Mekari Qontak
Marketing

19 Cara Menambah Followers Instagram yang Nyata!

Cara Menambah Followers di Instagram

Sebagai sebuah merek bisnis, memulai hal baru di Instagram bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu dilakukan, salah satunya adalah menambah followers di Instagram. Namun bagaimana cara menambah followers Instagram yang nyata dan efektif?

Untuk mengetahui caranya, yuk simak tips tentang cara menaikkan followers Instagram di bawah ini!

19 cara menambah followers Instagram gratis yang dapat dilakukan bisnis:

  1. Optimalkan akun Instagram Anda
  2. Beri orang alasan untuk mengikuti Anda
  3. Hindari pengikut Instagram palsu
  4. Pelajari cara kerja algoritma Instagram
  5. Fokus pada followers berkualitas
  6. Bereksperimen dengan berbagai jenis konten
  7. Temukan brand voice Anda
  8. Kembangkan gaya Instagram Anda
  9. Temukan waktu terbaik Anda untuk memposting di Instagram
  10. Publikasikan konten yang hebat secara konsisten
  11. Buat kalender konten yang konsisten
  12. Tulis caption yang menarik dan informatif
  13. Lakukan SEO Instagram
  14. Gunakan hashtag dalam setiap postingan
  15. Posting konten yang diinginkan pengikut
  16. Promosikan Instagram Anda
  17. Gunakan influencer marketing
  18. Terlibat dengan audiens
  19. Lakukan analisis akun Instagram Anda

Image CTA Instagram API


Bagaimana Cara Menambah Followers  di Instagram yang Efektif?

Cara Menambah Followers di Instagram

Sebagai pemilik akun Instagram, Anda tentu ingin memiliki pengikut yang banyak bukan? Terlebih ketika Anda menjalankan akun Instagram Business. Di mana followers dapat meningkatkan kredibilitas bisnis di mata pasar.

Untuk itu, Anda membutuhkan strategi yang tepat untuk mendapatkan followers yang berkualitas.

Berikut adalah beberapa cara menaikkan followers Instagram yang dapat Anda lakukan secara gratis.

1. Optimalkan akun Instagram Anda

Sebelum Anda mulai mencari tahu bagaimana cara mendapatkan followers di Instagram, Anda perlu melakukan satu langkah terpenting, yakni mengoptimalkan akun Instagram Anda sepenuhnya.

Bagaimana orang akan tahu bahwa akun itu milik merek bisnis Anda jika Anda tidak menempatkan bio, keterangan gambar, nama pengguna, dan gambar profil yang tepat?

Oleh karena itu, Anda perlu mengoptimalkan akun Instagram Anda dengan sebaik mungkin. Sehingga orang-orang dapat mengenali akun Anda dan tidak ragu untuk mengikutinya.

2. Beri orang alasan untuk mengikuti Anda

Alih-alih hanya menempatkan kredensial, slogan, atau proposisi nilai di bio Instagram Anda, ada baiknya Anda memberikan calon pengikut gambaran yang jelas tentang apa yang dapat mereka harapkan jika mereka mengikuti Anda.

Misalnya ketika Anda memiliki perusahaan keuangan, maka Anda dapat menuliskan bio seperti “Masa depan finansial dan opsi biner Anda!”

3. Hindari pengikut Instagram palsu

Memang benar bahwa ada cara cepat untuk mendapatkan followers di Instagram, yakni dengan membeli pengikut palsu. Anda mungkin tergoda untuk memilikinya, tapi tahukah Anda kalau itu ternyata tidak memberikan manfaat pertumbuhan bagi akun Instagram Anda?

Ini karena fake followers dapat menurunkan kredibilitas akun Anda di mata followers baru, tidak memberikan ROI, tidak menunjukkan keterlibatan dan interaksi yang signifikan dengan merek bisnis Anda, dan kemungkinan besar akan dibersihkan oleh Instagram.

4. Pelajari cara kerja algoritma Instagram

Algoritme Instagram merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan untuk memaksimalkan pengelolaan akun Instagram Anda, termasuk dalam hal menambah followers.

Adapun tujuan dari algoritme Instagram adalah untuk menampilkan konten terbaik untuk setiap pengguna individu. Di mana terdapat 6 (enam) faktor yang menentukan apa yang akan muncul di timeline setiap orang, antara lain:

  • Interest
  • Timeliness
  • Relationship
  • Frequency
  • Following
  • Usage

5. Fokus pada followers berkualitas

Saat ini setidaknya ada satu miliar pengguna aktif di Instagram. Namun, apakah mereka semua adalah calon followers yang berkualitas untuk bisnis Anda?

Sebagai sebuah akun bisnis, Anda tentu ingin memiliki followers yang memiliki interaksi dan keterlibatan yang aktif bukan?

Untuk mencapai hal tersebut, Anda perlu fokus pada followers yang berkualitas, yang mampu memberikan komentar, sukan, dan membagikan postingan Anda.

Baca Juga: Apa Itu Instagram Marketing, Manfaat, dan Strateginya

6. Bereksperimen dengan berbagai jenis konten

Anda mungkin sudah tahu kalau kini Instagram tidak hanya ditujukan untuk konten foto saja, tetapi juga video feeds, Instagram Story, Instagram Highlight, IGTV hingga Instagram Reels yang tengah banyak diminati.

Dalam hal ini, Anda dapat bereksperimen dengan konten-konten tersebut dan menyesuaikannya dengan minat audiens Anda.

7. Temukan brand voice Anda

Cara memperbanyak followers berikutnya adalah dengan menemukan brand voice Anda. Ini karena orang-orang tidak mengikuti Anda hanya untuk melihat promosi penjualan, tetapi juga karena mereka menikmati kepribadian Anda dan konten yang Anda buat.

Tanyakan pada diri Anda apa yang Anda inginkan dari brand voice Anda. Menghibur? Informatif? Ceria? Sinis? Semua yang Anda bagikan di akun bisnis Anda harus menunjukkan kepribadian dan keyakinan merek Anda.

8. Kembangkan gaya Instagram Anda

Saat ini estetika merupakan salah satu hal yang banyak diperhatikan orang sebelum mereka memutuskan untuk mengikuti sebuah akun Instagram. Untuk itu, Anda perlu mengembangkan keindahan desain berdasarkan gaya Instagram Anda.

Dalam hal ini, Anda dapat memilih gaya khas yang sesuai dengan brand image Anda, sehingga akun Instagram Anda nantinya dapat memiliki ciri khas yang berkesan di benak audiens Anda.

9. Temukan waktu terbaik Anda untuk memposting di Instagram

Tidak ada aturan pasti tentang kapan waktu terbaik untuk memposting di Instagram. Tetapi, ada cara untuk mengetahui waktu yang ideal untuk pengikut atau audiens Anda.

Anda dapat menggunakan Instagram Insights untuk mengetahui kapan audiens Anda online. Instagram Insights akan membantu Anda menemukan waktu terbaik untuk memposting.

Anda juga harus mempertimbangkan kapan konten Anda paling relevan. Misalnya, video resep memasak takjil yang berkinerja lebih baik saat pada jam menunggu berbuka, di mana orang-orang sedang mempersiapkan takjil untuk berbuka puasa.

10. Publikasikan konten yang hebat secara konsisten

Cara mendapatkan banyak followers Instagram selanjutnya adalah mempublikasikan konten yang hebat secara konsisten. Ini sangat penting untuk seluruh strategi pemasaran media sosial Anda.

Postingan yang dipublikasikan secara konsisten akan menunjukkan bahwa Anda aktif dan memang patut diikuti di Instagram. Namun, konsisten saja tidak cukup.

Anda juga perlu membuat konten yang hebat. Apa maksudnya? Maksudnya adalah konten tersebut harus berguna, bijaksana, interaktif, menghibur, atau bahkan mencakup semuanya untuk dapat menarik perhatian audiens Anda.

11. Buat kalender konten yang konsisten

Mempublikasikan konten secara konsisten saja tidak cukup, Anda juga perlu membuat kalender konden yang konsisten. Ini bertujuan untuk menghindari anggapan spam.

Anda dapat memposting setidaknya satu kali setiap 1,5 hari, atau sederhananya 2 postingan selama 3 hari. Namun, itu semua dapat disesuaikan dengan konten dan audiens Anda.

12. Tulis caption yang menarik dan informatif

Gambar mungkin menjadi titik fokus dari sebuah postingan, tetapi keterangan atau caption Instagram terkadang juga dapat memberikan dampak pada calon pengikut Anda.

Untuk itu, Anda perlu membuat caption yang menarik dan informatif di setiap postingan Anda.

13. Lakukan SEO Instagram

SEO bukan hanya tentang bagaimana cara mendapatkan lebih banyak pencari Google ke situs web Anda. Platform media sosial juga merupakan mesin pencari, dan fitur pencarian Instagram sekarang mendukung pencarian kata kunci biasa, dan bukan hanya pencarian akun atau tagar.

Hal ini kemudian membuat SEO Instagram menjadi lebih penting sekarang ini. Jadi Anda perlu memastikan telah menargetkan kata kunci yang sesuai dengan teks dan bio Anda, menambahkan lokasi ke akun Anda, dan menambahkan alt text pada gambar.

Baca Juga: Apa Itu Fitur Instagram Shopping dan Cara Membuatnya

14. Gunakan hashtag dalam setiap postingan

Salah satu cara yang paling teruji untuk mendapatkan pengikut di Instagram adalah melalui hashtag atau tagar. Selama bertahun-tahun, hashtag telah berfungsi sebagai alat penting untuk penemuan dan memungkinkan pengguna Instagram memperluas jangkauan sosialnya.

Dalam hal ini, Anda harus menemukan tagar yang kemungkinan besar akan diperiksa oleh audiens target Anda.

15. Posting konten yang diinginkan pengikut

Sebaiknya Anda mempelajari konten apa yang ingin dilihat oleh pengikut Anda. Temukan konten seperti apa yang berkinerja lebih baik daripada yang lainnya.

Untuk mempermudah proses ini, Anda dapat menggunakan alat analisis Instagram seperti Instagram API yang terintegrasi dengan CRM. Ini akan memudahkan untuk melacak, membandingkan, dan menganalisis konten Instagram di seluruh akun Anda.

16. Promosikan Instagram Anda

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan akun Instagram bisnis Anda. Cara yang pertama adalah dengan membagikan konten atau akun Anda ke berbagai media sosial atau situs web Anda.

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan fitur promote dan iklan berbayar yang dapat membantu mengiklankan Instagram Anda secara mudah dan efektif.

17. Gunakan influencer marketing

Cara menambah followers berikutnya yang tidak kalah efektif adalah dengan menggunakan influencer marketing.

Setiap influencer umumnya memiliki kelompok pengikut yang tidak sedikit dengan kredibilitas yang cukup tinggi. Anda dapat melakukan kerja sama dengan influencer untuk mendapatkan lebih banyak followers berkualitas yang sesuai dengan target pasar Anda.

18. Terlibat dengan audiens

Keterlibatan sangat penting untuk pertumbuhan di Instagram. Banyak merek membuat kesalahan dengan berfokus pada suka dan komentar tanpa mempertimbangkan orang-orang di balik metrik tersebut.

Jika Anda benar-benar ingin mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram, Anda perlu melibatkan penggemar Anda dalam percakapan. Ingatlah bahwa hanya karena seseorang melihat konten Anda, itu tidak berarti mereka saat ini mengikuti Anda.

19. Lakukan analisis akun Instagram Anda

Cara menambah followers di Instagram yang terakhir adalah dengan melakukan analisis Instagram. Anda dapat melihat apa yang ditanggapi oleh penggemar Anda saat ini dan memantau beberapa metrik Instagram secara langsung menggunakan fitur Instagram Insights.

Analisis dan evaluasi hal apa saja yang perlu Anda tingkatkan untuk mendapatkan lebih banyak followers berkualitas yang sesuai dengan target pasar Anda.

Baca Juga: 20 Instagram Automation Tools Terbaik di Tahun 2022


Tingkatkan Followers Instagram Anda Sekarang!

Instagram API Mekari Qontak

Itu dia cara menambah followers Instagram yang dapat Anda terapkan pada akun Instagram bisnis Anda. Selain menerapkan cara-cara di atas, Anda juga dapat memaksimalkan performa Instagram Anda dengan menggunakan Instagram API.

Mekari Qontak menyediakan Instagram API terbaik yang dilengkapi dengan berbagai fitur canggih untuk mendukung akun Instagram merek bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan Omnichannel dan CRM untuk alur bisnis yang lebih mudah.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk memaksimalkan kinerja, pemasaran, penjualan, dan layanan pelanggan mereka secara menyeluruh. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang!

 

Related Articles

WhatsApp WhatsApp Sales