Daftar isi
5 min read

Cara Mudah Membuat Custom Report di Aplikasi CRM

Tayang 10 Agustus 2023
Diperbarui 15 Juli 2024
Cara mudah custom report mekari qontak
Cara Mudah Membuat Custom Report di Aplikasi CRM

Saat ini, penggunaan aplikasi CRM (Customer Relationship Management) cukup populer di kalangan berbagai sektor perusahaan. Pasalnya aplikasi CRM membantu mereka melacak dan mengelola hubungan pelanggan lebih efisien.

Keunggulan lainnya, sebagian aplikasi CRM menyediakan fitur custom report yang memungkinkan perusahaan untuk mendesain laporan CRM sesuai kebutuhan.

Dengan demikian, perusahaan bisa lebih praktis dalam membuat dan memahami laporan. Terlebih fitur custom report tersebut bisa diakses secara real time. Pengambilan keputusan pun jadi lebih akurat

Yuk, pelajari cara membuat custom report dan keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan pada artikel berikut.

Apa itu Custom Report CRM?

Custom report CRM adalah fitur pelaporan yang dibuat berdasarkan dimensi atau matriks yang bisa Anda pilih sendiri. Artinya fitur CRM ini bisa menampilkan matriks yang Anda ukur sesuai kebutuhan bisnis.

Kemampuan tersebut memungkinkan Anda memiliki wawasan yang relevan dengan bisnis. Misalnya terkait data atau nilai penjualan pada waktu tertentu, hingga prediksi peluang penjualan.

Kemudian Anda bisa menganalisis data serta mengidentifikasi trend atau pola pada setiap tahapan penjualan. Hal ini membantu Anda mengambil keputusan penjualan lebih tepat berdasarkan data akurat.

Baca juga: Cara Membuat Dashboard Laporan CRM dan Contohnya

Apa Manfaat Menggunakan Fitur Custom Report?

Seperti disebutkan sebelumnya, sebagian aplikasi CRM yang memiliki fitur custom report. Salah satunya adalah aplikasi CRM dari Mekari Qontak.

Mekari Qontak menawarkan fitur custom report yang memungkinkan Anda untuk mengkostumisasikan laporan dari data CRM sesuai kebutuhan bisnis Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengambil keputusan yang lebih baik untuk mengoptimalkan kinerja bisnis secara keseluruhan.

Selain itu, keuntungan menggunakan fitur custom report dari Makari Qontak adalah

  • Menampilkan wawasan berharga untuk berbagai kebutuhan bisnis.
  • Laporan menjadi lebih fokus dan tepat sasaran dengan metrik dan indikator yang relevan dengan target bisnis.
  • Memudahkan melacak kinerja tim dan identifikasi hambatan yang mereka hadapi.
  • Analisis geografis pelanggan lebih optimal berdasarkan kombinasi data demografi pelanggan, pola pembelian, dan kehadiran pesaing.
  • Mengembangkan template pelaporan yang bisa di filter sesuai dengan kebutuhan.
  • Memiliki laporan real time yang responsif dan komprehensif.
  • Menyediakan beragam variasi analisis laporan KPI untuk berbagai tim.
  • Meminimalisir risiko yang membuat bisnis rugi karena semua keputusan dibuat berdasarkan data.

Bagaimana Cara Membuat Custom Report di Mekari Qontak?

Mekari Qontak menyediakan menu report pada aplikasi CRM mereka. Fitur tersebut memungkinkan Anda untuk membuat dashboard report sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Agar lebih jelasnya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat custom report di CRM Mekari Qontak:

  1. Login ke Panel Mekari Qontak.
  2. Masuk ke laman Custom Report dengan klik menu ‘Custom’.
  3. Ajukan permohonan ke tim support dengan klik ‘Book consultation’.
  4. Kemudian Anda akan diminta untuk mengisi form permohonan seperti contoh tabel di bawah ini:
    No

    Kolom

    Penjelasan

    1 Phone number Masukkan nomor telepon Anda.
    2 Numbers of employee Pilih jumlah karyawan di perusahaan Anda.
    3 Custom Report Title Masukkan title atau nama dari custom report yang ingin Anda ajukan.
    4 Why do you need this dashboard to be customized? Masukkan alasan Anda ingin membuat custom report.
    5 Other Components, Attributes, and Notes Masukkan komponen, atribut atau catatan pada custom report yang ingin Anda tambahkan.
    6 I am the decision maker for this add-on feature Centang ini jika Anda memiliki role sebagai pembuat keputusan dalam penambahan custom report ini.
    7 Submit Klik untuk mengirimkan form ke tim Qontak
  5. Setelah form sudah Anda isi, tim Mekari Qontak akan menghubungi Anda. Pada kesempatan itu, Anda dapat berdiskusi mengenai requirement report yang Anda butuhkan. Kemudian, tim Mekari Qontak akan mendevelop permintaan yang Anda ajukan.

Infografik tahapan Membuat Custom Report

Pelajari selengkapnya: [Panduan Pengguna] Cara Mengajukan Pembuatan Custom Report di Qontak CRM

Apa Perbedaan Fitur Custom Reports dan Fitur Pelaporan Biasa?

Fitur pelaporan biasa umumnya hanya menyediakan beberapa template yang bisa Anda gunakan. Sementara untuk matriks yang diukur di dalamnya juga menyesuaikan dengan template yang tersedia.

Pilihan template yang bisa Anda gunakan biasanya berupa laporan umum, laporan penargetan, laporan perbandingan, laporan geografis, dan tren penjualan.

Template tersebut tentu membatasi matriks yang ingin Anda pantau. Sebab tidak semua matriks yang diukur dalam template relevan dengan bisnis Anda.

Berbeda dengan fitur custom report yang memungkinkan Anda untuk meminta kustomisasi laporan yang sudah ada, sehingga Anda dapat mengeksplorasi metrik yang lebih spesifik dan menyesuaikan personalisasi laporan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Misalnya laporan untuk tim penjualan, Anda dapat menyesuaikan laporan untuk fokus pada metrik dan indikator kinerja yang relevan dengan tim penjualan. Begitu juga untuk tim lainnya metrik yang diukur sesuai dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: 7 Cara Membuat Sales Report (Laporan Penjualan) untuk Bisnis

Personalisasi Laporan Bisnis Anda dengan fitur Custom Report dari Mekari Qontak

Seperti dijelaskan sebelumnya, fitur custom report memberikan banyak keuntungan untuk bisnis. Salah satu yang menyediakan fitur ini adalah Mekari Qontak.

Custom Report Mekari Qontak dirancang agar mudah digunakan dan intuitif untuk pengguna dengan berbagai pilihan filter dan visual data. Anda tidak perlu memiliki keahlian teknis yang mendalam untuk membuat dan menyajikan laporan.

Mekari Qontak menggunakan data real-time dari database CRM Anda. Laporan tersebut diekspor ke dalam berbagai format seperti PDF, Excel, dan lainnya. Hal tersebut memfasilitasi kolaborasi antar tim dan memudahkan pengambilan keputusan.

Jadi tunggu apa lagi? Coba Gratis gratis fitur customer report aplikasi CRM dari Mekari Qontak, atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Mekari Qontak!

Kategori : BisnisCRM
WhatsApp WhatsApp Sales