Daftar isi
5 min read

Cara Buat Broadcast Channel Instagram untuk Tingkatkan Engagement Bisnis

Tayang 02 Oktober 2023
Diperbarui 07 Desember 2023
channel-broadcast-instagram
Cara Buat Broadcast Channel Instagram untuk Tingkatkan Engagement Bisnis

Beberapa waktu lalu, Meta meluncurkan fitur Instagram terbaru yaitu “broadcast channel”. Fitur ini didesain khusus agar creator atau pengguna Instagram bisa lebih dekat dengan followers atau pengikut mereka.

Lalu bagaimana cara membuat dan menggunakan broadcast channel Instagram?

Simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa itu Broadcast Channel di Instagram?

Broadcast channels adalah fitur terbaru Instagram yang memungkinkan pengguna untuk menyampaikan pesan ke semua pengikutnya sekaligus dalam sebuah channel atau grup.

Secara garis besar fitur broadcast channel Instagram mirip dengan fitur Komunitas pada WhatsApp. Komunikasi yang terjadi dalam komunitas tersebut hanya bersifat satu arah yakni dari creator atau pembuat konten di Instagram.

Pembuat konten dapat membagikan pesan dalam bentuk teks, foto, video, dan catatan suara berupa informasi penting hingga mengadakan polling untuk mengumpulkan masukan dari followers. Kemudian pengikut dapat membaca pesan dan memberikan tanggapan dengan memberikan emoji reaksi.

Selain itu, fitur broadcast channel berbeda dari fitur Instagram lainnya (Stories atau IGTV). Sebab fitur boradcast channel memungkinkan creator untuk berinteraksi langsung dengan pembuat konten lain. Dengan begitu, mereka bisa menjadi lebih dekat dengan followers dari masing-masing creator.

Baca juga: Memahami Cara Kerja Algoritma Instagram Terbaru

Bagaimana Cara Membuat Broadcast Channel di Instagram?

Berdasarkan penjelasan sebelumnya bisa diketahui bahwa fitur broadcast channel Instagram bisa dimanfaatkan untuk menjalin komunikasi lebih dekat antara followers dengan creator. Mengetahui hal tersebut, mungkin Anda tertarik untuk membuat channel Anda sendiri.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat broadcast channel Instagram:

  1. Buka aplikasi Instagram Anda.
  2. Klik ikon “Direct Message (DM) Instagram”.
  3. Kemudian, klik ikon pena yang ada di pojok kanan atas.
  4. Pilih “Buat Saluran Siaran.”
  5. Klik “Mulai.”
  6. Beri nama broadcast channel Anda.
  7. Kemudian klik “Buat saluran siaran.”
  8. Setelah dibuat, Anda dapat menemukan broadcast channel Anda dengan mengetuk ikon “Direct Message (DM)” di kanan atas, lalu pilih “Saluran” di bagian atas.
  9. Mulailah untuk mengirimkan pesan dalam bentuk teks, gambar atau video.
  10. Setelah pesan pertama dikirim, semua followers akan mendapatkan satu notifikasi untuk bergabung dengan saluran tersebut.
  11. Followers yang tertarik dengan komunitas yang Anda buat di Instagram akan bergabung.
  12. Kemudian undang followers lainnya untuk bergabung dengan menggunakan stiker “Gabung dengan Saluran” di Stories atau dengan meletakkan tautan Saluran di profil Anda.

Cara membuat channel broadcast Instagram

Apa saja Manfaat Broadcast Channel Instagram untuk Bisnis?

Selain untuk creator atau influencer, bisnis juga bisa membuat broadcast channel di Instagram untuk kepentingan pemasaran. Berikut keuntungan yang bisa bisnis dapatkan dengan menggunakan fitur broadcast channel seperti berikut:

  • Media Promosi Efektif

Kelebihan utama fitur broadcast channel adalah mampu menjangkau banyak followers sekaligus dalam satu kelompok. Kelebihan ini bisa bisnis manfaatkan untuk pemasaran seperti meluncurkan produk baru, membagikan promosi atau event spesial untuk anggota komunitas di Instagram.

Disisi lain, bisnis juga bisa mengatur anggota atau pengikut yang bisa bergabung dalam saluran tersebut apakah terbuka untuk semua followers atau terbatas hanya untuk pelanggan VIP.

Kemudian, bisnis bisa membagikan konten yang berisi penawaran sesuai dengan karakteristik anggota yang tergabung dalam komunitas tersebut. Dengan begitu, bisnis memiliki target lebih jelas dan meningkatkan peluang penjualan.

Baca juga: Cara Promosi di Instagram yang Menghasilkan Keuntungan

  • Meningkatkan Interaksi Followers

Selain melakukan promosi, bisnis bisa menggunakan broadcast channel Instagram untuk menjalin komunikasi yang lebih intens dengan pengikutnya yang sebagian besar adalah pelanggan.

Bisnis bisa melakukan interaksi langsung dengan pelanggan melalui sapaan atau berbagai informasi penting untuk mendorong interaksi pelanggan. Hal ini bertujuan untuk menunjukkan perhatian bisnis yang diharapkan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan.

Baca juga: Cara Menambah Followers Instagram

  • Kolaborasi dengan Influencer

Broadcast channel IG memberi kesempatan untuk bisnis berkolaborasi dengan influencer atau pembuat konten lainnya dalam satu saluran. Hal ini memberikan kesempatan untuk membawa anggota komunitas mereka bergabung dalam kelompok komunitas bisnis.

Selain itu, bisnis juga bisa mengundang anggota komunitas untuk lebih aktif berkomunikasi secara real-time dengan influencer yang sedang berkolaborasi dengan Anda. Hal ini dapat meningkatkan pelanggan yang menjadi anggota komunitas Anda di instagram.

  • Moderasi Saluran

Broadcast channel Instagram juga memberikan kesempatan bisnis untuk menambah moderator untuk mengelola anggota, pesan dan konten di saluran broadcast yang telah dibuat. Hal tersebut memudahkan Anda untuk menjaga saluran tetap teratur dan aman.

Baca juga: Cara Efektif Jualan di Instagram Shop

Bagaimana Cara Meningkatkan Engagement di Broadcast Channel?

Melihat peluang keuntungan yang bisa bisnis dapatkan dari broadcast channel Instagram, maka tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkannya.

Tapi, bagaimana cara agar meningkatkan keterlibatan followers pada channel Instagram agar mendapatkan hasil maksimal?

Ada beberapa upaya yang bisa bisnis coba untuk meningkatkan engagement di broadcast channel Instagram, seperti berikut:

  • Mengirimkan pesan pertama tepat setelah membuat channel broadcast IG. Tujuannya agar semua pengikut menerima notifikasi yang mengundang mereka untuk bergabung dengan komunitas Instagram tersebut.
  • Tambahkan broadcast channel ke IG Stories agar lebih banyak orang yang dapat mengaksesnya. Caranya: klik dan tahan pesan di saluran, lalu pilih ‘Bagikan ke Stories.’ Kemudian, Cerita Anda akan menyertakan gambar pesan tersebut. Sementara orang yang melihat cerita tersebut dapat mengekliknya untuk bergabung dengan saluran tersebut.
  • Bagikan tautan broadcast channel ke media komunikasi lainnya, agar orang lain bisa bergabung dalam grup tersebut. Catatan bahwa tautan ini tidak dapat dinonaktifkan, tetapi Anda dapat meresetnya untuk membuat tautan yang baru kapan saja.

Baca juga: Cara Jitu Meningkatkan Penjualan di Instagram

Gunakan Broadcast Channel Instagram Anda Sekarang

Demikianlah cara penggunaan fitur terbaru broadcast channel Instagram yang juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. Hal tersebut tentu memberikan banyak keuntungan bagi bisnis jika bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Namun agar lebih maksimal, bisnis bisa menggunakan Instagram API. Produk Instagram tersebut dirancang khusus untuk pelaku bisnis memaksimalkan pengalaman pelanggan mereka.

Mekari Qontak menawarkan Instagram API terbaik di Indonesia yang didukung dengan chatbot AI. Integrasi tersebut, memungkinkan bisnis untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis. Dengan begitu, tidak ada lagi pelanggan yang terabaikan.

Kategori : Instagram
WhatsApp WhatsApp Sales