Daftar isi
7 min read

7 Cara Beriklan di Instagram Ads dan Biaya Penayangannya Terbaru

Tayang 30 Januari 2024
Diperbarui 01 Februari 2024
Cara berIklan di Instagram Ads
7 Cara Beriklan di Instagram Ads dan Biaya Penayangannya Terbaru

Di era digital saat ini, tidak bisa dilepaskan dari penggunaan media sosial khususnya Instagram. Hal ini dimanfaatkan oleh sebagian pelaku bisnis untuk memasarkan produknye melalui Instagram Ads.

Menurut laporan We Are Social, ada sekitar 104,8 juta pengguna Instagram di Indonesia pada Oktober 2023. Jumlah tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara pengguna Instagram terbanyak keempat di dunia.

Angka tersebut menunjukkan tingginya peluang bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan beriklan di Instagram. Dengan begitu, kesempatan untuk menghasilkan penjualan juga lebih tinggi.

Pelajari selengkapnya cara beriklan melalui Instagram ads, dan tips mengoptimalkannya pada artikel berikut.

Apa itu Instagram Ads?

Instagram ads adalah fitur yang memungkinkan bisnis untuk memasarkan produk dengan beriklan di platform Instagram. Fitur ads ini akan menampilkan iklan bisnis di Feed Instagram dan Instagram Story.

Selain itu, Instagram Ads juga menawarkan beragam fitur yang mendukung aktivitas kampanye pemasaran berjalan lancar, tepat sasaran serta mendatangkan penjualan.

Salah satunya adalah fitur FB Ads yang memungkinkan pebisnis untuk memperluas jangkauan audiens mereka. Dengan begitu, membuka peluang bisnis untuk merambah ke pasar baru.

Mengapa bisnis perlu menggunakan Instagram Ads?

Seperti dijelaskan sebelumnya, Instagram ads berfungsi sebagai media iklan bagi pebisnis. Namun perlu diketahui, banyak keuntungan yang akan bisnis dapatkan dengan beriklan di Instagram di antaranya sebagai berikut:

  • Jumlah pengguna aktif di Instagram relatif tinggi mencapai 1 miliar pengguna per bulan. Hal ini kesempatan Anda untuk menjangkau audiens yang lebih luas
  • Instagram ads memiliki fitur yang bisa memilih target audiens lebih spesifik berdasarkan minat, perilaku, demografi hingga riwayat interaksi. Hal ini membantu Anda menyajikan konten kampanye yang relevan dengan target audiens
  • Menyediakan berbagai format iklan, mulai dari foto, video, stories dan reels yang bisa digunakan untuk memperkenalkan produk dengan cara lebih menarik
  • Tool analisis kinerja yang membantu mengukur tingkat keberhasilan iklan yang Anda jalankan di Instagram, dengan melacak jumlah tayangan, interaksi dan konversi
  • Biaya beriklan di Instagram Ads relatif terjangkau mulai dari Rp 15.00 per hari. Anda juga memiliki fleksibilitas dalam mengatur anggaran beriklan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pemasaran

Dengan kombinasi dari semua alasan di atas, Instagram Ads menjadi pilihan yang menarik dan efektif untuk bisnis dan pengiklan yang ingin memaksimalkan visibilitas mereka secara online.

Baca juga: Strategi Marketing Meningkatkan Penjualan di Instagram

Berapa Biaya Memasang Iklan di Instagram?

Pertanyaan yang sering muncul saat membahas Instagram Ads adalah masalah biaya. Layaknya beriklan pada media konvensional, iklan di Instagram Ads tidak gratis atau berbayar.

Biaya pemasangan iklan di Instagram bervariasi atau tergantung pada matriks yang digunakan.

Mengutip Kompas.com bahwa Instagram Ads memiliki dua matriks utama yaitu biaya per klik (Cost-Per-Click/CPC) sebesar $0,20- $2 atau setara dengan Rp3.000 – Rp.30.000 (kurs dolar Rp.15.000) dan biaya per tayang (Cost-Per-Impression/CPM) dengan kisaran harga sekitar $6,70 atau Rp 100.500 per 1.000 tayangan.

Pembayaran iklan kampanye di Instagram dapat dilakukan melalui kartu kredit atau debit. Setelah pembayaran, Facebook akan melakukan review iklan untuk menilai efektivitasnya. Pengiklan juga dapat mengatur anggaran iklan untuk periode tertentu, misalnya, menganggarkan dana Rp 1.000.000 untuk iklan selama seminggu.

Meta merekomendasikan agar Anda menetapkan anggaran minimal $5 dan memilih durasi lebih 6 hari. Sebab dengan jumlah dan durasi ini, sistem Meta akan menemukan audiens terbaik untuk iklan Anda.

Apa saja Syarat beriklan di instagram ads?

Sebelum mulai beriklan di Instagram, Anda perlu memenuhi beberapa syarat berikut:

  • Memiliki Akun Bisnis

Syarat pertama menggunakan Instagram Anda adalah akun IG yang Anda gunakan merupakan akun bisnis. Sebab akun bisnis memang didesain khusus untuk mendukung pelaku bisnis mempromosikan produk atau layanan di Instagram.

  • Akun Instagram Terhubung dengan Facebook

Syarat kedua adalah pastikan akun Instagram bisnis Anda terhubung dengan Facebook. Dalam hal ini, Anda harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu.

  • Memenuhi Kebijakan Instagram

Terakhir dan terpenting adalah Anda harus mematuhi semua kebijakan yang diatur oleh Instagram. Salah satunya adalah iklan yang akan Anda tampilkan tidak boleh mengandung unsur SARA, menyinggung pihak lain, serta mengandung beberapa keyword seperti ‘bajakan’, ‘replika’, dan sebagainya. Sertakan juga alamat URL yang aktif dan valid.

Baca juga: Cara Promosi di Instagram yang Menghasilkan Keuntungan

Bagaimana Cara Memasang Iklan di Instagram Ads?

Setelah memenuhi persyaratan di atas, Anda bisa memasang iklan atau kampanye pemasaran Anda di Instagram dengan cara berikut:

1. Tentukan Tujuan Iklan

Langkah pertama, Anda perlu menentukan tujuan beriklan. Pastikan tujuan tersebut masuk akal, seperti membangun brand awareness atau meningkatkan penjualan.

2. Berikan Nama Kampanye Iklan di Instagram

Tahapan selanjutnya memberikan nama pada iklan Anda untuk memudahkan dalam melacak efektifitasnya. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan kategori khusus serta rincian informasi kampanye.

Selain itu, Anda bisa uji coba dengan membagi iklan menjadi beberapa variasi berbeda. Kemudian tentukan juga anggaran maksimal untuk setiap variasinya.

Jika Anda memilih Advantage Campaign Budget, platform akan secara otomatis mendistribusikan anggaran iklan Anda di seluruh set iklan Anda. Atau Anda dapat mengalokasikan pengeluaran untuk setiap set iklan secara manual.

3. Buat Design Iklan

Langkah ketiga Anda perlu membuat design yang akan digunakan pada iklan. Kemudian, Anda bisa memilih jenis design “Dynamic Creative” Design ini memunginkan Anda untuk mengunggah berbagai elemen iklan, seperti gambar, CTA dan lainnya. Hal ini membantu Anda untuk melakukan uji coba iklan berbeda dalam waktu bersamaan.

4. Tentukan Jadwal Penayangan dan Anggaran Iklan

Tahapan selanjutnya, Anda perlu memilih waktu yang tepat untuk menayangkan iklan dan seberapa banyak uang yang akan Anda habiskan. Keduanya bisa ditentukan secara bersamaan.

Instagram Ads memberikan dua pilihan untuk bisnis menghabiskan anggaran iklan, yaitu harian dan seumur hidup.

Anggaran harian bisa Anda pilih untuk menayangkan iklan hingga anggaran yang disediakan habis setiap harinya. Dalam hal ini, Anda bisa menetapkan tanggal mulai dan berakhirnya penayangan iklan.

Sementara anggaran seumur hidup memungkinkan iklan untuk tayang selamanya sampai batas waktu yang ditentukan. Misalnya, Anda mungkin ingin iklan muncul hanya pada hari kerja atau akhir pekan. Anda dapat memilih secara manual hari dan waktu iklan akan muncul bagi audiens target Anda.

5. Pilih Target Audiens

Setelah menentukan anggaran untuk beriklan, selanjutnya Anda bisa memilih target audiens. Anda bisa mencoba menargetkan audiens berdasarkan demografi, minat dan perilaku mereka.

6. Pilih Penempatan Iklan

Selanjutnya, Anda perlu memutuskan di mana iklan Anda akan tayang. Jika Anda hanya beriklan di Instagram, maka hilangkan centang Facebook dan centang Audience Network.

7. Atur Format Iklan Instagram

Terakhir, Anda bisa memulai menjalankan dengan masuk dasbor pembuatan iklan di Instagram. Di sinilah Anda bisa mengunggah konten, menulis caption dan mempublikasikan iklan.

Instagram ads memberikan berbagai format iklan yang bisa Anda pilih, seperti berikut:

  • Foto: menampilkan satu gambar
  • Carousel: pengiklan bisa menampilkan beberapa gambar atau video yang bisa digulirkan secara horizontal
  • Slideshow: mirip dengan iklan carousel, tapi gambar bisa berpindah otomatis (tanpa perlu digulirkan)
  • Video: menampilkan klip video berdurasi 3 detik hingga 60 detik

Baca juga: Cara Pasang Iklan di Instagram Story

Perluas Jangkauan Pelanggan Anda dengan Instagram Ads

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa Instagram ads membantu bisnis untuk menjangkau pelanggan dengan iklan. Dengan pengguna aktif lebih dari 1 miliar, peluang bisnis menjual produk lebih besar.

Namun perlu dipastikan juga bahwa iklan yang Anda jalankan diimbangi dengan respon cepat dari agen customer service Anda. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan penjualan dan pelanggan.

Mekari Qontak menawarkan Instagram API terpercaya di Indonesia. Fitur-fitur Instagram API memungkinkan Anda untuk membalas pelanggan secara otomatis. Dengan begitu, Anda bisa memberikan respon pelanggan dari Instagram Ads secara otomatis.

Konsultasikan Kebutuhan Bisnis Anda secara Gratis ke Tim Ahli Mekari Qontak

Referensi

Kategori : InstagramMarketing
WhatsApp WhatsApp Sales