Daftar isi
9 min read

Panduan Lengkap Instagram Bot

Tayang 08 Juni 2023
Diperbarui 20 Februari 2024
Bot Instagram Cover
Panduan Lengkap Instagram Bot

Apa Anda sering merasa kewalahan mengelola akun Instagram? Hal ini tidak baik untuk perkembangan bisnis Anda. Pasalnya banyak interaksi terabaikan yang mengecewakan pelanggan. Solusi terbaik untuk permasalahan ini adalah menggunakan Bot Instagram atau Chatbot Instagram.

Bot Instagram akan membantu bisnis mengotomatisasikan proses penjualan dan layanan pelanggan menjadi lebih efektif. Tools instagram ini mampu merespon audiens atau pelanggan secara otomatis. Maka dari itu, Instagram bot banyak diminati bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan menyenangkan.

Pelajari selengkapnya mengenai Instagram Bot pada artikel berikut.


Apa itu Bot Instagram?

Bot Instagram adalah robot virtual dengan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) yang dapat merespons pelanggan secara otomatis. Robot virtual ini mampu melakukan percakapan seolah-olah bukan kepada robot atau sistem, tapi dengan admin CS pada umumnya.

Kehadiran Chatbot pada akun Instagram API bisnis berfungsi untuk memulai percakapan dan mengelola keluhan pelanggan lebih baik. Dimana Bot chat Instagram dapat menjadi sarana dalam memberikan customer support dan merespons pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Selain itu, Anda dapat membangun Instagram Shop melalui bot chat Instagram. Chatbot Instagram dapat berfungsi untuk mengirimkan katalog toko online Anda langsung ke DM Instagram atau bahkan WhatsApp, Facebook Messenger, dan saluran media sosial lainnya.


Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Instagram Bot?

Menurut Statista, bulan Januari 2022, Instagram menempati peringkat keempat sebagai platform media sosial yang paling populer di dunia berdasarkan jumlah pengguna setelah YouTube dan WhatsApp. Selain itu, terdapat 500 juta pengguna Instagram yang aktif menggunakan fitur Instagram Story setiap harinya.

Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa Instagram menjadi salah satu saluran bisnis yang menjanjikan, sehingga penting bagi Anda selaku pelaku bisnis untuk menggunakan Instagram sebagai media komunikasi dengan pelanggan. Namun banyaknya pesan pelanggan terkadang membuat bisnis kerepotan menjawabnya, akibatnya banyak pesan yang terlewat.

Kondisi tersebut tidak akan terjadi apabila bisnis menggunakan bot Instagram. Tools instagram ini secara otomatis akan merespon setiap pesan pelanggan selama 24 jam. Pesan yang diberikan juga bisa diatur agar lebih personal layaknya berbicara dengan admin CS. Dengan begitu, tidak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa karena balasan atau respons yang terlalu lama.


Bagaimana Cara Kerja Instagram Chatbot?

Chatbot Instagram bekerja dengan cara yang hampir sama dengan chatbot pada umumnya. Robot virtual ini mampu berinteraksi dengan prospek atau pelanggan, baik itu menjawab pertanyaan atau melakukan tindakan tertentu seperti menerima order.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Instagram Chatbot untuk membalas pesan, menerima dan mengatur order di toko online Instagram secara instan, cepat, dan efektif.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan Bot Instagram untuk mendesain, mengedit, dan menyesuaikan alur percakapan secara mudah tanpa membutuhkan coding.


Apa Saja Jenis-Jenis Bot Instagram?

Jenis-Jenis Bot Instagram

Ada banyak sekali jenis-jenis bot Instagram, salah satunya untuk auto reply dan katalog Instagram shop. Berikut adalah contoh penggunaan jenis bot Instagram:

1. Auto Reply / Autoresponder DM Instagram

Bot Instagram yang utama dapat digunakan untuk otomatis balas pesan pelanggan. Bot ini dapat menerima pesan, membalas pesan pelanggan yang berulang, FAQ, atau untuk melayani permintaan pemesanan, informasi pengiriman, bahkan untuk konfirmasi ke pelanggan secara otomatis.

Chatbot Instagram juga dapat melakukan routing ke admin/agent secara adil. Selain itu, admin juga tidak perlu lagi menjawab pertanyaan yang bot dapat jawab sendiri. Hal ini mendorong admin/agent menjadi lebih produktif dan efektif .

2. Bot Katalog Instagram

Jika Anda memiliki toko online di Instagram, Anda dapat membangun katalog bisnis Anda dengan menggunakan bot Instagram. Bot ini akan menampilkan produk Anda layaknya katalog profesional yang bisa Anda pasang di Instagram DM, WhatsApp, Facebook Messenger, dan media sosial lainnya.


Apa Saja Fitur Bot Instagram?

Untuk mempercepat proses penjualan dan pelayanan pelanggan, Instagram Chatbot memerlukan dukungan dari fitur-fitur canggih sehingga mendapatkan hasil maksimal. Berikut daftar fitur-fitur wajib yang dimiliki Chatbot Instagram:

– Instagram Multi Agents/Users

Fitur Bot Instagram -Multiple Agent

Fitur ini memungkinkan menggunakan satu akun Instagram untuk dengan banyak agen atau admin di berbagai perangkat sekaligus, tanpa harus memberikan username atau password asli. Sehingga saat Chatbot tidak dapat menangani permintaan pelanggan, masih ada banyak admin/CS yang siap membantu pelanggan. Hal ini dapat meningkatkan pelayanan pelanggan.

– Instagram Rotator

Fitur Bot Instagram -Agen-Routing

Fitur Rotator ini akan meneruskan pelanggan/prospek yang tidak dapat diselesaikan oleh Bot Instagram secara adil ke tim CS secara otomatis sesuai dengan yang telah ditentukan. Dengan begitu tidak ada pelanggan yang merasa terabaikan karena semua dilayani dengan cepat dan tepat.

Instagram Automation

Sistem automation pada Instagram ChatBot akan menyimpan dan mengunduh semua percakapan yang terjadi didalam IG, termasuk informasi kontak pelanggan. Semua data tersebut akan disimpan di sistem CRM , sehingga saat dibutuhkan dapat diakses dengan mudah oleh tim bisnis Anda untuk perihal marketing atau customer service.

– Instagram Auto Reply

Auto reply atau autoresponder Instagram akan merespons dan menjawab setiap pesan yang masuk dari pelanggan secara otomatis. Isi pesan auto reply dapat didesain sesuai dengan kebutuhan bisnis seperti greeting message, harga produk, membantu transaksi, memberikan gambar produk dan lainnya.

– Laporan dan Analisis

Fitur Bot Instagram -Laporan Analisis Penjualan

Chatbot Instagram dilengkapi dengan laporan analitik yang menampilkan interaksi tim CS/admin dengan pelanggan dalam satu dashboard terpadu. Dari dashboard tersebut dapat terlihat pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga kontak pelanggan. Dengan melihat report, manajer/supervisor dapat menyusun strategi berikutnya untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Integrasi Omnichannel

Fitur bot Instagram API-Integrasi dengan Aplikasi Lain

Bisnis atau perusahaan Anda memiliki nomor WhatsApp, akun Facebook Messenger, Line, Telegram, dan Twitter untuk menangani pesan pelanggan?

Integrasikan Instagram Messenger API dengan aplikasi Omnichannel Mekari Qontak agar Anda tidak perlu repot lagi pindah akun atau window untuk menjawab seluruh pesan pelanggan dari berbagai saluran tersebut. Chatbot pun dapat bekerja pada WhatsApp, Facebook, dan Instagram Anda.

Baca juga: 15  Rekomendasi Aplikasi Omnichannel Indonesia


Apa Manfaat Bot Instagram bagi Bisnis?

ChatBot Instagram API didesain untuk dapat terintegrasi dengan sistem lain yang terdapat pada bisnis, seperti CRM, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi yang mulus antara bisnis dengan pelanggan.

Respons yang cepat dari Chatbot membuat pelanggan tidak harus menunggu lama untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Berikut adalah manfaat chatbot Instagram bagi bisnis:

1. Merespon keluhan dan pertanyaan pelanggan dengan cepat secara real time

Menjalankan operasional customer service selama 24/7 dapat menjadi sangat mahal jika harus mempekerjakan seorang admin. Belum lagi harus membayar lebih untuk uang lembur.

Chat otomatis mungkin tidak dapat menangani seluruh permintaan pelanggan, namun dengan Instagram API dengan Chatbot Anda dapat dengan mudah menyediakan customer support yang terus tersedia.

Instagram Chatbot dapat melayani permintaan pelanggan untuk menjawab pertanyaan repetitif, seperti ketersediaan barang, informasi produk, pesanan baru, maupun pengiriman. Dengan demikian bisnis dapat meningkatkan customer experience dengan biaya yang rendah.

2.  Mengenalkan katalog produk kepada pelanggan

Instagram Chatbot dapat mengirim pesan berupa katalog produk Anda ke pesan DM pelanggan atau langsung melalui WhatsApp. Dengan bot, Anda juga dapat menerima, menghitung, menjumlahkan, dan menginformasikan pesanan pelanggan secara otomatis.

Tentunya hal ini akan mempercepat proses pelayanan pelanggan dan penjualan toko online Anda, karena Anda tidak perlu lagi manual menerima, menghitung, dan menginformasikan pesanan ke pelanggan Anda.

3.  Mengirimkan status ticket dan penyelesaiannya

Instagram Chatbot mampu mengirimkan status ticket kepada pelanggan secara otomatis. Misalnya saat pemesanan tiket pesawat, robot virtual ini akan mengirimkan laporan tiket berhasil dipesan berikut dengan lampiran dokumen tiket ke pelanggan via Instagram.

Apabila ada perubahan jadwal Chatbot juga akan mengirimkan ulang informasi terbaru ke DM Instagram pelanggan.

4.  Mengumpulkan feedback pelanggan

Memahami kebutuhan pelanggan sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang diberikan bisnis. Namun, seringkali pelanggan malas untuk mengisi form feedback.

Instagram DM dapat memudahkan bisnis untuk mengumpulkan feedback pelanggan. Instagram Chatbot dapat digunakan untuk mengajukan beberapa pertanyaan, seperti penilaian terhadap kualitas layanan maupun masukkan lainnya. Memberikan pertanyaan langsung melalui bot dapat mendorong tingkat respons dari pelanggan.

5. Menawarkan kemudahan akses kepada pelanggan

Dengan Bot, pelanggan tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah untuk dapat memperoleh informasi tentang bisnis yang ingin dihubungi. Pelanggan hanya perlu berinteraksi melalui ChatBot di Instagram, layaknya kita mengirim pesan kepada orang lain.


Siapa Saja yang Bisa Membuat Chatbot Instagram?

Apakah Anda berminat untuk membuat Chatbot Instagram? Jika iya, pastikan Anda merupakan salah satu dari kategori akun di bawah ini ya!

  • Instagram Content Creator dengan kurang dari 500 ribu pengikut
  • Akun Instagram Business, terlepas dari berapa jumlah pengikut yang mereka miliki
  • Akun Instagram API, yang merupakan versi lengkap dari akun Instagram Business

Lalu, bagaimana Cara Mendapatkan Bot Instagram untuk Bisnis? Untuk langkah-langkahnya Anda bisa cek artikel Qontak tentang 5 Cara Membuat Bot Instagram untuk Meningkatkan Sales.


Apa Risiko Menggunakan Bots tidak Resmi pada Instagram?

Banyaknya manfaat yang diberikan Instagram Chatbot, wajar apabila banyak bisnis yang ingin menggunakannya. Sayangnya tidak semua Bot Instagram yang ditawarkan di pasaran resmi. Anda perlu hati-hati dalam memilih Chatbot. Jangan sampai yang semula ingin mendapatkan keuntungan, justru harus menanggung risiko.

Berikut risiko yang akan dialami bisnis Anda saat menggunakan Bots tidak resmis di Instagram, diantaramya:

– Kepercayaan Terhadap Merek Bisnis Menurun

Cara kerja bots adalah berinteraksi dengan post lain adalah dengan meninggalkan komen secara otomatis. Misalnya komentar pada post di Instagram seperti :  ‘Bagus..’, ‘Fotonya keren’, atau ‘Nice post’ dari akun yang sama sekali tidak dikenal. Itulah contoh bagaimana bots bekerja. Parahnya, bots bisa saja meninggalkan komen yang dapat menyinggung perasaan seseorang.

Misalnya bots meninggalkan komen ‘Bagusss!!’ di post tentang sebuah bencana atau berita duka. Kesalahan fatal ini bisa menjadi malapetaka untuk reputasi bisnis.

Berbeda dengan menggunakan chatbot resmi. Dimana Anda dapat mengatur pesan yang dipersonalisasi. Semua interaksi yang bot juga dapat dipantau dengan mudah. Jadi Anda tidak perlu khawatir kejadian tersebut akan terjadi.

– Timeline Instagram Berantakan

Bots akan mem-follow banyak akun secara acak. Hal ini membuat timeline Instagram Anda akan berisi post yang kualitasnya rendah, atau post yang sama berulang kali. Hal ini akan menyulitkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan, atau mereka yang benar- benar menyukai dengan post Anda, serta memahami tren pasar. Interaksi dua arah adalah pondasi untuk membangun brand di media sosial.

– Diblokir oleh Instagram

Penggunaan bots tidak resmi adalah tindakan  yang melanggar ketentuan penggunaan Instagram. Dimana Instagram dapat sewaktu-waktu berhak menutup akun Anda secara permanen. Apabila itu terjadi, Anda harus memulai semua dari nol lagi dengan mencari nama akun yang baru.

Hal tersebut tidak akan terjadi, apabila Anda menggunakan bots resmi yang didapatkan dari Instagram API. Sebab, API instagram hanya bisa didapatkan melalui partner resmi Instagram seperti Mekari Qontak.


Gunakan Bot Instagram Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Dengan ketatnya persaingan antar bisnis saat ini, Instagram Messenger API dapat menjadi strategi komunikasi dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Tidak lupa dilengkapi dengan Bot Instagram untuk Instagram shop Anda.

Chatbot Instagram bisa Anda dapatkan di Mekari Qontak yang merupakan mitra resmi WhatsApp API dan Instagram API. Instagram API dari Mekari Qontak juga dapat diintegrasikan dengan Omnichannel CRM yang menghubungkan WhatsApp, Line, Facebook Messenger dan lainnya.

Lebih dari 3500 perusahaan telah mempercayai Mekari Qontak untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan mereka. Selain itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Jadi tunggu apa lagi? Miliki Instagram Chatbot terbaik dari Mekari Qontak secara gratis sekarang.

Kategori : BisnisInstagram
WhatsApp WhatsApp Sales