Mekari Qontak
Marketing Sales

5 Program Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

ahrefs-Program Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Setiap bisnis pasti ingin penjualannya terus meningkat. Oleh karena itu, mereka berlomba menyusun program marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis secara keseluruhan.

Program marketing tersebut dapat berupa strategi yang diterapkan untuk menjaring pelanggan baru seperti penawaran diskon, pemberian voucher, pemasangan iklan dan lainnya.

Pada artikel ini akan dibahas secara lengkap terkait program marketing. Yuk, pelajari selengkapnya disini!

Image CTA program marketing untuk meningkatkan penjualan


Apa itu Program Marketing?

Program marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang untuk mencapai tujuan tertentu seperti meningkatkan penjualan. Dimana rencana ini meliputi detail aktivitas apa saja yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Program marketing ini sangat dibutuhkan oleh sebuah bisnis agar semua aktivitas terarah dan terukur. Dari situ, bisnis dapat memperkirakan atau mengidentifikasi program mana saja yang tidak berjalan sesuai dengan rencana atau perlu ditingkatkan.

Baca juga: 13 Program Sales untuk Meningkatkan Penjualan secara Efektif


5 Program Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Seperti dibahas sebelumnya bahwa program marketing merupakan bagian dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh bisnis untuk meningkatkan penjualan. Dimana pada strategi tersebut ada beberapa tahapan yang dirancang oleh bisnis untuk dikerjakan.

Berikut strategi program marketing yang biasanya diterapkan pada bisnis adalah

1. Memahami kebutuhan pelanggan

Bagi bisnis, pelanggan adalah komponen terpenting yang harus dilayani dengan baik. Apabila mereka puas dengan pelayanan yang diberikan, maka bisnis akan mendapatkan keuntungan terutama dalam peningkatan penjualan.

Namun untuk bisa memberikan pelayanan terbaik, bisnis harus bisa memahami keinginan pelanggannya. Cobalah analisis dari perilaku pelanggan selama interaksi dengan bisnis, tujuannya untuk memahami perilaku dan keinginan mereka.

Kemudian Anda bisa memberikan pelayanan sesuai dengan persona pelanggan. Dengan begitu, pelanggan Anda akan jauh lebih loyal pada Anda.

2. Pilih tempat yang strategis

Salah satu faktor yang mempengaruhi pemasaran adalah pemilihan tempat untuk kampanye. Penting untuk Anda selalu hadir dimana pelanggan Anda berada.

Misalnya target pelanggan Anda ada generasi z, maka cobalah untuk memasarkan produk Anda di media sosial yang banyak mereka gunakan dibandingkan beriklan di koran atau majalah. Sebab sebagian besar target pelanggan Anda tersebut lebih banyak menghabiskan waktu di sosmed dibandingkan membaca koran dan majalan.

3. Memaksimalkan penggunaan digital Marketing

Di era digital saat ini, sangat penting untuk Anda gencar menerapkan internet marketing. Pasalnya pelanggan lebih banyak mencari informasi secara online. Jadi agar produk tetap dikenal dan mudah dijangkau, Anda harus melakukan digital marketing secara optimal.

Cobalah untuk memanfaatkan platform sosial media seperti Instagram, Facebook dan lainnya untuk pemasaran digital Anda. Jangan lupa juga selalu memperbarui website dan blog Anda untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

4. Lakukanlah promosi

Hal yang tak kalah penting adalah Anda perlu membuat program promosi secara aktif dan kontinyu. Misalnya dengan mengikuti event-event pameran dan eksibisi yang digelar di seluruh wilayah Indonesia untuk membangun branding dan meningkatkan kredibilitas brand Anda.

Jangan lupa juga untuk melakukan promosi sendiri secara kreatif. Misalnya dengan menyebarkan brosur, pamflet atau leaflet yang menawarkan paket diskon, voucher atau lainnya.

Dengan berbagai upaya tersebut dapat mendorong pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis Anda. Mungkin diawali dengan mencari informasi lebih lanjut terkait brand Anda hingga terjadi proses transaksi.

5. Menjaga hubungan dengan pelanggan

Interaksi dengan pelanggan tidak hanya berlangsung saat transaksi terjadi. Namun sebelum dan sesudahnya juga sama pentingnya. Artinya Anda harus memastikan hubungan tersebut terjalin dengan baik. Dengan begitu, tidak akan ada pelanggan yang kecewa.

Pasalnya pelanggan yang kecewa sangat rentan menyebarkan kekecewaannya ke orang lain. Hal ini bisa berdampak buruk pada brand Anda. Sebaliknya pelanggan yang merasa puas akan merekomendasikan brand Anda ke keluarga atau kolega mereka.

Tools Pendukung Program Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis

Program marketing tidak akan berjalan maksimal tanpa dukungan perangkat teknologi. Pasalnya tools ini mampu mempermudah aktivitas pemasaran bisnis.

Berikut tools yang dibutuhkan untuk program marketing berhasil meningkatkan penjualan adalah

Mekari Qontak sebagai sistem management marketing

Mekari Qontak-program marketing untuk meningkatkan penjualan

Mekari Qontak menawarkan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi CRM ini mampu mengelola semua interaksi pelanggan baik berasal dari aktivitas marketing, sales, closing, lead, dan lain lain.

Kelebihan aplikasi Mekari Qontak terintegrasi dengan sistem Omnichannel. Dimana sistem ini mampu menghubungkan semua saluran pemasaran Anda seperti email marketing, WhatsApp, Instagram, Facebook dan lainnya. Integrasi ini memudahkan Anda memantau aktivitas pemasaran di berbagai saluran dari satu platform.

Berikut adalah kelebihan aplikasi CRM Mekari Qontak adalah

  • Memiliki fitur manajemen data penjualan yang terpusat.
  • Memiliki dashboard yang lengkap dan interaktif.
  • Menyediakan laporan dan analisis bisnis yang lengkap dan akurat.
  • Dapat diakses baik melalui perangkat seluler dan desktop.
  • Dapat memantau data penjualan dengan seksama.
  • Memungkinkan adanya kolaborasi dalam satu aplikasi.
  • Tersedianya manajemen sales pipeline yang membantu pengguna memantau bisnis secara keseluruhan.
  • Dapat diintegrasikan dengan saluran bisnis penting lainnya.

Jurnal.id untuk managemen keuangan marketing

Mekari Jurnal-program marketing untuk meningkatkan penjualan

Setiap aktivitas pada bisnis tentu melibatkan urusan keuangan, tak terkecuali program marketing. Jurnal.id hadir menawarkan soluasi untuk masalah keuangan bisnis Anda. Fitur aplikasi akuntansi Jurnal.id memudahkan Anda dalam mengelola keuangan bisnis, terutama bagi Anda yang membutuhkan sebuah aplikasi catatan penjualan untuk menjaga data perusahaan.

Pengelolaan yang mudah dan praktis akan menghemat waktu dan tenaga Anda, sehingga Anda akan lebih fokus terhadap rencana pengembangan bisnis. Dengan Jurnal.id, Anda bisa menyusun laporan keuangan mulai dari membuat laporan keuangan, menghitung biaya, mengelola stok dan pelaporan pajak menjadi lebih mudah.

Kelebihan yang ditawarkan aplikasi akutansi online Jurnal.id adalah

  • Menghemat Waktu dan Tenaga
  • Kerangka Kerja Akuntansi yang Lebih Efisien
  • Manajemen Pencatatan Utang dan Piutang yang Lebih Baik
  • Meminimalisasi Risiko Kesalahan Teknis Pencatatan Transaksi
  • Pengorganisasian Data-Data Transaksi

– Ahrefs untuk memantau aktivitas digital marketing khususnya SEO

ahrefs-Program Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Ahrefs adalah tools yang berguna bagi bisnis yang sedang menjalankan kampanye digital. Bagaimana tidak, tools ini membantu Anda untuk membuat konten dengan kualitas tinggi dari segi manusia atau robot crawl search engines.

Selain itu, Ahrefs juga memudahkan Anda dalam analisa website seperti backlink, keyword dan sebagainya. Analisa ini berperan dalam memahami apa saja konten yang berkualitas, berapa kuantitas konten yang mengalami peningkatan, dan konten yang butuh optimasi.

Fitur yang ditawarkan oleh Ahrefs adalah

  • Mengukur lalu lintas (traffic) kampanye
  • Audience reports untuk memahami kebutuhan pengunjung
  • Flow visualization graphics memudahkan dalam memantau pengunjung website Anda.
  • Custom reports analisis data yang dapat disesuaikan kebutuhan Anda
  • Competitor overview untuk memantau traffic share Anda dengan kompetitor

– Media sosial untuk menjangkau pelanggan lebih luas

sosial media

Sosial media memiliki peran penting dalam dunia marketing di era digital saat ini. Pasalnya pemasaran yang dilakukan melalui sosial media membantu bisnis menjangkau lebih banyak pelanggan. Kesempatan ini harus bisa dimanfaat oleh bisnis secara optimal.

Terlebih sebagian platform sosial media seperti Instagram, Facebook dan TikTok juga mendukung bisnis untuk berjualan. Dimana mereka melengkapi platformnya dengan fitur berjualan, sebut saja Instagram dengan fitur IG Shop atau Facebook dengan fitur marketplace.

Kelebihan yang akan Anda dapatkan menggunakan sosial media adalah

  • Sebagai branding dan meningkatkan brand awareness dengan rutin membagikan konten yang menonjolkan Unique Selling Proposition (USP) dari brand Anda.
  • Mendatangkan Leads dan Meningkatkan Konversi dari followers yang mengikuti akun media sosial Anda.
  • Menjalin Hubungan Baik dengan Customer dengan memberikan respon cepat untuk setiap keluhan pelanggan
  • Mempelajari konten diminati oleh target market Anda dari menganalisa akun social media milik kompetitor.

– Youtube Ads

Youtube Ads-Program Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Selain sosial media, yang tidak boleh Anda lupakan adalah keberadaan Youtube Ads. Dimana tools ini membantu Anda memasarkan produk pada video-video Youtube tertentu.

Beriklan di Youtube mulai populer seiring makin banyaknya minat orang pada platform ini. Dengan Youtube Ads, Anda dapat meningkatkan awareness dan peningkatan kuantitas closing.

Semetara itu, untuk membuat iklan pada Youtube ads ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan seperti:

  • Buatlah video promosi yang menarik
  • Targetkan pelanggan yang sesuai dengan pasar Anda
  • Arahkan audiens untuk mengunjungi website bisnis Anda

Rekomendasi: 6 Tools Marketing Terbaik yang Wajib Dimiliki Bisnis


Contoh Program Marketing yang Terbukti Efektif

Banyak sekali program marketing yang dijalankan oleh bisnis. Sayangnya tidak semua program tersebut berjalan sesuai dengan harapan yang berujung hanya menghabiskan biaya promosi semata. Oleh karena itu, bisnis perlu membuat program marketing lain yang efektif meningkatkan penjualan

Berikut ini beberapa contoh program marketing yang terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan adalah

1. Menawarkan diskon atau potongan harga

Sebagai pelanggan tentu Anda juga menyukai diskon, tak terkecuali pelanggan Anda. Maka cobalah untuk menawarkan diskon bagi pelanggan Anda. Selain untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan lama, diskon juga dapat membantu Anda menarik calon pelanggan untuk bertransaksi.

Namun, sebelum memberikan diskon ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan seperti:

Diskon diberikan untuk menunjukan penghargaan, bukan mempertahankan pelanggan
Berikan diskon pada pelanggan tertentu
Diskon hanya diberikan setelah Anda memiliki fundamental pelanggan yang stabil
Berhati-hatilah saat mengumumkan diskon
Kombinasikan beberapa metode promosi untuk meminimalkan efek kerugian

2. Pemberian hadiah

Selain diskon, Anda juga dapat memberikan hadiah sebagai upaya peningkatan penjualan. Pemberian hadiah ini biasanya ditujukan untuk pelanggan yang loyal sebagai bentuk penghargaan.

Maka dari itu, sebagian bisnis menerapkan kartu membership untuk mengukur loyalitas pelanggan. Dimana setiap anggota akan mendapatkan hadiah khusus seperti voucher khusus member.

3. Reward

Reward adalah bentuk penghargaan yang diberikan oleh bisnis kepada loyalitas pelanggan. Biasanya reward diberikan berdasarkan poin yang pelanggan dapatkan dari transaksi dengan bisnis.

Misalnya untuk setiap pembelian produk A, pelanggan akan mendapatkan 1 point. Setelah terkumpul 10 point, pelanggan akan mendapatkan produk A gratis. Sistem ini biasanya berhasil mendorong pelanggan untuk terus bertransaksi.

4. Cashback

Cashback ada metode promosi yang banyak diterapkan akhir-akhir ini. Metode promosi ini memikat pelanggan dengan menawarkan pengembalian sejumlah uang yang dibelanjakan. Meskipun pada prinsipnya, metode ini sama dengan potongan harga.

Misalnya harga satu buah sepatu sebesar Rp 250.000, dan setiap membeli produk tersebut akan mendapatkan cashback 10% atau setara senilai Rp25. 000, maka jika membeli dua sepatu, pembeli akan mendapatkan cashback senilai Rp 50.000.

5. Promo Buy 1 Get 1 Free

Contoh promosi terakhir yang bisa Anda terapkan adalah penawaran beli satu gratis satu. Metode pemasaran ini tidak bisa Anda terapkan untuk sembarangan produk. Biasanya hanya untuk produk bahan pokok yang dibutuhkan pelanggan seperti deterjen, shampo, atau sabun mandi.

Meski terkesan merugikan, namun metode ini efektif untuk menarik pelanggan untuk bertransaksi. Artinya tujuan Anda untuk meningkatkan penjualan tercapai.


Tingkatkan penjualan Anda dengan Program Marketing dan Tools Pemasaran Terbaik!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan bahwa program marketing sangat penting untuk meningkatkan penjualan bisnis. Ada serangkaian strategi yang bisa bisnis terapkan untuk menjapai tujuannya dalam menjalankan pemasaran.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan tools marketing. Dimana tools ini mempermudah aktivitas pemasaran. Seperti Mekari Qontak yang menawarkan aplikasi CRM untuk mengelola semua aktivitas bisnis mulai dari pemasaran, penjualan hingga layanan pelanggan.

Kelebihan lainnya dari Mekari Qontak adalah mampu menghubungkan berbagai saluran pemasara dalam satu platform terpadu. Hal ini memudahkan bisnis dalam mengawasi aktivitas marketing Anda.

Maka tidak heran jika Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan layanan pelanggan. Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales