu lagi kehilangan pelanggan dan penjualan juga meningkat.

Pelajari selengkapnya cara menggunakan fitur auto reply chat untuk balas pesan otomatis di Tokopedia pada artikel berikut.

Apa itu Auto Reply Chat Tokopedia?

Auto reply chat Tokopedia adalah fitur aplikasi Tokopedia seller yang berfungsi untuk merespon pesan secara otomatis. Biasanya respon yang diberikan oleh auto reply Tokopedia berupa greeting message, informasi produk, ketersediaan produk, konfirmasi pesanan, dan banyak lagi.

Hebatnya auto reply chat Tokopedia tetap bisa merespon meskipun binis Anda sedang tidak beroperasi atau tutup. Hal ini memungkinkan pelanggan tetap terlayani kapan saja dibutuhkan.  Jadi secara keseluruhan, penggunaan auto reply chat dapat meningkatkan pelayanan pelanggan.

Sementara itu, cara membuat balasan otomatis di Tokopedia juga relatif mudah, mirip dengan membuat balasan otomatis di WhatsApp Business dan Shoppe. Oleh karena itu, banyak toko online mulai mengaktifkan fitur auto reply chat di Tokopedia untuk melayani pelanggan mereka.

Baca juga: Begini Cara Membuat Pesan Auto Reply WhatsApp Terbaru

Syarat dan Ketentuan Menggunakan Auto Reply Chat Tokopedia

Sebelum mulai mengaktifkan fitur auto reply chat, ada baiknya Anda mempelajari syarat dan ketentuan yang dibuat oleh Tokopedia. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Berikut syarat dan ketentuan penggunaan fitur auto reply chat di Tokopedia:

1. Pengaturan Pesan

Syarat pertama adalah berhubungan dengan pesan yang diizinkan dimuat dalam auto reply chat. Berikut beberapa hal yang perlu dicatat adalah

  • Isi satu pesan otomatis maksimal 300 karakter.
  • Isi pesan tidak boleh terdapat nomor HP, link atau alamat email.
  • Konten pesan balasan tidak boleh mengandung kalimat yang menimbulkan kesalahpahaman pembeli seperti “ready“, “tersedia” dan lainnya.

2. Pengaktifan “Auto Reply”

Syarat auto reply chat kedua yang perlu menjadi catatan adalah ketentuan dalam mengaktifkan fitur auto reply. Berikut penjelasannya:

  • Tentukan jam operasional toko
  • Fitur balas otomatis tidak aktif saat toko tidak beroperasi atau tidak aktivitas selama 7 hari. Jadi, Anda perlu mengaktifkan kembali fitur auto reply.
  • Lakukan pengecekan pada bagian “preview” sebelum menyimpan pesan.
  • Chat pembeli yang otomatis dibalas, tetap harus admin balas karena status chat tidak akan berubah menjadi sudah dibalas.

Cara Menggunakan Fitur Auto Reply Chat di Tokopedia

Cara mudah menggunakan auto reply chat Tokopedia

Setelah mempelajari syarat dan ketentuan membuat balasan otomatis di Tokopedia, Anda mungkin ingin mencoba fitur tersebut.

Berikut cara menggunakan auto reply chat Tokopedia:

  1. Masuk halaman Seller Tokopedia
  2. Klik tombol “Setting”
  3. Aktifkan pesan selamat datang atau pesan di luar jam operasional atau toko libur dengan menggeser “toggle”
  4. Isi dan periksa kembali pesan sudah sesuai yang diinginkan
  5. Klik “Simpan” untuk menyimpan pesan

Contoh Balasan Otomatis dengan Fitur Auto Reply di Tokopedia

Pesan Otomatis Menyambut Pembeli

Halo! Selamat datang di [Nama Toko]. Ada yang bisa kami bantu mengenai informasi produk atau layanan kami?

Hai! Terima kasih telah mengunjungi [Nama Toko]. Silahkan cek katalog produk kami dan jangan ragu untuk bertanya jika ada yang kurang jelas.

Selamat datang di [Nama Toko]. Kami siap membantu Anda menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Contoh Balasan Otomatis Memberikan Informasi Produk

Halo! Kami senang Anda tertarik dengan produk kami. Produk ini adalah best seller dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau, serta banyak testimoni positif. Pesan sekarang sebelum kehabisan!

Hai! Terima kasih sudah menghubungi kami. Produk ini adalah item baru dengan diskon 70% hingga akhir bulan. Tersedia dalam berbagai warna dan ukuran sesuai selera Anda. Jangan lewatkan promo ini!

Selamat datang di [Nama Toko]! Kami senang Anda tertarik dengan produk eksklusif kami yang hanya tersedia di toko online kami. Desainnya unik dan menarik, pesan sekarang juga!

Contoh Balasan Otomatis untuk Menawarkan Promo atau Voucher

Halo! Kami punya kabar baik. Saat ini ada promo gratis ongkir untuk pembelian minimal Rp 250.000, berlaku semua produk hingga akhir bulan. Manfaatkan sebelum terlambat!

Hai! Kami punya info menarik. Dapatkan voucher diskon 30% untuk setiap pembelian produk dengan mengikuti toko kami. Klik follow dan dapatkan vouchernya!

Selamat datang di [Nama Toko]! Ada penawaran spesial. Dapatkan cashback 45% untuk pembelian menggunakan Tokopedia Pay. Cashback masuk ke akun dalam 1×24 jam setelah pembayaran. Ayo gunakan Tokopedia Pay dan nikmati cashbacknya!

Apa Keuntungan Menggunakan Fitur Auto Reply Chat Tokopedia?

Jika Anda masih ragu untuk mengunakan fitur balas pesan otomatis di Tokopedia, maka Anda perlu mengetahui keuntungan apa saja yang akan dapatkan.

Berikut keuntungkan menggunakan fitur balas pesan otomatis di Tokopedia:

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Pertama, penggunaan fitur auto reply membantu bisnis meningkatkan pelayanan pelanggan. Pasalnya ditur ini mampu memberikan balasan chat otomatis di Tokopedia. Jadi pelanggan tidak perlu menunggu untuk mendapatkan balasan.

Selain itu, fitur auto reply ini dapat beroperasi selama 24 jam non stop. Kapanpun pelanggan menghubungi Anda, fitur ini akan membalas sesuai yang mereka butuhkan.

Baca juga: Cara Melayani Pelanggan dengan Baik

Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Keuntungan kedua adalah auto reply chat Tokopedia, memungkinkan Anda untuk memberikan respon cepat.  Fitur balas otomatis ini juga bisa mengirimkan greeting message yang menyapa setiap pengunjung baru berinteraksi.

Kemampuan tersebut bisa meninggalkan kesan ramah di mata mereka. Dengan begitu, bsinsis bisa menjaga hubungan pelanggan lebih erat.

Terlihat Lebih Profesional

Kelebihan dari balas pesan otomatis di Tokopedia lainnya adalah memungkinkan bisnis merespon pesan pelanggan dengan cepat. Komitmen tersebut secara tidak langsung menciptakan kepuasan pelanggan. Hal ini juga mendorong meningkatnya kredibilitas brand dan kepercayaan pelanggan.

Efisiensi Waktu

Terakhir, penggunaan fitur auto reply chat mampu menghemat waktu operasional. Admin tidak perlu terus menerus online untuk membalas pertanyaan yang sama dari pelanggan.

Sementara auto reply sibuk membalas pertanyaan pelanggan, admin bisa mengerjakan tugas lain yang lebih penting. Jadi produktivitas admin juga meningkat.

Tips Membuat Pesan Auto Reply di Tokopedia Chat

Keuntungan auto reply Tokopedia chat tentu sayang dilewatkan oleh pemilik bisnis online. Jika Anda juga tertarik menggunaknnya juga, simak tips membuat pesan untuk balasan otomatis di Tokopedia chat berikut ini:

1. Menggunakan Emotion

Tips membuat pesan balasan otomatis di Tokopedia pertama adalah menggunakan emoji atau stiker dalam tulisan yang Anda buat. Emoji atau stikel memberikan kesan bahwa Anda berusa menjadi akrab atau bersahabat dengan pelanggan.

Coba mulai menggunakan emoticon smile untuk menunjukkan keramahan Anda kepada pelanggan. Namun, penggunaan emoticon terlalu banyak dalam pesan akan memperlihatkan Anda tidak profesional dalam melayani pelanggan. Jadi gunakan emotion sesuai kebutuhan.

2. Tawarkan Diskon

Tips membuat pesan balasan otomatis kedua adalah mendorong pelanggan untuk transaksi dengan memberikan diskon khusus untuk mereka. Berikan batas waktu untuk diskon tersebut, sehingga pelanggan langsung membeli produk Anda.

Misalnya pesa otomatis yang mengandung muatan “Dapatkan diskon 50% hanya hari ini”.

Aktifkan Fitur Auto Reply Chat Tokopedia Anda Sekarang

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, diketahui bahwa fitur auto reply chat tokopedia berperan penting untuk meningkatkan pelayanan pelanggan. Fitur ini membantu bisnis untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis selama 24 jam.

Namun, fitur auto reply memiliki batasan yakni hanya bisa mengirim greating message, di luar jam operasional dan toko tutup. Isi pesan juga tidak boleh lebih dari 300 karakter.

Kekurangan tersebut membatasi pelayanan pelanggan bisnis. Maka dari itu, banyak bisnis mengupgrade dengan integrasi chatpanel dengan Tokopedia di Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan chatbot yang bisa mengirimkan pesan secara otomatis tanpa batas. Bisnis dapat mempersonalisasi pesan tersebut sesuai dengan kebutuhan.

 YukCoba Gratis Omnichannel CRM Mekari Qontak atau Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda dengan tim Mekari Qontak Gratis.

Kategori : ChatbotE-commerce
WhatsApp WhatsApp Sales