Mekari Qontak
Customer Service

Bot Instagram: 5 Cara Terbaik Membuat Bot IG

Bot Instagram Cover

Apa Anda sering merasa kewalahan mengelola akun Instagram? Hal ini tidak baik untuk perkembangan bisnis Anda. Pasalnya banyak interaksi terabaikan yang mengecewakan pelanggan. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan bantuan Bot Instagram atau Chatbot Instagram

Bot Instagram merupakan tools yang dapat membantu bisnis mengotomatisasikan proses penjualan dan layanan pelanggan menjadi lebih efektif. Oleh karena itu, Instagram Chatbot banyak diminati bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan menyenangkan. Lalu, bagaimana cara membuat Bot Instagram?

Berikut adalah 5 cara mudah mendapatkan Chatbot Instagram API:

1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia Qontak.com
2. Pastikan Memiliki Akun Facebook Business Manager
3. Pastikan Menggunakan Akun Instagram Business
4. Mitra Resmi akan Set Up bot Instagram API
5. Bot Instagram API Siap Digunakan

Image CTA Instagram API


Apa Itu Bot Instagram?

Bot Instagram adalah robot virtual dengan kecerdasan buatan Artificial Intelligence (AI) yang mampu merespons pelanggan secara otomatis. Robot virtual ini melakukan percakapan seolah-olah bukan kepada robot atau sistem, tapi dengan admin CS pada umumnya.

Kehadiran Chatbot di Instagram API memungkinkan bisnis untuk memulai percakapan dan mengelola keluhan pelanggan lebih baik. Dimana Bot chat Instagram dapat menjadi sarana dalam memberikan customer support dan merespons pertanyaan pelanggan dengan cepat.

Selain itu, Anda dapat membangun Instagram Shop melalui bot chat Instagram. Chatbot Instagram dapat berfungsi untuk mengirimkan katalog toko online Anda langsung ke DM Instagram atau bahkan WhatsApp, Facebook Messenger, dan saluran media sosial lainnya.


Mengapa Bisnis Perlu Menggunakan Instagram Chatbot?

Menurut Statista, hingga tahun 2021, Instagram memiliki 1,21 miliar pengguna aktif setiap bulannya, yang merupakan lebih 28% dari pengguna internet di dunia. Selain itu, terdapat 500 juta pengguna Instagram yang aktif menggunakan fitur Instagram Story setiap harinya.

Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa Instagram menjadi salah satu saluran bisnis yang menjanjikan, sehingga penting bagi Anda selaku pelaku bisnis untuk menggunakan Instagram chatbot pada akun Instagram bisnis Anda.

Dengan demikian, Anda dapat menjangkau pelanggan secara mudah melalui fitur autoresponder yang cepat dan tidak ada lagi pelanggan yang merasa kecewa karena balasan atau respons yang terlalu lama.


Bagaimana Cara Kerja Instagram Chatbot?

Chatbot Instagram bekerja dengan cara yang hampir sama dengan chatbot pada umumnya, yaitu berinteraksi dengan prospek atau pelanggan, baik itu menjawab pertanyaan atau melakukan tindakan tertentu seperti menerima order.

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan Instagram Chatbot untuk membalas pesan, menerima dan mengatur order di toko online Instagram secara instan, cepat, dan efektif.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan Bot Instagram untuk mendesain, mengedit, dan menyesuaikan alur percakapan secara mudah tanpa membutuhkan coding.


Apa Saja Jenis-Jenis Bot Instagram?

bot-Instagram-API-Keuntungan-dan-Kelebihan

Ada banyak sekali jenis-jenis bot Instagram, salah satunya untuk auto reply dan katalog Instagram shop. Berikut adalah contoh penggunaan jenis bot Instagram:

1. Auto Reply / Autoresponder DM Instagram

Bot Instagram yang utama dapat digunakan untuk otomatis balas pesan pelanggan. Bot ini dapat menerima pesan, membalas pesan pelanggan yang berulang, FAQ, atau untuk melayani permintaan pemesanan, informasi pengiriman, bahkan untuk konfirmasi ke pelanggan secara otomatis.

Chatbot Instagram juga dapat melakukan routing ke admin/agent jika diperlukan, sehingga admin/agent akan lebih produktif dan efektif karena tidak perlu lagi menjawab pertanyaan yang bot dapat jawab sendiri.

2. Bot Katalog Instagram

Jika Anda memiliki toko online di Instagram, Anda dapat membangun katalog bisnis Anda dengan menggunakan bot Instagram. Bot ini akan menampilkan produk Anda layaknya katalog profesional yang bisa Anda pasang di Instagram DM, WhatsApp, Facebook Messenger, dan media sosial lainnya.


Apa Saja Fitur Bot Instagram?

Untuk mempercepat proses penjualan dan pelayanan pelanggan, Instagram Chatbot memerlukan dukungan dari fitur-fitur canggih sehingga mendapatkan hasil maksimal. Berikut daftar fitur-fitur wajib yang dimiliki Chatbot Instagram:

– Instagram Multi Agents/Users

bot-Instagram-API-Multiple-Agent-atau-User

Fitur ini memungkinkan menggunakan satu akun Instagram untuk dengan banyak agen atau admin di berbagai perangkat sekaligus tanpa harus memberikan username atau password asli.

Sehingga apabila Chatbot tidak dapat menangani permintaan pelanggan, ada banyak pilihan admin/CS yang bisa membantu. Hal ini dapat meningkatkan pelayanan pelanggan.

– Instagram Rotator

bot-Instagram-API-Manajemen-Pesan-Agen-Routing

Fitur Rotator ini akan meneruskan pelanggan/prospek yang tidak dapat diselesaikan oleh Bot Instagram secara adil ke tim CS secara otomatis sesuai dengan yang telah ditentukan. Dengan begitu tidak ada pelanggan yang merasa terabaikan karena semua dilayani dengan cepat dan tepat.

Instagram Automation

Sistem automation pada Instagram ChatBot akan menyimpan dan mengunduh semua percakapan yang terjadi didalam IG, termasuk informasi kontak pelanggan.

Semua data tersebut akan disimpan di sistem CRM , sehingga saat dibutuhkan dapat diakses dengan mudah oleh tim bisnis Anda untuk perihal marketing atau customer service.

– Instagram Auto Reply

Auto reply atau autoresponder Instagram akan merespons dan menjawab setiap pesan yang masuk dari pelanggan secara otomatis. Isi pesan auto reply dapat didesain sesuai dengan kebutuhan bisnis seperti greeting message, harga produk, membantu transaksi, memberikan gambar produk dan lainnya.

– Laporan dan Analisis

bot-Instagram-API-Laporan-dan-Analisis-Penjualan-dan-Percakapan

Chatbot Instagram dilengkapi dengan laporan analitik yang menampilkan interaksi tim CS/admin dengan pelanggan dalam satu dashboard terpadu. Dari dashboard tersebut dapat terlihat pencapaian kinerja tim, tren penjualan hingga kontak pelanggan.

Dengan melihat report, manajer/supervisor dapat menyusun strategi berikutnya untuk meningkatkan layanan pelanggan.

Integrasi Omnichannel

bot-Instagram-API-Integrasi-dengan-Aplikasi-Lain

Bisnis atau perusahaan Anda memiliki nomor WhatsApp, akun Facebook Messenger, Line, Telegram, dan Twitter untuk menangani pesan pelanggan?

Integrasikan Instagram Messenger API dengan aplikasi Omnichannel Mekari Qontak agar Anda tidak perlu repot lagi pindah akun atau window untuk menjawab seluruh pesan pelanggan dari berbagai saluran tersebut. Chatbot pun dapat bekerja pada WhatsApp, Facebook, dan Instagram Anda.


Apa Manfaat Bot Instagram bagi Bisnis?

ChatBot Instagram API didesain untuk dapat terintegrasi dengan sistem lain yang terdapat pada bisnis, seperti CRM, sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi yang mulus antara bisnis dengan pelanggan.

Respons yang cepat dari Chatbot membuat pelanggan tidak harus menunggu lama untuk memperoleh jawaban atas pertanyaan mereka. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Berikut adalah manfaat chatbot Instagram bagi bisnis:

1. Merespon keluhan dan pertanyaan pelanggan dengan cepat secara real time

bot-Instagram-API-Auto-Reply-dengan-Bot-Instagram

Menjalankan operasional customer service selama 24/7 dapat menjadi sangat mahal jika harus mempekerjakan seorang admin. Belum lagi harus membayar lebih untuk uang lembur.

Chat otomatis mungkin tidak dapat menangani seluruh permintaan pelanggan, namun dengan Instagram API dengan Chatbot Anda dapat dengan mudah menyediakan customer support yang terus tersedia.

Instagram Chatbot dapat melayani permintaan pelanggan untuk menjawab pertanyaan repetitif, seperti ketersediaan barang, informasi produk, pesanan baru, maupun pengiriman. Dengan demikian bisnis dapat meningkatkan customer experience dengan biaya yang rendah.

2.  Mengenalkan katalog produk kepada pelanggan

bot-instagram-katalog-2

Instagram Chatbot dapat mengirim pesan berupa katalog produk Anda ke pesan DM pelanggan atau langsung melalui WhatsApp. Dengan bot, Anda juga dapat menerima, menghitung, menjumlahkan, dan menginformasikan pesanan pelanggan secara otomatis.

Tentunya hal ini akan mempercepat proses pelayanan pelanggan dan penjualan toko online Anda, karena Anda tidak perlu lagi manual menerima, menghitung, dan menginformasikan pesanan ke pelanggan Anda.

3.  Mengirimkan status ticket dan penyelesaiannya

bot-Instagram-API-Manajemen-Penjualan-Instagram-Shop

Instagram Chatbot mampu mengirimkan status ticket kepada pelanggan secara otomatis. Misalnya saat pemesanan tiket pesawat, robot virtual ini akan mengirimkan laporan tiket berhasil dipesan berikut dengan lampiran dokumen tiket ke pelanggan via Instagram.

Apabila ada perubahan jadwal Chatbot juga akan mengirimkan ulang informasi terbaru ke DM Instagram pelanggan.

4.  Mengumpulkan feedback pelanggan

Memahami kebutuhan pelanggan sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas produk dan jasa yang diberikan bisnis. Namun, seringkali pelanggan malas untuk mengisi form feedback.

Instagram DM dapat memudahkan bisnis untuk mengumpulkan feedback pelanggan. Instagram Chatbot dapat digunakan untuk mengajukan beberapa pertanyaan, seperti penilaian terhadap kualitas layanan maupun masukkan lainnya. Memberikan pertanyaan langsung melalui bot dapat mendorong tingkat respons dari pelanggan.

5. Menawarkan kemudahan akses kepada pelanggan

Dengan Bot, pelanggan tidak perlu mengunduh aplikasi terpisah untuk dapat memperoleh informasi tentang bisnis yang ingin dihubungi. Pelanggan hanya perlu berinteraksi melalui ChatBot di Instagram, layaknya kita mengirim pesan kepada orang lain.


Siapa Saja yang Bisa Membuat Chatbot Instagram?

Apakah Anda berminat untuk membuat Chatbot Instagram? Jika iya, pastikan Anda merupakan salah satu dari kategori akun di bawah ini ya!

  • Instagram Content Creator dengan kurang dari 500 ribu pengikut
  • Akun Instagram Business, terlepas dari berapa jumlah pengikut yang mereka miliki
  • Akun Instagram API, yang merupakan versi lengkap dari akun Instagram Business

Bagaimana Cara Mendapatkan Bot Instagram untuk Bisnis?

Untuk mendapatkan bot Instagram, syaratnya cukup mudah, yaitu memiliki akun Instagram untuk bisnis atau perusahaan untuk Instagram API.

Berikut adalah 5 langkah mudah untuk mendapatkan bot Instagram API:

1. Daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia Mekari Qontak

Instagram API Mekari Qontak

Mendaftar ke Mitra Resmi Messenger API untuk Instagram seperti Mekari Qontak sangatlah penting. Hal tersebut merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan bot Instagram API. Mekari Qontak akan memastikan Anda memiliki seluruh fitur Instagram Chatbot API shop dengan harga terjangkau.

Mekari Qontak akan men-set up aplikasi Omnichannel yang merupakan medium untuk Instagram API.

Saya Mau Coba Gratis Instagram API Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Qontak Sekarang!

2. Pastikan Memiliki Akun Facebook Business Manager

bot-Instagram-API-Akun-Facebook-Business-Manager

Untuk dapat menggunakan Instagram API, Anda perlu memiliki akun Facebook Business Manager. Jika belum memilikinya, Anda bisa dengan mudah membuat dan mendaftarkannya untuk proses selanjutnya. Untuk API Instagram, Akun Facebook Business Manager tidak perlu diverifikasi terlebih dahulu.

3. Pastikan Anda Menggunakan Akun Instagram Business

Instagram Qontak

Karena penggunaannya diutamakan untuk bisnis dan perusahaan, maka pastikan akun Instagram yang Anda miliki adalah akun Instagram Business atau Professional Account. Berikut adalah cara mengubah akun Instagram biasa ke akun Instagram Business (Professional Account):

  • Buka halaman profile Instagram dan klik tombol di pojok kanan atas.
  • Klik ‘Settings’ lalu klik ‘Account’.
  • Klik ‘Switch to Professional Account’ dan klik ‘Continue’.
  • Pilih kategori bisnis Anda dan klik ‘Done’ dan selanjutnya ‘OK’ untuk konfirmasi.
  • Klik ‘Next’ dan masukkan detail kontak.

4. Mitra Resmi akan Set Up Bot Instagram API

Setelah persyaratan di atas sudah dilengkapi, Mekari Qontak sebagai Mitra Resmi akan set up ChatBot Instagram API Anda melalui aplikasi Omnichannel Mekari Qontak.

5. Bot Instagram API Siap Digunakan

Setelah di set up, Mekari Qontak akan memberikan informasi berupa username dan password untuk mengakses Chatbot Instagram API. Instagram API pun siap digunakan.


Apa Risiko Menggunakan Bots tidak Resmi pada Instagram?

Banyaknya manfaat yang diberikan Instagram Chatbot, wajar apabila banyak bisnis yang ingin menggunakannya. Sayangnya tidak semua Bot Instagram yang ditawarkan di pasaran resmi. Anda perlu hati-hati dalam memilih Chatbot. Jangan sampai yang semula ingin mendapatkan keuntungan, justru harus menanggung risiko.

Berikut risiko yang akan dialami bisnis Anda saat menggunakan Bots tidak resmis di Instagram, diantaramya:

– Kepercayaan Terhadap Merek bisnis Menurung

Cara kerja bots adalah berinteraksi dengan post lain adalah dengan meninggalkan komen secara otomatis. Misalnya komentar pada post di Instagram seperti :  ‘Bagus..’, ‘Fotonya keren’, atau ‘Nice post’ dari akun yang sama sekali tidak dikenal. Itulah contoh bagaimana bots bekerja. Parahnya, bots bisa saja meninggalkan komen yang dapat menyinggung perasaan seseorang.

Misalnya bots meninggalkan komen ‘Bagusss!!’ di post tentang sebuah bencana atau berita duka. Kesalahan fatal ini bisa menjadi malapetaka untuk reputasi bisnis.

Berbeda dengan menggunakan chatbot resmi. Dimana Anda dapat mengatur pesan yang dipersonalisasi. Semua interaksi yang bot juga dapat dipantau dengan mudah. Jadi Anda tidak perlu khawatir kejadian tersebut akan terjadi.

– Timeline Instagram Berantakan

Bots akan mem-follow banyak akun secara acak. Hal ini membuat timeline Instagram Anda akan berisi post yang kualitasnya rendah, atau post yang sama berulang kali.

Hal ini akan menyulitkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan, atau mereka yang benar- benar menyukai dengan post Anda, serta memahami tren pasar. Interaksi dua arah adalah pondasi untuk membangun brand di media sosial.

– Diblokir oleh Instagram

Penggunaan bots tidak resmi adalah tindakan  yang melanggar ketentuan penggunaan Instagram. Dimana Instagram dapat sewaktu-waktu berhak menutup akun Anda secara permanen. Apabila itu terjadi, Anda harus memulai semua dari nol lagi dengan mencari nama akun yang baru.

Hal tersebut tidak akan terjadi, apabila Anda menggunakan bots resmi yang didapatkan dari Instagram API. Sebab API instagram hanya bisa didapatkan melalui partner resmi Instagram seperti Mekari Qontak.


Frequently Asked Question tentang Bot Instagram

Apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan Messenger Instagram API?
  • Tidak ada syarat khusus yang menyulitkan Anda. Anda hanya perlu memiliki:
    • Akun Facebook Business Manager
    • Akun Facebook dengan role Admin di sebuah Facebook Page bisnis Anda
    • Professional Account atau Akun Instagram Business

    Setelah Anda memiliki 3 hal di atas, Anda bisa mendaftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia seperti Mekari Qontak.

Apakah Messenger Instagram API dapat digunakan oleh akun individu atau perorangan?
  • Tidak bisa. Instagram API dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau bisnis yang menggunakan Instagram sebagai salah satu medium berkomunikasi dengan pelanggannya. Oleh karena itu, akun yang didaftarkan untuk Instagram API pun adalah akun Instagram Business (Professional Account).
Apa saja hal yang dibutuhkan untuk bisa mendapatkan Messenger Instagram API?
  • Selain memenuhi syarat di atas (syarat akun Facebook Page dan Instagram Business), Anda hanya perlu berlangganan layanan aplikasi Omnichannel Mekari Qontak.
Dapatkan saya melakukan upgrade akun Instagram saya ke Instagram API?
  • Ya, Anda hanya perlu mengubah akun Instagram biasa Anda menjadi Instagram Business (Professional Account) – khusus bisnis/perusahaan. Setelah itu, daftarkan akun tersebut ke Mekari Qontak sebagai Mitra Resmi Instagram.
Apakah saya dapat membuat bot Instagram saya sendiri?
  • Ya, Anda dapat membuat alur percakapan bot Instagram Anda sendiri. Qontak akan membantu Anda untuk merealisasikan bot Instagram Anda.

Gunakan Bot Instagram Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Dengan ketatnya persaingan antar bisnis saat ini, Instagram Messenger API dapat menjadi strategi komunikasi dengan pelanggan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik. Tidak lupa dilengkapi dengan Bot Instagram untuk Instagram shop Anda.

Chatbot Instagram bisa Anda dapatkan di Mekari Qontak yang telah membantu lebih dari 3000+ bisnis untuk memperoleh manfaat di atas. Instargam API dari Mekari Qontak juga dapat diintegrasikan dengan Omnichannel CRM yang menghubungkan WhatsApp, Line, Facebook Messenger dan lainnya.

Jadi tunggu apa lagi? Miliki Instagram Chatbot terbaik dari Mekari Qontak secara gratis sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales