Mekari Qontak
Business Sales

Apa Itu Fitur Instagram Shopping dan Cara Membuatnya

Definisi Instagram Shopping

Instagram mengembangkan fitur baru khusus untuk pelaku bisnis membuka toko online di Instagram melalui Instagram Shopping. Fitur ini memudahkan bisnis untuk memasarkan produknya melalui postingan foto atau video untuk menarik lebih banyak pelanggan.

IG Shopping juga dilengkapi banyak fitur yang mempermudah bisnis mengelola toko Instagram mereka. Selain itu, IG Shopping juga dapat ditingkatkan menjadi API Instagram untuk menjalin komunikasi lebih erat antara bisnis dengan pelanggan.

7 Cara mudah membuat toko di Instagram Shopping adalah sebagai berikut:

  1. Uji Kelayakan Bisnis
  2. Beralih ke Akun Bisnis atau Kreator
  3. Hubungkan ke Halaman Facebook
  4. Katalog Produk Instagram Shopping
  5. Ajukan Peninjauan ke Facebook
  6. Aktifkan Fitur Belanja IG Shopping
  7. Gunakan Label

Image CTA Instagram API for shopping


Apa Itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur yang membantu bisnis menjual produknya dengan memberi tag harga dan nama produk pada postingan atau story Instagram. Saat pelanggan mengetuk label, mereka akan diarahkan ke halaman deskripsi produk.

Melalui fitur ini, pelanggan dapat mengetahui harga produk tanpa perlu menghubungi customer service atau mengunjungi website. Pelanggan juga dapat langsung melakukan pembayaran dengan fitur ini. Namun hanya terbatas untuk pengguna yang berada di AS.


Apa saja Fitur pada Instagram Shopping?

Toko online di Instagram sudah banyak yang memanfaatkan Instagram Shopping untuk meningkatkan penjualan. Hal ini tak lepas dari fitur-fitur yang dimiliki Instagram Shopping yang mempermudah toko online menarik banyak pelanggan.

Fitur-fitur yang dimaksud di antaranya sebagai berikut:

– Toko

Instagram-Shopping-toko

Setiap berjualan, tentu Anda membutuhkan sebuah toko. Begitu juga Instagram, Anda harus membuat sebuah toko di Instagram.

Cara membuat toko di Instagram Shopping mudah hampir sama dengan membuat akun Instagram pada umumnya. Melalui fitur toko online di Instagram, Anda dapat memposting produk-produk yang dijual.

– Label Produk

Instagram-shopping-label

Kelebihan IG Shopping adalah setiap postingan dilengkapi label yang memudahkan pelanggan mengenali detail produk.

Manfaatkan fitur label produk untuk memberikan label pada setiap postingan foto atau story IG. Dengan begitu, pelanggan tidak perlu repot bertanya ke CS atau mengunjungi website untuk mengetahui detail produk Anda.

– Stiker Belanja di Stories

Stiker-Belanja-di-Stories-Instagram-Shopping

Sisipkan fitur stiker belanja setiap akan memposting gambar di Stories. Kemudian fitur ini akan langsung mengarahkan pengguna ke halaman toko Instagram Anda untuk bertransaksi. Stiker ini juga bisa digunakan pengguna lain yang mempromosikan produk Anda.

– Etalase

Instagram-shopping-etalase

Etalase atau tampilan toko Instagram dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Usahakan etalase yang ditampilkan memudahkan pelanggan Anda untuk dapat langsung berbelanja dari halam profil toko online Instagram Anda.

– Koleksi

Instagram-shoppingKoleksi

Fitur koleksi memudahkan Anda untuk menyesuaikan tampilan toko. Cara yang dilakukan adalah dengan memisahkan postingan produk sesuai dengan kategori atau tema tertentu. Hal ini memudahkan pelanggan untuk mencari produk yang diinginkan pada toko Instagram Anda.

– Halaman Detail Produk

Instagram-Shopping-Halaman-Detail-Produk

Untuk mempermudah pelanggan, produk Anda harus disertai dengan keterangan produk secara detail. Fitur halaman detail produk dapat Anda manfaatkan untuk menjelaskan semua informasi yang relevan tentang produk yang Anda jual seperti harga, deskripsi barang dan media.

– Iklan dengan Label Produk

Instagram-Shopping-Iklan-dengan-Label-Produk

Setelah Anda membuat toko online di Instagram, waktunya memaksimalkan jangkauan produk dengan iklan. Lengkapi postingan Anda dengan fitur belanja, promosikan postingan melalui pengelola iklan atau membuat iklan sendiri. Iklan yang dilengkapi fitur ini akan mengarahkan pelanggan ke situs web Anda.

– Pembayaran

Instagram-Shopping-Payment

Pelanggan tidak perlu repot berpindah aplikasi untuk melakukan pembayaran dengan fitur ini. Sayangnya, fitur ini hanya tersedia di Amerika Serikat saja. Sementara di Indonesia, Anda perlu menggunakan fitur belanja lain yang mengarahkan pelanggan ke platform pembayaran.

– Belanja dari Content Creator

Instagram-Shopping-Belanja-dari-Kreator

Fitur ini terbatas hanya untuk pemilik toko Instagram yang mendukung fitur pembayaran. Dimana melalui fitur ini, pelanggan dapat belanja produk mode inspiratif yang merupakan karya dari kreator favorit mereka.

– Peluncuran Produk

Instagram-Shopping-Peluncuran-Produk

Produk baru yang akan Anda launching dapat diumumkan terlebih dahulu melalui IG Shopping. Fitur ini memberitahu pelanggan lebih awal mengenai produk yang akan Anda luncurkan.

Pelanggan juga dapat memasang pengingat waktu untuk berbelanja saat produk mulai dipasarkan. Sayangnya, fitur ini terbatas pada toko Instagram yang menggunakan proses pembayaran.

– Live Shopping

Instagram-Live-Shopping

Fitur ini membantu Anda mempromosikan produk melalui siaran langsung (Live Shopping) di IG. Dengan cara ini, Anda dapat menjalin koneksi lebih erat dengan followers secara online. Namun sama seperti fitur sebelumnya, fitur Live Shopping hanya bisa digunakan bisnis yang telah mengaktifkan fitur pembayaran.

Baca juga: 15 Cara Ampun Meningkatkan Penjualan Online Shop di Instagram


Persyaratan Instagram Shopping

Sebelum dapat menggunakan fitur Instagram Shopping yang ada pada Instagram, Anda perlu memestikan bahwa bisnis Anda telah memenuhi persyaratan Instagram Shopping terlebih dahulu.

Berikut adalah syarat Instagram Shopping:

  1. Akun Instagram dan Halaman Facebook Anda harus mematuhi ketentuan dan kebijakan perdangan yang dimiliki oleh Facebook dan Instagram.
  2. Halaman Facebook atau akun Instagram Anda harus menawarkan produk yang tersedia untuk pembelian langsung dari situs web Anda, atau memberikan domain tunggal yang tidak disingkat dan digunakan untuk menjual kepada pihak Facebook.
  3. Bisnis Anda harus berlokasi di salah satu pasar yang didukung oleh Instagram dan Facebook.
  4. Menunjukkan kredibilias dan eksistensi bisnis.
  5. Memberikan informasi yang benar, jelas, dan akurat, serta mengikuti praktik perdangan dengan baik.

Bagaimana Cara Membuat Instagram Shopping?

Cara buat Instagram Shopping cukup mudah. Pertama, Anda harus mendaftarkan toko Anda di Instagram. Sementara cara daftar Instagram  hampir sama dengan membuat akun Instagram pada umumnya.

Perbedaan cara membuat toko di Instagram Shopping adalah uji kelayakan dan lainnya setelah akun toko Intagram dibuat. Untuk lebih lengkapnya, simak cara daftar IG Shopping berikut ini:

1. Uji Kelayakan Bisnis

Persyaratan membuat toko online di Instagram adalah harus memiliki sebuah usaha atau bisnis. Oleh karenanya, Anda perlu mengkonfirmasi ke pihak Facebook bahwa bisnis Anda layak membuka toko Instagram.

Cara menguji kelayakan bisnis Anda adalah dengan memenuhi persyaratan yang ditetapkan Facebook, di antaranya meliputi:

  • Lokasi bisnis berada di negara yang mendukung IG Shopping
  • Produk yang dijual memenuhi syarat yang ditetapkan Facebook
  • Mematuhi perjanjian dan kebijakan perdagangan dari Facebook
  • Memiliki domain situs web yang digunakan untuk berjualan

2. Beralih ke Akun Bisnis atau Kreator

switch-to-Business

Ubah akun Instagram Anda menjadi bisnis. Selanjutnya, lengkapi informasi yang relevan pada profil seperti jam operasional bisnis, alamat, nomor telepon dan tautan ke website bisnis Anda.

3. Hubungkan ke Halaman Facebook

Langkah-3-Cara-Membuat-Instagram-Shopping

Koneksikan akun toko online Instagram ke halaman Facebook yang Anda miliki. Anda tidak perlu membuat halaman Facebook baru, gunakan yang sudah Anda miliki. Cara menghubungkannya sebagai berikut:

  • Buka profil Instagram bisnis
  • Klik Edit Profil
  • Pilih informasi bisnis publik, Klik Halaman
  • Apabila Anda belum memiliki halaman Facebook, maka pilih Buat Halaman Facebook

4. Susun Katalog Produk Instagram Shopping

Langkah-4-Cara-Membuat-Instagram-Shopping

Buat katalog yang akan menampilkan produk-produk yang Anda jual. Ada 2 cara membuat katalog produk di toko Instagram. Pertama dengan metode “mandiri” pada pengelola bisnis Facebook. Terakhir adalah mengen mengintegrasi melalui mitra platform e-commerce yang telah bersertifikasi.

5. Ajukan Peninjauan ke Facebook

Langkah-5-Cara-Membuat-Instagram-Shopping

Ajukan pengajuan ke pihak Facebook adalah cara membuat IG Shopping selanjutnya. Tujuannya agar bisnis Anda terdaftar sebagai pengguna IG Shopping.

Cara daftar Instagram Shopping cukup mudah, Anda hanya perlu memilih pengaturan kemudian daftar Shopping. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah mengajukan peninjauan akun.

Proses peninjauan biasanya memakan waktu beberapa hari bahkan lebih lama lagi. Untuk mengecek status Anda, buka “Belanja” pada “Pengaturan”. Sebagian bisnis akan mendapatkan notifikasi untuk melengkapi bukti kepemilikan domain situs web.

Apabila Anda menerima notifikasi tersebut, ikuti perintahnya hingga menyelesaikan proses verifikasi domain agar bisa mengajukan peninjauan akun.

6. Aktifkan Fitur Belanja Instagram Shopping

Langkah-6-Cara-Membuat-Instagram-Shopping

Setelah Facebook memberikan persetujuan, Anda dapat memulai mengaktifkan fitur belanja. Cara aktivasi fitur belanja ini sebagai berikut:

Buka Akun-> pilih Pengaturan-> klik Bisnis-> ketuk Belanja-> Hubungkan Katalog Produk yang diinginkan-> Klik Selesai

Apabila fitur belanja tidak muncul pada Pengaturan, mungkin akun Anda masih dalam proses peninjauan atau belum disetujui oleh Facebook.

7. Gunakan Label

langkah-7-Cara-Membuat-Instagram-Shopping

Tambahkan label pada setiap postingan produk toko Instagram Anda. Label ini bertujuan untuk menyoroti produk-produk di Instagram yang ditampilkan pada feed dan stories Instagram.

Cara melabeli produk sama seperti Anda memposting foto pada Instagram messenger. Bedanya, unggahan IG shopping dapat ditambahi dengan stiker belanja pada stories.


Kenapa Akun Instagram Shopping Tidak Disetujui?

Salah satu alasan yang paling umum mengapa akun Instagram Shopping ditolak adalah karena tidak memenuhi syarat Instagram Shopping atau kriteria kelayakan Commerce yang telah ditetapkan oleh Instagram dan Facebook, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Selain itu, terdapat alasan lainnya mengapa akun Instagram Shopping tidak disejetujui, seperti berikut ini:

  • Halaman Facebook Anda tidak memiliki Shop Template atau Template Toko.
  • Kehadiran di akun Instagram bisnis yang dinilai tidak cukup, karena audiens yang masih terlalu sedikit.
  • Tidak menghubungkan dan memverifikasi domain atau toko asli Anda.
  • Bisnis tidak memiliki produk fisik yang diperjualbelikan.

Lalu, apa solusi Instagram Shopping ditolak?

  • Pastikan Anda telah mematuhi seluruh kriteria kelayakan Commerce Instagram.
  • Agar akun Instagram Anda dapat menggunakan fitur IG Shopping, Anda perlu memastikan bahwa akun Facebook Anda memiliki templat halaman yang disesuikan untuk jenis halaman yang Anda buat.
  • Akun Instagram Anda perlu memiliki audiens yang cukup, sehingga dapat mengumpulkan visibilitas maksimum melalui koneksi yang ada.
  • Pastikan Anda telah memverifikasi domain di Facebok dan Instagram.
  • Fitur IG Shopping mendukung belanja langsung dari pembeli langsung. Dengan demikian, memiliki produk fisik yang dijual menjadi kriteria penting untuk mendapatkan persetujuan belanja.

Baca Juga: 11 Cara Menaikkan Engagement Rate Instagram


Apakah Fitur Instagram Shopping Berbayar?

Pada dasarnya IG Shopping dapat diperoleh secara gratis oleh semua pelaku bisnis sama halnya dengan akun Instagram Messenger. Namun, Anda dapat meningkatkan akun Instagram bisnis Anda menjadi API Instagram. Tujuannya agar meningkatkan meningkatkan pengalaman pelanggan dan mendorong lebih banyak penjualan bisnis Instagram Shop Anda.

Dikutip dari BigCommerce bahwa fitur IG Shopping mampu melejitkan traffic beberapa merek sebesar 1,1416%. Sementara merek lainnya melaporkan kenaikan pendapatan hingga hampir 20%.

Dimana dengan mengaktifkan API Instagram Shopping, Anda dapat menjalin komunikasi lebih efisien dengan pelanggan. API Instagram Shopping juga dapat terintegrasi dengan alur kerja pada sistem lain dalam bisnis yang sudah ada, seperti aplikasi CRM dan aplikasi Omnichannel Mekari Qontak untuk customer service.

Berbeda dengan Instagram biasa yang tidak bisa melakukan integrasi atau dimodifikasi dengan fitur-fitur canggih lainnya secara fleksibel. Selain itu, dengan Instagram API, Anda juga dapat menggunakan bot Instagram sehingga dapat memberikan balasan otomatis (auto reply) pada setiap Instagram DM yang masuk.

Saya Mau Coba Gratis Instagram API Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!


Integrasikan Instagram Shopping Anda Sekarang!

Instagram API Mekari Qontak

Di tengah ketatnya persaingan bisnis saat ini, Instagram Shopping hadir sebagai media marketing baru untuk Anda memasarkan produk yang dijual. Cara membuat Instagram Shopping juga relatif mudah seperti yang telah dijelaskan.

Namun, untuk menambah nilai saing dan meningkatkan layanan pelanggan jauh lebih baik apabila IG Shopping Anda terhubung dengan Instagram API. Pasalnya, API Instagram Shopping dilengkapi dengan fitur Chatbot yang dapat mengirim katalog dan membalas pertanyaan pelanggan secara otomatis.

API Instagram bisa Anda dapatkan dari Mekari Qontak yang telah membantu lebih dari 3000+ bisnis untuk memperoleh manfaat di atas. Instargam API dari Mekari Qontak juga dapat diintegrasikan dengan Omnichannel CRM yang menghubungkan WhatsApp, Line, Facebook Messenger dan lainnya.

Jadi tunggu apa lagi? Integrasikan Instagram Shopping Anda dengan API Instagram dari Mekari Qontak secara gratis sekarang!

Hubungi Mekari Qontak Sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales